Terjebak Layanan Internet XL Home Fiber

Saya berlanganan XL Home sejak bulan November 2020. ID pelanggan saya adalah 38469446. Sebelum saya berlangganan, saya bertanya kepada sales XL-Home apakah boleh berhenti sewaktu-waktu. “Jika ada alasan yang jelas diperbolehkan, misalnya kualitas kurang bagus”, jawab sales XL Home.

Pada awalnya koneksi internet berjalan lumayan bagus, meskipun terkadang ada jeda (delay) pada saat mengirim pesan via Whatsapp, tetapi masih bisa ditolerir. Namun semakin lama makin terasa ketidakstabilan koneksi internetnya, untuk mengirim pesan Whatsapp bisa harus menunggu beberapa detik baru terkirim, nonton video di youtube sering kali harus menunggu loading beberapa saat terlebih dulu.

Di masa pandemi ini koneksi internet berperan sangat penting, karena saya ketika WFH harus terkoneksi dengan VPN agar bisa terhubung ke server, anak-anak saya juga harus sekolah dari rumah melalui Zoom. Dengan kondisi internet yang tidak stabil menyebabkan VPN sering terputus, meeting dengan video konference terkadang terputus / terjeda.

Saya sudah menghubungi XL Home customer service dengan nomor laporan WO-0259356 untuk menyampaikan keluhan koneksi internet yang tidak stabil. Seperti biasa, petugas mengarahkan pengguna untuk melakukan restart modem. Namun meskipun sudah direstart, masih tetap belum ada perubahan.

Kemudian beberapa hari kemudian dari Xl-Home meminta screenshot speedtest melalui browser. Kebetulan pada hari itu gangguan intenetnya sedang parah sekali, sampai tidak bisa membuka website speedtest.com, sehingga saya screenshot apa adanya dimana web browser gagal loading website speedtest.com. Beberapa hari berlalu, koneksi intenet masih belum membaik.

Pada tanggal 25 Januari 2021 ada petugas dari XL-Home datang ke rumah, saya kira akan mengecek dan memperbaiki gangguan koneksi, ternyata hanya memotret perangkat TV Box dan setelah itu pergi. Karena saya sudah tidak sabar lagi, saya telepon ke XL-Home untuk minta berhenti berlangganan, tetapi customer service mengatakan bahwa saya belum setahun berlangganan, jika berhenti maka akan dikenakan denda sebesar satu juta rupiah, padahal saya tidak pernah menandatangani sebuah pernyataan yang didalamnya tertulis peraturan mengenai denda tersebut.

Ini adalah peraturan yang merugikan konsumen, karena dari sisi kualitas tidak bisa diandalkan tetapi konsumen dipaksa harus tetap berlangganan sampai satu tahun. Dengan kondisi koneksi yang seperti ini, saya harus mencari alternatif layanan internet dari provider lain untuk backup.

Ini adalah pilihan yang sulit, kalau saya terus berlangganan XL Home, koneksi internet sering terjeda (delay) dan tidak stabil, jika berhenti berlangganan saya dikenakan denda satu juta rupiah. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan layanan dari provider lain, hal ini mengakibatkan layanan internet dari XL-Home saya di-suspend.

Karena permohonan berhenti berlangganan saya tidak diproses, ini menyebabkan tagihan terus berjalan meskipuan layanan internet XL Home saya dalam keadaan ter-suspend.

Saya mohon dari pihak XL-Home untuk memberikan solusi yang terbaik yang tidak merugikan konsumen. Apakah dengan layanan internet yang seperti ini, saya harus tetap berlangganan sampai satu tahun, berapa standar SLA XL Home?

Mohon tanggapan dari pihak terkait atas keluhan ini.

Koko
Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Koko

Jakarta, 7 Juni 2021 Ref.CM/CU/E/001/0621/NL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut kami kirimkan tanggapan kami atas keluhan pelanggan Bapak...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Terjebak Layanan Internet XL Home Fiber

    • 26 April 2021 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Waduh….
      Br mau coba ambil paket XL Home,
      Klo kyk gini ya dipertimbangkan dulu deh…
      Semoga segera diselesaikan dr pihak XL

      • 22 Mei 2021 - (01:51 WIB)
        Permalink

        Untung gw baca artikel ini. Tadinya gw mau langganan buat pasang wifi di warung kopi gw, tapi liat kasus kayak jadi gak minat lagi gw. Thanks bro.. ente nyelametin gw. Ajib bener dah. Ajib.

  • 25 April 2021 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Saya bener-bener ga paham sama customer service rata² provider telekomunikasi di Indonesia, kenapa selalu memberikan solusi yang sangat tidak membantu. Jawabannya juga kaku banget.

    • 26 April 2021 - (06:13 WIB)
      Permalink

      Mereka menjawab dengan kakubkrn mereka gak paham cara menyelesaikannya,atau memang kurang paham terhadap dunia internet,mending anda pakai internet rumahan tuh lwifi RT RW Krn mereka sangat paham betul kalo ada komplin lsg di selesaikan,harganya pun murah meriah

  • 26 April 2021 - (13:02 WIB)
    Permalink

    biasanya terms and condition tidak harus mengharuskan anda tanda tangan, banyak website skrg yang syarat dan ketentuan pemakaiannya otomatis anda setujui apabila anda menggunakan website tersebut, dan kalau website yang butuh sign in, biasanya membutuhkan anda mencentang bahwa anda setuju, ataupun hanya menuliskan, dengan daftar anda sudah menyetujui.

    nah kemungkinan untuk XL ini seperti itu, dengan anda mendaftar otomatis anda menyetujui

  • 26 April 2021 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Tidak jadi ambil XL Home ah… untung ada contoh.. bisa jadi patokan kalau tetap ambil bakal runyam.. ke firstmedia aja deh

    • 2 Agustus 2021 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Sy jg berlangganan internet xlhome fiber di rumah atas nama anak sy
      Sy nyesal karena sering lemot.
      Sy tdk mengerti knp ada ketentuan ttg tdk boleh pemutusan/berhenti berlangganan sebelum 1 thn. Artinya klu konsumen ingin berhenti berlangganan internet dgn xlhome fiber blm 1 thn berkangganan, maka akan dikenakan denda/penalti sebesar 1 jt rph. Jd apapun alasannya xlhome tdk mau menerimanya.
      Apa dasar dari kebijakn xlhome membuat spt ini yg sgt memberatkan konsumen.

    • 29 Oktober 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Sampai saat ini pelayanan XL belum bagus.. saya berlanggananXL Home baru berjalan 3 bulan, beralih dariprovider lama.
      Kemari tgl 28 Oktober 2023 sekitar pukul 03:00 WIB dini hari tiba2 jaringan terputus,, pagi harinya saya laporkan CS XL.. Sampai sore hari Internet belum terhubung.. saya tlp lagi CS XL dan dijelaskan ada gangguan jaringan kabel terputus,, malam hari juga blm terhubung saya tlp lagi cs XL katanya gangguan sudah teratasi dan saya diminta sabar menunggu.. Esok pagi tgl 29 Oktober 2024 saya tlp lagi dengan kesal,, lalu saya dikirim email tiket pengaduan dan kata CS nya masih ada gangguan kabel.. siang nya saya tlp lagi dan kata CS nya masih dlm perbaikan.. sekarang sudah menjelang sore jaringan belum juga terhubung…
      Tidak ada dari pihak XL menghubungi memberikan penjelasan apa2..
      Entah kapan jaringan internet nya terhubung lagi..
      Menyesal saya beralih ke XL dari provider sebelumnya…

  • 12 September 2021 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Berkebalikan dengan saya, saya juga berlangganan XL Homefiber sejak November 2020 lokasi Cipondoh Kota Tangerang. Untuk kendala sinyal tidak pernah terjadi, gangguan masal selama ini pun tidak pernah terjadi. Alhamdulillah semua lancar… pernah terjadi kendala tapi bukan karena dari XL Homenya, tapi karena kabel yg dari tiang ke rumah itu putus kena benang layangan (kondisi dilingkungan rumah saya saat ini memang banyak bocah yg main layang-layang), setelah saya hub CS besoknya teknisi langsung dtang dan memperbaikinya. Speed pun saya tes sesuai, saya ambil paket up to 100 mbps perbulan 383 rbu.. saya tes di laptop menggunakan tembus 98 mbps download, upload 97 mbps. Tes di hp Iphone tembus 65 mbps, upload 68 mbps. Tes di Hp Samsung tembus 48 mbps, upload 53 mbps. Kalau dibandingkan dengan provider lain jujur saya lebih nyaman dengan XL Home karena tidak pernah ada gangguan sama sekali. Sewaktu pakai Indihome dan Firstmedia seminggu atau sebulan pasti ada saja gamas lah, lemot lah ini lah itu lah.

  • 26 Desember 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Terjadi juga nih pada saya.
    Masih menunggu “kebijakan” dari XL.
    Kalau ga ada… gw kirim surat juga ke sini.

  • 22 April 2022 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Koko.. Bagaimana kelanjutannya sekarang? Apakah pinalti 1juta bapak bayar atau tidak?
    Jika pinalti itu tidak di bayar, apakah sanksi nya kedepan buat kita pribadi? Krna betul kata pak koko, kita tidak pernah menandatangani tntg isian kalo brenti sebelum 1 taun bakalan kena pinalti.
    Tolong di balas ya pak

  • 18 Agustus 2023 - (23:38 WIB)
    Permalink

    After sales nya XL home ini parahhhh bener kayak ******.. punya karyawan sales kayak gak di training dulu, ngomong gratis diawal tau2 jalan 2 minggu ditagih duit. Bilangnya perbulan 265rb pas nagih jd 315rb alibi nya belum termasuk pajak kan bangsatt kenapa gak ngomong terus terang.. dan ternyata dapet gratisnya pas setelah pembayaran td, eh jalan 3 minggu wifii mati total dihubungi gak bisa bahkan nomor saya di blokir.. sales hilang tanpa kabar, mau cabut wifii kena denda penalty 1 jt pdahal saya gak ttd apapun dan sales juga gak ada omongan begini.. perusahaan sampahh semoga cepet bangkrutt/pailit kau XL home

    • 29 Oktober 2023 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena janji manis sales nya,, katanya bayar nunggu sebulan.. ternyata 2 minggu kemudian harus dibayar atau diblokir.
      Saya langganan yg 50mbps ternyata setelah diukur pakai speedtest cuman dibawah 20 mbps.. bahkan pernah 5mbps.. memang terkadang sampai ke 50mbps,, kadang2 ya…
      Mana Saat ini sedang gangguan dari tgl 28 Oktober 2023 samapi 29 Oktober 2023,, 2 hari baru ada jaringan lagi.. lokasi saya di Jl Nguumban Surbakti (Ring Road) di Medan.. itupun harus complain pakai marah2 ke CS baru dikirim email tiket gangguan..
      Pokoknya nyesel pindah ke XL.. mana baru berjalan 3 bulan lagi,, terpaksa nunggu sampai 1 tahun dulu baru pindah ke provider yg lama,, i…..home aja lah..
      Pokoknya nyesel… nyesel… nyesel lah….

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home Fiber?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Terjebak Layanan Internet XL Home Fiber

oleh Koko dibaca dalam: 2 menit
16