Terulang Lagi di Shopee, Penjual Dapat Apesnya Saja

Saya selaku penjual di Shopee kembali kecewa dengan tindakan Tim Pusat Resolusi Shopee. Setelah pada bulan Maret saya menghadapi kendala yang sama. Dimana dana pesanan dicairkan ke pembeli, padahal paket sudah diterima, lengkap dengan bukti tracking.

Pada bulan ini, hal yang sama kembali terulang, bahkan LEBIH PARAH. Bulan Maret, dana dicairkan karena penerima bukan pembeli langsung, tapi kali ini penerima paket adalah pembeli langsung (tertera nama penerima adalah nama pembeli sendiri). Dimana pembeli mengajukan komplain hanya dengan alasan “Tidak menerima pesanan”.

Kronologi kasus (laporan 164003312):

1. Tanggal 05 Mei 2021 pukul 12.13 WIB pembeli memesan barang di toko saya dan pesanan dikirim ke JNT pada hari yang sama pukul 18.20 WIB.

2. Pembeli mengajukan pengembalian dana tanggal 12 Mei 2021 pukul 17.04, dengan alasan tidak menerima pesanan. Saya merespon di pusat resolusi bahwa setelah konfirmasi dengan CS call center JNT, paket sudah diterima tanggal 12 Mei 2021 pukul 13.47 disertai bukti tracking web JNT dan aplikasi web Shopee sendiri. Dari bukti tracking, paket diterima langsung oleh pembeli dan tertera jelas juga nama kurir yang mengantar paket.

3. Tanggal 17 Mei pukul 16.48, Shopee memutuskan klaim ini disetujui, dengan alasan tidak ada jawaban dari jasa kirim dan dana pembayaran dikembalikan ke pembeli seluruhnya. Pesanan Rp274.999, dicairkan Rp277.749 ke pembeli, apa yang tersisa untuk penjual?? Lagi-lagi apes-nya saja.

4. Saya juga menghubungi CS Shopee hingga 2 orang. Keduanya menyatakan tidak ada bukti yang kurang, karena nama penerima dan nama pembeli juga sudah sama, HANYA SAJA kaena tidak ada jawaban dari jasa kirim maka dana dicairkan ke pembeli.

Shopee terus menyatakan punya hak memutuskan keputusan mediasi sesuai kebijakan Shopee. Iya Shopee adalah pemilik marketplace, tapi alangkah baiknya dijelaskan apakah setiap pesanan yang pembeli nyatakan tidak terima meski bukti tracking lengkap, lantas dana tetap dicairkan? Bahkan nama kurir yang mengantar paket juga sudah ada. Jawaban seperti apalagi yang diinginkan Shopee dari jasa kirim?

Ini sudah kejadian kedua saya dalam 2 bulan ini. Saya tunggu respon pihak Shopee akan hal ini, karena bila hal ini didiamkan, akan terus bermunculan pembeli nakal dan tentu akan membuat banyak penjual mundur dari Shopee.

Erwin Wijaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:102    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

33 komentar untuk “Terulang Lagi di Shopee, Penjual Dapat Apesnya Saja

    • 18 Mei 2021 - (13:15 WIB)
      Permalink

      buat yg ga tau kalo pilih kurir jnt saya tau dari temen saya yg kurir jnt
      kurir jnt yg gagal dalam mengirim paket yg sudah dibawa di hari itu akan di kenakan denda per paket yg gagal dikirim ama pihak jnt nya dan jadi beban ke kurirnya
      makanya banyak kurir yg ambil jalan pintas demi ga di denda paket diklik sudah diterima ama customer walau belum dikirim di hari itu
      tapi besok harinya paket tetep diantar dan akan sampai ke tangan customer

      19
      • 7 Juni 2021 - (01:07 WIB)
        Permalink

        kalo pembeli udah bayar ke kurir tapi kurir jnt belom juga scan pesanan diterima ampe 7 hari itu namanya apa ya? kena denda ga tuh? pas di scan diterima eh penerimanya laen, ngasal doang.

    • 19 Mei 2021 - (10:20 WIB)
      Permalink

      Sy adalah juga korban tipu tipu yg meminta pin shope pay bahkan akun Sy sampe hari ini masih diblokir pihak shopee ,dari beberapa kejadian di shopee yg terulang lagi yg polanya ujung2nya pembeli dan penjual dirugikan Sy menyimpulkan bahwa managemen market place shopee tidak beres ,ada managemen bayangan di shopee yg sebenarnya perampok uang pembeli dan uang penjual ,karena mereka tahu detil data dan transaksi korban ( penjual dan pembeli) dimana dalam beberapa kasus endingnya pihak management shopee tidak tegas dan terkesan mengulur waktu sepanjang mungkin dalam menyelesaikan sebuah kasus terbukti banyak kasus dan keluhan yg sering muncul dimedia dari market place shopee lagi dari shopee lagi,…..kesimpulan Sy bwt pembeli dan penjual bahwa ada yg tidak beres di market place shopee maka closing saja akun anda daripada anda menjadi korban berikutnya ,cari aman saja ,gunakan market place yang jujur yang jarang muncul keluhan / kasus di media dari pada anda jadi korban berikutnya …..

      3
      1
  • 18 Mei 2021 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Ini pengalaman saya sebagai pembeli.

    Dari webnya dinyatakan bahwa paket telah diterima oleh karyawan dirumah. Ketika saya tanyakan kepada yang bersangkutan, dia tidak menerima apa2.

    Keesokan harinya, paket saya baru datang. Alasan kurirnya karena pengiriman kmrn penuh jadi paket saya baru dikirim esoknya. Ketika saya tanya kenapa di webnya kenapa sudah diterima? Kurir tsb tidak bisa jawab.

    13
    • 18 Mei 2021 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Sama saya jg sering begitu, stts pngiriman sdh diterima pdhl drmh gk ad yg trima. Bsk nya baru brg di antar.. Emg sih brg nyampe, tp wktunya aj yg gk sesuai.. Dlm kasus ts ini bs jdi pihak kurir yg nakal kalo pihak pembeli punya bukti yg kuat.

  • 18 Mei 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Meresahkan.
    Jelas paket dah posisi di kurir, tracking day by day jelas.
    Kemungkinan ya dipenerima atau kurir yang nakal, eh malah seller yang kena apesnya.
    Sopi sopi

    17
    • 18 Mei 2021 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Dih apasih shopee, tidak ada bukti dari jasa kirim ko yang repot kita ya, kenapa ga minta sendiri ke pihak jasa kirimnya pasti mudah oleh cs😀

      7
      1
      • 19 Mei 2021 - (10:16 WIB)
        Permalink

        Masalahnya Shopee memilih jalan termudah, yaitu kembalikan saja uang ke pembeli :D. Bukti jasa kirim sudah lengkap, dari bukti tracking day by day sampai nama kurir yang mengantarkan paket. Saya tanyakan ke pihak Shopee, bukti apa lagi yang kurang. Tapi jawabannya hanya sesuai kebijakan Shopee.

        Kebijakan seperti apa sehingga pembeli diperkenankan menerima paket sekaligus Refund Dana Full?

  • 18 Mei 2021 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Kalau kurir J&T yang suka update status sudah diterima padahal belum diantarkan itu sudah sangat sering sekali.

    Nah, Kurir antar j&t suka update status di terima pdhl belum, marketplace nya ga berpegang pada status pengiriman, malah nunggu respon CS j&t, sedangkan CS j&t ga pernah respon apapun.

    Wah ini celah dongg ini buat buyer nakal….

    15
    • 19 Mei 2021 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Shopee menyatakan sudah menghubungi CS J&T tapi tidak ada respon. Anehnya saya hubungi CS J&T, ada responnya dan CS menyatakan paket sudah diterima customer.

      Pertanyaannya, apakah benar Shopee ada menghubungi CS J&T?
      Atau???

      • 19 Mei 2021 - (10:28 WIB)
        Permalink

        wew, shope pastinya gak cuma modal log tracking paket, karena itu bisa dimanipulasi pihak, mereka pasti minta bukti foto penyerahan paket, dan itu belum bisa dipenuhi pihak kurir.
        jadi mending minta ganti rugi ke pihak kurir saja yg ngasal input data.

        • 19 Mei 2021 - (12:01 WIB)
          Permalink

          kurir hanya mengganti 10 kali lipat dari ongkos kirim. Bagaimana untuk pesanan yang lebih dari itu? Selisihnya merupakan tanggungan penjual.

          Wajarkah karena kesalahan input data ataupun pembeli yang nakal, kerugian dibebankan ke penjual?

          Shopee tidak menyediakan fitur asuransi ekspedisi, bahkan saat ini jasa ekspedisi sudah ditentukan secara random oleh Shopee. Pembeli sudah tidak dapat menentukan jasa ekspedisi yang ingin digunakan. Regulasi dan kebijakan yang ada semakin kacau dan sangat merugikan penjual. Diharapkan tindak lanjut Shopee akan hal ini.

          • 19 Mei 2021 - (12:10 WIB)
            Permalink

            kalo posisi saya sebagai penjual, sudah pasti langsung meninggalkan shopee, tidak perlu banyak mikir dan komplain ke sini, karena sistem mereka sangat ribet untuk urusan asuransi pengiriman.
            tapi sebagai pembeli, untuk barang² murah dan bayar² tagihan, shopee masih yang paling menguntungkan sih 😅

  • 18 Mei 2021 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Kurir JnT tempatku juga sering kek gt sih klo dtg nya pas kantor tutup pasti paket diklik diterima tp dikirimnya besoknya,selama ini sih gada masalah krn kurirnya amanah dan udh kenal jg
    Cuma klo kasus TS sih harusnya gabisa nyalahin penjual lah,kan jelas² barang nya udh TS kirimkan,klo ada kendala di pengiriman harusnya si ekspedisi nya yg ganti rugi bkn malah ngambil dari uang jualan TS,kecuali TS ga kirimin barang atau pesen flashdisk dikirimnya botol aqua nah gt boleh lah salah penjual
    Aneh lama² sistem si oren,klo kek gini sekalian aja beli laptop trus ngaku aja ga nrima barangnya,lumayan tuh dpt lappy gratis

    12
    • 18 Mei 2021 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Kasihan seller si shopee, apa gunanya kerjasama antara shopee dan kurir kalau tidak bisa saling kordinasi. Hengkang saja dan pilih e-comrs lokal saja. Cintailah ploduk ploduk dalam negli

  • 18 Mei 2021 - (19:22 WIB)
    Permalink

    1. Jangan lagi jualan di Shopee. Sudah banyak keluhan baik dari Seller maupun Buyer yg rugi karena dinakali oleh lawan transaksinya. Dan admin Shopee sepertinya kurang berpendidikan, kurang nalar, tidak pakai logika dan tidak bijak dalam mengambil keputusan. Selalu saja mengambil keputusan yg keliru.
    2. Jangan pakai JNT karena kurir JNT paling suka mengupdate dulu status kirimannya tanpa mengirim barang yang seharusnya.

  • 18 Mei 2021 - (20:28 WIB)
    Permalink

    J&T emang gtu sih .. biasanya kurir menerima paket duluan , barang dikirim nya nanti belakangan , kadang besok nya .. tapi , itu mah pembeli nya saja ga da inisiatif buat nanyain ke ekspedisi , klo aku sih biasanya kurir nge wa duluan klo paket dibawa sma dia dan statusnya udah diterima dulu , .. klo diliat2 shoppe nya juga ga bijak amat … diskusi dulu ke atau gmana , jadi penengah .. malah di cairin ke pembeli .. , dmana2 juga harusnya ada waktu buat diselidikin dulu masalahnya .. itu mah sama aja dengan main hakim sendiri shoppe nya , konyol banget shoppe

  • 18 Mei 2021 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Hai kak, kakak saya kemarin juga mengalami hal yang serupa dengan kakak tapi nominal kami kecil dan untungnya dari pihak shopee / pembeli memutuskan tidak melanjutkan diskusi keberatan kami. Kronologi serupa, pembeli mengatakan tidak terima barang dan langung kami konfirmasi ke CS pusat dan direkam (sebagai bukti k CS shopee) dan SC bukti tracking, kami ajukan keberatan dan mengirim semua bukti tsb. Pembeli akhirnya membatalkan pengajuan pengembalian dana (alasan awal brg tidak diterima). Tapi pembeli kembali mengajukan pengembalian dana kembali dng alasan brg dikirim tidak sesuai dng pesanan / gbr, merasa ad kejanggalan kami minta bukti foto brg tsb dan akhirnya pembeli membatalkan pengajuan tsb, sampai akhirnya udah kembalikan az brg kami dari pada ribet tp pembeli chat seakan2 dia sedang bermain2. Alhasil proses mediasi bberapa kali dibatalkan dan diajukan berulang x seolah2 menunggu lengahnya seller. Disini kami sayangkan akan sistem kebijakan shopee kenapa bisa ada pengajuan berkali2 padahal jelas terindikasi ada iktikad krg baik, dan (mohon maaf) antara CS dan sistem shopee seperti tidak sinkron dan CS memang manusia tapi seprti BOT yg (mohon maaf) hampir tidak ada kejelasan dari jawaban2nya

    • 19 Mei 2021 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Iya semakin banyak pembeli nakal yang berkembang karena kebijakan Shopee yang tidak jelas.
      Tidak sadarkah Shopee bahwa tindakan seperti ini membuat banyak penjual mundur dari Shopee.

  • 19 Mei 2021 - (05:13 WIB)
    Permalink

    Aduuuh kok jadi takut berjualan di shopee, bagaimana CS shopee kok sepihak gini, slalu menguntungkan pembeli yg menipu penjual?? Akan semakin marak pembeli yg nakal kalo seperti gini. Apalagi sekarang sudah marak akun baru bermunculan yg membeli barang dgn sistim COD tapi menolak utk membayar yg endingnya barang kembali.
    Belum lagi biaya admin shopee yg besar. Penjual sangat ditekan. Biaya admin star seller 2% dan biaya gratis ongkir Xtra 3,5%.

    • 20 Mei 2021 - (07:17 WIB)
      Permalink

      oh pliss, tidak ada yang mewajibkan untuk jualan di shopee, kalo keberatan dengan tarifnya yang jangan jualan di shopee, tempat jualan yang lain kan juga banyak 😑, dan fitur sistem cod juga bisa dimatikan oleh pihak penjual, alias pihak penjual punya pilihan

  • 19 Mei 2021 - (05:40 WIB)
    Permalink

    kesalahan ada di pihak kurir, tapi mungkin pihak shope bisa mengubah sedikit regulasinya terkait model kasus ini dimana pihak kurir sembarangan input data.

    • 19 Mei 2021 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Ya sangat diharapkan Shopee mengubah regulasinya, kesalahan input data di kurir tapi kerugian dana sepenuhnya ditanggung penjual.

  • 19 Mei 2021 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Paling males gw kalo ada komplain d shopee,,bukti nya aneh2,,ampe cctv jg di mintain bukti,,di kira ada maling kali di gudang gw…? Hahahaha ..fuck lah jualan dsno…mending di ijo atau di merah..

  • 24 Mei 2021 - (16:40 WIB)
    Permalink

    PEr hari ini untuk case ini sudah diselesaikan oleh Bu Yuli dari tim media sosial Shopee. Terima Kasih Bu Yuli dan Media Konsumen sehingga case ini selesai

    • 25 Mei 2021 - (10:18 WIB)
      Permalink

      penyelesaiannya gimana itu woyy, dana diambil dari pembeli lagi? dapat ganti rugi dari kurir atau langsung dari shopee sendiri

  • 7 Juni 2021 - (01:17 WIB)
    Permalink

    pengalaman aku laen. sekitar bulan april lalu, aku kirim paket tujuan ketapang via jnt. sampe di drop point ketapang itu paket langsung diantar kurir ke alamat penerima, tapi 2 hari itu statusnya ga berubah masih dikirim terus. aku tanya ke customer aku katanya kurir libur 2hari karna bapaknya meninggal (gatau bener apa boong). trus hari ketiga si customer bayar full ke kurir, customer kirimin foto bukti paket ke aku. tapi anehnya sampe 7 hari berlalu status masih diantar ke alamat penerima aja ga berubah. tiap hari telepon call center jnt dan shopee jawabannya sama, segera ditindak lanjuti dan diminta menunggu. akhirnya om sama sepupu aku yg polisi nyaranin bawa perkara ke polisi, so aku telepon lagi ke call center jnt bilang kalo sampe hari itu ga ditangani aku lapor polisi, akhirnya siang aku cek status pesanan diterima tapi bukan atas nama customer aku penerimanya, tapi atas nama lembaga peminjaman mobil. aku baca review di google soal jnt ketapang ternyata banyak masalah dan kurir yg nangani paket aku itu emang dicari banyak orang karna sering makan uang cod. jadi aku sekarang kalo mau ngirim pesenan, cek dulu performa jnt di daerah yg mau aku tuju itu, kalo aman aku kirim, kalo ga ya udah batal aja.

    • 7 Juni 2021 - (04:36 WIB)
      Permalink

      betul, memang kurir antar daerah meski dari 1 perusahaan yang sama, bisa beda² karakternya 😓
      btw, ngecek performa kurir dengan cara apa? di google gitu?

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Terulang Lagi di Shopee, Penjual Dapat Apesnya Saja

oleh Erwin dibaca dalam: 1 min
33