Proses Pengembalian Dana di JD.ID yang Lama

Kepada Yth. Bapak/Ibu pimpinan JD.ID,

Saya pelanggan setia di JD.ID, baru kali ini saya ajukan purnajual untuk pengembalian 1 unit laptop. Nomor ID pengembalian: 20335173 dan pengajuan sudah disetujui. Pengembalian dana berhasil pada tanggal 05 Februari 2022 (bukti bisa diliat foto yang saya upload di sini).

Kemudian hari ini tanggal 08 Februari 2022, baru saya sempat cek ke Bank UOB. Ternyata pengembalian dana belum di-refund sama sekali. Saya langsung telepon ke CS JD.ID menanyakan permasalahan ini. Namun jawaban CS JD.ID tidak memuaskan dan sangat mengecewakan.

CS JD.ID menjawab bahwa pengembalian dana baru diproses tanggal 05 Februari 2022. Paling cepat 7 hari kerja dari tanggal proses, paling lama 2 bulan (sampai tanggal 12 April 2022). Saya kaget, kenapa begitu lama??? Padahal di aplikasi JD.ID sudah tertera pengembalian dana sudah berhasil, kenapa kenyataannya begini?? Sangat mempersulit pihak customer?!

Saya minta kepada pihak JD.ID yang bersangkutan, segera memproses pengembalian dana saya. Terima kasih.

Siska
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:11    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Siska Mei

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Siska Mei pada hari Kamis, 20 Januari lalu di...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Proses Pengembalian Dana di JD.ID yang Lama

  • 9 Februari 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga pernah pembatalan pesanan di JD.id, kalau metode bayar CC memang butuh waktu lama. Dulu saya dijanjikan 14 hari kerja, tapi 10 hari udah sukses. Hampir semua marketplace begitu, kalau CC butuh waktu lebih lama.
    Yang tertera di SS sudah selesai dari pihak JD.id nya,tinggal nunggu dana masuk ke bank dan itu melalui payment gateway Visa/Mastercard/Amex/JCB. Sabar aja pak kalau cuma baru beberapa hari.

  • 9 Februari 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    dana saya juga belum dikembalikan oleh pihak JDId sudah melebihi SLA dan hingga saat ini nomor ARN refundnya saja nggak ada. harus di SP dulu kalau mau kembali dananya. 🙁

  • 9 Februari 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    status berhasil untuk diproses refundnya oleh sistem, bukan sukses masuk ke rekening/limit kartu kredit nasabah. ditunggu saja, palingan ada SP begini lebih cepat nanti masuknya

    3
    1
  • 9 Februari 2022 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah beli sesuatu pakai debit, dan kebetulan jaringan terputus saat sedang transaksi. Dan status juga masih belum bayar, akhirnya saya ulang dan berhasil. Setelahnya saya cek ke rekening saya, ternyata terdebet 2 kali. Sudah lapor berulang kali, jawabannya hana akan diperiksa dalam beberapa hari, saya sudah lupa, karena sudah lama. Sejak itu kapok pakai JD ID, saya lebih memilih Shopee atau Tokopedia. Anggap buang sial. nominal ga terlalu besar, ga terlalu kecil, tapi effort nya yang bikin capek. Yang salah siapa yang nanggung kerugian siapa.

    • 10 Februari 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Kalau terjadi seperti ini komplain ya ke bank anda pak bukan ke marketpalce, saya sering kejadian seperti itu dan komplain ke bank maksimal 5 hari kerja dana yang bermasalah sudah kembali

  • 10 Februari 2022 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Status Berhasil diproses bukan berhasil transfer.!
    JD biasanya 1 minggu pencairan dana kalo ga salah.

  • 11 Agustus 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    ini yang terjadi dengan saya,.. Di apliksasi tertera dana berhasil di proses, tapi di croscheck ke CC tidak ada refund.. nyesel pakai Aplikasi JD ID..

    KECEWA BERAT. terakhir kali lah pakai aplikasi ini.

    Sebagai perbandingan di TOPED kami terima dalam beberapa jam sudah masuk di CC. refundnya.

    Mohon jadi perhatian JD ID. >> kami mau komplain tidak bisa Costumer Suportnya robot..

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Proses Pengembalian Dana di JD.ID yang Lama

oleh Siska Mei dibaca dalam: 1 menit
10