Tokopedia Mempersulit Klaim Asuransi

Pada tanggal 1 Januari 2021 saya melakukan pembelian produk FRP TANGKI – TANK – TABUNG PIBER – FYBER 1054 di Tokopedia dengan tambahan asuransi untuk pengirimannya. Pesanan sampai pada tanggal 6 Januari 2021, tapi ketika saya buka paketnya, ternyata dudukan tabung pecah. Saat itu juga saya ajukan komplain pesanan, yang pada akhirnya Tokopedia mengajukan formulir klaim asuransi.

Tokopedia meminta bukti berupa foto dan sudah saya kirimkan. Tidak cuma sekali, tapi berkali-kali Tokopedia meminta foto, yang mengakibatkan klaim asuransi berjalan lambat. Permintaan terakhir yang bikin saya heran, Tokopedia meminta bukti foto/video pemusnahan barang rusak. Foto barang pecah:



Mulai tidak wajar nih Tokopedia, kan masih ada cara lain yang lebih baik, yaitu perwakilan dari kurir setempat agar bisa mengunjungi/melihat keadaan barang saya. Saya menggunakan asuransi kok malah dipersulit? Semoga kejadian ini tidak terulang lagi, biarlah pembaca yang menilai kelakuan Tokopedia dan asuransinya. Foto pemusnahan barang:

Videonya: https://streamable.com/7yigwf

Andi Setiawan
Purwokerto, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:13    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Tokopedia Mempersulit Klaim Asuransi

  • 14 Januari 2021 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama pada saat mengajukan klaim asuransi pengiriman Tokopedia. Untuk nilai barang tertentu , pihak asuransi meminta pembeli untuk memusnahkan brg yang bermasalah, namun saya menyampaikan keberatan dengan alasan membahayakan diri sendiri bila dimusnakan. Pihak Tokopedia menyampaikan keberatan saya kepada pihak asuransi dan hasilnya pihak asuransi menyetujui klaim dan dana sudah direfund.
    Tokopedia responsible dan daoat diandalkan untuk online shopping di Indonesia

    3
    2
    • 14 Januari 2021 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Memusnahkan barang yang bermasalah adalah tindakan berbahaya, seharusnya Tokopedia menyadari hal ini. Semua orang pasti keberatan. Ada cara lain yang lebih baik seperti misalnya adanya kunjungan perwakilan dari jasa pengiriman yang bersangkutan untuk melihat barang yang rusak.

      3
      2
      • 14 Januari 2021 - (17:04 WIB)
        Permalink

        Benar, perlu kita ketahui bersama bahwa dalam hal ini Tokopedia adalah pihak perantara saja.
        Mereka meneruskan pernyataan dari pihak asuransi kepada pembeli dan demikian sebaliknya. Apabila ada keberatan , maka kita bisa menyampaikan di forum diskusi pusat resolusi Tokopedia tsb, maka mereka akam menyampaikan kepada pihak Asuransi. Pada dasarnya premi asuransi pengiriman yang kita bayar adalah asuransi all risk dgn metode 100% refund termasuk ongkir, maka pihak asuransi tetap akan mengganti dana tsb hanya saja mereka ada prosedur, termasuk istilah “memusnahkan”sepertinya di generalisasi tanpa memperhatikan apakah mudah dan tdk berbahaya. Anyway kesimpulannya dalam hal ini pihak Tokopedia dan asuransi tdk mempersulit kita sebagai pihak yg membeli premi asuransi tsb. Kita ikuti saja prosedurnya sesuai logika kita saja.

        Mohon maaf bila blm berkenan dengan opini saya. Terima kasih

        1
        2
  • 14 Januari 2021 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah beli mixer seharga 5 juta dan terjadi masalah retak pada saat pengiriman. Pihak asuransi meminta saya mengirim brg tsb ke kantor mrk di jkt dengan ongkir ditanggung pihak asuransi. Sesaat setelah mereka terima brg dr saya dana direfund ke rekening akun tokopedia saya

    Kita perlu memahami prosedur dari pihak asuransi bukan dr pihak Tokopedia krn pihak asuransi yang punya kebijakan terkain claim .

    Terima kasih

    1
    1
    • 14 Januari 2021 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Kalau bisa mengirim barang rusak malah lebih baik lagi, sayang pilihan tersebut tidak ditawarkan oleh Tokopedia kepada saya

      2
      1
  • 14 Januari 2021 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Komplain sudah selesai, terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah menjembatani keluhan saya dengan dimuatnya surat pembaca ini

    2
    1
    • 30 Juni 2021 - (21:09 WIB)
      Permalink

      dear tokopedia…
      saya juga baru saja mengalami hal yg sama.. tv yang saya pesan datang dalam keadaan pecah, aku ga tau apakah bisa claim, emang ada asuransinya sih, mana penjual ngeyel kalo tvnya dikirim utuh… duh kesel banget semoga segera selesai… aku dah buru2 pengen pake malah sampenya rusak šŸ˜­ aku harap toped bisa selesaikan ini udah ga ada budgetnya lagi buat beli kalo uangnya ga balik!

  • 30 April 2021 - (04:46 WIB)
    Permalink

    mohon sarannya rekan2 yg senasib, saya ini lagi mengalami hal serupa, saya diminta juga untuk memusnahkan dan divideokan, sementara barang yg saya claim adalah panel layar LCD 24″ setau saya LCD itu ada cairan kimia di dalamnya juga pecahan kacanya berbahaya, apakah hal ini juga bisa dibwatkan alasan keberatan ?

    terimakasih rekan

  • 19 Juli 2021 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Saya pun sama beli monitor tapi pas barang sampai di tes layar error. Terus langsung ajukan komplain. Terus terakhirnya minta video pemusnahaan barang. Dan sudah di upload, klaim di tutup terus uang di teruskan ke penjual culas itu karna pas hancur lcd nya ada minyak dalam nya. Dari asuransi saya harus menunggu uang kembali 2×24 jam.

  • 7 Desember 2021 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga membeli barang tetapi yang datang juga rusak kk. Saya sudah ajukan klaim tapi belum slesai juga. Biasanya berapa lama ya kk ?

  • 12 Desember 2021 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga beli barang dg memakai asuransi tetapi paket yg saya terima tidak ada itemnya alias di curi dan ini sdh di komplain n claim dari oktober dimana tgl 16nov kasus di selesaikan pihak tokopedia dan dana di teruskan ke penjual. Sampai skrg dana/ penggantian asuransinya belom saya terima. Hampir 3hari sekali saya tanyakan info nya ke pediacare tetap saja di suruh tunggu, “jika ada perkembangan info akan di infokan kembali” . kenapa tdk bisa kasih jawaban yg pasti, kapan bisa di selesaikan permasalahannya? Ini yg saya heran….dana mao saya gunakan utk biaya lain2 tersangkut

    • 15 Desember 2021 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Kasunya sama dengan saya kenapa dana bisa lgsg d teruskan k penjual ya
      Harusnya pembeli dahulu yang d utamakan
      Dan saya d janji tokopedia dana maksimal 15 Desember
      Namun Sampek hari ini belum ada saldo refund yang masuk

  • 16 Desember 2021 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Tgl 18 Nopember saya mengajukan komplain ke Tokopedia untuk INV/20211116/MPL/1767181846 barang rusak 2 pcs dari 4 pcs Sprouter Geo. Penjual Mrs Organic menolak ganti rugi. Karena saya membeli asuransi maka diminta mengisi form asuransi hingga pemusnaan barang dan sudah saya lakukan. Namun hingga sekarang sudah 29 hari, Tokopedia masih memberikan jawaban ā€œmasih dalam proses pengecekan asuransiā€. Melihat begitu banyak komplain kasus yang sama, saya makin yakin kalau pihak asuransi (internal Tokopedia) hanya mau mengumpulkan uang asuransi saja. Tapi enggan, berlama2, berkelit dan menghindar dari kewajiban membayar klaim. Saya sebagai pelanggan Tokopedia merasa sangat kecewa & dirugikan. Apalagi saya baru baru ini melakukan pembelian di salah satu market place lain ada kesalahan penjual kurang mengirimkan barang, response market place tersebut sangat cepat & baik. Dana langsung dipotong & dikembalikan di hari yang sama. Saya sudah mulai mengurangi dan akan menghilangkan pembelian via Tokopedia dengan terjadinya masalah klaim yg tidak jelas akhirnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Mempersulit Klaim Asuransi

oleh andysetiawan dibaca dalam: 1 menit
14