Barang dari Akulaku Tidak Sesuai Pesanan dan Sudah Dikembalikan, tapi Masih Ditagih Pembayaran

Mohon maaf, sebelumnya tidak ada niatan untuk tidak menghargai suatu privacy sebuah sistem tertentu. Pada tanggal 21 Desember 2021 pukul 10.23 WIB, saya melakukan pembelian dari merchant Art Gadget Akulaku, berupa skuter elektrik seharga Rp2.550.000, ongkir Rp198 ribu. Metode pembayaran cicilan selama 3 bulan dan cicilan Rp927 ribu/bulan. Nomor pemesanan: 1640056998415274194073. Pesanan saya dikirim pada tanggal 23 Desember 2021 menggunakan ekspedisi SiCepat, nomor resi: 002781738178387.

Tanggal 8 Januari 2022, barang saya terima. Namun ternyata di luar ekspektasi saya, tidak sesuai dengan yang diiklankan di aplikasi Akulaku. Dari segi model, warna, merk dan kondisi barang, sangat disayangkan tidak sesuai dengan yang nantinya harus saya bayarkan.

Kemudian saya coba chat seller, tapi  ternyata tidak ada respon sama sekali. Padahal di kolom chat seller sedang online. Setelah itu saya coba hubungi CS dan saya secara detail menceritakan kondisi yang sebenarnya. Pada hari itu juga dari pihak CS Akulaku menyarankan supaya saya kirim pengajuan retur via email dan supaya melampirkan bukti-bukti terkait kondisi barang yang saya terima.

Saya kirimlah via email, sesuai yang diarahkan oleh pihak CS. Saya coba hubungi seller kembali, tapi masih belum respon. Lalu saya telepon kembali CS supaya mengupayakan pembatalan orderan saya. Akhirnya pada hari itu juga pengaduan saya masuk. Saya diminta menunggu 3-5 hari kerja, tidak dihitung hari Sabtu dan Minggu. Saya juga diminta menunggu konfirmasi balik dari seller via CS.

Setelahnya saya coba hubungi CS kembali dan jawaban CS hanya “Laporan ibu sudah masuk, ditunggu saja tim kami sedang mengondisikan dengan pihak seller“. Namun nyatanya sampai hari ini, Sabtu 15 Januari 2022, saya belum mendapatkan kepastian apa-apa. Setelah barang tersebut saya kembalikan pada tanggal 06 Januari 2022 pukul 09:24.50 melalui Indah Cargo dengan nomor resi: WSB1CS11931563. Itupun saya lakukan berkat arahan dari CS, jika ingin limit saldo kembali.

Semua saya sudah lakukan, sesuai prosedur pengembalian barang dan sesuai dengan arahan pihak Akulaku. Saya kirim kembali ke Art Gadget dengan alamat Jl. Pademangan 4 gg 33 no 60A Rt13/01 Kec. Pademangan Timur Jakarta Utara 14410, telepon (0812835607**). Barang diterima oleh seller pada tanggal 9 Januari 2022, dengan Ibu Nur selaku penerima barang.

Namun anehnya dari pihak seller pun tidak konfirmasi ke saya setelah barang cancelan saya diterima, dan saya yang harus mengingatkan seller jikalau barang sudah sampai. Sungguh aneh, barang sudah saya kembalikan, tapi masih belum ada pembatalan via sistem seperti yang sudah CS sampaikan bahwa nanti akan otomatis pembatalan.

Parahnya tagihan masih saja berjalan, dan saya dikejar-dikejar DC ditelepon terus-terusan. Jujur saya tidak mau membayar tagihan tersebu, karena barang sudah saya kembalikan ke merchant sesuai dengan arahan pihak Akulaku.

Bagaimana ini sistem Akulaku? Sudah sangat jelas barang saya kembalikan dan diterima oleh pihak seller, tapi pembatalan belum juga saya terima pada akun saya (atas nama Mira). Mohon dengan amat sangat supaya ke depannya sistem yang belum maksimal harap diperbaiki agar tidak ada lagi konsumen-konsumen yang merasa dirugikan seperti saya. Pihak Akulaku agar bisa lebih detail dan selektif lagi dalam menilai kualifikasi merchant, apakah itu benar-benar merchant shop atau hanya penipu yang berkedok merchant? 🙏

Terima kasih. Salam hormat saya,

Mira Arianti
Wonosobo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:72    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Mira Arianti

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Mira Arianti pada tanggal 16...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Barang dari Akulaku Tidak Sesuai Pesanan dan Sudah Dikembalikan, tapi Masih Ditagih Pembayaran

  • 16 Januari 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Kalau baca2 di Media Konsumen ini, dapat disimpulkan bahwa Akulaku bukanlah aplikasi yang dapat dipercaya loh, sedih sih ini banyak korbannya, kira2 konsumen harus gimana biar Akulaku ini jera dan memperbaiki sistemnya yang bobrok?

    10
    • 16 Januari 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Bener bosku banyak..kecurangan di akulaku sistemnya bobrok..baru kemarim saya salah transfer..tp pihak akulaku banyak dalih g bisa ngebantu…ga bisa ini ga bisa itulah..pokok kapok gua pake akulaku

    • 16 Januari 2022 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Mungkin hrs ada pembenahan sistem ya mam…karena ini baru kejadian kok,kebetulan juga saya mendapatkan seller yg kurang bertanggung jawab juga?? Semoga ada titik terang🥰🙏

    • 16 Januari 2022 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Bukan kapok atau tidak kapok,mungkin harus ada pembenahan dlm sistem saja lho bang?? Karena ya itu,kebetulan saya mendapati merchant yg kurang bertanggung jawab. Mudah2n setelah di publish via media konsumen ini semua akan segera teratasi. Makasih bang🥰🙏

      1
      1
  • 16 Januari 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Cuekin aja jgn dibayar.. kan udah jelas udah dikembalikan.. bukti2 tar terlampir.. santai aja

  • 16 Januari 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, saya sering baca di Media Konsumen. Kebanyakan yang tertipu oleh Akulaku dari luar Jabodetabek. Ini bisa dilihat dari data penulis di Media Konsumen. Bubarkan saja Akulaku, lebih banyak tukang tipu di Akulaku. Lapor ke OJK? Mimpi!! Ga berguna, dari dulu sudah banyak aduan di MK tentang Akulaku apa tindakan dari OJK? Nol besar.

    11
    • 16 Januari 2022 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Iya bang..thx for our suport. Mdh2n lewat ini semua akan bisa diperbaiki dari pihak akulaku utk segera pembenahan,agar tdk merugikan bnayak pihak🙏

    • 16 Januari 2022 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Dan kasusnya rata2 sama (seller yang gak amanah dan cs yang males malesan) ngeri ini aplikasi, padahal dah lumayan punya nama ya

  • 16 Januari 2022 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Sungguh “mengesankan” apa yang dilakukan akulaku. Semoga ke depannya makin banyak orang bisa mempertimbangkan untuk beralih ke marketplace lain.

    • 16 Januari 2022 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Amazyng ya kak…he2,semoga segera teratasi. Tapi saya kan kejar terus dari pihak akulaku utk segera melakukan tindak lanjut agar kedepannya tidak ada lagi pihak2 yg merasa dirugikan

  • 16 Januari 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum,,,saya ikut prihatin dg kejadian yg sdri alami,saya juga salah satu nasabah akulaku,dan terus terang agak risih juga dg banyaknya keluhan tentang akulaku.dan setiap kelugan di media konsumen tentang akulaku gak pernah ada tanggapan dari pihak akulaku.

  • 16 Januari 2022 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Akulaku, kamu ketipu😅. Pake pembayaran akulaku buat di market place (ijo, orange, merah, biru) yg terima pembayaran pake akulaku. Jgn beli di merchant akulaku, banyakan akun bodong

    • 16 Januari 2022 - (21:06 WIB)
      Permalink

      bener, beli pake akulaku di market lain…
      dr keluhan konsumen, rata2 yg komplain itu , yg beli dr aplikasi akulaku , dimana rata2 merchant nya bodong dan tukang tipeng

    • 16 Januari 2022 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Iya ternyata warna atau bintang di akulaku tdk semuanya benar,mungkin dgn kejadian ini saya jdi lebih teliti dan tidak tergiur merchant place dengan warna ijo,orange atau apapun itu🙏😇

  • 16 Januari 2022 - (21:04 WIB)
    Permalink

    ini surat keluhan yg ke beberapa ribu di sini terkait akulaku.
    “akulaku …. kamu ketipu !!!!!
    hampir semua yg kena masalah adalah beli produk dr aplikasi akulaku, dan kena seller nakal yg di biarkan oleh akulaku…..

    seharus nya di tindak, agar ga adalagi “kurban2 berikut nya .

  • 16 Januari 2022 - (21:17 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami kejadian seperti itu , dari toko Art Gadget juga, sudah dr awal tahun 2021 sampai sekarang belum juga ada tindakan dan konfirmasi lagi terkait pesanan saya… mending gausah pake akulaku kalo saran saya…

  • 16 Januari 2022 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Merchant akulaku kebanyakan penipu atau dropship dari toko yg ada di Shopee, Tokopedia dll. Saya pernah beli barang di Akulaku ternyata barang dropship dari Tokopedia dong artinya penjual di Akulaku gak ready barangnya, mereka akan pesan barang murah atau bekas dari Toped atau Shopee ketika ada pesanan di Akulaku. Kalau mau belanja di Akulaku mending merchant Mall, Official atau JD.

    • 16 Januari 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Iya kak…sebelumnya pernah order dari akulaku,ternyata pengirim tokopedia tapi kala itu msh aman terkendali. Dan kebetulan kali ini,semoga sama2 jdi pembelajaran kita semua. Mdh2n segera teratasi🤲🙏

  • 16 Januari 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Saya berharap segera memperbaiki sistem mnjdi lbh baik,supaya kedepannya tidak banyak lagi konsumen2 yg dirugikan. Mungkin ada beberapa yg mengganggap kejadian spt ini hal biasa dan “sudahlah?? Tapi buat saya “tidak?? Karena ada hak saya disini yg sdh tidak mendapat pertanggungjawaban dgn baik. Mohon sekiranya harus ada pembenahan,tolong segera dibenahi karena kepercayaan adalah kunci utama utk marketplace…

  • 17 Januari 2022 - (03:07 WIB)
    Permalink

    Ngehubungi cs akulaku sebenarnya hoki hokian
    Kalau telpon cs lalu yang angkat pria
    Maka dijamin, laporan anda akan stuck
    Tapi jika telpon cs lalu yg angkat wanita
    Ada kemungkinan laporan anda segera di proses
    Namun jika ke esokan harinya anda tlpon
    Lalu yang angkat adalah pria, mending ga perlu dilanjut telpon nya
    Telpon lagi lain waktu lalu sampai bicara dgn cs wanita. Maka laporan anda segera di follow up

    Ini berdasarkan pengalaman pribadi
    Saya pernah brmslah pesan barang dari akulaku
    Saya pesan dari official merchant yg ada di AL
    Namun sygnya dari total transaksi 6jt
    Pesanan saya dikirim tapi no. Resi gak valid
    Sy tnggu 1 mggu gadikirim kirim
    Akhirnya saya hbgi cs bolak balik
    Sehari tlp 3x – 5x

    Akhirnya sy menemukan celah, ternyata cs mereka yg bnr bnr bekerja itu ada di jam 12 – 13
    Sisa nya adalah pegawai yg ga terlalu berguna
    Laporan sy lgsg di proses hari itu juga & langsung di refund
    Pdhal hari sblm nya sy tlp, sy dsruh tnggu selama 7 hari lagi ( cs nya pria ). Tp wktu sy tlp ke esok hrinya ( cs wanita ) kenapa bs lgsg di proses ?
    Ini cuma pgalaman saya. Jd klo ada mslah di akulaku ya emg hrus siapkan pulsa 100rb utk dibuang. Dan jangan pnah gunakan belanja dr apkikasi akulaku, cukup dari shope atau bukalapak atau jd.id

  • 18 Januari 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Akulaku no, akulaki yes…pesen di akulaku pengirimnya malah tokopedia..no no no…gak beres ni akulaku

  • 8 Maret 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    selamat pagi..

    izin bertanya apakah saudara memiliki kontak yang bisa dihubungi.. saya izin ingin mewawancarai saudara terkait kasus ini..

    Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Barang dari Akulaku Tidak Sesuai Pesanan dan Sudah Dikembalikan, tapi …

oleh Mira dibaca dalam: 2 menit
26