Kurir SiCepat Melakukan Mark Up Berat Timbangan Paket

Surat ini saya ajukan kepada SiCepat Pusat agar melakukan tindakan atas aksi mark up timbangan paket yang saya kirim tanggal 18 Oktober 2021 dengan nomer resi 001444282327.

Pada tanggal 31 Oktober 2021 saya melakukan tutup buku dengan mengecek mutasi saldo pada bukalapak dan terkejut karena ada pemotongan ongkir sebesar 25.000 yang dibebankan kepada saya selaku penjual pada transaksi 213194432240.

Saya sudah menanyakan kepada gerai Sicepat pengirim pada tanggal 1 November 2021 terkait pembebanan ongkir tersebut dan diinfokan kalau berat timbangan di Sicepat 2.8kg sehingga dikenakan ongkir 3 kg (kelebihan ongkir 1 kg menurut Sicepat).

Sangat disayangkan bahwa foto timbangan paket Sicepat terpotong bagian atas dan sampingnya sehingga bisa saja ditambah barang lain oleh oknum.

Sebagai perbandingan telampir foto timbangan berat paket 1 jaring telur mainan. Dengan pesanan 5 jaring = 5 x 160 gram ditambah packing kardus 200 gram total berat hanya sekitar 1.000 gram.

Untuk berat volumetrik sendiri jika kami buat paketnya lagi sekitar 41 x 22 x 13 cm / 6000 = 1.954 kg.

Baik berat timbangan maupun volumetrik masih jauh dari 2.8 kg

Saya sudah berjualan di berbagai marketplace hampir 6 tahun dengan ribuan paket per bulan, sehingga untuk berat produk baik secara timbangan maupun volumetrik selalu diisi dengan benar di sistem, sudah beserta toleransi untuk packing.

Saya baca-baca kejadian berat paket di Sicepat sudah berulang bertahun-tahun dan sudah banyak laporan di mediakonsumen namun masih saja kejadian. Untuk selisih timbangan berat ini sendiri, Sicepat tidak melakukan tindakan preventif seperti dengan menolak paket atau konfirmasi dengan penjual.

Mohon agar mengutamakan kejujuran dan integritas terutama dalam bisnis logistik. Terima kasih.

Stepanus David
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:86    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Stepanus David

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Stepanus David pada tanggal 2 November 2021 yang berjudul Kurir SiCepat Melakukan Mark Up...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Kurir SiCepat Melakukan Mark Up Berat Timbangan Paket

    • 3 November 2021 - (12:10 WIB)
      Permalink

      Mungkin mau rubah nama dia. Jadi si cepat dan berat hahhaa
      Memang layanan konsumen di indonesia ini perlu perbaikan. Udh banyak komplian di media tp kayaknya udh jd praktek umum di sicepat. Krn murah dan cepat butuh biaya, berat barang ditambahin deh biar cuan. Suram

      3
      1
  • 2 November 2021 - (17:42 WIB)
    Permalink

    biasanya kalo perhitungan berat aktual dan volumetrik setelah paket siap kirim sudah packing dll. tidak bisa mengada ngada.

    Takutnya biasanya salah hitung, makanya diperlukan bukti otentik saat ditimbang. tinggal adu bukti aja gan, semoga ada titik terang dari ekspedisi terkait ya..

    6
    1
  • 2 November 2021 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas komentarnya. Untuk setiap produk yang kami upload di marketplace sudah ditambahkan 10-20% dari berat timbangan atau volumetrik (kami ambil yang terbesar). Untuk produk ini bukti berat timbangan qty 1 sudah kami sertakan, dan ini sudah terjual ribuan jaring tidak pernah bermasalah

    2
    1
  • 2 November 2021 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah malah sampe 5paket berturut-turut diakun berbeda. Menyebabkan kerugian mencapai 500rb karena pengiriman keluar pulau dan tidak tanggung-tanggung dari 2kg dicatat menjadi 6kg, dari 1kg menjadi 4kg. Akhirnya sicepat saya nonaktifkan karena penyelesaian dari pihak cs sicepat hanya cukup dengan kalimat ‘sudah sesuai dengan berat paket ya’ (disertai foto). Padahal jelas-jelas bukan paket punya saya. Saya komplain karena paketnya bukan punya saya jawabannya tetap sama ‘sudah sesuai’. Kapok pakai sicepat

    8
    1
  • 2 November 2021 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Sudah sering dari pengiriman secepat. Saya sendiri pernah alami berat Paket di ubah berat nya tanpa konfirmasi ke seller
    Terakhir Saya non aktipkan secepat dari daptar pengiriman

    7
    1
  • 3 November 2021 - (02:39 WIB)
    Permalink

    Minta Buyer untuk menimbang saat sampai, kalau perlu kasih uang capek buat Buyernya, bikin malu sekalian tu Oknum SiCepat..!!
    Kalau perlu di Cepat.. Eh di Pecat kalau terbukti melakukan markup timbangan..!

    3
    1
  • 3 November 2021 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Sudah sering sicepat nimbang g bener.
    Terakir 5 paket saya dalam seminggu dicas ongkir lebih. Mana paket yg keluar jawa.. 1 paket dicas 40rb😅.
    Dulu sih komplain langsung di refund. Skrg komplain g ada tanggapan.
    Saya udh g pakai sicepat, toh masih bnyak ekspedisi lain

    5
    1
    • 3 November 2021 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Laya udah jadi SOP di si cepot ya. Timbangan harus diakali. Jangka panjang ga ada yg percaya lagi ntar. ****** banget. Rata2 foto timbangannya diedit /crop “oknum” si cepat. Tentunya atasannya tau lah. Entah agennya atau bagian gudangnya. Ekspedisi paling busuk

      3
      1
  • 3 November 2021 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Saya jga pernah kecewa terhadap sicepat tpi di masalah berbeda.
    Pelayanan buruk kek gua datang ke situ mau minta” Aja muka kusem judes paket gua d banting.
    Stelah saya lihat ada masalah ini akhir nya saya putus kan sicepat di non aktifkan.
    Toh masih banyak jasa kirim sperti JNE,JNT yg mana pelayanan mreka d awali dfn senyum sapa kadang ngobrol” Jdi enak.

  • 3 November 2021 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah gan, 5X transaksi total kerugian masih skitar 90an ribu sih, jadi udah saya ikhlasin aja, males ribut dan komplain sana sini. Rata2 tujuan Jabar kabupaten. Padahal produk tsb sebelumnya tidak ada masalah ongkir, bahkan diwaktu yg bersamaan produk tsb jg kirim ke wilayah Jatim, tp aman saja (Sy lokasi Madiun Jatim) . akhirnya produk tsb berat sy naikkan 3X dr kenyataannya, rugi sebenere sy krn haruse konsumen bs beli 2 pcs sekali order, eh skrg cuma 1 pcs saja jg 1 kg

  • 3 November 2021 - (13:12 WIB)
    Permalink

    sudah biasa, makanya dipngiriman di lebihkan 2 kilo biar anda gak ada tanggung ongkir yang kelebihan

  • 3 November 2021 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Komplain telah ditanggapi dari SiCepat dengan permohonan maaf dan refund dana lebih ongkir 25.000 via transfer rekening sore ini telah saya terima. Terima kasih

    4
    2
  • 3 November 2021 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Tidak ada keuntung untuk sipekerja tidak ada bonus / insentif dari perusahaan dari tindakan ini. Malah untuk si pekerja bisa di kenakan potongan gaji bisa juga di kenakan surat SP. Ini hanya sebuah ke salah pahaman bisa juga karna persaingan bisnin. Kejadian seperti ini sering terjadi karna. 1. Dia pekerja baru tidak memahami timbangan digital. Jika ini merasa tindak kecurangan maka lihat lah pesanan yang menggunakan layanan reguler dan ekonomi itu akan bisa menjadi paket samday jika teepickup sebelum jam 1 siang hanya untuk layanan jabodetabek + cikarang. Bukan kah ini sebuah kerugian untuk perusahan. Tapi perusahan kami sicepat ekspres indonesia tidak melihat itu sebuah kerugian karna perusahaan kami hanya fokus untuk memberi pelayanan terbaik untuk customer kami.

    3
    4
    • 4 November 2021 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Baca baik-2 komen-2 diatas, pola-nya sama dan pembelaan anda gak nyambung sama sekali dgn pola-nya.

      Daripada membela diri mending introspeksi diri bagian mana yg perlu diperbaiki.

      Komen anda malah memperlihatkan ketidak mampuan membaca keluhan pelanggan, akibat-nya ya gini. Muncul nya di media public.

  • 4 November 2021 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Ow banyak jg yg senasib disini, korban timbangan SiCepat.

    Tampak-nya nulis disini lebih efektif kali ya.. wkwkwk. Sicepat punya jalur komplain sendiri malah gak berguna sama sekali.

    Saya jg bernasib sama tuh, mousepad 1 lembar 6rb an kena berat 2 kg lebih, foto-nya dari atas lagi kayak melayang gt. Gt kena langsung 3x lagi dlm 3 hari berturut-2, kebanyakan keluar pulau dan dari Sicepat Halu, total rugi hampir 400 rb.

    Udah komplain gak ada solusi, akhir-nya ya sy tutup SiCepat-nya. Sbb mana isa kerjasama dgn org-2 gak jujur.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kurir SiCepat Melakukan Mark Up Berat Timbangan Paket

oleh stdavidk dibaca dalam: 1 menit
18