Akun Member Platinum Shopee Saya Dibekukan Tanpa Alasan yang Jelas

Halo perkenalkan nama saya Adel. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat/menampung keluhan saya mengenai perihal pemblokiran akun Shopee. Pada tanggal 10 Januari 2022, saya mendapatkan email mengenai pembatasan akun dikarenakan adanya aktivitas mencurigakan.

Tidak lama setelah itu, saya langsung menghubungi pihak Shopee untuk menanyakan perihal ini. Kemudian CS Shopee meminta saya menunggu 2×24 jam untuk balasan email dari tim terkait dan sebelumnya diminta untuk mencantumkan Kartu Keluarga dan KTP.

Beberapa saat kemudian, saya mendapatkan email dari Tim Shopee bernama Lekson, yang menyapa saya dengan panggilan nama akun orang lain, yaitu Ilham199_, sedangkan ID Shopee saya: aill*da.

Dalam email tersebut dijelaskan akun saya dibatasi karena Shopee mendeteksi adanya pelanggaran atas transaksi ShopeeFood. Saya tanya pelanggaran apa, pihak CS bilang tidak ada wewenang untuk memberitahukan alasan tersebut.

Setelah saya membaca email ini jujur saya kaget, karena saya kira akun saya di-hack oleh ilham199_. Otomatis saya langsung menghubungi pihak Shopee kembali dan ternyata kemungkinan ada kesalahan input oleh tim terkait. Jujur saya waktu itu akun ShopeePay saya masih ada saldo dan saya juga mempunyai tabungan Emas Pegadaian di Shopee, saldo di SEABANK, serta saya juga memiliki tagihan yang jatuh pada bulan Februari nanti untuk Shopee PayLater.

Akhirnya saya disuruh menunggu proses 3×24 jam, yang sebelumnya 2×24 jam saja. Waktu saya protes kok makin lama, CS-nya mengatakan kemungkinan CS sebelumnya salah dan tidak mengerti peraturannya.

Setelah itu pada tanggal 11 Januari 2022, saya mendapatkan email kembali dari pihak Tim Shopee atas nama Axel yang menjelaskan ada kesalahan penyebutan/sapaan panggilan nama saya sebelumnya beserta rincian pemberitahuan sebagai berikut :

  • Akun saya tidak dapat dipulihkan.
  • Akun saya dibekukan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi ShopeeFood.
  • Ada pencantuman link mengenai pasal-pasal peraturan Shopee


Di sini saya heran, karena masih tidak diberitahukan apa alasan yang jelas, kenapa akun saya dibekukan secara sepihak seperti ini. Lalu saya segera menelepon CS Shopee dan memang benar akun saya dibekukan (tidak dapat dikembalikan). Akhirnya saya komplain panjang lebar, karena tidak diberi alasan yang jelas kenapa akun saya dibekukan.

CS pertama pun langsung memberikan teleponnya ke orang yang mungkin merupakan CS Leadernya.
Ia menjelaskan untuk membalaskan email dari pihak Tim Shopee apa saja katanya agar membuka kembali email permasalahan yang sudah diselesaikan secara sepihak oleh Tim Shopee. Dia pun juga mengatakan hal yang sama setiap saya tanya salah saya di mananya, di ShopeeFood bagian apa. Jawabannya bukan wewenang lagi, tapi keadaan akun sudah ditutup.

Jujur saja di sini saya merasa sangat dikecewakan dan sedikit dirugikan. Karena selain dirugikan dalam segi waktu, pulsa dan tenaga, juga dikecewakan dengan penutupan akun secara sepihak.

Padahal saya merupakan pelanggan lama Shopee (akun Platinum). Saya juga percaya menabung emas di Shopee dan membuka akun SeaBank serta menghidupkan SPayLater dan mengisi saldo ShopeePay saya.

Terima kasih untuk Media Konsumen sekali lagi, semoga ke depannya Shopee bisa bijaksana lebih lagi dalam melakukan/memutuskan suatu hal dan selalu bisa memberi alasan yang jelas pada customer.

Maria Adellia Purwanto
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:52    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Akun Member Platinum Shopee Saya Dibekukan Tanpa Alasan yang Jelas

  • 13 Januari 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    “juga dikecewakan dengan penutupan akun secara sepihak.”

    sori nih cuma mau ngmg kalo geli liat kata-kata gini di sini, emangnya kalau ada pelanggaran nutup akun anda nanya dulu terusan kalo nda mau sepihak? wkwkwkwk

    “maaf adel, apakah akun nya dapat kami tutup?”

    wkwkwkwk, oke itu aja, moga cepat selesai masalahnya, makasih

    4
    31
    • 13 Januari 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Halo kak Ivan, terimakasih atas supportnya.
      Kebetulan masalah sudah clear per hari ini.

      Maksut saya disini pihak shopee paling tidak juga mejelaskan pelanggaran customer secara gamblang, agar customer juga bisa menjelaskan mengapa pelanggaran tersebut terjadi( karena kebetulan masalah ini merupakan kesalah pahaman) sebelum akun customer dibekukan dan tidak dapat dipulihkan.

      • 13 Januari 2022 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Oh Sdh clear ya masalah nya,,. Mhn dijelaskan dong penanganan nya seperti apa…biar kita tau lah…dan gak bilang lagi bukan wewenangnya…

  • 13 Januari 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    UPDATE PER 13/JANUARI/2022

    Pertama-tama saya ucapkan Terimakasih kepada Media Konsumen yang sudah menjadi wadah untuk menampung keluhan saya.

    Info untuk hari ini akun Shopee saya sudah diaktifkan kembali oleh pihak Tim Shopee setelah melalui proses komunikasi antara Tim Shopee dengan saya pribadi.

    Terimakasih saya ucapkan juga kepada Tim Shopee dikarenakan sudah menerima masukan dan telah mempertimbangkan penyebab pelanggaran yang terjadi.

    Akhir kata, semoga kedepannya pihak media konsumen makin sukses begitu juga dengan Tim Shopee. Terimakasih

      • 13 Januari 2022 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Hai kak saya jelaskan jadi satu disini ya.

        Kalau saya pada awalnya dapat email pemberitahuan pembekuan akun karena ada aktifitas mencurigakan.
        Disitu saya langsung menelfon customer service shopee.

        Nah saya tanya ke cs nya apa pelanggaran saya? Cs jawab dia tidak bisa periksa karena bukan wewenang cs tersebut.
        Jadinya saya hanya disuruh ajukan banding via email

        Setelah itu dapat email balasan berisi : pengajuan pengaktifan akun saya akan diteruskan ke tim terkait dan pelanggaran saya berkaitan dengan shopee food (disini saya gak tau pelanggaran saya itu rincinya gimana) dan email ini ada mengandung sapaan nama saya yang salah (jadi ilham)
        Akhirnya saya balas email nya kalau id saya bukan ilham dan meminta tolong difollow up kenapa ada kesalahan penyebutan seperti ini (karena saya takutnya kena hack wkt itu)

        Disini saya ada telfon cs lagi untuk minta perincian pelanggaran shopeefood yang telah saya lakukan dan menanykan mengenai nama id yang salah, namun sekali lagi cs bilang bukan wewenangnya dan mengecek kemungkinan ada kesalahan sapaan nama. Jadi saya suruh menunggu email balasan dari tim terkait

        lalu akhirnya dapatlah email balasan lagi :

        Mohon maaf atas kesalahan penyebutan nama panggilan Kakak sebelumnya.

        Kami telah mempelajari kendala yang Kamu alami. Dapat Kami sampaikan bahwa:
        – Akun Kamu tidak dapat dipulihkan.
        – Akun Kakak dibekukan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi Shopee Food Kamu.

        Disini akun saya dinyatakan tidak dapat dipulihkan dan saya juga masih belum mendapat kejelasan pelanggaran shopeefood saya.

        Otomatis saya telfon cs nya lagi dan memberi tahu bahwa saldo dan transaksi saya masih ada di akun tersebut.
        Sekalian saya minta kejelasan pelanggaran shopeefood apa yang saya lakukan, namun sama jawabannya masih bukan wewenangnya untuk itu, tapi pihak cs yang ini menyuruh saya untuk membalas email dari tim shopee agar masalahnya bisa dibuka lagi untuk pengajuan pengaktifan akun karena permasalahannya sudah diselesaikan oleh tim shopee.

        Akhirnya saya ikuti cs nya untuk balas email tim shopee dan menjabarkan semua transaksi dan saldo saya melalui email (disini sudah agak pasrah juga sih kalo akunnya ketutup jd ya saya tanya gimana dengan saldonya serta tabungannya serta s paylaternya)

        Lalu dapat email balasan lagi dikeesokan harinya :

        – Terikait Shopee PayLater dan layanan shopee lainnya yang kamu gunakan, saat ini masih bisa lakukan pengecekan melalui akun shopee kamu. Namun, akun shopee kamu tidak bisa dipulihkan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi Shopee Food sesuai yang telah kami informasikan sebelumnya.
        – Terkait kendala saldo shopeepay senilai Rp 419,199 akan kami teruskan kepada tim terkait. Mohon kesediaannya menunggu informasi selanjutnya ya. Jika ada informasi lebih lanjut mengenai saldo ShopeePay kamu, akan segera kami sampaikan.

        Lalu disini saya agak kurang puas dengan jawabannya, jadi saya balas langsung emailnya (jujur waktu itu udah agak kecewa karena saya gak dikasih tau salah saya dishopee food apa)
        Dan sudah pasrah kalau gak bisa kembali akunnya jadi saya minta pihak shopee untuk memberikan history saldo emas saya, history saldo shopee pay dan histoy transaksi pembelian saya (karena transaksi di toko toko shopee itu rata-rata banyak yang berkaitan dengan usaha saya)
        Dan saya tidak hafal nama nama tokonya.

        Akhirnya dibalas lagi emailnya dari pihak shopee :

        Kami telah mempelajari kendala yang Kamu alami. Dapat Kami sampaikan bahwa:
        – Akun Kamu saat ini dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan. Namun kamu bisa kembali masuk ke akun Shopee untuk melakukan pengecekan yang Kamu butuhkan.
        – Akun Kakak dibatasi karena terindikasi kejanggalan adanya keterkaitan dengan merchant Hungry Hunt Burger and Hotdog – Canggu pada transaksi Shopee Food.

        Akhirnya saya coba cek akun shopee saya dan berhasil untuk login tetapi tidak bisa melakukan transaksi apapun, akhirnya saya bayar paylater saya yang jatuh bulan februari (karena takutnya nanti tetap dibekukan malah panjang urusannya) dan mau menarik saldo shopee pay nya tapi tidak bisa (karena adanya pembatasan diakun saya)

        Nah untuk yang berkaitan dengan usaha saya akhirnya saya jelaskan ke tim shopee secara rinci via email dan bukti-bukti yang ada.

        Jadi fyi akun pribadi shopee saya terkait dengan email usaha pasangan saya (yang kebetulan usaha kami itu dibidang makanan) dan baru bergabung dengan shopeefood.

        Persoalannya yang bisa saya tarik dari permasalahan ini kemungkinan akun pribadi saya ada order makanan di resto saya sendiri menggunakan akun yang berkaitan dengan email usaha kami.

        Akhirnya saya email pihak shopee dan saya memberikan penjelasan serta bukti-bukti yang ada.

        Jadi ceritanya saya mengorderkan customer langganan saya (wisatawan mancanegara) yang tidak memiliki aplikasi seperti gofood, grabfood, shopeefood.
        Kebetulan usaha saya ini berada di bali dan hampir 95 persen customer saya adalah wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Bali.

        Jadi saya mencantumkan bukti-bukti chat yang ada berupa screenshoot, archive repost story (kebetulan customer ini jika makanannya datang sering tag akun usaha kami) jadi masih bisa dicocokkan tanggal pembeliannya untuk jadi bahan pertimbangan tim shopee.

        “Dan ini bukan pertama kalinya dia order meminta tolong saya lewat aplikasi bisa dicek foto dibawah ini dan so far biasanya saya orderin menggunakan aplikasi Gojek/Grab food dimana bayarnya cash kadang jg transfer dan itu sesuai dengan total akhir yang ada diaplikasi bisa cek tanggal order customer saya ini”

        (ini sepenggal penjelasan diemail yang saya kirim ke tim shopee beserta bukti screenshoot chat whatsapp order dari bulan november 2021 hingga 10 januari 2022)
        Disana ada chat customer saya yang mengatakan dia tidak memiliki local account.

        Salah satu penjelasan bukti screenshoot ditanggal 10 Jan 2022 :

        10 Januari 2022 (Shopee-food)
        Pertama kali orderin customer saya yang ini pakai shope-food karena grab kalau hujan biasanya sering memperkecil area pengorderan yaitu tidak bisa lebih dari 4km sedangkan Gojek sulit mendapat driver.

        Dan saya juga ada archive story pemberitahuan ke customer saya kalau tidak dapat driver di Gojek pada saat hujan bisa pakai grab atau shopee (ditanggal 9 januari malam) kebetulan customer saya order di jam 12:22 malam (masuk ditanggal 10 januari)

        Saya juga menambahkan bukti archive story customer saya yang tag akun usaha saya dengan link ke tim shopee

        Serta penjelasan story customer saya yaitu dimakanan yang saya jual ada thankyou cardnya.
        Kebetulan thankyou card tersebut bernama Rico (pasangan saya) dan nama itu sesuai dengan nama orderan dishopee food untuk customer saya bernama flano (yang tag akun instagram usaha saya)

        Dan saya meminta tim shopee untuk dipertimbangkan kembali penutupan akun pribadi saya dengan bukti-bukti yang sudah saya lampirkan serta penjelasannya.

        Lalu akhirnya saya dapat email balasan dari Tim Shopee :

        Kami telah mempelajari kendala yang kamu alami. Dapat kami informasikan:

        – Pengajuan pengaktifan akun telah kami setujui
        – Mohon menunggu 1 x 24 jam kedepan.
        – Akun Kakak dibekukan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi Shopee Food Kamu.

        Dan saya coba login berhasil dan bisa melakukan transaksi di shopee seperti semula.

        Ini ya penjelasan case saya.
        Mohon maaf kalau ada salah kata dan penempatan kata yang kurang pas.

        Terimakasih.

        • 13 Januari 2022 - (22:07 WIB)
          Permalink

          Oh iya itu bukan tidak bisa periksa ya tapi tidak bisa memberi tahu karena bukan wewenang.

          Fyi Sebelum saya menulis di media konsumen saya juga mencari tahu di google mengenai pembekuan dan penutupan akun shopee , karena waktu itu bingung kenapa.

          Dan sekali lagi terimakasih banyak, maaf bila ada salah kata / tulisan karena ceritanya panjang dan saya ketik menggunakan hp 🙏🏻

    • 13 Januari 2022 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Hi kak.
      Jika bersedia penjelasannya boleh dibaca dikomen ya.

      Intinya yang terpenting akun pribadi saya sudah diaktifkan kembali oleh tim shopee dan saldo beserta tabungannya semua aman.

      Terimakasih 🙏🏻

      1
      1
  • 13 Januari 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Jadi intinya kalau mau beli makanan utk orang lain yg tidak punya app shopee di resto/shopeefood milik sendiri, jangan pakai akun atau email yg sama dengan yg dipakai utk resto/shopeefood nya.

    Mungkin caranya bisa dengan beli sim card baru dan pakai email baru.

  • 14 Januari 2022 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Mengapa ya belakang ini saya banyak membaca mengenai keluhan transaksi di ShopeeFood yang selalu diindikasikan adanya transaksi yg janggal ya….

    • 14 Januari 2022 - (12:05 WIB)
      Permalink

      Ya wajar aja karena ada indikasi penyalahgunaan promo. Anda sendiri klo punya perusahaan ada yang berlaku curang atau diduga curang juga pasti ambil tindakan.

      • 14 Januari 2022 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Hi kak.
        Menurut saya seperti ini boleh diambil tindakan namun langsung menggunakan penyebab ditutupnya akun, kurang lebih seperti pemberitahuan dibekukan/ditutup karena indikasi menggunakan promo di shopee food pada tgl berapa di merchant apa dst
        untuk info lebih lanjut hub cs.

        Atau mungkin bisa juga cs yang menyampaikan alasan kenapa akun bisa dibekukan atau ditutup saat customer menghubungi cs.

        Terimakasih.

    • 14 Januari 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Karena Shopeefood sedang promo besar besaran. Jangan sampai hal ini disalahgunakan. Pembeli dan penjual sama, uang tidak lari ke mana mana, tapi dapet cashback dari Shopee. Makanya Shopee minta KK untuk mencocokkan benar tidak akun yang digunakan milik keluarga atau orang lain.

      • 14 Januari 2022 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Iya mungkin seperti itu kak takut disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu.
        Fyi kalau saya pribadi memang tidak tahu, itupun pertama kali mengorderkan langganan bule saya pakai shopee, saya pun charge dia dengan harga final yang tertera dishopee.
        Tapi yang penting sekarang sudah clear permasalahannya.

        Makasih kak.

  • 14 Januari 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Hi kak, menurut saya mungkin setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang tujuannya baik untuk perusahaan dan baik untuk pengguna.

    Hanya saja mungkin kedepannya syarat dan ketentuannya bisa lebih transparan lagi dan mudah dipahami oleh pengguna mengingat shopeefood bergabung menjadi satu aplikasi dengan aplikasi belanja shopee. 🙏🏻

    Terimakasih

    • 15 Januari 2022 - (11:51 WIB)
      Permalink

      betul 👍saya setuju, sptnya Shopee sdh mulai ada perbaikan. Ada peringatan akun diblokir jika masih mengulang/meneruskan transaksi yg dianggap tdk sesuai ketentuan mereka.

      Saya juga pernah mengalami spt yg anda alami & direlease setelah 3×24 jam, itupun setelah melalui proses debat yang panjang juga.

      Salut buat anda yang sangat detil menyampaikan bukti² lengkap, sama seperti yang saya lakukan.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Akun Member Platinum Shopee Saya Dibekukan Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Hungry dibaca dalam: 2 menit
18