Informasi Tampilan Produk Blibli Tidak Dapat Dipercaya

Di saat masa pandemi seperti ini, dimana berbelanja online sudah menjadi kebiasaan, bagaimana dengan perlindungan terhadap konsumen e-commerce? Saya awalnya mempercayai jika kita memilih platform online yang terpercaya, maka pembelian saya akan terjamin aman dan puas. Apalagi memang itu yang menjadi jargon dari Blibli.

Namun hal ini berbanding terbalik dengan peristiwa yang saya alami, ketika berbelanja di Blibli dengan Samsung Official Seller untuk produk Tablet A7. Dimana tampilan deskripsi produk memuat “seakan-akan” termasuk Promo Samsung Care+ satu tahun  senilai IDR 499,000. Namun ternyata promo tsb sudah tidak valid, dikarenakan kesalahan tata letak penempatan penulisan dan ada perbedaan signifikan antara tampilan mobile apps dan web browser Blibli.

Saya melakukan pembelian pada tanggal 07 September 2021 melalui mobile apps Blibli. Promo terlihat berlaku sampai dengan 31 Oktober 2021, sehingga saya berasumsi masih valid. Namun ternyata hanya sampai 31 Oktober 2020, dua angka tahun tertutup satu ikon di mobile apps. Ditambah lagi konfirmasi yang dilakukan pembeli via live chat Blibli dengan petugas CS bernama Kayla sebelumnya, juga tidak memberikan informasi yang benar, sehingga menggiring pembeli mengira memang promo masih valid.

Sehingga saya terkecoh-tertipu membeli produk ini.

Bagaimana mungkin sekelas Blibli dan Samsung bisa memajang info promo sudah EXPIRED satu tahun, kemudian tata letaknya seperti dibuat sengaja menyesatkan? Rekonfirmasi yang dilakukan ke pihak Blibli secara live chat pun tidak dapat dipercaya.

Setelah melalui proses korespondensi berkali-kali, pihak Blibli terakhir hanya menawarkan “Voucher Maaf” senilai Rp75.000 dan Rp25,000. Pihak Blibli telah LALAI dan kerugian saya lebih besar daripada “Voucher Maaf” tsb. Penyelesaian yang saya minta adalah pihak Blibli dan Samsung untuk memenuhi HAK KONSUMEN saya sesuai dengan tampilan di mobile apps.

Ini penipuan dan saya meminta proteksi untuk pembeli diberikan kepada saya, atau produk saya retur sesuai dengan peraturan Blibli, dalam tempo 30 hari semenjak pembelian. Namun mengapa proses retur saya dihentikan sepihak oleh Blibli (tidak bisa di akses kembali) dan diselesaikan secara sepihak juga dengan “Voucher Maaf” tsb?

Lydia Theodora Lase
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:11    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Blibli untuk Ibu Lydia Theodora Lase

Pertama-tama terima kasih atas kepercayaan Ibu Lydia Theodora Lase untuk memilih belanja kebutuhan di Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Informasi Tampilan Produk Blibli Tidak Dapat Dipercaya

    • 22 September 2021 - (18:54 WIB)
      Permalink

      @blicare : mengapa proses retur saya dihentikan sepihak per 16Sep, dan registrasi pengajuan pengembalian saya ditutup sepihak tanpa persetujuan dari saya, dengan voucher maaf (yg semula ditawarkan 50,000 kemudian berubah menjadi 75,000+25,000), jika memang masih sedang dalam penangan tim Blibli ???

    • 22 September 2021 - (18:18 WIB)
      Permalink

      Tetap saja, yang namanya Promo sudah berakhir tidak boleh ditayangkan lagi. Apalagi mau satu tahun. Ini kan Online. Menurut saya itu kesalahan Seller, harus tanggung jawab.

      • 24 September 2021 - (12:33 WIB)
        Permalink

        terima kasih atas komentarnya. pembeli cerdas harus tahu KEWAJIBAN dan HAK-nya, penjual juga tidak boleh SEMENA-MENA.

    • 22 September 2021 - (18:31 WIB)
      Permalink

      @shin chan : Apakah anda pengguna akun mobile apps Blibli ? Coba masuk ke dalam aplikasi pembelanjaan ini, jadi bisa mengetahui bagaimana tampilannya di mobile apps. Jika saya geser, maka hanya akan langsung menuju tampilan gb. produk berikutnya (ada tujuh gb. klo tidak salah untuk produk ini). Krn ini adalah produk dari Official Seller Samsung dan saya juga sudah familiar dengan produknya, saya percaya saja. Sebagai catatan tambahan (pihak blibli juga saya sudah beritahu), produk yang sama ini di platform online lainnya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dijual dengan harga jauh lebih murah (selisih 1juta rupiah), dan produk tsb bukan termasuk dalam kategori flash sale, atau berbatas waktu, atau harus menggunakan voucher atau kode tertentu dari mulai periode 4-9Sep, dan masih tersedia di platfom online lain ini bahkan sampai setelah saya komplain ke Blibli di tgl 8Sep (saya ada sempat screenshot di Shopee tgl 8Sep, bisa ditrace back juga). Asumsi saya saat itu Blibli memang lebih mahal tapi ada promo Samsung Care+, jadi masih ok lah, ditambah memang dibanding platform online lainnya, plus saya ingin menggunakan voucher Samsung bekerjasama dengan Blibli dari pembelian produk lain, di toko offline Mall, kemudian harga jual Blibli memang SELALU LEBIH MAHAL dibanding platform lainnya (bisa cek dengan pengguna setia Blibli, kecuali untuk produk BliMart mungkin harga bisa lebih bersaing), namun peraturan retur, dll di Blibli biasanya lebih flexibel (berdasarkan pengalaman belanja saya sebelumnya). Jadi saya tidak keberatan lebih mahal, asal LEBIH AMAN. Dan saya juga telah melakukan rekonfirmasi dengan CS Blibli sebelum penerimaan produk dan diamini promo bisa diklaim di Samsung Gift. Semoga jelas.

      • 22 September 2021 - (20:42 WIB)
        Permalink

        Saya sering belanja di aplikasi blibli dan sebelum saya tulis komentar sudah saya coba untuk geser foto bisa sambil ditahan jadi tidak langsung ke foto berikutnya. Meskipun langsung ke foto berikutnya masih bisa terlihat sekilas. Untuk Samsung Tab A7 ada yg versi lite juga harga beda 1jutaan. Anggaplah produk yg sama tapi beda 1 jutaan dari marketplace lain dan hanya dapat Samsung Care+ seharga 449.000 plus voucher diskon/cashback dari blibli yg ditotal tidak sampai 1 juta kalau saya jadi Anda tidak mungkin beli. Lebih baik beli di marketplace lain saja yg lebih murah 1juta.
        Saran saya cek dulu produknya A7 atau A7 lite. Saya rasa tidak mungkin harga lebih mahal 1juta tapi terjualnya banyak. Kalau Anda tetep ingin Samsung care + nya itu ya cari dimanapun tetep ga ada soalnya setahu saya itu hanya gimmick di awal penjualan produk baru Samsung. CMIIW.

        • 24 September 2021 - (12:06 WIB)
          Permalink

          @shin chan : sebenarnya kasus ini sudah mulai memiliki titik-terang krn pihak blibli premium care sdh menunjukkan itikad baiknya. namun sy akan tetap mencoba menjawab komentar anda, spy jg terang-benderang utk pembaca lainnya & sy tdk perlu membalas detail komen lainnya.
          1. Gb digeser jika di mobile apps (pengalaman sy mmg pengguna blibli), akan lsg berganti ke gb produk berikutnya (tdk akan gb menjadi jelas terlihat, dlm kasus ini angka tahunnya), I have no idea bahwa bisa DIGESER & DITAHAN bs keliatan lengkap jdnya. Yg kemudian sy sadari blkgan stlh korespondensi dgn CS Blibli bernama Astrid, bahwa mmg ada perbedaan tampilan antara mobile apps dan web browser. Jadi klo msk ke web browser gb deskripsi produk itu lsg terlihat utuh-besar-lengkap. Tp klo dilihat di mobile apps, memang seperti tampilan yg sy sdh SC itu, namun ada tahap berikut yg bs dilakukan yakni DOUBLE-CLICK, ZOOM di gb maka tampilan akan muncul utuh. Sialnya sy saat itu krn merasa ini msi bln Sep, terlihat promo Oct jd berasumsi otomatis msi valid. Kemudian dijual oleh official seller asumsi pasti ori & beres. Dan tablet ini sy sdh tahu bentukannya-spec.nya (sy jg sdh hunting di platform ol lainnya), jd sy tdk berupaya melihat detail gbnya (krn bentuknya ya kotak begitu aja, kecuali mau beli baju/sepatu yg sy mo zoom lihat bagaimana detail kerahnya-gradasi warnanya).
          2. Sy sdh lihat di platform ol lainnya jg, dan sangat sadar bahwa harga di Blibli lebih mahal 1jt, sy ulangi lg mengapa sy memutuskan tetap membeli krn sy MEMILIKI VCHR SAMSUNG YANG HANYA BISA DIGUNAKAN DI BLIBLI, yg sy dptkan dari pembelian di toko fisik/toko dalam mall, jd mau tdk mau sy hrs pakai & gunakan di Blibli. Dan sy jg berasumsi mgkn krn si tablet ini di Blibli dpt SC+ makanya dijual lbh mahal, krn di platform ol lainnya tdk ada promo ini. Dan berdasarkan pengalaman sy berbelanja ol, Blibli ini mmg selalu LEBIH MAHAL dibanding yg lain. Persoalan klo anda tdk mau beli, ya itu khan anda, dan sy bukan anda (sy ada alasan & pertimbangannya sendiri). Semoga jelas ya…
          3. Jika anda blg SC+ hny gimmick awal di produk penjualan samsung, sampai dengan sekarang masih ada kok promo ini ditawarkan oleh samsung. Bahkan produk samsung yg sy beli di toko fisik/dlm mall pd periode Aug’21 pun masih mendapatkannya.

      • 22 September 2021 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Gambarnya bisa digeser kok, bisa kelihatan tahunnya saya sering geser2 gambar. Samsung care+ cuma gimmick, tidak terlalu berguna.
        Tapi memasang gimmick yang sudah berakhir juga salah, sudah seharusnya gambarnya diganti begitu masa berlakunya habis.

        • 24 September 2021 - (12:28 WIB)
          Permalink

          terima kasih atas komentarnya, sy sdh ada jelaskan di komentar lainnya.

    • 24 September 2021 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk semua komentar yg disampaikan untuk surat pembaca yg sy buat ini (You are all heard !! #grateful).

      Ini adl sarana yg bagus, yg bisa menjembatani kepentingan konsumen dan penjual/supplier/badan usaha apapun. Krn mmg hrs diakui PERLINDUNGAN DAN KEPASTIAN HUKUM NEGARA untuk hak konsumen masih belum “terlalu diperhatikan”, sehingga bisa terjadi “sewenang-wenangan” dari pihak penjual/supplier/badan usaha. Konsumen yg seperti berjuang sendirian memiliki wadah menyampaikan permasalahannya, dan untuk mengatasi “modus operandi” dari pihak penjual, dll yg membuat konsumen “kelelahan-capai sendiri dengan tuntutan haknya” untuk bisa didengar secara luas. Itulah mengapa sy sampai memutuskan tdk akan membiarkan kasus ini menguap begitu saja, karena sy tahu apa KEWAJIBAN dan HAK sy sbg konsumen, dan hal ini patut diperjuangkan. Apakah itu jd PEMBELAJARAN utk pembelian sy berikutnya, utk konsumen lainnya juga, dan utk pihak penjual utk memperbaiki kinerja mrk. Catatan disini utk Blibli, memperbaiki tim IT mrk dalam membuat tampilan produk (ini bukan sy saja yg mengalami kekeliruan seperti ini), Product skrinning Blibli mmg terkesan lemah & mobile apps-nya kalah jauh dibanding platform online lainnya….krn “not user friendly”, tim CS utk selalu terupdate dgn training & produk knowledge-nya, krn mrk adl garda terdepan yg berhubgan dgn konsumen, jika info dari mrk tdk bs dipercaya jd siapa yg pelanggan dpt percaya ?!

      Sbg info jg pihak Blibli Premium Care telah menghubgi sy, dan sdg mengusahakan perihal SC+ yg mmg menjadi tuntutan sy. Dan sy masih menungggu hal tsb terealisasi….

    • 24 September 2021 - (12:26 WIB)
      Permalink

      @soni chan (masih bersaudara dgn shin chan ?) : transcript live chat-nya untuk blibli ada opsi bs dikirimkan per email, namun sampai dengan skg sy tdk mendapatkannya (namun pihak blibli tdk prh menyangkal fakta isi pembicaraan tsb jg, dan sdh berulang-kali sy sampaikan dlm korespondensi-korespondensi kami baik itu email & telp). tdk ada sedikit pun prasangka tdk baik sy bahwa ini bisa menjadi masalah/berlarut-larut, jd pelajaran juga lainnya semua korespondensi mending lsg di SC, walaupun ada opsi send transcript by email. live chat menanyakan promo itu pun sbnrnya bkn mksd utama sy chat awalnya, sy itu mau menanyakan jaminan garansi kirim 2jam blibli (krn utk pembelanjaan = 300rb, otomatis free ongkir up to 50rb), harga belanja sy sdh memenuhi syarat gratis bahkan utk penggunaan kurir instant sekalipun. Namun ada pilihan jamin sampai 2jam dan sy hrs tbh ongkir sekitar 8rb sekian. Tetapi kemudian ketika sy lihat di update kok pakai grab instant jg ya. Konfirmasi lah sy tny via live chat, bnr ya ini bs 2jam sampai, dan sekalian sy tny soal bgm prosedur klaim sc+ spy lbh pasti (krn sy ada lihat di diskusi & review di samsung official seller ini, byk ada MASALAH dlm mengklaimnya. bahkan sy pun prh mengalaminya utk pembelian di toko fisik pdhl, dimana ada batas wkt klaim namun sdh lwt tenggat wkt pun tdk muncul-muncul di S.Gift). Semoga jelas… (sy menguasahakan menjawab sejelas mungkin krn anda yg menanyakan awal, dan upaya pembaca lain mendapatkan informasi juga).

  • 23 September 2021 - (09:52 WIB)
    Permalink

    itu promo nya sengaja menipu pembeli masa tahun 2020 yg angka nol ditutup sm iklan mmg sengaja menipu

    • 24 September 2021 - (12:29 WIB)
      Permalink

      ya sy pun merasa demikian, namun pihak blibli sdh menunjukkan itikad baiknya

  • 23 September 2021 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Blibli memang lalai mereka tidak update dan masih memajang promo yang sudah expired..,
    31 Oktober 2020, sampai membeli 7 Sep 2021, hampir setaun itu expired nya
    ini mungkin dasar dari voucher maaf

    kakak juga mungkin kurang teliti dengan tidak menggeser gambar sehingga tidak terlihat jelas, namun bila kakak sudah menanyakan hal ini kepada CS Kayla dan dia memberikan infromasi pengambilan Promo samsung.., bukannya memberitahu bila promo tersebut telah expired …

    hmmm… entahlah
    mungkin bisa dilampirkan transkrip chat dengan Kayla untuk jelasnya kak

    • 24 September 2021 - (12:29 WIB)
      Permalink

      terima kasih atas komentarnya, sy sdh jelaskan di balasan komentar lainnya

    • 24 September 2021 - (12:31 WIB)
      Permalink

      ya awal mmg itu niat sy, krn mmg ada perlindungan retur sampai dengan 30hari dari sejak penerimaan produk di Blibli, namun entah knp direject & ditutup dgn voucher maaf. namun pihak blibli sdh menunjukkan itikad baiknya untuk menyelesaikan masalah ini skg. terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Informasi Tampilan Produk Blibli Tidak Dapat Dipercaya

oleh Lydia T dibaca dalam: 1 menit
19