CS Shopee Tidak Menghiraukan Bukti yang Saya Kirim, Saldo Penjualan Saya Tetap Terpotong

Saldo penjualan saya terpotong oleh Shopee pada tanggal 8 Februari 2022. Sebelumnya ada pengembalian barang dari pembeli, karena mainboard TV Toshiba yang saya jual gambarnya terbalik. Hal tersebut dikarenakan TV Toshiba merk tersebut, walau satu model tapi memakai 3 jenis panel yang berbeda. Ada panel LG, Samsung dan panel Chimei Innolux. Sehingga kalau mainboard dan panel tidak cocok, gambar bisa terbalik. Kesimpulannya, barang tidak rusak, hanya tidak cocok saja dengan panelnya

Akhirnya barang dikembalikan ke saya. Namun setelah saya coba, mainboard mati total. Akhirnya saya mengajukan banding. Dalam banding saya dan pembeli sepakat, bahwa pembeli bersedia dikembalikan uangnya 50% atau Rp100.000. Banding dinyatakan selesai dan saldo penjualan masuk semua ke saya.

Keesokan harinya pembeli meminta uangnya ke saya, dan saya transfer langsung ke pembeli dengan nominal sesuai yang disepakati di banding. Ternyata setelah 4 hari berlalu, saldo penjualan saya terpotong Rp100.000.

Saya langsung menghubungi CS Shopee, dengan nomor laporan: 1491318271102054405. Saya mengirimkan bukti kalau saya sudah transfer ke pembeli dan bukti chat dengan pembeli. Namun hal tersebut tidak dihiraukan oleh CS Shopee dan uang saldo penjualan saya belum kembali. Ini bukan masalah uang, tetapi CS Shopee tidak bisa bekerja dengan bijak.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih untuk Media konsumen yang telah mengizinkan saya menulis surat ini.

Widiantoro
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:36    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “CS Shopee Tidak Menghiraukan Bukti yang Saya Kirim, Saldo Penjualan Saya Tetap Terpotong

  • 16 Februari 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Dalam hal ini, anda yang salah. Bukan Shopee.
    Karena peraturannya sudah jelas, Shopee melarang transaksi apapun di luar platformnya.

    Jadi seharusnya kalau anda sudah sepakat pemotongan 100 ribu, ya tinggal dipotong aja dari nominal pembelian masuk ke saldo ShopeePay pembeli. Bilang ke admin di diskusi komplain.

    Ya kalau sudah terlanjur seperti ini, tinggal anda minta aja ke pembeli untuk transfer balik uang anda yang sebelumnya. Toh transfer ke dia juga bukan instruksi dari Shopee melainkan inisiatif anda sendiri.

    Perlu diingat juga, tim resolusi Shopee bekerja berdasarkan S&K mereka, jadi transaksi transfer anda ke pembeli kemungkinan akan dianggap menyalahi prosedur yang ada di platform mereka.

    20
    1
    • 16 Februari 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pihak shopee yang telah mengklarifikasi masalah saya dan, telah menghubungi saya, dan masalah sedang ditangani pihak shopee.

      1
      5
  • 17 Februari 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Lagi minta bantuan resolusi platform tapi buat penyelesaian sendiri. Sudah jelas anda yang salah karena tidak diperbolehlan transaksi di luar shopee dan itu sudah diuar tanggung jawab paltform kalau terjadi hal seperti ini.

  • 17 Februari 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Masalah belum selesai sampai sekarang, pihak shopee sudah menghubungi saya untuk memberikan kompensasi, tapi tidak ada kelanjutannya, saya beri tahu untuk yang komen di artikel saya, setelah banding selesai dana penjualan masuk semua ke saldo penjualan saya, saya tunggu 1x24jam tidak ada pemotongan saldo, ya sudah saya tarik ke rekening saya, dan transfer ke pembeli, yang terpotong adalah saldo penjualan berikutnya dari produk lain, kenapa sampai terjadi seperti ini berarti masih ada sistem yang lemah yang perlu diperbaiki shopee, artikel ini juga untuk masukan shopee agar kedepannya bisa lebih baik…

  • 17 Februari 2022 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Harusnya jangan transaksi di luar Shopee. Kalaupun nanti ada banding nanti akan ada penyesuaian secara otomatis dalam saldo penjual. Anda cukup melampirkan bukti kesepakatan dengan pembeli. Mudah-mudahan cepat selesai.

    • 19 Februari 2022 - (11:30 WIB)
      Permalink

      Pada tanggal 18/02/2022 saya nyatakan permasalahan ini selesai, pihak shopee telah memberikan kompensasi penggantian sesuai nominal kerugian, terimakasih tim admin shopee, mohon maaf apabila ada kesalahan saya dalam membuat artikel ini, sekali lagi terimakasih

  • 20 Februari 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    kedepannya bro, kalau masalah gini jangan sok inisiatif sendiri, tunggu dulu ada arahannya baru di transfer, lagian juga bakalan di potong kok saldo dari nominal pembelian masuk ke saldo ShopeePay pembeli.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

CS Shopee Tidak Menghiraukan Bukti yang Saya Kirim, Saldo Penjualan Sa…

oleh ian dibaca dalam: 1 menit
9