Shopee Tidak Bertanggungjawab

Kronologi singkat pengalaman saya berbelanja di Shopee:

  • 1 Agustus 2021, saya chat dengan penjual untuk mencari Baterai Acer Aspire 4732z tipe AS09A41. Menurut penjual, baterai yang dijual cocok. Langsung transaksi via Shopee.
  • 2 Agustus 2021, penjual kirim dari Jakarta ke Merauke.
  • 5 Agustus 2021, barang yang diterima ternyata tipe AS07A41 dan tidak compatible dengan komputer saya. Saya coba komunikasi dengan penjual.
  • 6 Agustus 2021, saya kirim video ketika laptop mati, di-charge dan laptop hidup, berikan penjelasan narasi indikator baterai kelap-kelip, baik ketika charge, hidup dan mati. Selain itu ada notifikasi ”battery can not identification”.
  • 7 Agustus 2021, saya telepon ke Call Center disarankan untuk perpanjang garansi dan pengembalian. Hal ini saya sampaikan ke penjual dan OK. Di hari yang sama saya upload ke Pengaduan Center setelah dapat notifikasi untuk video, foto dan narasi. Saya kirim pada pukul 16.31 s.d. 35.
  • 8 Agustus 2021 sore, dapat kabar pengajuan saya dibatalkan karena tidak ada dokumen pendukung. Melalui web Shopee dan email saya coba membalas, tapi tidak ada respons. Malamnya saya coba posting di akun Shopee yang di Twitter, direspon dengan hal yang sama, pengajuan saya dibatalkan.
  • 9 Agustus 2021 pagi hari, dapat kabar kembali di DM Twitter hal yang sama.

Saya lampirkan foto pendukung bahwa saya sudah kirim video, foto dan narasi pada tanggal 7 Agustus 2021 pukul 16.31 s.d. 35. Semoga Shopee bisa memberikan solusi yang tepat.

Noldy Abrahams
Merauke, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:123    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Shopee Tidak Bertanggungjawab

  • 11 Agustus 2021 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Susah kl ketemu seller maling seperti itu. Coba di screenshot link produknya, yg anda beli dan yg datang beda tidak. Tp ya tetep susah juga, harus unboxing dll, saya sendiri juga males. Saat ini sudah lebih enak rata2 jasa kirim sudah cashless, dulu ketika bayar manual, beli pakai katakanlah jne yes atau tiki ons, kadang dikirim pakai jne oke. Pokoknya ketemu seller ndableg, maling, abal2, susahnya minta ampun. Semua jadi ribet.

    4
    1
    • 11 Agustus 2021 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Kalau yg dikirim sesuai deskripsi ya sulit jg. Penjual kadang dableg belum tentu dia paham apa yg dijual ketika ditanya pembeli, jd asal jawab doank. Pembeli jg sebelum klik beli cocokan dl barang yg mau dibeli dgn deskripsi penjual. Kalau ragu lihat lapak sebelah aja

      • 15 Agustus 2021 - (05:21 WIB)
        Permalink

        Terima Pak Lai.

        Apa yang Pak Lai sampaikan tentang penjual, bisa jadi seperti demikian. Saya di awal chat dengan penjual telah memberikan spesifikasi, jawabnya bisa (compatiable). Ternyata ketika sampai tidak bisa digunakan, setelah saya bawa baterai ke Toko Komputer yang di Merauke disampaikan voltase listrik berbeda dan bisa berisiko Laptop rusak.

        Saran untuk cek toko sebelah selain Shopee dari Pak Lai, mulai saya pertimbangkan. Ini hal baru yang harus dilakukan.

    • 15 Agustus 2021 - (05:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Hery Mulyanto.

      Sejujurnya saya tulis di Media Konsumen karena kecewa dengan pelayanan Shopee yang sejak beberapa tahun terakhir sangat diandalkan di dalam membantu menyediakan barang-barang yang saya perlukan. Sebelum ada Shopee, ada satu aplikasi e-marketplace yang membantu namun setelah diakusisi dan berubah nama, saya tidak pernah bertransaksi.

      Shopee sangat membantu di awal, dengan jenis penjual bisa kita identifikasi yang baik (ada Tanda Star), kemudian bisa pembayaran online dan dari pengalaman sebelum ini barang yang dikirim cepat bisa di monitoring dengan hasil yang dibeli cocok.

      Tapi pengalaman transaksi beli baterai ini berbeda dari biasanya.

      1. Tanda Star di Penjual belum tentu berkualitas.
      Sudah dapat penjual yang ada Tanda Star tapi tidak menyediakan barang yang tepat kemudian tidak cepat jawab chat setelah transaksi bahkan ketika diskusi penyelesaian tidak response sama sekali.

      2. Aplikasi Shopee untuk Dispute tidak user friendly dan akuntable.
      Aplikasi Shopee di bagian pengaduan di batasi 2 Mb untuk upload foto dan video, sedangkan untuk Unboxing dll diperlukan lebih dari itu. Kemudian chat mediasi ketika kita print via PDF tidak lengkap hanya bagian Shopee dan penjual sehingga harus di Screen Shoot untuk mendapat kronologi yang jelas.

      3. Standard Operational Procedure pada Dispute dan Customer Service tidak total customer satisfaction.
      Dari komunikasi saya hanya ada 2 customer service yang bagus dalam pelayanan yaitu Pak Henry (7 Agustus 2021) ketika di awal mencari solusi kemudian Ibu Tere yang menghubungi (11 Agustus 2021) setelah 2 jam tulisan ini di publish untuk menawarkan solusi. Selaian itu komunikasi via email (web pengaduan) dan DM Twitter, menjawab berdasarkan aturan main yang ada tidak melihat bukti rekaman percakapan sebagai bukti.

      Saya masih berharap Shopee menjadi andalan saya secara pribadi untuk transaksi online, semoga dengan ada tulisan ini menjadi masukan bagi Shopee untuk lebih menyempurnakan dan semakin terdepan di industri ini.

  • 11 Agustus 2021 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kaya gini tidak sesuai deskripsi padahal sdh chat apakah sesuai deskripsi seller mengiyakan eh malah bukan langsung return, dan syukurnya saya yg menang. Banyak banget akun ky gitu.

    • 15 Agustus 2021 - (05:25 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Muhamad Junaedi.

      Alhamdulilah, Bapak menang. Saya sudah dihubungi oleh Shopee (Ibu Tere) untuk cari solusi, kami sedang berproses. Insyallah ada win win solution.

      Shopee ingin mengganti kerugian yang saya alami, tanpa meminta kembali Baterai yang saya beli. Jika Pak Muhamad Junaedi atau rekan-rekan yang membaca tulisan ini, silakan hubungi saya untuk bisa ambil Baterai ini dengan menanggung ongkos kirim. Untuk barang saya berikan gratis, berharap ada orang lain yang benar-benar membutuhkan bisa mendapatkan.

  • 11 Agustus 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Hati hati ! Jangan pakai cod ,,akun tarohanya ,,bisa diblok ,,kurir sengaja tidak telpon alhasil alamat tidak ditemukan atau palsu ,,langsung akun logout ,,

    • 15 Agustus 2021 - (05:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Adam. Ini informasi baru untuk saya lebih berhati-hati.
      Saya pernah COD via Shopee di tahun 2019 untuk beli sparepart iPhone, kurirnya yang antar barang ke tempat lain dan mengakibatkan terlambat. Akhirnya berhasil, walaupun saya hampir terlambat ke Bandara Soekarno Hatta ketika itu.

  • 12 Agustus 2021 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Apakah anda sudah melakukan video unboxing saat membuka paket? Sebenarnya kalau barang tidak sesuai deskripsi bisa minta pengembalian dana, cukup hanya dg video unboxing dana bisa dikembalikan. Susahnya kalau nggak ada video unboxing, pembeli bisa dianggap mengada-ada atau ingin menjatuhkan reputasi seller.

    2
    1
    • 15 Agustus 2021 - (05:30 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Leo, saran yang baik. Tapi aplikasi Shopee untuk chat mediasi ketika saya upload tidak bisa lebih dari 2 Mb. Jadi saya foto dan buat video singkat yang memperlihatkan Baterai beda dan tidak bisa digunakan.

  • 12 Agustus 2021 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih, untuk menghindari yg seperti ini, ntah di platform ecommerce manapun, cari seller yg punya logo official store, atau paling tidak yg terpercaya dibidangnya, banyak review baik. Tapi jujur aja sih, kalau soal komponen elektronik, lebih baik datang ke toko langsung, beda sedikit bisa ga cocok. Dari kasus ini, laptop anda jenisnya sama tapi beda tahun, beda kode dikit aja bisa beda lagi baterainya.

    • 15 Agustus 2021 - (05:34 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Ian, benar lebih baik offline untuk barang elektronik walau saya sebelumnya beli Baterai Replacing ini dengan online di Jakartanotebook pada tahun 2016 dan aman. Mungkin lagi apes di transaksi sekarang ini.

      Terkait penjual, saya selalu perhatikan Tanda Star kalau di Shopee. Tapi kembali lagi, mungkin lagi apes untuk transaksi sekarang ini tidak dapat penjual yang akuntable 🙂

  • 12 Agustus 2021 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Saran aja ni gan, kl ane bli barang online. Pertama screenshot deskripsi barang yang mw di beli dl. Ketika barang dtng lgsg ane bikin video unboxing.

    Karena takutnya produk yang dijual di toko itu lgsg diapus sm seller, kl pun barang yang diterima ga sesuai. Tinggal ajuin aja pengembalian dana, trs lampirin video unboxing Qt..

    • 15 Agustus 2021 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Pak Ryan Dnasib, terima kasih. Screen Shot deskripsi barang di web penjual, kwatir nanti dihilangkan. Ini tips yang baru, sekali lagi terima kasih Pak.

  • 12 Agustus 2021 - (21:21 WIB)
    Permalink

    Saran sy mf bukan ngajarin…sebelum transaksi yakinkan dulu barang yg mau d beli ,apalgi komponn eletronic .tive dan kode harus sama jangan persamaan ,buka dulu retingnya si penjual itu saja…klu order tidak sesuai mah bisa ko retur ,asal swsuai permintaan s penjual waktu buka paketnya

    • 15 Agustus 2021 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Pakilin, memang kita harus semakin hati-hati saat ini. Pengalaman yang sudah ada tidak cukup.

  • 19 Agustus 2021 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Bapak dan Ibu di Media Konsumen.

    Terima kasih, dengan fasilitas ini sehinga menjembatani kami untuk mendapatkan solusi antara Shopee dan saya. Shopee telah mengganti kerugian saya dengan mengembalikan dana transaksi yang saya lakukan. Ini kronologinya:

    – 11 Agustus 2021, tulisan saya di muat di Media Konsumen. Di hari yang sama (beda 3 jam setelah di publish), Shopee melalui Ibu Tere menghubungi saya. Kami mencari solusi. Awalnya hanya ingin di ganti dalam bentuk voucher, saya menolak. Kemudian akan diganti sesuai harga barang tanpa ongkir, saya menolak. Akhirnya kami sepakat penggantian penuh sesuai nilai transaksi yang saya transfer.

    – 12 Agustus 2021, saya dihubungi kembali oleh Ibu Tere di mana Shopee akan transfer melalui akun saya. Saya di minta membuat akun rekening bank tapi setelah saya coba gagal.

    – 16 Agustus 2021, berhasil membuat akun rekening bank di Shopee dan berhasil di transfer ke akun saya oleh Shopee jumlah dana transaksi.

    – 18 Agustus 2021, dihubungi kembali oleh Ibu Tere dan diajarkan menarik dana tersebut.

    – 19 Agustus 2021, dana berhasil di tarik dan masalah selesai.

    Memang proses mediasi cukup alot, mulai dari kesepakatan jumlah penggantian, bentuk penggantian hingga aplikasi yang menolak/menerima. Namun senang, karena Ibu Tere yang mewakili Shopee dalam berkomunikasi berusaha menjembatani dan sama-sama mencari solusi.

    Terima kasih untuk Shopee sudah bertanggungjawab dan tetap menjadi andalan saya dalam bertransaki online. Mohon maaf dengan Ibu Tere yang awal dipembicaraan saya sempat marah karena rasa kecewa dengan Shopee, tapi akhirnya kita bisa mencapai sepakat. Semoga masukan saya terkait aplikasi lebih user friendly, SOP untuk total customer dan rating bintang yang belum tentu bagus bisa melengkapi Shopee ke depan menjadi lebih baik serta selalu nomor satu dalam pelayanan.

    Salam dari Merauke,
    Noldy

    Catatan: Barang yang saya beli di Shopee, masih ada dan tidak diminta kembalikan. Saya merasa ini bukan hak saya, jika ada dari teman-teman yang membaca dan memerlukan silakan hubungi saya dan tanggung ongkir. Tipe Baterai Laptop adalah AS07A41.

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Bertanggungjawab

oleh Noldy dibaca dalam: 1 menit
17