Penjual Mengirim Produk Tidak Sesuai Pesanan, Akulaku Tidak Berpihak pada Konsumen

Hai saya Lie Mike, saya mau membagikan pengalaman berbelanja di Akulaku. Saya adalah pelanggan Akulaku selama beberapa tahun dan selama ini hanya beberapa kali berurusan dengan CS Akulaku. Memang pelayanan CS Akulaku itu tidak banyak membantu, apalagi memberikan solusi. Yang menjadi pertanyaan saya, sudah begitu banyak keluhan di sosial media mengenai kualitas pelayanan CS Akulaku, tapi sampai saat ini tidak menunjukkan perubahan dan  peningkatan kualitas pelayanannya.

Pada tanggal 28 Juni 2021, saya memesan sebuah oximeter dengan merek Family Dr Oximeter dengan harga Rp350.000 di Toko Laris (yang memiliki rating 4.4 stars) dengan nomor resi TJR1374048351628, yang dikirim melalui kurir JNE dari penjaringan kota administratsi Jakarta Utara. Pada  tanggal 1 Juli 2021 siang, barang pesan sudah tiba di kediaman saya.

Sebelum saya buka, biasanya saya melakukan pengecekan di resi yang ada di bagian luar kemasan paket. Saya cukup terkejut karena di resi tertera produk adalah Mixio H1 fingertip pulse oximeter. Sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan konfirmasi apapun mengenai ketidaktersediaan produk yang saya pesan maupun tawaran produk pengganti dari pihak toko. Dengan segera saya buka paketnya dan benar yang dikirim bukan produk yang saya pesan.

Ini bukan produk yang saya pesan. Produk yang saya pesan adalah familyDr oximeter, tapi yang saya terima adalah MIxio H1 Pulse Oximeter

Yang pertama kali saya lakukan adalah chat dengan pihak toko melalui nomor whatsapps yang tertera di resi. Awalnya saya cukup optimis akan dapat menyelesaikan masalah ini karena pihak toko merespon chat whatsapps saya dengan cepat. Pihak toko menawarkan pengembalian selisih harga barang yang saya pesan dengan barang yang saya terima, tapi saya tidak mau. Saya mau full refund dan meminta alamat mereka untuk mengembalikan produk yang mereka telah kirimkan.

Namun sejak saat itu toko tidak membaca chat saya ataupun merespon, dihubungi melalui telepon tidak diangkat. Di sini saya menilai bahwa tidak ada itikad baik dari pihak toko untuk menyelesaikan masalah ini.

Saya kembali  menghubungi Toko Laris untuk beberapa hari. Namun tidak ada tanggapan dari pihak toko, saya didiamkan. Akhirnya pada tanggal 8 Juli 2021 saya memutuskan untuk  menghubungi CS Akulaku. Namun alangkah terkejutnya saya karena CS Akulaku hanya meminta maaf tidak bisa membantu, karena saya harusnya melaporkan hal ini dalam kurun waktu 5 hari setelah produk diterima.

Selama menjadi pelanggan Akulaku saya tidak tidak tahu menahu soal aturan ini, dan solusi mereka adalah saya untuk menghubungi pihak toko untuk melakukan penyelesaian. Saya sudah menginformasikan ke CS Akulaku bahwa pihak toko tidak merespon chat whatsapp saya ataupun telepon saya. Namun saya hanya diberikan nomor telepon toko Laris yang lain dan saya harus mengusahakan penyelesaian masalah ini sendiri. Saya menghubungi nomor yang diberikan oleh pihak CS Akulaku, tapi telepon tidak diangkat.

Jujur saya bingung, pihak toko Laris tidak memiliki itikad baik untuk meneyelsaikan masalah ini dan sepertinya mereka biasa melakukan hal ini, pesanan dan barang yang dikirim berbeda, dan solusi menawarkan pengembalian selisih harga barang. Ini berarti pembeli di paksa untuk menerima produk yang tidak sesuai dengan pesanan.

Yang paling mengecewakan adalah pihak Akulaku tidak dapat memberikan bantuan maupun solusi.  Sebagai konsumen saya merasa dirugikan oleh pihak penjual nakal dan sebagai pelanggan Akulaku saya merasa Akulaku tidak berpihak pada pelanggannya yang dirugikan oleh penjual nakal yang bernaung dalam Akulaku.

Demikian pengalaman saya berbelanja di Akulaku. Pil pahit ini akan saya telan karena sudah salah memilih platform yang salah, semoga ke depannya tidak ada yang mengalami apa yang saya alami.

Lie Mike
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:18    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Lie Mike

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Lie Mike pada tanggal 10...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Penjual Mengirim Produk Tidak Sesuai Pesanan, Akulaku Tidak Berpihak pada Konsumen

  • 10 Juli 2021 - (10:48 WIB)
    Permalink

    “Selama menjadi pelanggan Akulaku saya tidak tidak tahu menahu soal aturan ini, dan solusi mereka adalah saya untuk menghubungi pihak toko untuk melakukan penyelesaian.”

    https://www.akulaku.com/persyaratan tertera dengan jelas sih dan juga konsekuensi nya tertera menjadi tanggung jawab anda memang untuk menyelesaikan

    biasakan kalau daftar, syarat dan ketentuannya dibaca dulu, sebelum bertransaksi

    ya g usah semua, siapa sih yang baca semua, tapi yang penting2 aja, seperti pengembalian barang, siapa tahu butuh, dan buktinya butuh

    2
    1
  • 10 Juli 2021 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Akulaku?? Wkwkwkwkw masih aja ada yg percaya sama ni mahluk..
    Semenjak akun saya gak bisa dipakai tarik tunai, sudah gak pernah pakai lagi, karena dipaksa harus berbelanja di marketnya dia,, yg mana sudah banyak komplain.. jauuuuhh lebih baik kredivo yg bisa dipakai belanja di market place manapun.

  • 10 Juli 2021 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pribadi belanja di akulaku banyak kecewa,karena seller di apl tsb kurang terbuka.ga ada review dari pembeli.saya juga pengguna akulaku aktif mulai berfikir untuk tidak memakai apl tsb.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Penjual Mengirim Produk Tidak Sesuai Pesanan, Akulaku Tidak Berpihak p…

oleh Lie MIke dibaca dalam: 2 menit
4