Saya Korban Kesekian yang Terjebak Paket Bundling Indosat Ooredoo

Dear Indosat Ooredoo,

Hari ini (11 Desember 2020), saya menerima surat dari PT. Perkasa Abadi Perdana perihal surat peringatan tunggakan tagihan pascabayar Indosat atas nomor: 081513314842 sebesar Rp419.242. Karena saya merasa tidak mengetahui dan tidak pernah menggunakan nomor pascabayar tersebut, saya mengira ini surat penipuan berkedok tagihan INDOSAT.

Saya menghubungi CS Indosat di nomor 021-30003000 untuk melaporkan hal tersebut. Namun setelah dicek oleh CS di telepon tersebut, memang ada tagihan di nomor tersebut dan benar atas nama saya. Saya katakan bahwa saya tidak pernah menggunakan kartu pascabayar Indosat. Setelah dicek, CS tersebut mengatakan bahwa nomor tersebut merupakan promo bundling pembelian HP.

Kemudian saya teringat sekitar tahun lalu saya ada pembelian HP di counter Erafone, dan saat itu disebutkan ada promo bundling kartu Indosat dengan paket internet yang berlaku 1 tahun. Saat itu saya menolak, karena saya sudah memiliki nomor lain yang sudah lama saya gunakan. Namun saat itu sales bilang, bahwa ini promo menarik, dan kartu tidak apa-apa tidak digunakan, dan akan otomatis mati jika tidak digunakan. Akhirnya nomor tersebut tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah saya gunakan (saya yakin Indosat punya data yang lebih akurat akan hal ini, karena histori pemakaian nomor bisa di-tracking by sistem).

Kemudian saya meminta CS ditelepon tersebut, untuk menonaktifkan nomor tersebut. Namun CS tersebut mengatakan bahwa saya harus datang ke gerai Indosat terdekat. Saya meminta opsi lain selain datang ke Gerai Indosat, karena dalam kondisi pandemi ini saya benar-benar menghindari pergi ke tempat keramaian jika tidak perlu. Namun dikatakan tidak ada opsi lain. Saya bertanya bagaimana mengenai tagihan atas nomor yang tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah digunakan tersebut. CS tersebut hanya menjawab bahwa akan dijelaskan oleh petugas di Gerai Indosat.

Karena merasa terjebak atas promo pembelian HP tersebut, saya search di internet mengenai hal tersebut, dan saya menemukan surat Ibu Lisgumantika:

Dan banyak surat keluhan lain dari para korban yang merasa terjebak atas promo tersebut, mendapatkan nomor saat pembelian HP, nomor tidak diaktifkan ataupun digunakan tetapi kemudian mendapatkan surat peringatan juga dari debt collector.

Kepada Indosat, apakah ini memang program resmi dari Indosat dan Erafone? Apakah memang seperti ini prosedur yang tepat? Kami tidak diinformasikan bahwa nomor tesebut harus dinonaktifkan dan akan terus berjalan tagihan walaupun tidak diaktifkan dan digunakan? Dan tidak ada konfirmasi sebelumnya dari pihak Indosat melalui media apapun.

Saya merasa sangat terjebak dan kecewa sekali dalam masalah ini.

Dengan adanya tulisan ini, saya sangat berharap ada penyelesaian yang baik dari pihak Indosat. Semoga tulisan saya ini dapat menjadi pengingat untuk para pengguna/pembeli maupun calon pengguna/calon pembeli, agar lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam promo serupa.

Ria Octoviany
Kota Bekasi, Jawa Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:39    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Saya Korban Kesekian yang Terjebak Paket Bundling Indosat Ooredoo

    • 20 April 2021 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Saya juga terjebak, padahal saya tidak membeli Hp dengan paket bundling, tapi kenapa mereka bilang saya membeli hp di tahun 2020
      Tolong segera di tangani, saya sudah mengubungi CS dan diminta untuk menunggu.

    • 22 Mei 2021 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Sya jg kena saat ini..tp sy tidak menggunakan kartu tersebut..ini meresahkan tlg di proses atau kita lemparkan ke pihak kepolisian..

  • 11 Desember 2020 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Update 11 desember 2020 – 19.35 : Pihak Indosat (Pak Imam) sudah menghubungi saya perihal masalah surat tunggakan yang saya terima, dan sudah mendengarkan penjelasan detail dari saya dan akan di investigasi lebih lanjut. Semoga ada penyelesaian yang baik dari Pihak Indosat, dan terimakasih atas respon yang cepat atas surat di media konsumen ini.

    Terimakasih kepada admin MediaKonsumen, yang sudah dengan sigap memuat surat saya.

    • 1 Januari 2021 - (22:35 WIB)
      Permalink

      Wah saya calon yg sama ini kaya nya dgn konsumen tersebut, soal nya awal 2020 sy dpt promo bundling Xiaomi dan eraphone juga, kontrak 2 tahun lagi, klo kontrak habis calon2 juga ini komplain ke Indosat,

    • 12 Januari 2021 - (16:23 WIB)
      Permalink

      kak, bagaimana kelanjutannya? saya juga terjebak di situasi yang sama. Apakah tagihannya dihapus?

  • 12 Desember 2020 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Kebiasaan emang sales erafone, gw jg pernah di Giant mall Bekasi..
    Tp gw tolak, hati2 deh beli di erafone

    • 12 Desember 2020 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Saya kmrin juga kena jebakan juga ,baru hari rabu kmrin saya bayar 3 bulan….buat pengalaman aja.

      • 12 Desember 2020 - (20:50 WIB)
        Permalink

        Wah ternyata masih banyak yang terjebak ya.
        Saya tidak mau bayar pak, karena seharusnya jika memang kartu pasca bayar, ada tagihan atau pemberitahuan bulanan, selama ini saya tidak pernah terima sama sekali tagihan atau pemberitahun melalui media apa pun karena memang saya tidak pernah aktifkan kartunya.

        Semoga ada penyelesaian yang baik dari pihak Indosat, masih menunggu berita lanjutan.

  • 13 Desember 2020 - (03:47 WIB)
    Permalink

    Menurut saya masih banyak lagi kasus korban jebakan yang akan melapor.
    Mungkin ada perpanjangan otomatis di syarat dan ketentuan, yang tidak disadari oleh korban dan tidak diberitahukan oleh sales nya.

  • 13 Desember 2020 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Update 13 Desember 2020 jam 12:45, baru saja pihak Indosat (Pak Imam) sudah menghubungi saya kembali. Dan dengan bantuan dan kerjasama dari Pak Imam, tunggakan tagihan yang ditagihkan ke saya sudah di hapuskan. Dan masalah ini sudah terselesaikan dengan baik.
    Terimakasih kepada Indosat yang sudah merespon dengan cepat surat di media konsumen ini.

    Terimakasih juga kepada media konsumen, sebagai media penyambung atas masalah ini. 🙏🙏

  • 25 Februari 2021 - (17:27 WIB)
    Permalink

    saya juga kena tipu ni, tapi saya heran apakah harus tulis media konsumen seperti baru ditindaklanjuti? karena baru kali ini saya ditagih sampai pakai debt collector, padahal urusannya saja tidak jelas dari indosatnya, tidak perjanjian dari bundling yang didapat, ditanya ke indosat bilangnya pascabayar otomatis diperpanjang gitu doang, tidak memuaskan konsumen sama sekali, harus ada petisi atau demo kekantornya mungkin baru diperbaiki sistemnya

  • 4 Agustus 2021 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Iya saja juga kena tipu, apa bisa ini dilaporkan ke perlindungan konsumen ya, gila banget emng ini, parah ini, penipuan ulung terencana sih kayanya kong kalikong sama salesnya er*ph**e

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Saya Korban Kesekian yang Terjebak Paket Bundling Indosat Ooredoo

oleh Ria dibaca dalam: 2 menit
19