Akses Internet XL/Axis Masih Sangat Lambat dan Tidak Stabil di Satu Titik Area Ini

Saya pengguna XL/Axis menuliskan keluhan saya kembali disini. Sebelumnya saya pernah menuliskan keluhan saya pada 28 September 2021 https://mediakonsumen.com/2021/09/28/surat-pembaca/kecepatan-akses-internet-xl-dan-axis-yang-sangat-lambat.

Keluhan saya tersebut telah di-follow up oleh 2 orang tim XL yang datang mengunjungi lokasi tempat dimana saya tinggal pada 12 Oktober 2021. Setelah dilakukan pengecekan, tim XL tersebut menginformasikan kepada saya bahwa beberapa hari kedepan akan dilakukan peningkatan kualitas di area saya. Namun, hingga sampai dengan saat ini saya masih mengalami kendala yang sama atau tidak ada perubahan dimana kecepatan akses internet masih sangat lambat dan tidak stabil.

Di sini saya ingin memberikan penjelasan keluhan saya secara detail. Mohon pihak XL dapat membaca keluhan saya dengan baik agar memudahkan tim XL dalam melakukan perbaikannya nanti.

Pemancar BTS XL yang mengcover wilayah tempat saya tinggal berada di titik koordinat 4°22’46.6″N 98°05’17.3″E atau ±250 meter dari Mesjid Babul Jannah Desa Paya Awe Kec. Bendahara Kab. Aceh Tamiang. Berikut saya lampirkan foto BTS XL tersebut beserta informasi sinyal yang diterima di perangkat smartphone dengan menggunakan aplikasi Network Cell Info.

BTS XL yang sedang berkendala.
Aplikasi informasi sinyal yang diterima di perangkat smartphone.

Jika saya berada di area jangkauan BTS XL tersebut maka koneksi internet sangat lambat, streaming video selalu buffering, download file selalu gagal, nilai latency dalam bermain game juga besar meskipun sinyal full bar.

Saya juga telah mencoba di berbagai perangkat lain serta modem baik didalam maupun luar ruangan juga tidak ada perubahan. Berikut hasil tes kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest.

Hasil tes kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest.

Menariknya, jika saya pergi atau menjauh dari BTS tersebut dan berpindah ke BTS XL lain maka koneksi internetnya sangat bagus. Terjadi perbedaan akses internet yang sangat, sangat, sangat signifikan.

Di sini saya beri contoh BTS XL yang normal. Berada di titik koordinat 4°23’53.0″N 98°04’28.6″E  ±100 Meter dari Mesjid Tualang Cut atau tepatnya dibelakang bangunan Dealer Honda Tualang Baru Desa tualang Cut Kec. Manyak Payed Kab. Aceh Tamiang. Berikut saya sertakan foto BTS XL beserta Network Cell Infonya.

BTS XL normal/tidak berkendala
Network Cell Info BTS XL yang normal

Kecepatan akses internetnya sangat jauh berbeda, bahkan bisa tembus hingga 100Mbps. Pengalaman dalam streaming videopun sangat baik. Dapat memutar kualitas video HD 1080p tanpa buffering. Berikut lampiran screenshotnya.

Hasil Kecepatan Internet XL

Jadi dapat saya simpulkan bahwa BTS XL yang berada di lokasi tempat saya tinggal membutuhkan pengecekan dan perbaikan. Karena saya sudah mengecek di berbagai tempat lain bahkan di setiap site BTS XL yang ada dan hasilnya normal. Mengapa hanya di lokasi saya saja yang bermasalah? Sementara di lokasi lain akses internet XLnya jauh lebih baik. Paket internet dengan kuota besar yang saya beli tidak dapat saya gunakan secara maksimal karena kecepatan akses internet yang sangat lambat dan tidak stabil.

Jika saya boleh beri saran, lebih baik BTS XL yang mengcover lokasi saya tersebut diOFF kan saja agar perangkat yang saya gunakan baik handphone maupun modem saya, dapat menangkap sinyal BTS XL yang lain yang normal seperti site XL yang berada di Desa Tualang Cut atau site XL di Desa Perkebunan Upah Tanjung Seumantoh. Karena saya pikir kedua site XL tersebut berada di tengah-tengah tempat saya tinggal dan saya pikir itu tidak terlalu jauh untuk mengcover area tempat tinggal saya.

Besar harapan saya XL dapat segera memfollow up keluhan yang telah saya informasikan secara detail di atas. Jika ada yang kurang jelas, saya dengan senang hati membantu.

Terima kasih.

Budi Syahreza
Aceh Tamiang, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Budi

Jakarta,5 Januari 2022 Ref.CM/CU/E/001/0122/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Budi melalui Mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Akses Internet XL/Axis Masih Sangat Lambat dan Tidak Stabil di Satu Titik Area Ini

  • 3 Januari 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    iya itu perangkat pemancar nya di off kan saja, berapa sih harganya? murah paling, cuma berapa ratus ribu, ngurus perijinan nya paling jg gampang

    di off kan saja itu, nyusahin saja itu bikin internet anda lambat, ckckck, tidak usah mentingin nilai investasi yang sudah dikeluarkan, buat apa mentingin nilai investasi pemancar itu kalau bisa senengin pak Budi nih?

    tolong di off kan XL, pak Budi butuh internet cepat, pemancar anda yang sudah diplanning, dibeli, diurus perijinan nya, dan dipasang, dan di maintain TIDAK ADA GUNA NYA, lebih baik di OFF KAN SEGERA UNTUK PAK BUDI BISA INTERNETAN CEPAT, SUPAYA KALO MAIN EP EP TIDAK TINGGI LATENCY NYA

    • 3 Januari 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      G bisa gitu donk pak Ivan itu di rumahnya pak Budi itu perlu disediakan tiang pemancar khusus kalau perlu yg terbaru yg sudah 5G sekalian

      • 9 Januari 2022 - (10:36 WIB)
        Permalink

        Mantab analisanya pak budi, jelas dan detail 👍

        Semoga kedepannya XL Bisa lebih baik..

  • 9 Januari 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Iya, ini semua saya lakukan untuk XL supaya lebih baik dan tidak tertinggal dengan yang lain karena kita semua sudah masuk ke dunia yang serba digital. Saya begini karena saya masih ingin menggunakan XL. Saya menuliskan secara detail supaya memudahkan XL dalam memperbaikinya. Tapi sangat disayangkan, XL belum juga memperbaiki BTS/Site tersebut. Entah itu dicek/diganti antenna Microwavenya dengan ukuran yang lebih besar dan diarahkan pas ke site core XL atau lebih bagusnya BTS/Site XL tersebut difiberisasi dengan jasa fiber optik iForte seperti site XL lainnya. Agar 4G XL lebih optimal.
    Menurut saya sangat disayangkan bila XL sudah menyewa ke menara/tower tersebut, tetapi site yang dipasang di menara tersebut belum optimal melayani akses internet di sekitar titik area tersebut. Terimakasih.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Akses Internet XL/Axis Masih Sangat Lambat dan Tidak Stabil di Satu Ti…

oleh Budi Syahreza dibaca dalam: 2 menit
6