Hilangnya Packing Kayu oleh Ekspedisi SiCepat yang Merugikan Penjual dan Pembeli di Tokopedia

Saya mendapatkan orderan di Tokopedia pada tanggal 5 Agustus 2021 dengan nomor invoice: INV/20210805/MPL/1471850199. Customer memilih jasa kirim SiCepat Gokil, karena pesanannya cukup banyak dan berat. Alamat pengirimannya ke Banten dengan nomor resi: 002729791439.

Customer menambahkan pesanan packing kayu, berharap agar barangnya aman dan selamat sampai tujuan. Lalu kami proses semua pesanan customer, sesuai yang tertera di catatan Tokopedia.

Sebelum di-pickup jasa kirim SiCepat, kami pastikan proses packing kami rapi dan aman. Termasuk dibungkus dengan packing kayu sesuai pesanan customer. Tak lupa kami foto packing kayu kami sebagai dokumentasi untuk berjaga-jaga terjadinya komplain.

Selang beberapa hari, pesanan sudah sampai ke tangan customer. Hanya saja, customer komplain, karena pesanannya tidak ada packing kayunya dan ingin dananya dikembalikan.

Padahal, dari kami sudah memproses pesanannya dengan packing kayu sesuai yang ada di Tokopedia. Kami juga berikan bukti foto pesanannya sudah di-packing kayu sebelum di-pickup dan diproses ekspedisi SiCepat Gokil.

Atas hal itu, saya ingin meminta pertanggungjawaban ekspedisi SiCepat terkait hilangnya packing kayu dari kami. Ini bukan kali pertama packing kayu kami hilang. Sudah beberapa kali kami mendapatkan komplain yang sama karena pesanan pembeli tidak ada packing kayu-nya ketika sampai di tujuan. Padahal sebelum di-pickup SiCepat, pesanan sudah kami packing dengan baik dan benar.

Hal ini cukup merugikan saya sebagai seller dan juga customer yang khawatir pesanannya rusak karena tidak ada packing kayunya. Kami sudah mencoba menghubungi pihak SiCepat, tapi belum ada jawabannya. Sekali lagi, saya mohon penjelasan dan pertanggungjawaban SiCepat atas hilangnya packing kayu yang merugikan seller dan customer.

Terima kasih.

Dita
Jepara, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:185    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Hilangnya Packing Kayu oleh Ekspedisi SiCepat yang Merugikan Penjual dan Pembeli di Tokopedia

  • 18 Agustus 2021 - (12:13 WIB)
    Permalink

    itu area void nya cukup besar, mungkin kena volume, trus sicepat bongkar sendiri kayunya .
    harusnya konfirmasi dulu ke pengirim, mau dikenai biaya tambah / gimana gitu.

    coba dicek dulu biaya ongkir antara berat dan volume mana yg lebih besar ?
    yg dihitung biaya yg terbesar, klo itu biayanya sudah sesuai dan kayu masih tetap dibongkar , yah emang sicepatnya yg ga beres main bongkar packingnya orang.

    10
    • 18 Agustus 2021 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Nah ini br benar. Dan packing yg anda gunakan dgn berat 92 atau 920kg tuh termasuk ringkih, bisa jd ketika diangkat kayunya jebol.

      4
      1
      • 18 Agustus 2021 - (13:24 WIB)
        Permalink

        Itu 9.20 kg kok kak. Itu sudah sesuai dengan pesanan dari customer ๐Ÿ™‚

        4
        1
        • 19 Agustus 2021 - (07:42 WIB)
          Permalink

          aduh sayang , ITU TIDAK BISA HITUNG /KG !! ITU KENA VOLUME !!!!,dan estimasi berat volumenya itu bisa 20-30kg makanya waktu dipacking kayu jangan jadi 1 . DAN MENURUT TULISAN ANDA SUDAH SERING TERJADI , KENAPA ANDA TIDAKUBAH CARA PACKING ANDA!!!!!CARA PACKING ANDA BERDASARKAN DI FOTO SANGAT BERBAHAYA KARENA BARANG BISA JATUH ANTARA CELAHNYA.ya ALLAH ya TUHAN ,kok bisa ada yg packing kanyak gitu dan komplain pula.itu EKSPOEDISI MALAH MENGAMANKAN BARANG ANDA DARI RESIKO KATU PATAH DAN BARANG JATUH TEPAT DIATASNYA.ya ALLAH ampunilah kebodohan penulis ini

          10
          4
          • 19 Agustus 2021 - (15:30 WIB)
            Permalink

            Terima kasih kak atas responnya.
            Untuk estimasi packingnya, kami sudah kalkulasi biaya volume kok.
            Dan kenapa packing kayu? karena itu pesanan dari customer, jadi kami proses sesuai keinginan customer. Semoga doanya dikembalikan ya kak ๐Ÿ™‚
            Terima kasih ๐Ÿ™‚

        • 19 Agustus 2021 - (07:51 WIB)
          Permalink

          Maaf kak, sekedar saran, klo packing kayu harus ngikutin bentuk paketnya, karna kalo gk biasanya dihitung volume, kalo memang mau dibuat kotak/ persegi panjang tanya ke cs sicepat dulu & setelah dipackinh kayu dibungkus lagi pake plastik wrap/ plastik pembungkus.

          10
          • 19 Agustus 2021 - (08:16 WIB)
            Permalink

            PENULISNYA gak tau bersyukur berterima kasih . seandainya ekspedisi lain kanyak jn* t*k* mereka tidak akan bongkar . MALAHAN AKAN DI UPDATE BERATNYA dan yag akan menanggung kerugian adalah PENJUAL karena saldo akan dipotong menutupi selisih kelebihan berat .INGAT YANG RUGI ADALAH PENJUAL bukan pembeli .karena saya sering belanja di tokopedia dan penjualnya memasukkan berat kurang sehingga waktu dia kirim ternyata ekspedisi update selisih berat dan kepotong saldo tokopedianya PENJUAL .makanya sekarang kalo kamu perhatikan penjual ditokopedia itu kasih masuk beratnya kadang banyak gak masuk akal (misal lampu 1bj kok bisa 800g)karena mereka KORBAN BAYAR ONGKIR lebih dari pembeli

            8
            2
          • 19 Agustus 2021 - (15:31 WIB)
            Permalink

            Terima kasih kak atas sarannya ๐Ÿ™‚

      • 18 Agustus 2021 - (22:33 WIB)
        Permalink

        Saya sdh ngalamin berkali kali,kargo sicepat dan jne, kesemuanya adl packing kayu bt gitar akustik. Ada kurirnya blg kl packing kayu dah di bongkar, ada yg gak blg. Skali wktu pas sy ambil sdiri paket di agen,karyawan minta ijin bolehkah packing kayu dibongkar dan dia minta packing kayu itu buat dia.Sy yakin itu bs dipakai packing lg, dan bernilai.

  • 18 Agustus 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Heran ya, packing kayu aja bisa dibongkar tanpa persetujuan pengirim, yang nggak habis pikir untuk alasan apa gitu lho packing kayu dibongkar, pakai kayu jati kali packingnya

  • 19 Agustus 2021 - (05:00 WIB)
    Permalink

    Kejar terus jangan sampai mereka lepas tanggung jawab, bila perlu viralkan di medsos biar jadi perhatian buat semua org yang mau kirim barang pakai SiCepat

  • 19 Agustus 2021 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Setahu ku paking Kayu itu dari pihak expedisi Sendiri, dan ngak semua exspedisi mau antar paking kayu.

    Ya black list aja Sicepat. Kan ada expedisi laen, Jangan Tergiur expedisi murah Tapi Mengecewakan pembeli + anda rugi sendiri karena Kepercayaan kustomer anda hilang.

  • 19 Agustus 2021 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Hitungnya berdasarkan berat atau volume? Kok packing kayunya kayak kurang kokoh. Barangkali jika packing kayunya dipertahanin bs ngerusak barangnya, karena banyak variabel pada saat pengiriman. Coba konfirmasi dulu ke ekspedisinya.

  • 19 Agustus 2021 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Itu cara packing kayunya salah, beresiko merusak barang/paket, wajar jika dikoreksi dengan cara dibongkar, coba googling cara packing kayu yg baik dan benar, kalau jadi mahal ongkirnya itu resiko pembeli yg tanggung biaya, toh permintaan pembeli, wajar juga pembeli minta balikin duit kalo gitu, packing kayu sebatas formalitas saja.

  • 19 Agustus 2021 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Menurutku cara pengemasan packingnya salah.
    1. Gede banget gomblang2 banyak ruang kosong dan bisa nyempit2in mobil.
    2. Celah kosong yang cukup lebar, kalau ada benda jatuh misal ketiban paket lain bisa langsung kena dusnya bisa hancur.
    3. Kurang kayu di tiap sisinya

    Model packing begitu kurang aman dan terlalu banyak ruang. Coba dihitung setelah dipacking, panjang kayu x tinggi kayu x lebar kayu dihitung volumenya apa sudah sesuai yang Anda bayar? Menurutku wajar kalau paket kiriman Anda sering dibongkar. Mungkin bisa Googling contoh packing kayu yang baik dan benar. Besok2 coba diperbaiki cara packingnya. Jadikan pengalaman, karena pengalaman adalah experience is the best teacher hehe… Tetap semangat ya jualannya

  • 19 Agustus 2021 - (23:21 WIB)
    Permalink

    biar tidak menimbulkan penakfsiran coba gan dilampirkan foto paket nya secara menyeluruh versi penjual sebelum dikirim ke sicepat. biar kelihatan apakah benar packing kayu nya kurang benar seperti yang disampaikan beberapa komentar diatas

      • 21 Agustus 2021 - (20:24 WIB)
        Permalink

        keliatannya sih oke ya, tidak terlalu ringkih juga… apakah sudah ada jawaban dari sicepat?

        • 23 Agustus 2021 - (08:56 WIB)
          Permalink

          Sudah ditanggapi dari pihak Tokopedia, nanti difollow up ke siCepat katanya. Dana untuk packing kayu-nya sudah dikembalikan

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Hilangnya Packing Kayu oleh Ekspedisi SiCepat yang Merugikan Penjual dโ€ฆ

oleh Dekorasi dibaca dalam: 1 menit
24