Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat

Saya membeli smartphone dari power merchant Tokopedia pada tanggal 15 November 2021, dengan nomor invoice: INV/20211125/MPL/1791556102. Saya sangat senang karena barang dikirim pada hari itu juga, menggunakan kurir Anteraja dengan nomor resi: 10002866916534.

Pada tanggal 27 November 2021 barang datang dan saya terima sendiri. Akan tetapi saya merasa ada yang janggal, karena paket tersebut lebih ringan dari hp saya Asus Zenfone 4 Selfi (kebetulan saat menerima paket saya sedang memegang HP).

Pada saat unboxing, saya terkejut karena HP dan charger tidak ada. Paket hanya berisi dus kosong dan kartu perdana Smartfren.

Saya ajukan komplain ke Tokopedia pada hari itu juga. Komplain saya ditanggapi oleh seller pada tanggal 30 November 2021 dan seller meminta video unboxing. Setelah saya upload video unboxing tanggal 1 Desember 2021, pihak Tokopedia juga menyatakan bahwa barang tidak ada isinya dan dilaporkan ke pihak Anteraja untuk investigasi dengan estimasi 7×24 jam.

Namun sampai dengan hari ini, tanggal 10 Desember 2021, belum ada informasi lebih lanjut. Saya berusaha menghubungi pihak Anteraja, tetapi teleponnya selalu sibuk. Saya akhirnya menanyakan status investigasi melalui email cs@anteraja.id, tapi tapi belum juga ada kepastian sampai saat ini.

Baru kali ini saya kecewa sekali belanja online di Tokopedia, karena saya merasa penanganan untuk masalah ini terkesan lambat. Saya sudah enggan bertanya di pusat resolusi Tokopedia, karena pasti jawabannya masih dikoordinasikan dengan kurir.

Enik Kuswati
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia:
[Total:76    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Enik Kuswati

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Enik Kuswati yang berjudul: “Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat”...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat

  • 11 Desember 2021 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Halo kak saran coba upload juga ke IG dengan mention akun @ecommerceshitposting. Kebetulan beberapa hari lalu saya ada masalah juga sama ekspedisi itu. Selama ini hubungi CS berasa ngomong sama robot. Jadi kmrn udah kesel juga saya posting disitu juga. Langsung ada tanggapan dr pihak ekspedisi tersebut.

    8
    1
    • 11 Desember 2021 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Tapi ini kayak nya dari penjual nya ..
      Semua masih segel rapih..
      Gak ada tanda2 di buka ..
      Jangan sampe bilang ilang di expedisi gak akan di ganti ..orang gak di asuransi

      • 11 Desember 2021 - (12:35 WIB)
        Permalink

        Ini pembelian di official store bang jadi otomatis udah asuransi tokio merine. Di pusat resolusi memang respon penjual selow aja g kayak saya kebakaran jenggot. Saya hanya butuh uang saya cepet balik aja

        • 11 Desember 2021 - (12:43 WIB)
          Permalink

          Ane liat toko nya di tokped pas liat di bitang 1 bayak juga ternyata ..
          Jadi curiga …

          • 12 Desember 2021 - (18:53 WIB)
            Permalink

            36shop official?. Btw sebelum beli lihat komentar pembeli. Banyak bintang 1-nya.

      • 11 Desember 2021 - (14:03 WIB)
        Permalink

        Tapi keknya pas liat videonya plastik bagian bawahnya gak ada gak sih? Liat detik ke 0:52 dan 1:11 pas buka. Harusnya kan plastik pembungkus kardusnya melapisi semua permukaan. Segel stikernya emang masih nempel tapi plastik bawahnya gak ada

        1
        1
        • 13 Desember 2021 - (06:01 WIB)
          Permalink

          Mata anda jeli sekali, memang saya lihat juga nggak ada plastik bagian bawah.
          Tapi kalau hp beli online sudah biasa,hampir semua seller membuka segel sebelum dikirim untuk mengaktifkan garansi resmi (hanya alasan)
          Padahal kenyataannya mereka melakukan itu untuk menghindari produsen dan klaim bonus penjualan yg nilainya cukup lumayan.

  • 11 Desember 2021 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Itu rapi banget packaging nya dan masih tersegel. Kayaknya masalah bukan dari pihak ekspedisi

  • 11 Desember 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Fix ini seller bermasalah tidak amanah, banyak buyer ketipu jualnya hp baru tapi yg datang hp bekas ini rata2 ulasan dari pembeli yg paling amazing rating 1 nya tak terbendung. Official store tapi seperti pedagang seken emperan. Anehnya tokopedia@ hanya diam saja.

  • 11 Desember 2021 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Seller setau saya bintangnya bagus. Plastik pembungkus dusbook cuma sebagian tapi masih tertempel dengan sangat rapi. Saya tidak buka segel. Segel sudah terbuka dengan sangat rapi mungkin dipotong dengan cutter atau sejenisnya. Tapi semuanya sangat rapi saya buka kotaknya aja agak susah.
    Trimakasih untuk media konsumen setelah tulisan ini saya post di IG saya langsung ditelpon pihak toped dan status resolusi sekarang pada tahap “pengajuan klaim oleh pihak seller”. Semoga kedepan tidak ada halangan lagi

  • 11 Desember 2021 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Klo mau beli sesuatu apalagi brand2 ternama ya di official store nya donk, mis beli Xiaomi ya di official nya lngsung Xiaomi di marketplace jngn yg abal2 gtu suka gak amanah.. dan klo emng HP nya gak ada isi mnding laporin aja ke pihak berwajib (kepolisian) agar di usut tuntas jngn hanya laporan ke Tokped dan ekspedisi saja.. agar kelak dikemudian hari toko2 yg kurang amanah tidak lagi berkeliaran di marketplace..

    6
    2
  • 11 Desember 2021 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Mbak enik, agak mirip kasus sy, sy beli samsung harga sekitar 3.5 kirim pakai go**k instan, hp gak sampai tapi status terkirim. Masuk resolusi tokped sampai duit balik masuk rekening lg kurang lebih 45 hari mbak. Karna ada pihak² yg di untungkan selama dana kita masih tertahan. Yg sabaaar aja ya..

  • 11 Desember 2021 - (17:29 WIB)
    Permalink

    untuk memudahkan klaim, dll, sebaiknya video unboxing dibuat secara sangat teliti, terutama pada isolasi bagian paling luar pembungkus paket

  • 11 Desember 2021 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Ak dah kapok kak pake anteraja, duhh beli hardisk lama bgt gtw dmn barangny ga smpe2 d complain malah d lempar2 k seller ke kurir lah, lama bgt ntah hilanh ntah gmn, kapok deh pake anteraja bnykin kerjaan aja, nguras energi.

  • 12 Desember 2021 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Dengan ini saya menyatakan bahwa kasus telah selesai. Uang sudah direfund ke saldo toped sesuai yang saya bayar per tanggal 11 november 2021 pukul 20:47. Trimakasih untuk media konsumen, teman2 yang telah memberi masukan, tokopedia, dan semua pihak yang terlibat. Saya adalah pelanggan toped sejak bertahun-tahun lalu dan juga sering menggunakan kurir anteraja, tapi baru kali ini bermasalah dan penyelesainnya lama. Untuk toped dan anteraja terus tingkatkan pelayanannya dan mohon untuk lebih diperhatikan penanganannya bila ada masalah seperti saya. Salam

  • 12 Desember 2021 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Lah Kalo itu Jelas dari Toko nya yang salah.. Segel nya masih tertutup gitu… Malah nyalahin Expedisi sama tokopediany…
    Incer aja Toko nya jelek2in, kasih comment kemarahan mu, biar ngga ada orang yang ketipu lagi…

  • 12 Desember 2021 - (19:54 WIB)
    Permalink

    kok banyak yang bilang toko punya bintang jelek ya. Di toped ratingnya 4,9 toko itu. Saya g mau ngejelekin siapa2. Toped aja mengakui video packing yang diupload seller. Ya sudah. Dan sekarang sudah selesai masalahnya, tapi memang butuh effort. Kalo lewat resolusi saja g tau kelarnya kapan

  • 12 Desember 2021 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Saya punya ide, gimana kalau kita beli mesin x-ray. Jadi kita bisa tau kondisi paket sebelum unboxing.

    Ini mah seller nya yg gak amanah.

  • 12 Desember 2021 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya, saya tidak akan pernah mau beli barang elektronik secara online, kecuali COD.
    Pernah lihat di TV ada yang beli drone cuma dikirim aqua 600 ml.
    Teman kantor juga pernah barengan 5 orang beli tablet murah harga @ 1,5 juta an, ternyata cuma dikirim cashing nya doank. Untung mereka beli nya COD. Langsung unboxing di depan kurir. Karena tidak sesuai, langsung dikembalikan, gak pusing menunggu klaim.
    Hati-hati banyak penipuan, entah dari kurir ataupun penjual. Tetap harus bikin video unboxing, sekecil apapun barang yang kita beli.

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Isi Paket Berupa HP Hilang, Tokopedia dan Anteraja Terkesan Lambat

oleh enik kuswati dibaca dalam: 1 menit
28