Dana Pelanggan Belum Dikembalikan Shopee, Tidak Ada Kejelasan

Shopee kembali membuat catatan buruk dalam pelayanannya sebagai salah satu e-commerce besar di Indonesia. Pada tanggal 28 Februari 2021 saya membeli produk Xiaomi Poco X3 NFC (warna Cobalt Blue) di Xiaomi Official dan melakukan pembayaran melalui BNI Virtual Account senilai Rp3.109.000,-.

Produk yang saya pesan sampai pada tanggal 3 Maret 2021. Namun belum sampai satu minggu, ponsel mengalami kerusakan sistem dan saya kembalikan ke alamat Warehouse Xiaomi pada tanggal 6 Maret 2021. Berdasarkan informasi dari Shopee, ponsel kembali diterima oleh tim retur di Bekasi pada 7 Maret 2021.

Saya menunggu proses yang berlaku, yaitu adanya investigasi barang yang dikembalikan. Hingga kemudian, saya mendapatkan email dari Shopee pada 11 Maret 2021 yang menyatakan bahwa “Tim Penyelesaian Masalah Kami melakukan validasi pada pengajuan pengembalian dengan hasil sebagai berikut: Pengajuan pengembalian dana pembeli atas klaim produk yang diterima tidak berfungsi dengan baik”. Di akhir surat yang dikirimkan Shopee tertera “Kami akan proses pengembalian dana kepada pembeli dalam 1×24 jam melalui Shopeepay.

Sejak hari itu hingga saat ini, dana belum juga sampai di akun Shopee Pay saya. Saya mencoba menghubungi customer service, tetapi hanya dapat membantu pada pembuatan laporan kepada tim terkait. Setiap saya menghubungi customer service, jawabannya akan dijadikan komplain prioritas.

Bagi saya, dijadikan prioritas atau tidak, ternyata tidak mengubah progress dari keluhan saya. Karena beberapa kali saya tanya ke CS, keterangan status saya adalah masih dalam investigasi. Selain itu, beberapa pertanyaan saya terkait proses refund ini tidak bisa dijawab oleh Customer Service dan dengan keterbatasannya, mereka tidak bisa akses dengan tim terkait. Berdasarkan pengakuan Customer Service demikian, dan Work From Home (WFH) menjadi salah satu alasan keterbatasan itu.

Saya baru menyadari setelah lihat review dan surat pelanggan di beberapa media online, ternyata hal ini bukan baru satu atau dua kali terjadi. Ini menunjukkan kurangnya kredibilitas dari Shopee. Sulitnya mendapatkan kejelasan yang informatif dari customer service membuat berkurangnya kepercayaan pelanggan kepada perusahaan besar ini.

Dzatmiati Sari
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Dana Pelanggan Belum Dikembalikan Shopee, Tidak Ada Kejelasan

  • 18 Maret 2021 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Terima kasih, Media Konsumen sudah membantu saya untuk mempermudah menyampaikan keluhan ke pihak Shopee.
    Sejak dilayangkannya surat pembaca ini, pihak Shopee yang diwakilkan oleh Bapak Dimas sudah menghubungi saya dan mengatakan bahwa keluhan saya sedang diproses dan tindak lanjutnya akan dipercepat. Jadi, ada respon yang baik dari Shopee.

    Sukses terus Media Konsumen,

    Salam.

  • 18 Maret 2021 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah,
    Dana refund saya sudah dikembalikan oleh pihak Shopee (kurleb) di pukul 18.03. Case saya dibantu sejak pagi oleh bapak Dimas dari pihak Shopee.

    Terima kasih Media Konsumen dan Pak Dimas yang sudah responsif menangani komplain saya.

    Salam.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Dana Pelanggan Belum Dikembalikan Shopee, Tidak Ada Kejelasan

oleh Dzatmiati dibaca dalam: 1 min
2