Ditipu Pihak yang Mengatasnamakan Shopee

Pada hari Senin pukul 15.37 saya ditelepon oleh pihak yang mengaku sebagai karyawan Shopee. Dia memberi tahu bahwa saya mendapatkan hadiah senilai 2 juta rupiah. Awalnya saya tidak percaya, tapi dia menyebutkan data-data di akun Shopee saya, berupa riwayat pembelian saya berikut dengan nomor rekening saya. Akhirnya saya percaya.

Tak lama kemudian, saya mendapatkan SMS dari Shopee yang berisi nomor OTP. Saya tidak memberikan nomor OTP, tapi saya disuruh klik link yang mereka kirimkan dan menyuruh saya mengaktifkan SPinjam saya. Karena syarat untuk mendapatkan 2 juta rupiah, harus mengaktifkan SPinjam tersebut.

Setelah itu dia menyuruh saya mengecek m-banking saya. Saya kaget karena tiba-tiba saja saldo saya bertambah. Kemudian si penelepon tadi menyuruh saya mentransfer ke rekening BCA a.n. Fajrin Shodiq dengan nomor: 3900620909.

Saya akhirnya mentransfer dana tersebut, karena saya tidak tahu kalau dana tersebut dari akun saya yang dibobol mereka.

Ketika saya laporkan kepada Shopee, mereka hanya membekukan akun saya saja dan tagihannya (yang jika ditotal itu 13 juta rupiah) tetap dibebankan kepada saya. Saya di sini sebagai konsumen merasa kecewa dengan lemahnya sistem keamanan, sehingga data saya bisa bocor begitu saja. Ketika sudah seperti ini, tidak ada titik terangnya.

Agis Sulistiyani
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • otp nya tidak dikasih secara langsung, tapi kemungkinan melalui isian di link yang dikirimkan penipu

      • Disini memang shopee gak salah, tapi saya yakin ada oknum juga yang cari duit di shopee, makanya data2nya bocor, sehingga meyakinkan bagi korbannya

      • Dapet 7 juta malah di transfer ke orang 🀣🀣🀣
        Mending buat dipake sendiri tuh duit logikanya kaga jalan dapet 2 juta masa harus hilang 7 juta

    • Betul. Salah nya sendiri. Kalau seperti ini jangan salahkan pihak manapun. Introspeksi diri sendiri bro

  • Kesalahan murni di Anda.
    Tertulis dalam kebijakan Layanan Shopee.

    Nomor Telp Shopee resmi tidak menggunakan kode luar Negri atau akun WhatsApp dengan nomor luar Negri.

  • Bukan Akun mu yang dibobol tapi mata hatimu yang dibobol. Udah jelas nomor datang dari antah berantah masih diladeni juga, sudah jelas jaman sekarang duit susah malah merasa ada sultan yang akan memberi ma uang, padahal seharusnya kalau punya akun shooxx pasti pemberitahuan lewat inbox atau email. Di transfer pancingan sudah berbunga bunga.

  • Itu jelas-jelas Anda kasih OTP nya di isian link yg diberikan penipu. Disamarkan jadi kode voucher Anda yg dikirim dari sms yg dari shopee id. Bahasanya aja kacau begitu.

  • Aku juga pernah dapat WA dari nomor kayak gitu. Katanya aku menang promo dan penipunya bisa tau data dataku kayak alamat rumah dan nomor hp. Aku langsung hubungi call center shoppe utk menanyakan kenapa penipu itu bisa tau dataku? Eh besoknya malah akunku yg di blokir sama shoppe dan ga bisa login. Katanya aku akan dihubungi tapi sampai skrg ga dihubung hubungi. Aneh banget, tapi gpp emang si shopee pikir dia doang marketplace.

    • Shopee itu penuh dg jebakan teman.....berhati hatilaH teman jangan seperti diriku ni...aku batalin hp ..pembatalan uangx lagi 2 hari dibalikin shopee...penipu dgn cepat ambil peluang segera cairkan uang pembatalan....jadi di shopee ni rawan ..banyak jebakan....paraHx pihak shopee tdak mau usutkan uang yg ditransferx...ya udahlaH kt shopee..pokokx sistem shopee ni kebal hukum ....si ijo market sebelah ndak ada penyusup moga si ijo sll di berkahi Allah...aku ndak pernah ditipu ma sijo

      • Bener mb rawan banget aku juga sama pernah jadi korban... akhir nya aku berencana mau tutup shopee ku

    • lain kali kalo belanja online biasanya kan ada resi dan alamat pengirim/penerima , mending dirobek aja atau bakar biar tidak disalah gunakan

  • Hidup di tengah laut ya
    Begitu menepi tak tau perkembangan jaman
    Begitu pegang gajet kaget dtp hadiah
    Ujung nya pasti ketipu

  • Murni kesalahan sendiri, kenapa kecewa sama shopee? wkwk. Sistem shopee udah paling bener kalo customer "pinter" mah. Haduh demi 2jt, hilang banyakπŸ™πŸ™πŸ˜Š

    "Saya di sini sebagai konsumen merasa kecewa dengan lemahnya sistem keamanan, sehingga data saya bisa bocor begitu saja. Ketika sudah seperti ini, tidak ada titik terangnya."

    semoga shopee bisa mempertimbangkan atau memutus eeadil adilnya.πŸ™πŸ™

  • Sistem shopee bukanlah yang paling bener, sebab akun atas nama satu orang bisa di login di 3 device, ini bukanlah bentuk sistem yang bagus, seharusnya satu akun hanya boleh satu device. Yang kedua, di shopee itu maling nya yah orang dalamnya sendiri, data diri dan riwayat belanja costumer mereka tau kok, kalo bukan karena campur tangan orang dalam atau penipunya orang dalam, lalu darimana mereka para penipu bisa begitu fasih menyebutkan data diri dan riwayat belanja calon korban nya?!?