Aplikasi OVO Tidak Bisa Diandalkan dan Merepotkan

Awal masalahnya, ketika saya ingin mengganti nomor HP di aplikasi OVO, yang mestinya hal biasa buat aplikasi lainnya, tapi nyatanya tidak di aplikasi OVO ini. Setelah sukses mengganti nomor hp, dilanjutkan login dengan password, TERNYATA TIDAK BISA LOGIN. Notifikasinya: “Gagal memproses nih, coba ulang lagi yah“.

Sudah berulang kali dicoba, tetap terjadi hal yang sama. Pasti ada yang bertanya apakah saya lupa password? Tentu tidak, karena saya sering menggunakan OVO. Namun okelah, anggap saya salah password, akhirnya saya coba untuk “atur ulang” password. Setelah mendapatkan kode akses yang dikirim ke email, masih lancar hingga input password baru.

Eh TERNYATA GAK BISA LAGI, dengan notifikasi yang sama “Gagal memproses nih, coba ulang lagi yah“. Di sini kita sudah mulai bisa simpulkan kalau sistem aplikasi OVO yang bermasalah. Padahal ini adalah aplikasi e-wallet, dimana masalah password adalah hal yang penting, karena menyangkut keamanan uang customer.

Permasalahan tidak berhenti sampai di sini. Akhirnya saya putuskan telepon call centre OVO ke nomor 1500696. Saya diminta email (nomor laporan: 16045635), melampirkan screenshot dan beberapa tindakan, diantaranya: restart hp, mode off pesawat, pakai kuota data, uninstall dulu aplikasinya, bla bla, bla. Semua sudah saya ikuti, ternyata tetap aja gak bisa.

Pihak OVO dengan entengnya cuma ngomong “Hasil pengecekan akun normal”. Normal dari mana? Lha ganti password aja kagak bisa, ini pun kalau dianggap saya lupa password. Terakhir petugas a.n. Ibu Sita telepon, saya coba untuk akses lagi, eh malahan semakin parah. Begitu masukin nomor hp, akun susah diakses, sekalinya diakses katanya diblokir. Saya tanya booth OVO yang buka di mana? Jawabannya gak ada yang buka, alasannya lagi pandemi.

Kesimpulan dari masalah di atas hanya 2, yaitu sistem OVO gak mumpuni alias gak bisa diandalkan dan ada unsur kesengajaan. Karena dengan adanya masalah tersebut, otomatis saya gak bisa pakai uang yang di aplikasi. Pihak OVO main enak-enak aja bilangnya akan dicek, setelah cek bilangnya normal.

Hana Y. Tanjaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Total:25    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Aplikasi OVO Tidak Bisa Diandalkan dan Merepotkan

  • 15 Oktober 2021 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Lain kali jadi pelajaran kalo mau ganti no hp ataw hp ataw email di dompet digital, di kosongin dulu saldo nya bos biar gak was2 kita 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  • 16 Oktober 2021 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Saya user Ovo, saya pernah ganti nomor HP, gak ada masalah kok. Saya gak berpihak ke Ovo tapi selama ini tidak ada masalah dengan sistem Ovo, dan Ovo bukanlah ewallet ecek-ecek juga, jangan karena Anda tidak bisa mengganti nope langsung menuduh yang bukan-bukan.

    Kemungkinan anda gagal mengganti nope karena ada masalah dengan smartphone anda, mungkin anda pake smartphone BM atau karena sebab yang lain. Perlu anda ketahui, di smartphone itu ada yang namanya chace yang tersisa, mungkin itu yang bikin gagal, atau smartphone anda terinfeksi virus jahat sehingga sistem menolak penggantian nope.

    Anda terlalu terburu-buru atau terlalu pinter membuat kesimpulan, anda menuduh sistem Ovo gak bisa diandalkan atau ada kesengajaan. Bagaimana kalau kegagalan dalam penggantian nope karena smartphone anda yang jelek atau terinfeksi bakteri jahat? Coba Anda konsultasi dengan ahlinya sebelum membuat kesimpulan, yang mana kesimpulan Anda itu dipastikan 💯% salah!

    4
    5
    • 16 Oktober 2021 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Elo anak cendol, yang sok tau n sok pinter.. jgn sok nebak2 kaya elo lebih pinter dari orang… elo gak terlibat n gak tau detailnya, sok punya opini ini ono ini ono.. mending jgn sok tau loe TONG..!!!

    • 16 Oktober 2021 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Sok tau.sy juga ngalamin bos.di ovo emang susah ganti nomor hp.coba klu di aplksi lain gampang bgt.hp lo salahin.hp skrng udh canggih2 bos.hp bm juga udh jrng bgt.bnr2 sok tau lo….

    • 16 Oktober 2021 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Dear Mba Zubir, saya rasa disini anda yg terlalu cepat ambil kesimpulan dan langsung menuduh nuduh ngga jelas, dan bisa dipastikan kalimat yang anda gunakan salah 💯% kayak saya yang dengan sengaja salah manggil anda Mba, bijaklah dalam berkata atau menulis jangan kayak saya yang langsung menuduh nuduh anda salah 💯%

    • 17 Oktober 2021 - (15:16 WIB)
      Permalink

      M Zubir… Memang ente doang yang sok tau atau memang mau pamer kalau ente doang yang ngerti tentang apa yang ente jelasin..? Ane info yak, ane dan kakak ane pernah ngalamin hal yang serupa seperti TS… Jadi kejadian yg TS cerita 100% BENAR..!!!

  • 16 Oktober 2021 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya apa yang dialami disini, sangat mungkin terjadi krn kesalahan di operator OVO. Saya pernah mengalami hal yang hampir mirip dgn kejadian disini. Kebetulan ini masalah dgn pihak BCA mengenai aplikasi mBCA. Waktu itu ada satu menu di mBCA istri saya yg tdk aktif. Nah saat kita datang ke salah satu kantor cabang BCA, sama mrk meminta kita matikan anti virus, restart HP dan macam2. Sampai CSnya saya suruh lakukan sendiri pakai HP istri saya. Berulang kali dicoba, hapus dan install kembali aplikasi BCA mobile, tetap gak bisa. Mrk jg sempat cek ke sistem, sama jawabannya normal. Akhirnya mrk meminta kepada istri saya utk mencoba install ulang beberapa jam lagi krn mungkin ada masalah di aplikasinya. Ya sdh kita pulang dulu. Sampai di rmh, dicoba berkali2 tetap sama hasilnya, menu yg bermasalah tetap tdk bisa dibuka.

    Nah saat di rmh itulah saya menemukan ada menu lain lagi yg ternyata sama2 tdk bisa diakses, pdhal di mBCA milik saya bisa diakses. Akhirnya saya dan istri kembali datang ke kantor BCA yg sama dan dilayani oleh CS berbeda. Ketika saya dampaikan keluhan saya dan pihak CS melihat langsung masalah tsb di HP istri saya, pihak CS langsung mengajak istri saya utk melakukan registrasi ulang di mesin khusus registrasi milik BCA, dan kasus selesai. Secepat itu. Pdhal kmren berjam2 kita diminta lakukan macam2 dan tdk berhasil bahkan pihak BCA sempat menuduh HP istri saya kehabisan memory jg dan langsung saya bantah krn saya ini org IT yg selalu cek kondisi HP istri saya dan semua settingan serta kondisi HP istri saya yg masih tergolong seri baru dr merk ternama SAMSUNG (bukan barang BM), saya tahu persis.

    Jadi saya bisa simpulkan kasus inipun kesalahan bisa ada di pihak OVO sendiri, dimana pihak CS onlinenya tdk paham prosedur utk kasus khusus spt yg dialami salah satu customernya ini. Ternyata di kasus saya, harus registrasi ulang baru normal dan dana di dlm mBCA istri tdk ada yg hilang krn teregistrasi dgn data2 pribadi yg sama.

    • 16 Oktober 2021 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Kalo hp BM jelas dompet digital tidak bisa di download, kalo hp kena virus pastinya hp ngeblank, kalo hp kena hack jelas apk bisa tetap di buka karena nomer hp yg terdaftar ada pada si punya akun , tapi mungkin saldo yang ilang, ini logika nya

  • 18 Oktober 2021 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Bukan cuma ovo sih. aplikasi serupa seperti dana dan link aja juga kadang suka ribet kalo mau ganti nomor. khususnya jika kita sudah terdaftar sebagai member premium. proses login akan lebih sulit karena kita sudah menyimpan data pribadi kita di aplikasi. mungkin pihak aplikasi takut terjadi penyalahgunaan akun. jadi mempersulit kita untuk mengganti nomor hp. pengalaman penulis bisa jadi pengingat buat kita agar tidak terlalu mempercayakan uang kita kepada pihak aplikasi manapun. apalagi dalam jumlah yg besar.

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Aplikasi OVO Tidak Bisa Diandalkan dan Merepotkan

oleh Hana Yoanna dibaca dalam: 1 menit
10