Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang Harus Ganti Rugi Penuh?

Izinkan saya menceritakan mengenai kasus yang terjadi kepada saya, mengenai barang hilang saat pengiriman menggunakan ekspedisi JNE dan melalui e-commerce Shopee. Saya mendapat order laptop di e-commerce Shopee dengan rincian:

Judul: PROMO LAPTOP MURAH BARU HP STREAM 11 N4020 RAM 4GB 64GB + 128GB 11INCH WIN10HOME WHITE

Harga: Rp4.799.000,-.

Tujuan: Kab. Musi Banyuasin, Lais, Sumatera Selatan

Nomor order: 211009DFQMH2T5

Nomor resi JNE_TR: JT15632238024, menggunakan ekspedisi JNE Trucking (cashless)

Tanggal pengiriman : 9 Oktober 2021.

Saya mengirimkan pesanan tersebut dengan packing bubble wrap (keterangan gambar di bawah).

Tanggal 21 Oktober 2021, barang statusnya sudah dinyatakan HILANG oleh kurir JNE dan saya hanya mendapat uang ganti senilai 10 kali dari ongkos kirim, yaitu sejumlah Rp720.000 dari pihak Shopee.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Shopee, baik via telepon ataupun live chat. Namun alasan Shopee tidak bisa mengganti full, karena barangnya tidak diasuransi. Padahal saya tidak bisa menambahkan asuransi sendiri, karena sistem resinya sudah otomatis dari Shopee (cashless).

Pembeli pun tidak menambahkan asuransi di pembelian barang tersebut, karena Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi. Berbeda halnya dengan di e-commerce lain, contohnya Tokopedia, dimana asuransi kehilangan ditanggung oleh Tokopedia jika sistemnya cashless.

Tanggal 9 November 2021, saya ditelepon kembali oleh pihak JNE Pusat, yang menyatakan bahwa barang HILANG dan sudah melakukan INVESTIGASI. Pihak JNE menginfokan untuk mengklaim ke pihak Shopee, bukan ke JNE. Karena pihak JNE dan Shopee memiliki perjanjian untuk urusan refund dana hilang, sepenuhnya diberikan ke Shopee, bukan ke JNE.

Yang membuat saya bingung dan sekaligus masih menjadi ambigu, TIDAK ADA FITUR ASURANSI di menu Shopee. Lalu bagaimana caranya untuk mengasuransikan pengiriman melalui Shopee?!

Saya merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Shopee maupun JNE. Jadi sekarang saya merasa waswas untuk menjual barang di Shopee lagi, karena Shopee sama sekali tidak kooperatif dan lepas tangan begitu saja.

Saya berharap ada itikad baik atau jalan tengah, antara pihak Shopee atau JNE, terkait kasus ini. Sampai dengan surat ini masih tayang, kasus masih belum selesai. Terima kasih.

Putra Talenta
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:400    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang Harus Ganti Rugi Penuh?

      • 12 November 2021 - (16:49 WIB)
        Permalink

        Admin JNE :
        Info selengkapnya sudah di DM.
        Penulis :
        DM apa?
        Awwwoooohhh! ini platformnya MK, nggak ada DM DM. Admin JNE dari antah berantah langsung balas . Ada DM Ghoib, Jangan jangan barang hilang dengan Ghoib juga, alias Raib.
        Enak sekali ya, aku hilangin laptop empat jutaan ,tinggal bayar sejuta ke kantor, toh kantor bayar sejuta kantor masih sisa dua aratus delapan puluh.

        11
        • 12 November 2021 - (20:18 WIB)
          Permalink

          twitter.. itu sebenarnya balasan CS JNE di twitter, oleh Mediak Konsumen otomatis dipost kesini

          • 13 November 2021 - (00:34 WIB)
            Permalink

            Kalau dia bilang sudah di balas, jatuh nya ke mana?

      • 13 November 2021 - (16:33 WIB)
        Permalink

        Izinn memberikan tanggapan..Sya juga menjual beberapa barang termasuk hp di shopee dengan pengiriman beberapa ekspedisi.. Namun khusus untuk hp sy menyarankan pembeli menggunakan jne..

        Kenapa? Karena waktu mengirimkan kiriman cashless saya tanya ke petugas counter jne.. Apakah bisa di tambahkan asuransi walaupun cashless.. Jawabannya bisa 100% dan petugas counternya memang menawarkan asuransi dan packing kayu untuk kiriman bernilai mahal..

        Karena saat penginputan resi cashless jne ada kolom untuk tambah asuransi dan beratnya bisa di revisi apabila saya minta packing kayu.. Jadi sejak saat itu, hp yg saya jual sy up sedikit harganya untuk tambah asuransi pas pengiriman..

        Sebagai seller tentunya saya harus survey ekspedisi yg sy pakai.. Karena sy tau kalau barang sy hilang hanya akan digantikan 10x ongkos kirim.. Sebagai seller sy mencarikan yg terbaik buat konsumen sy..

        Ini hanya curhat sja yah sebagai seller shopee.. Wkwkkwk

        10
      • 14 November 2021 - (08:07 WIB)
        Permalink

        Kenapa ya JNE seringkali kejadian seperti ini.
        Beberapa bulan yg lalu saya juga pernah punya pengalaman pahit dgn JNE, barang orderan saya dari Tokopedia hilang, tapi dana saya dikembalikan 100% oleh tokopedia walaupun proses nya agak lama. (Untungnya wkt saya centang kolom asuransi, terimakasih tokopedia karna sudah kasih fasilitas pilihan itu), tetapi saya ttp saja mengalami kerugian, pasalnya gara-gara barang orderan itu hilang kerjaan saya jadi molor, karna barang itu adalah alat peranti kerja saya.

        sejak saat itu jika masih memungkinkan pakai SICEPAT, saya pribadi lebih pilih pakai SICEPAT.

    • 12 November 2021 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Di sisi lain, salut sama JNE karena customer carenya aktif sampe berkeliaran di MK. Ada lho e-commerce yang malah meminta si penulis menghapus tulisannya.

      6
      1
      • 12 November 2021 - (21:31 WIB)
        Permalink

        setiap surat pembaca yang terbit dimedia konsumen, otomatis akan di twit di akun twitter media konsumen dengan tag phak-pihak yang berhubungan dengan isi surat pembaca tersebut. bukan berkeliaran

        1
        2
    • 13 November 2021 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Jawaban basa basi dari jne. Saya juga seller disemua market place. Jne dan anteraja sudah tdk saya pakai lagi. Sicepat sekarang sudah ada cargo. Pakai sicepat gokil

    • 13 November 2021 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Barang hilang biasanya adalah dari oknum. Jika tidak diasuransikan memang sulit barangnya bisa kembali. Saran saya, coba minta tolong kepolisian untuk ditindaklanjuti. Semoga membantu. Terima kasih.

    • 13 November 2021 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Karena inilah gwe ga mau belanja²an lagi lewat shopee..
      Setelah liat kejadian kyak gini saya takut saya juga kena, apalagi saya suka belanja barang² elektronik
      Lebibbaik uninnstal jualan mendi di BL atau Tokped aja..

  • 12 November 2021 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Memang begitu, ntah kenapa nggak ada fitur asuransi.

    Kalau saya, tetap saya asuransikan, walaupun pembeli tidak bayar asuransi. Trus nanti input resinya bisa hubunngi CS mereka. Agak repot, tapi lebih aman, tapi resikonya kalau CS lama input resi, ya bisa batal transaksinya.

    Baiknya sih, kalau jual barang mahal, mending di Tokopedia aja.

    20
    1
    • 12 November 2021 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Undang artis Korea ratus² juta, bayar kerugian ga bisa. Mending jangan jualan lagi di shopee.
      #boikotshopee

      38
      2
      • 12 November 2021 - (17:02 WIB)
        Permalink

        Makin kesini makin ngeri aja jualan di shopee.
        Mending jualan di Tokopedia/Bukalapak..

        16
        1
  • 12 November 2021 - (13:02 WIB)
    Permalink

    jangan mau, tolak lalu bilang mau lapor ke kepolisian. pernah ada kejadian waktu sepeda lagi booing, krim sepeda dari bali ke jkt dinyatakan hilang. logika aja sepeda segede gitu bisa ilang. buyer kekeuh gak mau isi form penggantian, mau lanjut aja ke hukum. akhirnya gak lama status nya diterima oleh pembeli. oknum nya berharap penjual isi form terus ganti cuma 10x lipat ongkir

    32
    1
    • 13 November 2021 - (15:07 WIB)
      Permalink

      Hallo kak saya juga mengalami hal yang sama ya kak , ayok kita ramaikan kasus ini , menurut saya ini adalah permainan kurir sebab kejadian di saya, saya juga penjual di shopee jelas2 paket sdh diterima oleh pembeli saya , tetapi status di shopee dibuat hilang oleh pihak kurir J&T, paket saya tu COD sebesar 280.000 paket sudah diantar ke pembeli dan pembeli sudah terima dan bayar ke kurir, tapi status dishope paket dinyatakan hilang , laludibatalkan otomatis oleh sistem shopee dan barang saya hilang uang saya juga gak tau diganti apa tidak oleh pihak shopee , ini skrg sedang saya laporkan juga sampai saat ini.

    • 14 November 2021 - (08:02 WIB)
      Permalink

      gak pernah beli shopee untuk barang mahal, paling beli barang barang receh dibawah 100ribu

  • 12 November 2021 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Ya Tuhan 4 juta lebih digani kurang dari 1 juta, pedih rasanya, semoga masih rejeki anda, semua direfund utuh

    9
    1
  • 12 November 2021 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Jelas2 barang hilang ketika sudah diserahkan ke JNE tapi mereka malah lempar tanggung jawab ke Shopee. Logikanya bagaimana itu.

    13
    2
  • 12 November 2021 - (16:26 WIB)
    Permalink

    saya pernah beli laptop di shopee via jne barangnya datang dengan packing kayu dan asuransi meski waktu order tidak ada opsi packing kayu dan asuransi. ternyata seller memasukkan biaya asuransi di harganya dan ternyata tetap bisa diasuransikan. menurut seller dia drop di counter terus minta asuransi langsung ke jne bisa.

  • 12 November 2021 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Bisa pake asuransi tapi manual agak ribet memang penjual yg ajukan ke konter nanti hasil uang penjualan dipotong sama shope, pake jtr lbh rawan hilang ketimbang jne Reg karna kurang pengawasan, bisa dibilang ada oknum yg bermain masa barang gede bisa hilang apalagi dia tau gak pake asuransi

  • 12 November 2021 - (19:09 WIB)
    Permalink

    🇷 🇮 🇧 🇪 🇹  🇯 🇺 🇬 🇦  🇯 🇺 🇦 🇱 🇦 🇳  🇴 🇳 🇱 🇮 🇳 🇪  🇾 🇦 🇨 🇭 

    3
    8
  • 12 November 2021 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah order barang melalui online pas udh perjalanan tibatiba pihak ekspedisi kasi kabar kalo pesanan saya dibatalkan karena hilang, untung dana saya dikembalikan tapi sempat kepikiran gmna nasib si penjual 🙁 Trus sempat mau order hp tapi mikir lagi takut kejadian kayak yg lalu ywdh ga jadi.
    Kasian juga semoga penjual dapat hak nya dan ganti rugi yg sepadan 🙏

  • 12 November 2021 - (20:34 WIB)
    Permalink

    itu permainan tipu2 ekspedisi. tau brg mahal n ga diasuransi pastinya sengaja dihilangin. cm prlu ganti 10x ongkir. untung banyak tuh ekspedisinya.

    11
    1
  • 12 November 2021 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Ah kayak gk tau aja, kan barang itu main lempar habis scan lempar ke box kotak keranjang, terus box lempar lagi ke mobil box, ya bisa saja hilang/rusak kalo packing gk benar.

    4
    1
  • 13 November 2021 - (04:42 WIB)
    Permalink

    Sempet kepikiran begitu juga ( kenapa ngga ada asuransi di shoope ), karena kebetulan saya jualan di shopee dan barang elektronik, untuk JNE udah saya blacklist dari daftar kurir ecommers saya, baik shoope ataupun tokopedia, soalnya dulu saya pernah kehilangan handphone seharga 6juta, untungnya waktu itu transaksi di tokopedia dan di ganti asuransi penuh oleh tokopedia meskipun harus tunggu 2 minggu, setelah itu saya g pernah mau kirim pakai JNE lagi, sekali-kalinya kirim pakai cashless ditawarin asuransi tambahan, saya jawab ajah “udah ada asuransi dari tokopedia, apa perlu asuransi lagi dari JNE?” mereka bilang buat jaga-jaga kalo ada apa2, terus pas saya jawab “nanti kalo barang saya hilang, berati saya dapet 2x ganti rugi dong, dari JNE dan Tokopedia?”
    dan mereka jawab, “ngga pak, kalo claim dan oenggantian dari tokopedia” langsung tak celetukin “Lah gunanya asuransi buat apa kalo ga bisa claim 🤣”

    coba banding om, minta info terakhir barang ada dimana, masa barang segede laptop hilang pada cuci tangan

    16
    • 13 November 2021 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Yg salah itu ekpedisi ya bro, bukan pihak shopee nya. Makanya dibaca dulu baru komen.
      Komen anda melambangkan daya pikir anda yg lemah dan keterbelakangan.
      Yg ngantar kan pihak ekspedisinya, yg hilangin barang juga pihak ekspedisinya, trus yg disalahin pihak shopee nya.. emang anda pintar 🤣🤣

      7
      2
      • 13 November 2021 - (13:26 WIB)
        Permalink

        kalo mau dibilang salah memang yg paling bersalah adalah kurir/ekspedisinya, tetapi shopee juga salah dengan tidak menyediakan opsi asuransi yang lebih jelas di sistemnya seperti ecommerce sebelah yg hijau… dan penjual juga salah karena sudah tau shopee tidak menyediakan asuransi tetapi masih mau berjualan barang mahal disana…

        semoga cepat kelar masalahnya

    • 13 November 2021 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Bukan shopee yang dajjal kak tapi oknum oknum pihak kurir yg nakal inj jelas pasti ada permainan , sebab saya mengalami sendiri kurir nakal main2 dengan paket COD uangnya dipakai pribadi diambil sama mereka

  • 13 November 2021 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Ini kejadian sama tetangga saya yg kerja di JNE (salah satu counter JNE di Jakarta) jd dia suka ambil HP kiriman orang. Udh bbp HP yg diambil. Katanya sih ada customer yg lapor polisi akhirnya diusut baru deh tuh org ketauan. Saya juga seller di shopee n toped, u JNE sdh saya coret dr kurir di toko saya. Soalnya banyak kasus yg bikin ribet….Semoga kasusnya bisa selesai ya

  • 13 November 2021 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Shopee dan jne yg bertanggung jawab dong …tak boleh lepas tangan…berulang kali kejadian kok aneh di shopee tdk ada asuransinya..di sengaja nih….moga ada perlindungan dr pemerintah untuk yg sewenang²

    2
    1
    • 13 November 2021 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Laptop kok dikirim pake trucking ya astaga! Resikonya gede banget mending yg trucking dinonaktifkan! Asuransi sm packing rata2 dimasukkan ke hrg produk sm seller atau bikin produk tambahan namanya asuransi, kasih keterangan wajib klik asuransi klu beli atau pesanan dibatalkan biar buyernya tahu

  • 13 November 2021 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Permainan petugas lapangan ini, coz tiap pengiriman dr pickup sampai tujuan ada beberapa check point, dmana setiap paket yg ditrima di input dgn sistem barcode, kalo dilacak pasti jelas laaah di chek point mana itu brg tiba-tiba raib… Walaupun brg td di asuransikan sdh sepenuhnya tanggung jawab, asumsi nya jika brg hilang atw rusak dalam accident bolehlah barg tdk diganti… Laah ini kasusnya di begal bagian pengiriman…

  • 13 November 2021 - (12:22 WIB)
    Permalink

    UPDATE :
    12 November 2021,
    – Pihak Shopee menelpon penulis untuk menunggu kabar selanjutnya karena ingin mengkonfirmasikan terlabih dahulu ke pihak JNE dan jika case sudah selesai meminta untuk mengtakedown surat pembaca ini
    – Pihak JNE menelpon penulis untuk menunggu kabar selanjutnya karena ingin mengkonfirmasikan terlebih dahulu ke pihak Shopee

    2 Pihak yang bersangkutan sudah menghubungi penulis, namun penulis diminta untuk menunggu info selanjutnya

    3
    2
  • 13 November 2021 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Buat anda2 yg beranggapan exp parah pilih yg lain saja, pakai logika bro. Ada ga exp yg berani jamin 100% barang sampai tanpa ada rusak atau kehilangan? Dasarnya semua sama aja tanpa asuransi di ganti 10x ongkir kalo asuransi di ganti sesuai nominal perganggungan
    Dalam khasus ini jelas yg salah e-commerce krn kesepakatan pengiriman dg exp hanya menggunakan reguler tanpa asuransi demi gratis ongkir. Padahal bisa saja spt tokopedia menawarkan opsi asuransi yg disediakan tokopedia. Jadi kalo ada apa2 exp tetap ganti 10x ongkir ke tokopedia, sedangkan tokopedia mengganti penuh ke penjual

  • 13 November 2021 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Kita senasib sob…. Bedanya kalau saya kirim cincin emas senilai 4jt ilang sama pihak jne.
    Cuma dikirim bungkusnya doang dalam keadaan sobek. Dan you know lah…. diganti cuma 10x ongkos kirim. Yaitu 240rb…
    Yah meski ga semua, dan itu oknum saya tahu Tp saya menghindari JNE Denpasar ini…
    Waktu dikomplain malah cs jne jogja sok tahu ngajakin debat masalah kadar emas. Pake disinar didalem paket bisa tahu kadarnya berapa….
    Pernah kejadian jg sicepat jg kardusnya robek. Memang mungkin bener ketimpa sehingga robek, tp terus terlihat robeknya diperbesar dan item didalem kelihatan ditarik keluar.
    Percayalah… kaya gitu itu oknum….. dan disemua jasa pengiriman pasti ada…

  • 13 November 2021 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Dengan berat hati saya bilang. Di JNE banyak malingnya. Itu faktanya….bukan puluhan lagi yg ngalamin saya pun jualan pernah d rugikan JNE. Pun sebagai pembeli pernah di rugikan ekspedisi yg bernama JNE. Habis pulsa puluhan ribu buat telpon cs JNE tapi tidak membuahkan hasil. Kalo bangkrut ya itu krna kesalahan sendiri banyak oknum kok masih d piara

  • 13 November 2021 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Mau di asuransikan seperti apa … Tetap aja sulit, nanti yang ada main bola basket antara shopee jne ama pihak asuransi..

    Menakutkan jualan di marketplace itu ..

  • 13 November 2021 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Sekarang urus dulu barang yang hilang, jadikan pelajaran kedepannya jgn sekali 2 jualan online barang berharga, seperti laptop, handphone. Jgnkan barang baru, barang barang bekas aja hp saya hikang gak sampai datang ke rumah. Jaman sekarang titip barang berharga sama kurir ibarat pepatah titip anak ayam sama elang. Ya di makan sama yg kita titipin. Lebih baik jualan biasa saja.

  • 14 November 2021 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Mulai Detik ini saya blacklist JNE, pakai si cepat ajalah . Semoga kasusnya segera terselesaikan aamiin

  • 14 November 2021 - (05:21 WIB)
    Permalink

    ini sih jelas si kurir…
    lacak aja kurirnya? yang bisa update barang hilang cuma kurir…

  • 14 November 2021 - (18:43 WIB)
    Permalink

    kawatir jg ni…. aq sebagai buyer lebih suka kalo nama produk pada paket dirahasiain aja biar gak ad yang tau kalo dalem paketnya ad barang brharga atau gaknya… ya kalo bisa soalnya aq blom prnah jd penjual onlen

  • 14 November 2021 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya asuransi bisa diakalin. Aku pernah dapat toko yg bikin produk “asuransi” jne di tokonya. Jadi pas cekout, sekalian cekout asuransi juga, jadi sellernya bayar asuransi pas drop paket ke jne nya….

  • 16 November 2021 - (10:54 WIB)
    Permalink

    UPDATE :
    13 November 2021,
    – Pihak Shopee menghubungi penulis melalui email, dengan isi email menginformasikan bahwa untuk klaim ke pihak JNE bukan SHOPEE karena SHOPEE sudah mengcover 10x dari NILAI ONGKOS KIRIM

    15 November 2021,
    – Pihak JNE TANGERANG menghubungi penulis by telp, selanjutnya by wa menginformasikan bahwa pihak JNE masih mengfollup pihak SHOPEE untuk segera mengembalikan selisih nilai barang yang hilang

    16 November 2021,
    – Pihak JNE PUSAT menghubungi penulis, ingin mengkonfirmasi apakah dana selisih sudah ditambahkan kepada pihak SELLER oleh SHOPEE

    NB : Sampai dengan hari ini, baik pihak JNE masih menghubungi penulis , tapi tidak untuk SHOPEE. Mudah-mudahan ada titik terang atas case disini,

    Terimakasih

  • 17 November 2021 - (12:07 WIB)
    Permalink

    iya ya sy baru sadar kalo di shopee itu ga ada fitur asuransi. sy pernah bbrp x order hp di shopee, next nya kalo beli barang elektronik/barang mahal lainnya sebaiknya di tokopedia aja yg menyediakan fitur asuransi. serem juga ya shopee ini. ga masuk di akal, yg katanya e-commerce paling digandrungi, ternyata sistemnya cacat

  • 19 November 2021 - (21:27 WIB)
    Permalink

    UPDATE :

    18 November 2021,
    – Pihak JNE Pusat mengkonfirmasi kepada penulis, apakah dana selisih yang hilang sudah diterima penulis
    (kondisi pada saat itu belum diterima)

    FINAL CHAPTER !
    – 19 November 2021,
    Pukul 18.00 WIB dana sudah diteruskan kepada penulis (penjual) dan sudah diterima tanpa adanya telfon atau konfirmasi baik itu dari pihak JNE maupun SHOPEE sebelumnya, dan sudah digantikan FULL 100% sesuai dengan nilai harga barang.

    Akhir kata, terimakasih sebesar-besarnya kepada Netizen, JNE, SHOPEE, dan pihak-pihak lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas terselesaikannya case ini.

    Saran penulis untuk SHOPEE mohon untuk ditambahkan fitur asuransi dengan metode transaksi CASHLESS seperti halnya di “SI HIJAU”, mengapa ? dengan adanya fitur ini membuat penjual dan pembeli menjadi lebih aman dan nyaman tentunya. Penulis sudah telpon customer service shopee dengan jawaban yang berbeda-beda (saya telpon lebih dari 1x untuk memastikan) ada yang bilang bisa ada yang bilang tidak. Untuk memastikan saya cek ke hampir tiap counter / gudang tidak hanya JNE didaerah domisili penulis, bahwa semua transaksi cashless tidak bisa diasuransikan melalui counter dan harus melalui PIHAK ECOMMERCE.

    Sekali lagi terimakasih, dengan komentar ini maka CASE DITUTUP

    Putra Talenta,
    Depok – Jawa Barat

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang …

oleh ButterFly dibaca dalam: 1 menit
58