MacBook Air Beli di Blibli Rusak, Sudah Diperbaiki di Service Center Tapi Tetap Rusak

Pesanan MacBook Air saya di Blibli.com dari merchant Onestoplaptop, dengan nomor pesanan: 12075214565 pada tanggal 23 Juni 2021, saya terima dalam keadaan baik. Lalu karena pada tanggal 24 Juni 2021, asisten rumah tangga saya mulai ijin sakit yang menunjukkan gejala covid, mau tidak mau saya beres-beres rumah sendiri. Saat itu juga anjing saya sakit, jadi saya bolak-balik dokter. Sehingga saya sama sekali tidak ada waktu untuk menyalakan MacBook yang saya beli tsb.

Tanggal 9 Juli 2021, karena sudah 2 minggu, saya baru berani minta asisten rumah tangga saya kerja lagi. Baru tanggal 10 Juli 2021 saya menyalakan MacBook saya, karena baru sempat. Lalu kok spasinya bisa jalan sendiri? Bingung saya, terus bunyi tok tok tok kencang banget.

Karena saya tidak mengerti, saya tanya ke toko langganan komputer saya, ini kenapa? Ternyata rusak katanya,  harus klaim garansi. Kaget saya, baru 2 kali dinyalakan MacBook-nya sudah rusak.

Kemudian mengajukan retur sesuai prosedur yang ada di akun Blibli.com. MacBook diambil tanggal 11 Juli 2021 untuk dicek oleh Blibli. Kemudian karena masalah password, dikirim kembali ke saya tanggal 15 Juli 2021. Ketika saya nyalakan MacBook-nya, layarnya hitam hanya ada kursor panah. Jadi  malah bertambah rusak.Setelah itu saya chat CS Blibli pada tanggal 15 Juli 2021, dan baru tanggal 18 Juli 2021 dihubungi oleh pihak Blibli. Barang diambil tanggal 19 Juli 2021. Karena tanggal 20 Juli tanggal merah, jadi pihak Blibli mengatakan akan diproses tanggal 21 Juli 2012 ke service center.

Setelah 2 minggu saya tunggu tidak ada kabar, akhirnya saya chat Blibli tanggal 5 Agustus 2021. Betapa kagetnya saya, ternyata MacBook saya belum di-service dan tidak ada kabar sama sekali dari Blibli. Setelah saya komplain 3 hari sekali, tanggal 13 Agustus 2021 baru saya mendapat info nomor service center MacBook saya.

Tanggal 16 Agustus 2021, service center menyatakan sudah selesai. Kemudian saya chat Blibli dan pihak Blibli mengabarkan bahwa tanggal 17 libur, jadi tanggal 18 Agustus baru diambil. Saya tunggu sampai tanggal 19, saya chat bahwa produk harus saya terima tanggal 20 Agustus, karena saya sudah tunggu 1 bulan sejak tanggal 21 Juli.

Akhirnya pukul 18 sore datang hanya MacBook saja, tapi saya tidak bisa buka, karena password sudah diubah dan charger, serta dus lengkap juga belum dikembalikan Blibli ke saya. Karena tanggal 22-23 saya keluar kota, saya minta dus dan charger dikirim tanggal 24 Agustus.

Ketika saya nyalakan MacBook (mencoba password yang diinfokan Blibli) betapa kagetnya saya ketika keyboard-nya bisa jalan sendiri tanpa dipencet. Lalu sudah di-shut down dan ditutup, MacBook-nya bisa menyala sendiri dan password yang di kasih tetap salah, tidak bisa dibuka. Kemudian charger datang pukul 16, saya coba charge. Setelah di-charge, MacBook-nya layar hitam lagi dan hanya kursor.

Jadi setelah 1,5 bulan bolak-balik, tidak ada solusi. Barang yang saya terima tetap rusak. Saya komplain lagi ke Blibli minta refund atau tukar barang baru, karena barang yang saya terima rusak. Namun Blibli hanya bisa bantu klaim service tanpa solusi kalau seandainya service lagi, terus rusak lagi.

Saya sangat kecewa dan sedih, karena barang yang saya beli dengan cicilan dengan harga yang tidak murah, rusak. Sampai saat ini masih belum ada penyelesaian dan terus terang sekarang saya takut belanja di Blibli. Padahal sebelumnya saya selalu belanja elektronik lainnya di Blibli, karena yakin. Akan tetapi ternyata setelah kesandung masalah ini, 1,5 bulan stres saya, karena beli barang rusak.

Harusnya Blibli bisa menekan ke seller karena produk yang dijual rusak/cacat agar mengganti produk baru atau refund. Karena produk yang di service juga tidak ada perkembangan, tetap rusak. Produk yang dijual adalah MacBook rusak.

Henny Agustin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MacBook Air:
[Total:21    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Blibli untuk Ibu Henny Agustin

Pertama-tama terima kasih atas kepercayaan Ibu Henny untuk bertransaksi dan menjadi pelanggan setia di Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “MacBook Air Beli di Blibli Rusak, Sudah Diperbaiki di Service Center Tapi Tetap Rusak

  • 28 Agustus 2021 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Ko aneh yaa, kenapa ga di official store aja kak kalo di Blibli ada. Turut prihatin. minta refund full atau ganti unit aja jelas rusak itu kayanya.

    • 28 Agustus 2021 - (11:11 WIB)
      Permalink

      tokonya tidak jelas bang, barang yang dijual tidak jelas, transaksi berhasilnya juga cm 60%, mungkin tergiur harga murah ya makanya beli di toko ini?

      2
      1
  • 28 Agustus 2021 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Wah ini persis seperti yang saya alami, dulu ada keluhan bunyi tok tok tok dan keyboardnya jalan sendiri juga, setelah dicek ternyata masalah hardware dan keyboardnya harus diganti. Minta ganti unit baru kak kalau ada garansi resminya dan kalau bisa pastikan juga bukan unit refurbish

  • 28 Agustus 2021 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Wah kalau garansi resmi ya mending langsung ke service centre Apple langsung. Ngapain lewat Blibli lg. Kalau belum 14 hari bisa retur ke Blibli dan batal transaksi.

  • 29 Agustus 2021 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Lah kalau refund kan jelas gak bisa karena perjanjiannya 15hr retur, dari tanggal 23 juni sampai 10 juli kan lewat 15 hari. Lalu karena garansi resmi kenapa tidak bawa sendiri ke apple service pak?

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai MacBook Air?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

MacBook Air Beli di Blibli Rusak, Sudah Diperbaiki di Service Center T…

oleh Henny Agustin dibaca dalam: 2 menit
6