Serba Salah dengan Kebijakan Lazada terkait Kurir Pengiriman

Pada saat ini saya kena penalti dari Lazada dengan alasan pesanan saya tidak terpenuhi karena dibatalkan oleh penjual. Kejadian ini terulang kembali, dulu kejadian sekarang kejadian kembali. Saya selaku penjual sering membatalkan pesanan, karena banyak yang beli pilok dari luar pulau. Sedangkan jasa kirim yang disediakan Lazada cuma Ninja Xpress yang selalu mengembalikan paket saya ketika saya kirim pilok keluar pulau, karena mengandung gas.

Sekarang kalau saya kirim, pasti dibalikin sama Ninja. Saya rugi dong, gak dikirim saya kena penalti dari Lazada. Apakah fair? Konyolnya ketika saya tanya CS  Lazada, dia tahu apa-apa. Saran dia cuma coba banding, sedangkan saya tidak bisa banding (ada di gambar). Padahal kesalahan gara-gara kebijakan monopoli jasa kirim Lazada.

Lalu saya tanya lagi apakah saya bisa ganti kurir SiCepat (SiCepat bisa keluar pulau), dia bilang ajukan dulu. Padahal saya sudah 3 kali mengajukan penggantian Ninja Xpress selalu ditolak dan CS Lazada menyuruh saya untuk pengajuan yang keempat kalinya. Sungguh hebat CS Lazada ini.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah Lazada wajar mem-banned saya? Padahal kebijakan Anda sendiri yang seenaknya menentukan jasa kirim yang tidak bisa kirim benda gas ke luar pulau? Bahkan Anda melarang saya banding, padahal kebijakan Anda sendiri yang merugikan saya.
  2. Saya sudah 3 kali mau ganti kurir, karena kejadian ini berulang terus, tapi Anda tetap larang saya ganti kurir. Apakah Anda punya “kerja sama” terselubung sehingga anda hanya pakai jasa kirim Ninja dan menolak jasa kirim lain yang lebih baik?
  3. Coba Anda tanya kepada Ninja Xpress kenapa mereka tidak bisa kirim benda gas keluar pulau sedangkan jasa kirim yang lain (warna merah) selalu bisa.
  4. Apa CS Anda tidak punya pengetahuan dasar tentang sistem Lazada? Balasny lama, ditanya apa jawabny kemana, suruh ajukan banding padahal tidak bisa banding. Suruh pengajuan 4 kali pergantian kurir, kocak banget.

Jadi hati-hati jika Anda berdagang di Lazada. Mereka memonopoli jasa kirim sesuka mereka. Bahkan kebijakan mereka pun malah merugikan seller.

Dicky Tanuwijaya
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:29    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Bapak Dicky

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Mediakonsumen.com tertanggal 15 Januari 2022, mengenai “Serba Salah dengan Kebijakan Lazada terkait Kurir...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Serba Salah dengan Kebijakan Lazada terkait Kurir Pengiriman

    • 15 Januari 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Ya, anda harusny bilang kepada lazada, kalau anda tidak bisa kirim pilok ke luar pulau. Saya rugi jdny di bungkus cape2, anda balikin. Klo anda berkoordinasi dgn lazada, mereka pst membatasi kiriman pilok ke luar pulau.
      Dan hanya ninja yg tidak bs kirim keluar pulau, sy pakai si merah bisa.

  • 15 Januari 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah penjualan dibatasi gara2 sering cancel pesanan. Gimana ga dicancel pesanan COD ke luar pulau / alamat ga lengkap / ga ada namanya / dobel order, dll. Pernah tanya cs katanya harus tetap kirim. Kalau luar pulau memang biasanya pake ninja. Banyak yg order fiktif dan diretur.

    3
    1
    • 15 Januari 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Nah itu hrs tetep di kirim, sedang dikirim ujungny balok lg. Harusny dr awal, ninja bilang ke lazada bahwa mereka tidak siap kirim barang cod ke luar pulau. Bukanny diem2 aja, yg rugi kan konsumen. Sama dgn lazada, byk konsumen nakal, di diam kan. Banned dong skali2

      1
      1
  • 15 Januari 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Jadi hati-hati jika Anda berdagang di Lazada. Mereka memonopoli jasa kirim sesuka mereka. Bahkan kebijakan mereka pun malah merugikan seller.

    jika dirasa dirugikan, barangkali bisa dipikirkan stop jualan di lazada, masih ada ecommerce lainnya

    10
    1
    • 15 Januari 2022 - (11:24 WIB)
      Permalink

      Y saya di rugi kan hanya untuk kiriman ke luar pulau. Sedangkan yg di dalam pulau, sy ga ada masalah.
      Mkny sy bahas kasus yg kiriman ke luar pulau, dan memberi tau kepada seller lain ttg kelemahan lazada disini. apakah anda menyimak kalimat sy diatas? Atau anda tidak bisa mengeja huruf?

      • 15 Januari 2022 - (21:45 WIB)
        Permalink

        [Saya selaku penjual sering membatalkan pesanan, karena banyak yang beli pilok dari luar pulau]

        jika memang seller yg bijak tentu sudah memperhitungkan bahwa jika terus-terusan membatalkan pesanan pastinya akan terkena banned, terlepas dari itu kelemahan Lazada atau bukan. is it worh it memaksakan jualan disana?

        tapi semoga lazada kali ke-4 ini mau mengubah “kelemahannya”

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Serba Salah dengan Kebijakan Lazada terkait Kurir Pengiriman

oleh Dicky dibaca dalam: 1 menit
9