Tim Pengembalian Barang Shopee Melanggar Kesepakatan yang Dibuat Sendiri

Terimaksih kepada mediakonsumen telah memfasilitasi keluhan saya.

Saya adalah seller di Shopee Indonesia, dengan nama toko Indrasukses_Motor. Saya memiliki keluhan dengan Shopee Indonesia. Khususnya Tim Shopee dalam mediasi pengembalian barang. Saya berharap pihak shopee dapat membaca dan merespon surat ini.

Tanggal 12 Oktober 2021 saya mendapatkan notif bahwa saya memiliki pesanan pengembalian barang oleh pembeli dengan nomor pengembalian 211012194180468.

Tanggal 14 Oktober pihak Shopee Indonesia melalui diskusi dengan tim mediasi, memberikan info bahwa barang telah dikirm ke alamat saya yang terdaftar sebagai alamat toko dan gudang di Shopee melalui eskpedisi J&T dengan nomor resi JP3410662642.

Tanggal 19 Oktober 2021, barang yang dikirimkaan tidak kunjung sampai ke alamat gudang/toko saya. saya melakukan komplain. Dikarenakan tanggal 21 Oktober 2021 adalah tanggal terakhir batas waktu laporan konfirmasi penerimaan barang, atau otomatis dana akan langsung kembali kepada pembali.

Saya bingung, apa yang harus dikonfirmasi sementara barang belum saya terima. DAN PIHAK EKSPEDISI J&T JUGA dengan keterangan nomor tidak bisa dihubungi, padahal nomor tersebut aktif dan masih digunakan untuk keperluan sehari-hari.

bukti peraturan dan ketentuan batas waktu pengembalian barang.

Tanggal 21 Oktober 2021 saya naik banding ke pihak Shopee karena dengan bukti resi dan aktual barang tersebut belum saya terima dan saya meminta dana pembelian tersebut. Sesuai dengan kesepakatan yang diterima saya apabila barang belum saya terima hingga batas 7 hari setelah menerima resi, maka otomatis dana tersebut saya terima sebagai penjual. Sebagaimana tercantum pada petunjuk pengembalian barang&dana dari shopee pada halaman 17-22.petunjuk Pengembalian barang&dana

Saya terus komplain baik dalam diskusi pengembalian barang tersebut maupun via chat agent Shopee. Namun hasilnya beberapa kali saya hanya diberikan nomor pelaporan tanpa penyelesaian yang jelas dari Shopee.

Tim Shopee pun melanggar kembali komitmen untuk menyelesaikan ini selama 24 jam sejak saya banding, namun konfirmasi yang saya terima hanya Dimohon update terus dan meminta konfirmasi barang secepatnya. Padahal barang belum saya terima.

 

Tanggal 23 Oktober 2021 saya mendapatkan notif bahwa barang masih dalam pengiriman dan melalui email Shopee bahwa nomor saya tidak dapat dihubungi. Buktinya mana ???? Saya masih aktif nomor ini.

Email dari Shopee bahwa nomor saya tidak aktif
padahal nomor tersebut masih saya gunakan dan saya aktifkan baik untuk keperluan pribadi maupun jualan di shopee
  1. Saya berharap shopee dapat mematuhi segala peraturan yang dibuat, termasuk komitmen mengenai batas waktu.
  2. Saya sebagai penjual selalu menaati peraturan dan ketentuan yang dibuat shopee, masa kalian sebagai pembuat aturan yang melanggar dan tidak komitmen dengan apa yang dibuat.
  3. Saya selaku penjual merasa dirugikan, dana saya tidak otomatis ke saldo penjual bilamana barang tersebut rusak dan waktu konfirmasi telah lewat dari batas tanggal yang ditentukan tentu saya tidak bisa melakukan klaim.

Septian Pratinggo
Kabupaten Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Tim Pengembalian Barang Shopee Melanggar Kesepakatan yang Dibuat Sendiri

  • 24 Oktober 2021 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Shopee memang menybalkan, udah palak sana sini biaya penanganan ke seller atau ke buyer, giliran ada sengketa lama bgt respont nya cs nya juga menyebalkan. Uninstall shopee atau pindah platform

    19
    1
    • 25 Oktober 2021 - (15:12 WIB)
      Permalink

      gw ga pernah ada masalah sm shopee. pernah dua kali ngebalikin barang ke luar negeri aman aja. balikin barang salah dari penjual dalam negeri juga aman aja semua refundnya.

  • 24 Oktober 2021 - (04:10 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dr tracking resi, sudah dikirim sampai gonta ganti kurir tidak pernah sampai. Kemungkinan salah drop point krn kurirnya smp jam kerja habis tidak sampai ke alamat anda. Kemungkinan kedua alamat anda memang tidak jelas. Ini cuma dalam kota, bekasi ke bekasi. Saya kira j&t tidak akan separah itu kl alamatmya jelas. Coba cek lagi alamatnya.

    3
    1
    • 24 Oktober 2021 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Biasanya kalau alamat tidak jauh dari drop poin map, karena 100% drop poin TIDAK BISA akurat dengan nama/alamat tempat.
      dan setahu saya kurir yang bisa diandalkan berfokus pada alamat karena drop poin hanya patokan saja.

    • 25 Oktober 2021 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Alamat sesuai KTP sudah dikirim, pihak J&T ga menghubungi sama sekali baik via telepon maupun sms. Pihak Shopee juga ga serius dengan peraturan ketentuan pengembalian barang yang mereka buat.

      Sebagai penjual/seller masa yang harus dibebankan semua kerugian ini.

      • 25 Oktober 2021 - (12:08 WIB)
        Permalink

        Yang saya tekankan disini Shopee melanggar peraturan yang dibuat sendiri, jika seller maupun pembeli melanggar aja ada punishment.

        Kemudian tanggung jawab barang tersebut ada pada pembeli yang melakukan retur dan Ekspedisi.

        Nah klaim keterlambatan penerimaan barang juga pihak J&T yang tanggung melalui Shopee

  • 24 Oktober 2021 - (05:39 WIB)
    Permalink

    Nomer hp tidak bisa dihubungi dan alamat tidak jelas
    Jangan jangan ini penjual ……
    Ah sudah lah , ora urus

    1
    6
    • 24 Oktober 2021 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Kalau saya lihat rating toko baik baik saja, Shopee biasa menghubungi pake nomor yang tidak dikenal dan bukan nomor resmi, pengalaman saya sih kalau Shopee telpon pakai nomor tidak resmi dan waktu responnya pun suka molor dan menghubungi diluar jam kerja

    • 25 Oktober 2021 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Situ sama kaya kurir J&T apa jangan-jangan ga punya pulsa, sehingga menuduh begitu. Padahal sudah dicek via Telkomsel GraPARI bahwa nomor aktif.

  • 24 Oktober 2021 - (15:46 WIB)
    Permalink

    Shopee memang menybalkan, udah palak sana sini biaya penanganan ke seller atau ke buyer, giliran ada sengketa lama bgt respont nya cs nya juga menyebalkan. Uninstall shopee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    2
    1
  • 24 Oktober 2021 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Untuk informasi saja, untuk mengetahui No. Telepon Kurir atau Droppoint bisa dicek pada aplikasi J&T pada menu tracking. Dihalaman tersebut ada tombol untuk menelepon kurir, atau untuk mengetahui tempat Droppoint dimana paket berada.

    • 25 Oktober 2021 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Yang kurir siapa yang dibebankan menelepon siapa, nomor saya aktif dan masih bisa ditelepon dan sms. Alamat juga sesuai KTP. Nih terakhir ada yang ngakunya seller eh gtaunya di apps truecaller dari J&T. Pakai suruh saya ambil di Bekasi.

      • 25 Oktober 2021 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Wa bisa ndak? 😀 krn kurir itu gajinya tdk seberapa biasanya cuma wa atau telp lwt wa. 😀

  • 25 Oktober 2021 - (12:35 WIB)
    Permalink

    ini sih JNT nya yg kacau. bikin lama. jgn pk JNT lg, sy kapok. beli brg tgl 5 okt udah didrop di jnt deket rumah, tp sampe sekarang pun ga gerak barangnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Tim Pengembalian Barang Shopee Melanggar Kesepakatan yang Dibuat Sendi…

oleh Septian Pratinggo dibaca dalam: 2 menit
18