Akun Shopee Saya Diretas, Dana Shopee PayLater Saya 4 Juta Raib

Akun Shopee tinaandriyan pada tanggal 6 Januari 2021 sekitar pukul 18.01 WIB saya menerima telepon yang mengatasnamakan Shopee dari kantor Jakarta. Dia bilang kalau akun Shopee saya dapet bonus 2jt karena saya sudah sering menggunakan Shopee untuk berbelanja online. Tapi ada syaratnya, saya disuruh top up Shopee Pay saya sebesar 300rb dan saya jawab iya. Tapi berhubung saya lagi kerja saya bilang entar saya isi. Tapi si penelepon mengalihkan pembicaraan dengan menyebut data-data Shopee saya, riwayat pemesanan dan data pribadi saya.

Kemudian si penelepon menanyakan ada wa masuk yang berisi kode agar bonusnya bisa langsung masuk ke Shopee Pay saya. Kemudian saya cek wa saya ternyata ada dari OTP Shopee. Begonya saya malah ngasih kode tersebut. Setelah itu saya curiga karena sempat membaca kode verifikasi dan saya matikan teleponnya.

Pukul 19:20 an saya cek Shopee saya ada 1 tranksaksi yaitu HP Oppo senilai Rp 3.889.120 menggunakan Shopee Paylater yang saya tidak merasa pesan. Saya langsung chat CS Shopee akun saya telah dihack saya bilang ke CSnya tolong tranksaksi terakhir saya untuk tidak diproses dibatalkan. Dan CS Shopee akan menonaktifkan akun saya untuk sementara.

Pada tanggal 07 Januari 2021 pukul 10:30 saya mendapat email dari Shopee akun bahwa akun sudah normal. Pada pukul 19.40 saya coba login Shopee, saya kaget karena tranksaksi yang di-hack sipenipu belum dibatalkan malah barangnya sudah dikirim ke alamat sipelaku. Saya coba hub CS Shopee bagaimana solusinya CS jawab untuk hub J&T.

Saya langsung hub J&T buat ubah alamat atau membatalkan tapi pihak J&T menjawab tidak bisa untuk alamat yang sudah dituju. Saya sudah berusaha hub.CS Shopee dan pihak J&T tetap tidak ada jalan keluarnya.

Sampai saat ini pihak Shopee tidak ada tanggung jawab, tagihan Shopee later tetap dibebankan ke saya, padahal sudah jelas ini akun saya ke hack. Saya sangat kecewa dengan sistem Shopee. Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee tapi dari pihak Shopee tidak ada yang bisa memberi jalan keluar.

Saya berharap dengan saya menulis artikel ini masalah saya ada tanggapan dan tanggung jawab dari pihak Shopee, dan tidak ada lagi korban-korban seperti saya. Terima kasih.

Tina Andriyani
Jakarta Barat 11480

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:28    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Akun Shopee Saya Diretas, Dana Shopee PayLater Saya 4 Juta Raib

  • 11 Januari 2021 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Bukti Chat Shopeenya ada? Jam berapa anda minta pembatalan?

    “Saya langsung chat CS Shopee akun saya telah dihack saya bilang ke CSnya tolong tranksaksi terakhir saya untuk tidak diproses dibatalkan. Dan CS Shopee akan menonaktifkan akun saya untuk sementara.”

  • 11 Januari 2021 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Sangat di sayangkan karena dalam kurung waktu 24jam anda hanya mengecek akun anda 1x saja setelah melakukan laporan, padahal pengiriman menggunakan j&t dan resi pun bisa di lacak..

    entah apa memang anda terlalu menyepelekan uang segitu atau anda memang berniat agar transaksi sukses?

    klo saya jadi anda, 24jam itu cukup untuk push trus menerus pihak shope agar membatalkan transaksi, atau lebih mudah lg lapor ke j&t untuk menunda pengiriman sementara karena ada indikasi penipuan..

      • 12 Januari 2021 - (10:31 WIB)
        Permalink

        SESUDAH MENGALAMI KEJADIAN INI JANGAN TRAUMA ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN PAY LATER, Karena kedepannya nanti anda akan mahir menjaga keamanan akun paylater dan akun akun lainnya. Karena anda sudah mendapatkan PENGALAMAN BERHARGA dgn membayar 3,7 juta.

  • 11 Januari 2021 - (14:00 WIB)
    Permalink

    “Begonya saya malah ngasih kode tersebut.” – ya iyalah.

    “Saya langsung hub J&T buat ubah alamat atau membatalkan tapi pihak J&T menjawab tidak bisa untuk alamat yang sudah dituju.” – usaha yg bagus sayangnya SOP kurir tidak seperti itu.

    “Sampai saat ini pihak Shopee tidak ada tanggung jawab,” – kenapa minta tanggung jawab ke shopee? Kan ada yg membagilan OTP.

    “Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee” – ga ngefek lah.

    Kalau memang harus bayar juga, anggap kursus singkat, biar pinter dikit.

    Mudah2an ada jalan keluarnya.

    7
    3
  • 11 Januari 2021 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Salahnya ya ngasih OTP. Udah jelas jangan dikasih ke orang lain. Shopee tidak pernah meminta kode OTP. Ga bisa minta tanggungjawab shopee atau j&t, karena murni kesalahan pribadi.
    Kalo minta bantuan shopee dan j&t ya sekedar minta bantuan, terserah shopee mau bantu atau tidak, itu diluar masalah

    5
    2
    • 11 Januari 2021 - (23:43 WIB)
      Permalink

      Mbak Tina apakah mengklik sebuah Link / tautan yg diberikan oleh si penipu trsbt ? Dimana Link tersebut adalah semacam alamat untuk masuk / Log in ke akun shopee ?

  • 11 Januari 2021 - (14:30 WIB)
    Permalink

    @Tina

    [Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee tapi dari pihak Shopee tidak ada yang bisa memberi jalan keluar]

    Saya menilai, anda kecewa dengan Shopee. Anda salah sasaran.

    Pada awal Shopee berdiri, semua orang mendaftar, membuat akun, menjadi pengguna Shopee. Belanja dengan aman dan puas.

    Karena perkembangan jaman, di aplikasi Shopee muncul fitur Paylater, dan pengguna pun mendaftar lagi dengan syarat yang berbeda lagi.

    Saat anda mendaftar pertama itu, anda mendaftar di aplikasi Shopee milik perusahaan Shopee. Sedangkan saat pendaftaran kedua kalinya, mendaftarkan diri di Fitur Paylater, sebenarnya anda mendaftarkan diri pada perusahaan Fintech.

    Jadi walaupun itu satu aplikasi, nyatanya anda mendaftar dua kali. Dan syarat pendaftaran yang kedua itu lebih ribet karena anda harus berfoto selfie sambil pegang KTP, ala ala syarat pengajuan app Fintech pada umumnya.

    So, jika Paylater anda bermasalah, siapa yang pantas dianggap mengecewakan.?

    Ya Perusahaan Fintech itu.

    Aplikasi Marketplace sebenarnya Halal. Tapi ketika kalian mendaftar pada fitur Paylaternya. Itu Haram.

    Paylater jelas Riba’.

    Yang Haram adalah Penyakit. Cepat atau lambat penyakit itu akan terasa, tunggu saja.

    4
    8
  • 11 Januari 2021 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Yang salah Anda kok nyalahin pihak lain? Emangnya yang ngasih OTP ke si penipu Shopee?

    7
    1
  • 11 Januari 2021 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Keburu gelap mata pas dengar bonus, perimeter2 keamanan pun diabaikan demi dapat bonus dari orang tak dikenal

  • 11 Januari 2021 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Maaf, menurut saya, yg anda publis ini adalah kebodohan anda sendiri. Jgn menyalahkan shopee atw j&t.

    3
    2
  • 11 Januari 2021 - (18:40 WIB)
    Permalink

    saya kejadian nya persis seperti anda .. tapi rugi sekitar 600ribuan .. tapi memang itu kebodohan saya .. yang langsung percaya dapet duit 2 juta .. , semoga masalah anda bisa terselesaikan

  • 11 Januari 2021 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Kalau itu mah kesalahan anda.. sudah jelas di SMS shopee ada tulisan…jangan berikan kepada pihak manapun… termasuk shopee…lha iya resiko malas baca… memang terbukti ucapan yg bilang jika kita itu malas baca… jika adapun yang rajin baca tapi malas memahami bacaannya

    1
    1
    • 13 Januari 2021 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Kejadian yg diatas hampir pernah menimpa sy…awalnya dr instagram akun cs_kamil yg menginformasikan sy mendapatkan hadiah 2 8 jt dr shopee giveaway..akun tsb menanyakan nama dan nmr hp sy.sy follow akun cs_kamil isinya bnyk posting poto2 shopee,..selang 2 hr sy mendapatkan tlp mengatasnamakan shopee..dan bilang kl ada notifikasi masuk tlg sebutkan nmr otp..benar ada notifikasi masuk..untung sy segera sadar bahwa ini penipuan..dan tdk memberikan mnr otp yg diminta penipu itu..

  • 11 Januari 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Mau ketawa takut dosa zaman sekarang masih aja percaya dapat iming² bonus 2 juta haduh…

  • 11 Januari 2021 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkw…minta tanggung jawab SMA shope jelas2 salah sendiri yg ceroboh ngasih kode otp..hari gini percaya dpt hadiah begitu ajaa…🤣🤣🤣

    1
    1
    • 12 Januari 2021 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Dan terjadi lagi,masih ada aja yang terbuai tipu² hadiah ini itu,udah pake shopee 3 tahun masa belom paham juga,shopee padahal sering menghimbau kerahasiaan OTP,bahkan ke customer service shopee pun,OTP sangat² rahasia,semoga banyak yang belajar dari kejadian ini,dan tidak ada korban lainnya yang terbuai

  • 12 Januari 2021 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Tipikal org indonesia lah yaaaa. Diiming2i duit langsung iya iya aja. Suruh siapa OTP loh dikasih ke org lain. Bahkan pihak shopee aslinya aja gak boleh kita kasih. Bejimane lah

  • 12 Januari 2021 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Hari & tanggal yang sama gw dapat telpon atasnama perusahaan kopee dan kerjasama dengan shopee.
    Katanya dapat duit 2juta. Gw langsuh tutup telpon dan blokir no nya.
    Sudah kenyang modus kaya gini.
    Alhamdulilah belum pernah ka bobol.
    Saran sayamah jangan cob2 aktifkan spay leter. Gitu aja…

    • 12 Januari 2021 - (20:50 WIB)
      Permalink

      “saya kecewa karna pihak shopee tidak ada tanggung jawabnya”. Lah. ****** asli. Shopee gada urusan. Lu 3taun pake e-commerce tpi masih bego. Otp dikasih tau ke orang. Shopee sendiri aja dh ngasih tau klo lu beli barang jgn memberitahu kode otp bahkan pada pihak shopee sekalipun. Ini bukan tanggung jawab pihak shopee. Tpi lu sendiri yg teledor. Percuma bikin surat terbuka orang lu yg salah.

  • 12 Januari 2021 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Kasih saran aja…!!!?
    Kan alamat she pembeli/tukang hack da kan.
    Laporkan ke pihak berwajib.
    Jk shopee & J&T tidak bs membatalkan.
    Semua bisa di batalkan jk hukum bergerak.

  • 12 Januari 2021 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Manusia itu gak da sempurna boss ku.
    Pasti ada kesalahan,jgn di bully kasian tu mbaknya..kasih solusi yg bagus kenapa.
    Buat CS Shopee jk Pelapor Tlp udh jelas* minta dibatalkan harus di cancel lah pembeliannya.

  • 12 Januari 2021 - (13:35 WIB)
    Permalink

    apapun alasannya jangan pernah memberikan kode otp kepada pihak siapapun atau manapun, coba anda cek alamat pengiriman orderan tersebut kepada siapa dan dimana..seharusnya sebelum minta akun shopee nya dinonaktifkan alangkah baiknya anda chat si penjual minta dibatalkan pesanan dan berterus terang apa yg terjadi. klo penjualnya baik hati pasti mengerti dan membatalkan orderan.

  • 12 Januari 2021 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Laporin aja ke pihak berwajib …. Ada alamat lengkapnya kan … Dipengiriman kan pasti ada alamat penerima …

  • 12 Januari 2021 - (17:02 WIB)
    Permalink

    setelah menulis ini sya langsung dihub pihak shopee untuk menindaklanjuti masalah ini

  • 13 Januari 2021 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Ada data alamatnya kan, samperin aja bawa polisi, seharusnya sebelum paketnya di kirim pesanannya minta di batalkan

  • 13 Januari 2021 - (21:00 WIB)
    Permalink

    alamatnya YOLA 0813-7915-71** Terminal bis titipke relamaju tulung selapan, KOTA PALEMBANG, PLAJU, SUMATERA SELATAN, ID,30266
    sya udah berusaha segala cara dilakukan menghubungi pihak yg bersangkutan pada saat barang msih diproses pengiriman sya hub,shopee,j&t, penjual tidak bisa ada yg bantu untuk dibatalkan kalaupun ga bisa dibatalkan saya minta ganti alamat sya , biar barang itu ga nyampe diterima sipelaku setiap hari ngecek status pengiriman dan mnghubungi pihak tsb.dalam waktu 3 hari barang sudah diterima dengan mudah kealamat sipelaku. usaha trakhir sya dengan menulis di media konsumen ini, sya berharap ada solusi atau keringanan tagihan spaylater yg dibebankan ke sya. kalaupun tidak ada jalan keluarnya sya udh ikhlas, dan semoga ga ada korban2 seperti sya.

  • 22 Januari 2021 - (19:44 WIB)
    Permalink

    shopee @tinaandriyan pada tgl 22/01/2021 pukul 19:00 pihak shopee menghubungi saya memberi keringanan 50% dari tagihan Spaylater Rp 3.889.120 setelah shopee menindak lanjuti masalah saya alhamdulillah ada keringanan 50% senilai Rp 1.944.560. ini pembelajaran saya atau pengguna shopee yang lain untuk lebih hati-hati. Terimakasih banyak SHOPEE
    terimakasih banyak Media konsumen

    1
    1
    • 18 Juni 2021 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Mba sepertinya pelaku hacker mba sama dengan yg saya alami. Saya juga baru di hack akun shopeenya dan si pelaku menggunakan spaylater saya utk belanja. Alamat tujuannya sama mba. Boleh sharing gak mba?

 Apa Komentar Anda?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Saya Diretas, Dana Shopee PayLater Saya 4 Juta Raib

oleh Tina dibaca dalam: 1 menit
36