Klaim Asuransi Barang Hilang dalam Pengiriman Grab di Tokopedia Berbelit-belit

Pada tanggal 24 Juli 2021, saya mendapatkan pesanan dari pelanggan setia saya senilai Rp8.9**.*** dengan nomor invoice: INV/20210723/MPL/1432898101, menggunakan pengiriman Grab Express Sameday dengan nomor resi: GrabExpress-SD-2-0HY7BBUNJSSFSPU257S8.

Karena nilai yang saya jual lumayan menguras modal, maka saya memang memasang asuransi. Ketika driver sudah menyelesaikan pengiriman saya, saya senang. Namun alangkah terkejutnya, karena driver tidak memberikan barang ke pembeli saya, dan salahnya driver tidak melakukan SOP memfoto penerima barang saat melakukan drop barang.

Pembeli saya melakukan komplain dan ini jawaban CS Tokopedia:

Hai Toppers,

Hari ini kami sudah bantu laporkan kembali ke pihak GrabExpress agar proses pengecekan keberadaan pesanan bisa dimaksimalkan. Mohon kesediaan kedua pihak untuk menunggu pengecekannya dalam 3 hari kalender ya. Perkembangan info dari pihak GrabExpress akan segera kami sampaikan pada diskusi ini segera.

Terima kasih,

Tim Tokopedia Care

OK kita menunggu kabar, dan setelah beberapa hari CS tokopedia meminta data pendukung. Saya sebagai seller mengirim data pendukung dan jawaban CS Tokopedia:

Halo Toppers,

Terima kasih untuk Pembeli dan Penjual sudah aktif dalam diskusi ini. Ade cek status resi SD-2-0HY7BBUNJSSFSPU257S8 (GrabExpress) pada Sabtu, 24 Juli 2021 pukul 19:31 WIB Driver Driver telah mengantar pesanan sampai ke tempat tujuan dengan nama Penerima Benu. Namun Pembeli infokan jika belum terima barangnya.

Oleh karena itu, kami harap kepada Penjual dapat lampirkan kronologi atau bukti pick up sebagai berikut untuk memudahkan proses investigasi: – Foto KTP/SIM Driver – Kronologi saat Driver mengambil barang – Rekaman cctv saat Driver mengambil barang di toko Penjual yang bisa di unggah di dropbox. Penjual bisa masuk ke link tersebut dan lakukan “Sign In”/ Log In terlebih dahulu. Selanjutnya silakan upload filenya, setelah selesai klik “Share” dan klik “Copy Link”, lalu lampirkan linknya pada diskusi ini.

Kami harap kepada penjual melampirkan bukti pick up atau kronologi tersebut agar memudahkan proses investigasi. Kami juga sudah bantu laporkan ke pihak GrabExpress agar diinvestigasi lebih lanjut dengan estimasi waktu 3×24 jam hari kalender terhitung sejak hari ini. Harap kesediaan kedua belah pihak menunggu proses ini berjalan dengan baik. Jika nantinya terdapat info lebih lanjut akan kami infokan pada diskusi ini.

Jawaban berikutnya dari CS Tokopedia (26 Juli 2021):

Tim Tokopedia Care

Terima kasih Penjual atas konfirmasinya, Ade akan teruskan info dari Penjual ke pihak Grab untuk diinvestigasi lebih lanjut. Dikarenakan saat ini kendala masih dalam proses investigasi dari pihak Grab. Oleh sebab itu, mohon kedua pihak menunggu prosesnya terlebih dahulu sesuai dengan estimasi waktu yang sudah diinfokan sebelumnya. Nantinya jika ada perkembangan info akan Ade sampaikan pada diskusi ini untuk diketahui bersama. Kedua pihak tidak perlu khawatir Ade sudah bantu laporkan kembali ke pihak Grab untuk dimaksimalkan proses investigasinya.

Pada tanggal 30 CS Tokopedia membalas:

Terima kasih kedua pihak sudah aktif dalam diksusi ini dan kami menyayangkan atas kedala yang terjadi. Ade cek saat ini kendalanya masih dalam investigasi oleh pihak Grab. Kami juga sudah terus koordinasikan ke pihak Grab agar dapat dimaksimalkan investigasinya. Harap kesediaan kedua pihak untuk menunggu terlebih dahulu. Jika sudah ada info perkembangan dari pihak Grab akan kami sampaikan pada diskusi ini.

Mohon maaf meluruskan info sebelumnya ya. Kami cek kendala sudah melebihi estimasi investigasi oleh pihak Grab. Dikarenakan transaksi ini menggunakan Asuransi Tokopedia maka kami bantu ajukan klaimnya. Harap Penjual bisa melakukan pengisian berkas klaim digital yang kami berikan dan unggah foto KTP Penjual dengan langkah-langkah sebagai berikut : – Silakan Penjual klik tombol “Isi Form Klaim” – Unggah foto KTP Penjual – Setelah berkas terisi dengan lengkap, klik “Kirim” Kami arahkan Penjual untuk mengikuti langkah-langkah tersebut dalam pengisiannya dan jika terdapat kendala silakan infokan pada diskusi agar kami bantu cek kendala yang terjadi. Kami tunggu Penjual untuk mengisi berkas klaimya dalam 2×24 jam hari kerja terhitung mundur sejak saat ini. Jika dalam waktu tersebut Penjual tidak mengisi berkas klaim digitalnya, maka kendala ini kami akan bantu tutup dengan solusi pengembalian dana ke Saldo Refund dan Tokopoints Pembeli senilai yang dibayarkan dikurangi asuransi yaitu Rp 8.989.995. Sebagai informasi kami juga sudah mintakan BAP kehilangan ke pihak Grab. Untuk pembuatan BAP kehilangan dari pihak ekspedisi diproses 3×24 jam hari kalender terhitung (H+1) sejak permohonan BAP dikirim yaitu sejak 30 Juli 2021. Kedua pihak tidak perlu khawatir, kami sudah koordinasikan ke pihak Ekspedisi untuk dimaksimalkan pembuatan BAP-nya.

Ade ucapkan terima kasih kepada Penjual karena sudah melengkapi berkas klaimnya. Kami infokan jika saat ini berkas klaim tersebut sedang dalam pengecekan pihak Asuransi. Perlu diketahui bahwa keputusan proses klaimnya ada pada pihak Asuransi. Kami harap kesediaan kedua pihak untuk menunggu prosesnya terlebih dahulu. Jika nantinya proses klaim disetujui, maka kendala ini kami bantu tutup dengan solusi sebagai berikut: – Penggantian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai harga barang dan ongkos kirim Rp 8.989.995 yang akan diterima maksimal 2×24 jam hari kerja sejak kendala tertutup. – Pada Pusat Resolusi kami bantu tutup dengan solusi penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual Ade juga infokan jika saat ini Ade masih menunggu pembuatan BAP dari pihak Grab untuk proses klaim pada kendala ini. Jika ada perkembangan terkait proses klaimnya, akan kami infoakn kembali pada diskusi ini agar bisa diketahui kedua pihak.

Sampai detik ini, saya sebagai seller belum menerima uang refund yang dijanjikan oleh pihak Tokopedia. Saya sangat kecewa dengan Tokopedia, saya berjualan sudah dari tahun 2015 di Tokopedia dan menjadi seller power merchant pro, dimana potongan yang saya terima sangat tinggi, tetapi benefit yang saya dapat saat klaim uang asuransi barang hilang berbelit-belit. Padahal saya sangat membutuhkan uang klaim itu untuk modal saya.

Tolong pihak Tokopedia dan Grab lebih professional dalam menangani kasus ini. Jangan membuat seller kecil seperti saya harus memohon dan mengemis untuk meminta hak saya, sedangkan saya sangat butuh uang refund itu untuk modal.

Yogi Yogaswara
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Tokopedia:
[Total:17    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Klaim Asuransi Barang Hilang dalam Pengiriman Grab di Tokopedia Berbelit-belit

  • 11 Agustus 2021 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penjual di tokopedia mengerti perasaab agan,apalagi ada pembeli yang meminta tanpa asuransi yg sering saya abaikan.dengan membaca surat ini ternyata tidak menjamin keamanan asuransi ini ya yg katanya penggantian senilai invoice ternyata proses berbelit2.saya yakin kalo agan berikan bukti yg dibutuhkan bisa lebih cepat terselesaikan masalahnya.kalo saran ane gan kalo memang driver tidak memfoto sesuai sop bisa tanyakan driver langsung apakah benar antar sudah sesuai alamat/pin point pembeli,apakah yang menerima benar pembeli.ini bisa di driver nakal/pembeli yang nakal.kalo sudah selesai masalah,kabarin ya gan ane mau tau solusi apa yg di berikan tim tokopedia care

  • 11 Agustus 2021 - (17:46 WIB)
    Permalink

    ada tulisan pelanggan setia, berarti sudah sering beli. dengan nominal yg besar biasanya pembeli pantau sendiri tracking dan titik driver. ada kemungkinan memang driver nakal, tapi 1-3 jam awal penerimaan ada ketidaksesuaian berpengaruh sekali. mungkin next bisa cek langsung no yg tertera di aplikasi. kalau sudah ga aktif. ya memang sudah niatan driver. grab drivernya rata2 memang pemilik akun langsung, beda sama g*jek yang lebih byk akun dijualbelikan. sebelum ini ada drama juga perihal kiriman instan yg ipad split payment. tapi tetap cover sepertinya.

    btw buat asuransinya ts ditunggu aja. ntar jg cair. hanya aj memang kalau yg butuh modal jadinya seret dengan nominal sekian

  • 11 Agustus 2021 - (18:55 WIB)
    Permalink

    maaf, coba di baca lagi yang teliti kak :
    “Jika nantinya proses klaim disetujui, maka kendala ini kami bantu tutup dengan solusi sebagai berikut: – Penggantian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai harga barang dan ongkos kirim Rp 8.989.995 yang akan diterima maksimal 2×24 jam hari kerja sejak kendala tertutup. – Pada Pusat Resolusi kami bantu tutup dengan solusi penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual Ade juga infokan jika saat ini Ade masih menunggu pembuatan BAP dari pihak Grab untuk proses klaim pada kendala ini.
    saya juga pengguna (penjual sekaligus pembeli) di tokopedia. berdasarkan pengalaman saya serta merujuk pada tulisan diatas menurut saya dari bahasa yang digunakan tim tokopedia intinya : nanti penggantian dananya akan di refund ke PEMBELI (bukan PENJUAL), karena dituliskan juga tim tokopedia membantu dengan meneruskan dana ke saldo penghasilan penjual. coba di cek lagi kak di saldo penjual kakak uangnya sudah masuk atau belum?. jadi menurut saya dari transaksi tersebut uangnya tetap di teruskan ke PENJUAL, sedangkan nanti PEMBELI harus menunggu uang refund dari klaim asuransi ybs. jadi PENJUAL tidak mendapatkan refund karena dana penjualan transaksi tsb diteruskan ke saldo Penjual (jangan berharap dapat uang 2x lipat) asuransi yang akan refund ke PEMBELI. cmiiw.

    • 12 Agustus 2021 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Nah betul, jadi claim asuransi cair ke si PEMBELI, sementara anda si PENJUAL dapat dana dari hasil penjualan.

  • 11 Agustus 2021 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Saya masih bingung, status driver yang biasa mengantar orang (ojek), mengirim makanan, bisa menjadi kurir juga. Rekuitment nya kayak gimana?
    Jadi okelah, sekarang masalah asuransi, yang menerima duit seharusnya yang membayar, dalam hal ini adalah Toped, ya tanggung jawab dong, jangan php doang.
    Semoga masalah ini terselesaikan dengan solusi yang tidak merugikan.

    1
    1
  • 11 Agustus 2021 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Cased closed. Sudah di refund dana nya. Tidak lama surat ini keluar.
    Terima kasih suara pembaca

  • 11 Agustus 2021 - (21:15 WIB)
    Permalink

    pasti diganti kok selama ada asuransi.. mungkin kadang lama kadang cepat aja. jika sudah berjualan hp sejak 2015 harusnya sudah pengalaman .

  • 12 Agustus 2021 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Gua sih emang udah males pake tokped.. Dari dulu.. Pernah barang gak di kirim ama seller.. Tapi tetep bayar ongkir.. Ya gua gak terima.. Tapi tetep aja di potong.. Gojeknya malah jadi kaya dapet orderan fiktif..
    Dan yang parah lagi kmrenan cashback gua gak di turunin.. Udah 3 kali lebih gua kecewa ama tokped.. Dan beralih ke oren

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Tokopedia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Barang Hilang dalam Pengiriman Grab di Tokopedia Berbel…

oleh Yogi Yogaswara21 dibaca dalam: 4 menit
8