Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang Harus Ganti Rugi Penuh?

Izinkan saya menceritakan mengenai kasus yang terjadi kepada saya, mengenai barang hilang saat pengiriman menggunakan ekspedisi JNE dan melalui e-commerce Shopee. Saya mendapat order laptop di e-commerce Shopee dengan rincian:

Judul: PROMO LAPTOP MURAH BARU HP STREAM 11 N4020 RAM 4GB 64GB + 128GB 11INCH WIN10HOME WHITE

Harga: Rp4.799.000,-.

Tujuan: Kab. Musi Banyuasin, Lais, Sumatera Selatan

Nomor order: 211009DFQMH2T5

Nomor resi JNE_TR: JT15632238024, menggunakan ekspedisi JNE Trucking (cashless)

Tanggal pengiriman : 9 Oktober 2021.

Saya mengirimkan pesanan tersebut dengan packing bubble wrap (keterangan gambar di bawah).

Tanggal 21 Oktober 2021, barang statusnya sudah dinyatakan HILANG oleh kurir JNE dan saya hanya mendapat uang ganti senilai 10 kali dari ongkos kirim, yaitu sejumlah Rp720.000 dari pihak Shopee.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Shopee, baik via telepon ataupun live chat. Namun alasan Shopee tidak bisa mengganti full, karena barangnya tidak diasuransi. Padahal saya tidak bisa menambahkan asuransi sendiri, karena sistem resinya sudah otomatis dari Shopee (cashless).

Pembeli pun tidak menambahkan asuransi di pembelian barang tersebut, karena Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi. Berbeda halnya dengan di e-commerce lain, contohnya Tokopedia, dimana asuransi kehilangan ditanggung oleh Tokopedia jika sistemnya cashless.

Tanggal 9 November 2021, saya ditelepon kembali oleh pihak JNE Pusat, yang menyatakan bahwa barang HILANG dan sudah melakukan INVESTIGASI. Pihak JNE menginfokan untuk mengklaim ke pihak Shopee, bukan ke JNE. Karena pihak JNE dan Shopee memiliki perjanjian untuk urusan refund dana hilang, sepenuhnya diberikan ke Shopee, bukan ke JNE.

Yang membuat saya bingung dan sekaligus masih menjadi ambigu, TIDAK ADA FITUR ASURANSI di menu Shopee. Lalu bagaimana caranya untuk mengasuransikan pengiriman melalui Shopee?!

Saya merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Shopee maupun JNE. Jadi sekarang saya merasa waswas untuk menjual barang di Shopee lagi, karena Shopee sama sekali tidak kooperatif dan lepas tangan begitu saja.

Saya berharap ada itikad baik atau jalan tengah, antara pihak Shopee atau JNE, terkait kasus ini. Sampai dengan surat ini masih tayang, kasus masih belum selesai. Terima kasih.

Putra Talenta
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang Harus Ganti Rugi Penuh?

  • 13 November 2021 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Sekarang urus dulu barang yang hilang, jadikan pelajaran kedepannya jgn sekali 2 jualan online barang berharga, seperti laptop, handphone. Jgnkan barang baru, barang barang bekas aja hp saya hikang gak sampai datang ke rumah. Jaman sekarang titip barang berharga sama kurir ibarat pepatah titip anak ayam sama elang. Ya di makan sama yg kita titipin. Lebih baik jualan biasa saja.

  • 14 November 2021 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Mulai Detik ini saya blacklist JNE, pakai si cepat ajalah . Semoga kasusnya segera terselesaikan aamiin

  • 14 November 2021 - (05:21 WIB)
    Permalink

    ini sih jelas si kurir…
    lacak aja kurirnya? yang bisa update barang hilang cuma kurir…

  • 14 November 2021 - (18:43 WIB)
    Permalink

    kawatir jg ni…. aq sebagai buyer lebih suka kalo nama produk pada paket dirahasiain aja biar gak ad yang tau kalo dalem paketnya ad barang brharga atau gaknya… ya kalo bisa soalnya aq blom prnah jd penjual onlen

  • 14 November 2021 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya asuransi bisa diakalin. Aku pernah dapat toko yg bikin produk “asuransi” jne di tokonya. Jadi pas cekout, sekalian cekout asuransi juga, jadi sellernya bayar asuransi pas drop paket ke jne nya….

  • 16 November 2021 - (10:54 WIB)
    Permalink

    UPDATE :
    13 November 2021,
    – Pihak Shopee menghubungi penulis melalui email, dengan isi email menginformasikan bahwa untuk klaim ke pihak JNE bukan SHOPEE karena SHOPEE sudah mengcover 10x dari NILAI ONGKOS KIRIM

    15 November 2021,
    – Pihak JNE TANGERANG menghubungi penulis by telp, selanjutnya by wa menginformasikan bahwa pihak JNE masih mengfollup pihak SHOPEE untuk segera mengembalikan selisih nilai barang yang hilang

    16 November 2021,
    – Pihak JNE PUSAT menghubungi penulis, ingin mengkonfirmasi apakah dana selisih sudah ditambahkan kepada pihak SELLER oleh SHOPEE

    NB : Sampai dengan hari ini, baik pihak JNE masih menghubungi penulis , tapi tidak untuk SHOPEE. Mudah-mudahan ada titik terang atas case disini,

    Terimakasih

  • 17 November 2021 - (12:07 WIB)
    Permalink

    iya ya sy baru sadar kalo di shopee itu ga ada fitur asuransi. sy pernah bbrp x order hp di shopee, next nya kalo beli barang elektronik/barang mahal lainnya sebaiknya di tokopedia aja yg menyediakan fitur asuransi. serem juga ya shopee ini. ga masuk di akal, yg katanya e-commerce paling digandrungi, ternyata sistemnya cacat

  • 19 November 2021 - (21:27 WIB)
    Permalink

    UPDATE :

    18 November 2021,
    – Pihak JNE Pusat mengkonfirmasi kepada penulis, apakah dana selisih yang hilang sudah diterima penulis
    (kondisi pada saat itu belum diterima)

    FINAL CHAPTER !
    – 19 November 2021,
    Pukul 18.00 WIB dana sudah diteruskan kepada penulis (penjual) dan sudah diterima tanpa adanya telfon atau konfirmasi baik itu dari pihak JNE maupun SHOPEE sebelumnya, dan sudah digantikan FULL 100% sesuai dengan nilai harga barang.

    Akhir kata, terimakasih sebesar-besarnya kepada Netizen, JNE, SHOPEE, dan pihak-pihak lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas terselesaikannya case ini.

    Saran penulis untuk SHOPEE mohon untuk ditambahkan fitur asuransi dengan metode transaksi CASHLESS seperti halnya di “SI HIJAU”, mengapa ? dengan adanya fitur ini membuat penjual dan pembeli menjadi lebih aman dan nyaman tentunya. Penulis sudah telpon customer service shopee dengan jawaban yang berbeda-beda (saya telpon lebih dari 1x untuk memastikan) ada yang bilang bisa ada yang bilang tidak. Untuk memastikan saya cek ke hampir tiap counter / gudang tidak hanya JNE didaerah domisili penulis, bahwa semua transaksi cashless tidak bisa diasuransikan melalui counter dan harus melalui PIHAK ECOMMERCE.

    Sekali lagi terimakasih, dengan komentar ini maka CASE DITUTUP

    Putra Talenta,
    Depok – Jawa Barat

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang …

oleh ButterFly dibaca dalam: 1 menit
61