Rumitnya Administrasi Refund Kelebihan Pembayaran XL Home, Sampai Akhirnya Layanan Internet Diputus

Pertengahan Bulan Agustus 2020 kami memutuskan untuk pasang internet sebagai back up dengan pihak XL Home yang gencar memasarkan produknya di komplek perumahan kami. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 15 Agustus 2020, layanan internet sudah aktif.

Tanggal 25 Agustus 2020, kami menerima tagihan pembayaran sebesar Rp178.900,- dengan ID Pelanggan nomor 38354489.

Tanggal 30 Agustus 2020, kami melakukan pembayaran sebesar Rp1.789.000,- kelebihan nol satu digit.

Tanggal 30 Agustus 2020, kami mengajukan permasalahan kelebihan pembayaran dengan nomor pengaduan MGNJ-K38G yang diterima oleh sdri. Eka dan mengirim email data transfer balik dan bukti pembayaran. Pada saat mengajukan keluhan tersebut dijanjikan akan diselesaikan selama 15-45 hari kerja dengan nominal uang yang akan dikembalikan sebesar Rp1.431.200,-.

Kami terus memantau progress pengembalian dana tersebut, yaitu dengan Saudari Devi, Andi , Maya dll. Saya tanya 45 hari kerja dari tanggal 30 Agustus 2020 kapan, pihak CS XL Home menjawab 30 Oktober 2020.

Waktu terus berjalan, setiap saya telepon ke 820 selalu dijawab “Dalam proses pihak Finance”; “Sudah diajukan speed up“. Semuanya normatif tanpa menunjukan progress-nya. Kami juga kontak lewat Facebook, juga jawabannya sama. Bahkan keluhan telah saya sampaikan di laman Facebook XL Home, tapi dihapus.

Tanggal 28 Oktober 2020, kami menerima email tagihan bulanan dari pihak XL Home dan beberapa kali email reminder atas tagihan tersebut.

Bulan November 2020 (kami sudah tidak record lagi komunikasinya) kami kontak ke CS XL Home atas keluhan email tagihan dan tidak ada tindak lanjut atas pengembalian kelebihan dananya. Saya sampaikan ke CS, gimana saya mau lunasi tagihan yang terakhir, sedangkan kelebihan pembayaran sudah hampir 3 bulan tidak ada tindak lanjutnya.

Tanggal 18 November 2020, layanan internet kami diputus dan kami menerima email notifikasi suspend dan reminder tagihan.

Bagaimana Pihak XL Home menyelesaikan masalah ini? Kewajiban kami telah dipenuhi, jalur komunikasi yang disediakan telah dilakukan, tapi tidak ada penyelesaian. Tolong balikin kelebihan dana kami sebesar Rp1.431.200,- (nominal ini dari pihak XL Home lewat CS).

Terima kasih.

Sugiarto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Home:
[Total:11    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Rumitnya Administrasi Refund Kelebihan Pembayaran XL Home, Sampai Akhirnya Layanan Internet Diputus

  • 20 November 2020 - (06:52 WIB)
    Permalink

    unik sistem finance-nya, sy pakai FM, klo bayar kelebihan, otomatis kelebihan bayar jadi deposit tuk pengurangan tagihan berikutmya, jd minimal tdk ada isolir krna nunggak, wong dibayar lebih

  • 20 November 2020 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Kejar trs … kl sdh balik uangnya .. gak usah pk xl lg .. msh bnyk yg lain yg lbh bagus

  • 10 Desember 2020 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Terima kasih banyak MEDIA KONSUMEN , yg memuat keluhan refund XL home diatas.
    Setelah dimuatnya keluhan tersebut diatas, pihak XL Home (saya tdk mencatat tgl dan jam nya) yaitu diwakili yg mengaku bernama Ibu Lintang telah menginformasikan bahwa proses refund telah dilakukan; dan telah saya cek memang dana refund telah masuk dgn selisih Rp 40.000,- lebih kecil dari yg diinformasikan semula. Terima kasih XL Home atas proses refund nya walaupun dgn penuh lika liku.

    Sekali lg saya sampaikan terima kasih kepada Media Konsumen, yg membantu banyak pihak konsumen

    Hormat kami,

    sugiarto

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Rumitnya Administrasi Refund Kelebihan Pembayaran XL Home, Sampai Akhi…

oleh sugiarto sugiarto dibaca dalam: 1 menit
4