Barang Hilang oleh JNE, Seller di Shopee yang Dirugikan!

Saya mendapat order HP samsung M51 dengan nominal Rp5.149.000,-. tujuan Kota Sorong dengan order nomor: 201112RWVB7NCC dan nomor resi: 8826412049857073, menggunakan ekspedisi JNE Reguler (Cashless). Tanggal 12 November 2020 saya mengirimkan pesanan dengan packing bubble wrap.

Tanggal 16 November 2020 barang statusnya sudah dalam pengantaran oleh kurir. Namun ternyata barang dinyatakan hilang oleh kurir JNE dan saya hanya mendapat uang ganti senilai 10x dari ongkos kirim, yaitu sejumlah Rp1.300.000.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Shopee, baik via telepon ataupun email, tapi alasan Shopee tidak bisa mengganti full karena barangnya tidak diasuransi. Padahal saya tidak bisa menambahkan asuransi sendiri, karena sistem resinya sudah otomatis dari Shopee (cashless). Pun pembeli tidak menambahkan asuransi di pembelian barang tersebut (Shopee juga tidak meyediakan pilihan asuransi). Jika di merchant lain, contohnya Tokopedia, asuransi kehilangan ditanggung oleh Tokopedia jika sistemnya cashless.

Di sini saya merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Shopee. Jadi sekarang saya merasa waswas untuk menjual barang di Shopee lagi, karena Shopee sama sekali tidak kooperatif dan lepas tangan begitu saja.

Saya berharap ada itikad baik dari pihak Shopee untuk mengganti full.

Nur Azizah
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:59    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Nur Azizah

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 12 Desember 2020 berjudul โ€œBarang Hilang oleh JNE, Seller...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Barang Hilang oleh JNE, Seller di Shopee yang Dirugikan!

  • 12 Desember 2020 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Maaf.. Kok saya punya feeling barang di curi ya.. Maaf klau berpikiran buruk..sekali lagi ini pemikiran buruk saya… Agak aneh klau barang hilang dan hanya di ganti rugi sebesar 1 jutaan.. Yang jadi masalah adalah.. Apa dari pihak kurir blm di interogasi dr jne nya.. Krn semua pasti ada prosedurnya.. Maaf klau saya salah dari melihat kasus..

    12
    • 12 Desember 2020 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Seringkali pesanan berupa HP hilang sama kurir, kuat dugaan pihak kurir yang “menghilangkan” alias dicuri sama oknumnya. Sudah sepatutnya pihak kurir bertanggung jawab dengan mengganti sepenuhnyabarangg yang hilang. Jika cuma mengganti ongkos kirim, itu tidak layak dan tidak bertanggung jawab.

      Hapus JNE dari daftar ekspedisi, agar kasus serupa tidak terulang kembali dimasa depan. Dan pihak Shopee harus meminta tanggung jawab kepada ekspedisi atau putus kerjasama dengan kurir JNE.

      11
    • 13 Desember 2020 - (03:14 WIB)
      Permalink

      Betul, saya juga pernah membaca kasus seperti ini di platform ini. Si penerima sudah ditelpon untuk ambil barang tapi setelah dijemput oleh penerima barang hilang.
      Biasanya pengirim menyebutkan apa isi kiriman dan biasanya ditempel di stiker yang ditempelkan di kemasan luar paket. Kurirnya baca dong.
      Jadi kemungkinan besar dilakukan oleh orang dalam

    • 13 Desember 2020 - (06:10 WIB)
      Permalink

      memang betul barangnya hilang oleh kurir JNE, dan sy memang sudah mendapat ganti rugi sesuai prosedur jne. yg jd masalah adalah sbg seller di shopee sy tidak mendapat ganti rugi dr shopee. pdahal uang ke pembeli di ganti 100%. padahal dr shopee sendiri yg tidak menyediakan layanan asuransi di cashless nya.

  • 12 Desember 2020 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Coba Lapor polisi aja..
    Sapa tau bisa balik lg uangnya
    SHOPEE skrg kok sd jadi kayak gini ya..

  • 12 Desember 2020 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Ya batalin aja kalau ga bisa pake asuransi daripada hilang. Lagian jauh kirimnya.

    2
    1
  • 12 Desember 2020 - (20:29 WIB)
    Permalink

    cek resi nya lagi,tgl 11-12-2020 jam 8:40 sudah terkirim, jadi gimana itu uang ganti ruginya?

  • 12 Desember 2020 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Menurut lapor polisi.
    Tanda bukti resi ada .mau gimana lagi
    Ketemuh deh nanti, yg lalai Shoopenya apa JNEnya.

    • 13 Desember 2020 - (02:51 WIB)
      Permalink

      Waduhhh…. Bukan hanya sekali kejadian seperti ini tapi sudah berkali-kali. Kalau penyelesaiannya selalu seperti ini, maka akan ada oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini. Jika ada oknum dari kurir JNE yg menggelapkan paket, dan penyelesaiannya hanya dengan mengganti 10 kali ongkos kirim dan tidak dilakukan investigasi internal, maka oknum tersebut akan mengulangi aksinya berulang kali. Satu paket yang hilang hanya diganti dengan 10 kali ongkos kirim, maka akan sangat menguntungkan bagi oknum yang berbuat curang tsb. Anehnya kok bisa hilang, dan hilangnya dimana… kan bisa dilacak. Di dalam gudang atau saat dalam pengiriman, jika hilang di dalam gudang maka ada beberapa orang yang patut dicurigai. Tapi jika hilangnya dalam perjalanan maka sudah jelas siapa yang harus bertanggung jawab.

      • 13 Desember 2020 - (06:15 WIB)
        Permalink

        betul sekali gan, sepertinya bukan saya saja yg mengalami hal seperti ini. semoga saja shopee bisa memperbaiki prosedur kiriman dengan cashless agar menyediakan pilihan asuransi, sehingga baik pembeli atau penjual tidak akan dirugikan. karena ekspedisi bersedia mengganti kehilangan sesuai harga barang jika ada asuransi.

        • 13 Desember 2020 - (16:49 WIB)
          Permalink

          status jika cek resi sdh di terima sama FERONIKA FUTUNANEMBUN kemungkinan itu sesuatu trik pembeli ya kak krn di shoppe orderan sewaktu waktu bisa di batalkan ada baik nya coba tlp penerima paket jika memang ada etikad baik dan atau live chat ke shoppe memberikan bukti tracking nya jika memang dana nya di pembelinya masih ada bisa di tahan jika tidak ada yach mau gimana lagi jadi apes

      • 13 Desember 2020 - (09:53 WIB)
        Permalink

        Dibawa ke jalur hukum saja mbak. Kalau lewat jalur hukum, anda bisa sekalian menuntut kerugian imateriil puluhan atau bahkan ratusan juta ke Shopee biar mereka kapok, tidak seenaknya sendiri.

        2
        1
  • 12 Desember 2020 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi saja,Biar kejadian itu tidak terulang kembali pada diri kita atau orang lain.
    Entah yg Lalai itu siapa,Apa JNE apa Shoopenya?

  • 13 Desember 2020 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Saya sudah lama menonaktifkan jne cashless di shopee krna brg2 yg saya kirim harga jutaan dan rentan pecah sedangkan jne cashless tdk bisa menggunakan packing kayu (ini sgt aneh) dan tidak ada pilihan asuransi dimana jika ada kasus seperti di atas, penjual yg paling dirugikan. SHOPEE ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    • 13 Desember 2020 - (11:53 WIB)
      Permalink

      saya malah akhirnya menutu toko di shopee, karena sy tidak ingin kejadian ini terulang kembali.

      • 13 Desember 2020 - (13:07 WIB)
        Permalink

        Itu jadi salah satu tantangan dalam berusaha… Pantang menyerah dan tetap berusaha. Untuk mencapai kesuksesan pasti ada aja kendalanya. Jadikan pengalaman dan ambil hikmahnya. Tetap semangat

    • 13 Desember 2020 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Dari kasus ini yang saya lihat kejanggalan ada di pihak JNE… barang udah dalam proses pengiriman oleh kurir k alamat konsumen kok bisa seenak jidatnya bilang hilang, saran aja kasus ini d bawa ke jalur hukum dan tuntut JNE dengan kerugian imateri. biar mereka gak seenak nya ngomong hilang yg selalu di lakukan berulang dengan kasus yg hampir sama.

  • 13 Desember 2020 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga sellee shopee, hampir semua ekpedisi d shopee hanya memberikan ganti rugi 10x ongkir,
    Satu2nya jalan cuma pake shopee express Mas, cuma dia yg terima klaim sesuai invoice.

    Ya salah satu kelemahan shopee tidak ada asuransi kecuali shopee express, dan ketika barang hilang, bukan pembeli tapi malah seller yg tanggung.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang oleh JNE, Seller di Shopee yang Dirugikan!

oleh nur azizah dibaca dalam: 1 menit
19