Jasa Pengiriman dan Penanganan Kurir Anteraja yang Sangat Buruk

Halo semuanya, di sini saya ingin mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi terkait pengalaman saya menggunakan jasa kurir pengiriman Anteraja. Sebelum saya melanjutkan seluruh penjelasan terkait masalah ini, apabila saudara/i semua hendak memilih jasa kurir, hindari menggunakan jasa kurir Anteraja, lebih baik memilih jasa kurir yang lain saja.

Semua bermula saat saya melakukan transaksi di salah satu online merchant (Tokopedia) pada tanggal 12 November 2021. Setelah menyelesaikan transaksi, jasa kurir yang digunakan oleh online merchant tersebut adalah Anteraja, berhubung saya memilih program gratis ongkir. Nomor resi pengiriman: 10002771681462 Saya tidak memiliki praduga apapun terhadap jasa kurir ini sebelumnya, tapi ternyata baik pengiriman hingga pelayanannya sangatlah buruk.

Saya melakukan transaksi pada tanggal 12 November 2021 (malam hari), sehingga barang dapat dikirim pada tanggal 13 November, setelah sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak seller. Adapun paket ini akan dikirim ke provinsi Jatim dan paket berasal dari Jakarta. Estimasi maksimal 3 hari untuk waktu pengiriman, terhitung sejak paket di-pick up. Sehingga teorinya, paket akan tiba maksimal di tujuan akhir pada tanggal 16 November 2021.

Sesuai dengan dugaan, barang sudah dikirim oleh seller dan di-pick up oleh pihak Anteraja pada tanggal 13 November 2021. Setelah barang di-pick up, progress terakhir pada tanggal tersebut adalah barang akan dikirimkan ke Hub. Mulai titik ini terjadi kejanggalan, berikut saya tampilkan untuk hasil capture pengecekan resi terakhir (18 November 2021; 08:20 WIB).

Hasil capture pengecekan resi terakhir pada website Anteraja (18 Nov; 8.20 WIB)

Hingga saat saya meng-capture pengecekan resi tersebut, barang pesanan saya masih juga belum sampai tujuan, yang berarti sudah memakan waktu kurang lebih 4 – 5 hari. Berikut rincian permasalahan yang saya alami:

1. Proses pengiriman paket yang sangat lambat.

Dapat dilihat pada gambar pengecekan resi di atas, paket sempat idle/berhenti selama 2 hari tanpa ada progress apapun pada tanggal 13 – 15 November 2021. Selanjutnya muncul progress baru pada tanggal 15 November 2021, yang ternyata setelah idle selama 2 hari, paket masih juga berada di area Jakarta.

Progress pada tanggal 15 November itu merupakan progress terakhir yang saya terima hingga saat ini tanpa kepastian di mana dan bagaimana proses pengiriman paket saya. Paket saya seakan-akan diabaikan dan tidak diproses. Saya sebenarnya tidak mempermasalahkan apabila paket terlambat, karena hal tersebut wajar di lapangan. Namun apabila paket tetap berada di area yang sama dan tidak diproses lebih lanjut selama lebih dari 4 hari, hal tersebut sangat konyol dan tidak bisa diterima.

2. Proses penanganan customer service (CS) yang buruk dan tidak membantu sama sekali.

Terhitung total saya sudah menghubungi CS Anteraja sebanyak 5 kali by phone. Namun selalu mendapatkan jawaban template yang sama, apabila barang akan di-follow up, akan dibuatkan laporan, dll. Tidak ada perkembangan sama sekali alias nihil, setelah saya menghubungi CS AnterAja.

Tim CS tidak bisa memberikan kepastian terkait posisi terkini paket, padahal sudah jelas-jelas ada kendala. Kemudian, laporan-laporan yang dibuat seakan-akan hanya formalitas. Berhubung saat saya menghubungi CS kedua kalinya dan menyebutkan nomor pelaporan, pihak CS tidak menemukan nomor laporan tersebut dan tetap meminta nomor resi saya.

Yang lebih parahnya, saat saya menghubungi untuk ketiga kalinya, saya menanyakan bagaimana feedback untuk laporan-laporan yang sudah dimasukkan sebelumnya dan pihak CS mengatakan bahwa belum ada tanggapan dari tim Resolusi terkait permasalahan tersebut. Artinya semua laporan saya diabaikan dan dianggap angin lalu saja. Percuma saya menghubungi pihak CS AnterAja.

3. Manajamen tim resolusi yang buruk.

Saat saya menyampaikan keluhan terkait kenapa paket sempat berhenti dan tidak ada update terbaru, pihak CS selalu mengatakan untuk menunggu proses pengiriman berhubung masih dalam estimasi waktu pengiriman. Padahal jelas-jelas saya menghubungi pada saat hari terakhir estimasi, yakni 16 November 2021.

Kelima CS yang saya hubungi mengatakan apabila estimasi terkakhir paket sampai adalah 16 November 2021. Namun hingga saat ini paket juga belum tiba. Tanggal 17 November saya menghubungi CS untuk kelima kalinya dan baru akan dilakukan investigasi terkait pengiriman paket yang membutuhkan waktu kembali maksimal 3×24 jam.

Secara logika, melihat progress pengiriman yang sangat lambat dan paket hanya berkutat di satu area saja, seharusnya tim resolusi aktif dalam melakukan pengecekan bahkan sebelum tenggat waktu estimasi pengiriman. Namun hasilnya? NIHIL.

4. Etika tim CS dan Resolusi yang tidak baik.

Setiap kali saya menghubungi pihak CS Anteraja, saya meminta agar ada tim dari Anteraja yang dapat segera menghubungi saya untuk memberikan klarifikasi dan update terbaru dari paket saya. Semua CS mengiyakan, tapi hingga saat ini belum ada sama sekali tim Anteraja yang menghubungi saya.

Di sini saya yang jelas-jelas dirugikan, tapi saya juga yang harus aktif menelpon ke pihak Anteraja. Bahkan saat saya menghubungi pihak CS untuk kelima kalinya, pihak CS sudah menanyakan nomor aktif WhatsApp saya untuk bisa dihubungi dan saya minta pada hari itu juga untuk segera dihubungi. Tetap saja, NIHIL. Mana etika pelayanan terhadap pelanggan yang jelas-jelas dirugikan?

Secara garis besar, saya paling kecewa terhadap pelayanan dari tim Anteraja dalam memberikan keterangan dan klarifikasi terkait proses pengiriman. Tim Anteraja sangat pasif dan tidak memberikan feedback ke customer, sehingga muncul asumsi apabila memang paket saya tidak diproses atau hilang atau rusak dan sengaja ditutup-tutupi kondisi aktualnya. Customer berhak mendapatkan informasi terkini terkait paket dan mendapatkan penjelasan terkait mengapa proses pengiriman paket mengalami keterlambatan.

Semoga pihak Anteraja segera membaca surat ini dan memberikan klarifikasi terkait paket saya. Terima kasih.

Willy Kurniawan
Tangerang Selatan, Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:44    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Willy

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Willy yang berjudul: “Jasa Pengiriman dan Penanganan Kurir Anteraja yang Sangat Buruk” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Jasa Pengiriman dan Penanganan Kurir Anteraja yang Sangat Buruk

    • 19 November 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Saya juga sudah aktif telpon dan email ke tim AnterAja, namun mereka juga tidak tahu posisi pasti paket berada dimana sejak update terakhir tanggal 15 November.

      • 19 November 2021 - (19:44 WIB)
        Permalink

        coba di samperin aja mas, ke SS Kota Jkt Brt – Duri Kepa, kemudian tanyain keberadaan resi 10002771681462. sama di kirim nya ke hub jakarta barat yang mana, biar spesifik. kalau sudah dapat tinggal di cek lagi ke hub nya tanyain lagi resi nya.

        kemarin tgl 16 saya juga order barang dari tokped, dari seller nya sudah req pickup. tapi di pickup nya tanggal 17. dari tanggal 17 sampe tanggal 18 posisi nya masih di hub tapi ga ada pergerakan sama sekali, dan akhirnya saya email terus ke cs nya, sama nanyain ke seller nya minta bantu dorong.

  • 19 November 2021 - (10:55 WIB)
    Permalink

    jujur anteraja memang sering amburadul disaat musim-musim promo seperti harbolnas dll. keteteran dan paket sering stuck tanpa kejelasan dimana.
    cuma kadang banyak seller masih mengaktifkannya jadi sistem free ongkir toped langsung otomatis memilih anteraja.

  • 19 November 2021 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Saya pernah BDG-SBY 7 hari baru nyampe, tapi berhubung gratis ongkir ya wes lah. Ga berharap cepat.. Ya lain kali kalau urgent atau barang berharga pakai kurir berbayar yang cepat sampai. Semoga cepat dikirim paketnya

  • 19 November 2021 - (14:27 WIB)
    Permalink

    disini masih aman sehari sampai kadang malah, namun kita tetap ikuti estimasi kirim kalo 3hari ya 3hari. tapi kalo sudah lebih estimasi wajib komplain.

  • 19 November 2021 - (14:42 WIB)
    Permalink

    kalau terlalu lama sampainya tekan tombol komplain di tokopedia, nanti pihak tokopedia akan ikut menyelidiki keterlambatannya.

  • 20 November 2021 - (06:43 WIB)
    Permalink

    saya sebagai pembeli di sh**ee, dan sering pula memakai jasa kirim anteraja. ciri khas anteraja adalah update data paketnya kadang terasa lambat, kadang terasa normal.
    tapi semua paket pembelian saya, dapat dipastikan sampai ke tangan saya dengan aman.
    tapi, kadang juga memakai jasa kirim yang lain, juga mengalami keterlambatan update data paket.

  • 20 November 2021 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Menunggu paket yg tak sesuai estimasi memang sangat kesal. apalagi barang yg kita beli itu barang yg sangat kita butuhkan.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Jasa Pengiriman dan Penanganan Kurir Anteraja yang Sangat Buruk

oleh Willy dibaca dalam: 3 menit
15