Beli Beras di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Paket Tidak Saya Terima tapi Dana Diteruskan ke Penjual

Pada tanggal 19 Januari 2022, saya order beras melalui Shopee dari Toko Primasari. Seperti biasa, sebelum membeli saya akan liat review dari seller, Karena review lumayan bagus, walau gak full bintang 5, akhirnya saya putuskan order beras untuk acara, dari penjual Toko Beras Primasari.

Keanehan terjadi, ketika pihak toko chat saya bahwa barang saya sudah dibawa oleh driver, tapi gak tahu yang mana. Driver yang tertera di aplikasi katanya bukan yang bawa barang, walau di aplikasi keterangannya terkirim. Saya disuruh menunggu dengan sabar dan info jika sudah sampai barangnya.

Menjelang acara, tidak ada kabar dari driver yang bawa barang saya dan belum sampai juga. Padahal di aplikasi keterangannya terkirim. Akhirnya sesuai arahan penjual saya disuruh mengajukan komplain pengembalian dana dan masuk ke forum diskusi.

Setelah memakan waktu yang lama dan dari pihak Grab juga sudah menghubungi saya, dinyatakan penjual menang dengan data yang valid, tanpa ada kompromi atau diskusi lagi dengan saya. Ketika saya tanyakan apa bukti validnya, apakah ada nomor kurir yang bawa barang saya biar bisa saya hubungi? Atau foto penerima biar bisa saya cek? Karena saya sudah tanya sekitar, tidak ada yang terima paket saya.

Keanehan berikutnya terjadi, ketika masalah dimenangkan penjual, saya chat penjual masih dibalas walau lama. Kemudian besoknya diblokir. Tanda tanya bagi saya, apakah penjual jujur? Kenapa blokir saya?

Sampai detik ini saya hubungi call center Shopee, tetap tidak ada solusi. Jawabannya hanya saya disuruh membayar sesuai tagihan. Ingat, saya tidak akan membayar sesuatu yang saya tidak pernah terima. Silakan pihak Shopee meminta tagihannya ke tim mediasi atau pihak penjual. Saya sudah lelah dengan semuanya yang membuang waktu saya.

Achmad Fauzan Syawalana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

73 komentar untuk “Beli Beras di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Paket Tidak Saya Terima tapi Dana Diteruskan ke Penjual

  • 18 Februari 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Kalo dihitung2 itu beratnya di atas 75 Kg! ? Emang bisa kirim paket 75 Kg pake GrabExpress Sameday? ?

    Ngaco semua di kasus ini! Sistem Shopee dan Grab kok bisa meloloskan paket seberat itu dikirim pake GrabExpress Sameday? Penjual kok bisa manipulasi berat produk di sistem Shopee? Pembeli kok gak curiga paket seberat itu bisa dikirim pake GrabExpress Sameday? Ambyar kabeh. ?

    32
    2
    • 18 Februari 2022 - (17:53 WIB)
      Permalink

      Bisa aja , itukan cuma nama produk yang 25kg. Ntar diberat produk bisa ditulis 1kg aja. Kalau penjual jujur itu ,nota dikirim kurir trus barang dikirim sama penjual langsung. Sering sih begitu saya di Tokped, kasur lemari kulkas pakai sistem gitu. Kalau ini memang penjual niat nipu dan sayangnya pembeli kurang hati²/pengalaman aja. Kurang tahu sistem Shopee jadi no comment untuk handling case nya.

      7
      1
      • 18 Februari 2022 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Udah cek toko penjualnya di Shopee? Itu dia kirim barang langsung pake kurir ojol, bukan cuman notanya doang.

        Lagian kalo penjual ngirim sendiri barangnya, di Shopee udah bisa pake kurir internal dari penjual. Saya pernah beli spring bed di Shopee, pengiriman pake mobil penjual langsung. Di sistem Shopee udah langsung proses, tanpa harus pake sistem antar nota pake ojol atau kurir lainnya.

        7
        1
        • 18 Februari 2022 - (18:06 WIB)
          Permalink

          Ga punya akun Shopee ?
          D Tokped juga ada sistem kurir sendiri , biasanya cuma toko besar sih. Toko kecil jual barang besar kebanyakan pakai sistem yang saya sebutkan diatas

          • 19 Februari 2022 - (00:50 WIB)
            Permalink

            Ini jelas seller abal2,masih dipelihara sama shopee,semakin hari blanja online kaga seperti dulu,banyak seller rating bagus tapi hasil tembakan,auto hapus aplikasi

            8
            2
          • 19 Februari 2022 - (06:03 WIB)
            Permalink

            Sama mending d tokped aja.. belum pernah bermasalah.. sempet sih ada masalah tapi bisa diselesaikan dengan adil.

          • 19 Februari 2022 - (22:27 WIB)
            Permalink

            Yang pada bilang mending disini aja mending disana aja dan mau uninstall aplikasi, tolong banget bener dilakuin yaa. Gausah belanja di shopee lagi.

            2
            1
      • 20 Februari 2022 - (15:15 WIB)
        Permalink

        Kalau kulkas ac lemari ya emng gitu ga ada ekpedisi yang bisa bawa jadi pakai kurir sendiri. Kalau ini ya driver grab yang bawa.
        Toko beras mana ada kurir pribadi.
        Banyak seller nakal berat nya dikecilin.
        Yang beli juga harusnya pake logika mana bisa motor bawa beras 3 karung

    • 18 Februari 2022 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Awalny curiga gan,tp Krn keadaan n waktu yg mepet Krn liat review ok jd aku beli tp ternyata penjualny penipu bahkan chat aku d blokir stelah penjual menang?

      • 18 Februari 2022 - (23:50 WIB)
        Permalink

        Lagian mbak nya gak punya pikiran..mau irit gak gitu caranya mbak…nyusahin driver namanya barang segitu berat pake sameday..pake instant aja ogah bawa driver apalagi ink pake sameday…

        12
        9
        • 22 Februari 2022 - (07:30 WIB)
          Permalink

          Iya mau kasian ga jadi. Org kek gini mah kelewatan abang ojol bawa brg seberat itu pake sameday pula. Gak mikir apa.

      • 22 Februari 2022 - (18:20 WIB)
        Permalink

        Iya aneh jg ya,bisa menang penjual terlihat tidak netral padahl penjual jg sudh melanggar peraturan dimensi dan berat barang,andai penjual membatasi tentu tidak ada pembeli yg beli banyak hanya org bodoh atau mungkn org dari toko penjual tersebut yg menyalahkan pembeli

    • 18 Februari 2022 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Itu beratnya 90 kg lebih, pake motor pula,,,tidak sebanding sama ongkosnya, ga kebayang kl bannya bocor, dorong motor kosong aja udah ngos ngosan apalagi bawaan segitu banyaknya,,ckckck

  • 18 Februari 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Beli beras 25kg x 2 karung pake sameday? Ngotak dong. Segitunya amat kikir sama ongkir, sekarang kena tipu.
    Batas sameday itu 7kg, kalau anda udah lihat toko yang manipulasi berat udah bisa dipastikan dia gak jujur. Dan anda malah ikut jadi komplotannya. Berharap ongkir murah atau bahkan gratis tapi kena tipu nih. Kasihan sekali. Woy Shopee blokir sekalian akun penjual & pembeli yang begini, bisanya mendzolimi driver aja. ?

    19
    11
    • 18 Februari 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Maaf gan,sy jg biasany ga begitu Krn ada keperluan buat hajatan dan sy liat review banyk d item beras 25 kg,mohon maaf sblmny jika sy d anggap mendzholimi driver???

      7
      3
    • 22 Februari 2022 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Setuju…Org kek gini mah pantes dikerjain. Ga kasian gw.. ga ngotak pesen brg kasian ini ojolnya. Gak mikirin org lain mau enaknya aja. Kikir kelewatan.

      • 22 Februari 2022 - (18:16 WIB)
        Permalink

        terimakasih ka sudh atas komentar subjektif dan sudah mendukung penjual penipu dan slalu memojokkan pembeli,,?

        2
        1
  • 18 Februari 2022 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Makanye tong jd orang jgn suka zolim ke orang lain, ente bisa mikir kagak itu beras 50kg pake sameday? Njirrr, instan aja udah gak masuk ketentuan beratnye.
    Gue sebagai driver ojol geram sama cs yang kek gini nih, sekarang kena tipu sama penjual rasain aje dah. Inget ye, kalo ente zolim sama orang lain yang kerja bener, ente bakal kena akibatnye. Tuhan itu ga tidur coy. ?

    5
    23
    • 18 Februari 2022 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Iya gan,maaf sblmny tp kenapa para driver ga ada yg protes k seller padhl penjualan seller itu banyk loh n reviewny lumayan,sy jg klo bukn Krn hajatan tidak akan sepert itu maaf jika membuat agan sbagai driver geram???

      6
      1
  • 18 Februari 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Jelas kena tipulah beras itu order per 1 sak karna berat dan gak mungkin pake sameday kecuali yg 5kg, sedangkan itu order sekali bnyk mau angkut pake gocar ? Anehnya adm sope juga gak paham masa iya barang segitu banyk pake sameday atau jgn2 ada udang dibalik bakwan

    10
    1
    • 18 Februari 2022 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Penjual yg memanipulasi berat. Seperti beberapa komentar diatas, biasanya berat 25kg cuma ditulis 1 kg, gitu.

      • 18 Februari 2022 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Justru itu harusnya seller kena sanksi karna manipulasi berat yang tdk logis masa barang segitu banyak diantar pake sameday, anehnya adm malah memenangkan penjual padahal dr berat aja sdh janggal barang segitu bnyk pake sameday mana mungkin dikirim kan

        13
    • 18 Februari 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Dan katany ada bukti valid dri penjual tp sy tidak d berikan padahal sy hubungi call center shopee tiap hari,

      7
      4
  • 18 Februari 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Biasanya kan ada fotonya pas angkut dan bisa di cek di aplikasi grab. Dan aneh aja beli beras hampir 75kg pake grabsend motor. Kalau 10kg masih wajar. Biarpun disitu seandainya ditulis 10kg jg mikirlah. Apalagi same-day. Instan aja jg gak bisa

  • 18 Februari 2022 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Seller yang memanipulasi berat tidak akan kena sanksi apalagi seller yang sudah ribuan produk terjual, memang untuk menghasilkan keuntungan besar bagi seller dan marketplace harus ada yang dikorbankan

    • 20 Februari 2022 - (03:40 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya sebagai driver Grab ketika mendapatkan order Express :
      Express Instant : Ketentuan berat maksimal 15 kg dgn dimensi 50 X 50 X 50 cm. Masih ada toleransi jika membawa 25 kg asal tdk melebihi dimensi ukuran. Kalo sdh melebihi keseluruhan ukuran & berat apalagi sampai meleebihi 1 barang, pasti saya cancel.
      Express Sameday : Ketentuan berat maksimal 7 kg dgn dimensi 40 X 40 X 40 cm. Masih ada toleransi jika membawa 10 kg asal tdk melebihi dimensi ukuran. Kalo sdh melebihi keseluruhan ukuran & berat apalagi sampai melebihi 1 barang, pasti saya cancel. Krn sameday paling sedikit membawa 5 barang dari 5 customer & paling banyak membawa 8 barang dari 8 customer.

      Pengalaman saya sebagai pembeli di ecommerce yg menggunakan layanan express mau pun sameday di tokopedia & shopee :
      – Di aplikasi ecommerce di status barang jika sdh di pick up driver akan tertera nama driver, no hp driver, plat nomor motor & type motor.
      – Lantas pihak operator Grab akan mengirimkan SMS berupa url jika di klik akan muncul foto driver, foto pick up barang, no hp, plat serta live track.

      Dalam kasus ibu sepertinya di cancel semua driver krn dari 1 customer sdh bawa banyak & barang yg berat. Belum pengambilan barang dari customer lainnya.

      Itu aja sih. Semoga masalahnya cepat terselesaikan

      • 20 Februari 2022 - (15:18 WIB)
        Permalink

        Iya gan,thanks masukanny tp d aplikasi keterangan terkirim oleh driver ketiga bukn cancel dan anehny penjual bilang yg bw bukn driver tersebut,hanya janggal aja d tambah penjual blokir chat sy?

        • 20 Februari 2022 - (15:37 WIB)
          Permalink

          Artinya karena penjual yakin tdk ada driver yg akan pick up. Mereka meminta orang lain utk mengirim. Ketika driver ke 3 datang, penjual meminta driver membawa angin (dijalankan tp tdk membawa apa-apa).

          • 23 Februari 2022 - (07:16 WIB)
            Permalink

            Fix berarti penjual paling salah dalam hal ini membohongi driver dan pembeli,ckckck

    • 18 Februari 2022 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Semoga saja gan,Krn rugi Skali sy hrus bayar sesuatu yg sy ga terima,dri kasus d tutup awal februari hampr setiap hri sy telp cs shopee ga ada kemajuan semoga dengan d tayangkan d media konsumen bsa d tanggapi serius?

      6
      1
  • 18 Februari 2022 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Ya sudah klo ts yakin banget ngga terima barang bikin aja laporan kepolisian, ajukan pasal penipuan tujuannya ke shopee, grab dan penjual, lampirkan jga bukti chat sama pemesanan nah abis GT upload lagi dah ke MK dengan judul baru, yakin seyakin2nya bakal kebakaran jenggot semua itu.
    Tapi inget, pastikan dlu semuanya clear, terutama di ojolnya setahu saya bukannya ada foto penerima barang ya

    Thanks

    • 18 Februari 2022 - (22:34 WIB)
      Permalink

      Justru itu,bukti valid yg katany penjual kirim k shopee aku ga d kash tau,mksd aku tuh bukti kuat pasti kn photo penerima atau nomor/nama driver yg bw,biar aku hub Krn hri itu aku stand by d rumah ga ada paket beras datang,
      Untuk ajukan k pengadilan nti dulu gan,tunggu tanggapan dri shopee 1 Minggu dri artikel ini tyang

      6
      2
      • 19 Februari 2022 - (07:05 WIB)
        Permalink

        Udah mending beli beras baru.. merrka ada poto dan valid..artinya barang di kirim dan di terima.. ini pum.akan sama di pengadilan.. elo mending beli beras baru..dan ingat seblum.masa complete selesai ajukan.perpanjamg garansi dan complain. Kalo tidak otomatis selesai semdiri
        . Paham

        • 19 Februari 2022 - (07:29 WIB)
          Permalink

          Iya gan,sudah tp Krn shopee memenangkan penjual otomatis aku harus bayar barang sesuatu yg aku ga terima,aku ga mw sepert itu

          2
          2
  • 18 Februari 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Sepertinya sellernya penipu nih, kalau tidak salah kenapa harus diblokir segala.
    Si orange makin hari makin banyak masalah terus ya hahaha

    6
    2
    • 19 Februari 2022 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Kalo seller penipu dengan manipulasi berat dan pake kurirs khusus kirimnya.. ya bisa dan ada.. tetapi bukan shoppe nya yg bermasalah bloon loe dungu.

      1
      11
      • 19 Februari 2022 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Dari cara berkomentar aja keliatan kok siapa yg bloon dan dungu.
        Keliatan ente kayak tamatan sd gk sopan dalam berkomentar.

  • 18 Februari 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Saran ajja .. klo mo beli sesuatu dalam jumlah besar dan banyak apalagi beras , baeknya belilah diwarung sekitar rumah terdekat , barangnya sesuai apalagi sipemilik warung pasti senang. Tertipu gak lah , karena kita bisa klaim cepat . Demikian brooi

  • 19 Februari 2022 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Itu grab atas nm lutpi apa sdh anda coba hubungi dia,.. Tapi memang di grab itu sheler ada melakukan pengirman loh, ntah apa yang dibawa nota/ apa harusnya ke lokasi ente om, jgn sekali2 konfirmasi barang sblm Terima barang yang dibeli krna itu akan memeprsulit kita untuk ajukan komplain

    • 19 Februari 2022 - (07:26 WIB)
      Permalink

      Nomorny ga bsa d hubungi gan,aku ga pernah klik terima maka dari itu aku ajukan komplain Krn keterangan sudh trkirim ,menurut penjual yg bw bukn atas nama lutpi tp kenapa bisa terkirim aneh

      2
      1
  • 19 Februari 2022 - (01:14 WIB)
    Permalink

    Tim penyidik shopee bobrok.

    75kg krm via grab apa kurirnya GK nyanyi? Padahal max 7kg

    ???

      • 19 Februari 2022 - (19:07 WIB)
        Permalink

        Biasanya kalo order udah ada yang di cancel terus anyep dah, lagian harga beras 75 kg gak sebanding ama manfaat dari akun ya Bang??.. salam 1 aspal

  • 19 Februari 2022 - (03:01 WIB)
    Permalink

    Di sopiii banyak penjual yg tidak jujur,ulasan bisavdi manipulasi,orang orang terdekat

    3
    1
      • 19 Februari 2022 - (10:55 WIB)
        Permalink

        Maaf kak, komplenan driver ga akan didengar oleh pihak market place, seller maupun grabnya sendiri
        Kalo driver cancel orderan langsung kena potongan gede ga peduli udah ngasi bukti dimensi/berat barang tidak sesuai, dan jadi susah dapet order

        Udah revolusi industri 4.0 tapi mental pelaku industrinya Masi banyak yg ga jujur

  • 19 Februari 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Seharusnya anda tracking itu status pengirimannya lewat aplikasi grab customer, biasanya akan ada notifikasi di app nya dan jg dpt sms klo akan ada paket yg dikirimkan utk anda, anda tinggal copy itu alamat url tracking yg ada dishopee lalu buka lewat browser, nanti akan langsung ke aplikasi grab utk memunculkan status pengirimannya, biasanya linknya jg ada didlm sms yg dikirimkan oleh grab tp itu hanya jika nmr yg anda pakai dishopee sama dgn nmr yg anda pakai diaplikasi grab customer aja.

  • 19 Februari 2022 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Mau tanya mbak.
    saat pengiriman sempat di tracking nggak lewat aplikasi grab?

    Soalnya ini urusan pengantaran.
    coba aja mbak tanya ke grab, perihal pengiriman barang,
    biasanya grab lebih ramah kalo ke customer…

    mereka yg bisa cek bukti perjalanan dan foto ambil barang dan antar barang.

    kalo ternyata pengiriman palsu complain lagi ke shopee.

    itu saran saya
    Semoga ada perkembangan..

    • 20 Februari 2022 - (01:02 WIB)
      Permalink

      Pihak grab sudh menghubungi sy dan berkat juga penjual tidak kooperatif dan susah d hubungi gan,makany aneh tiba tiba d menangkan penjual?

      3
      1
  • 19 Februari 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Penulis di jakarta utara. Jakarta utara loh bukan dusun, udah kota besar itu jakarta utara. Pasti penjual beras di tetangga sekitar banyak. Mol mol juga banyak.

    Katanya buat hajatan. Berarti butuh urgent donk? Kalau bisa detik ini juga sampai.

    Eh belinya di tokopedia. Tokopedia kan harus searching searching dulu. Pilih yang bagus lah, yang murah lah, kalau bisa pakai vocer ya pakai vocer.

    Eh sayangnya otak penulis kepleset dengan keserakahannya pakai gojek sameday untuk 90 kilo. Sameday loh dimana bisa 6 jam tiba. Coba lu lihat ucapan mulut lu, “buat hajatan”. Maksud lu buang hajat ya?

    Wakakakakakak….

    Udah jadi korban, masih aja ngeles dengan hajatan. Hajatan apa yg harus nunggu 6 jam??? Lu ke mol paling PP udah 2 jam.

    Makanya itu otak dipakai yang bener. Teralu nafsu dan serakah lu. Sekarang rasakan akibatnya. Ini namanya INSTANT KARMA.

    Wakakakakak…

    Lu berharap nasib gw bakal kayak elu? Gak akan, karena otak gw dipakai buat mikir. Gak kayak otak elu….

    2
    7
    • 20 Februari 2022 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Maaf ya,jika anda mewakili penjual jadi marah dan ketahuan menipu,tolong bilang kepada yg bayar anda kenapa chat sy d blokir?
      Dan sy beli d shopee baca baik baik bukan Tokopedia kasian jd kliatan malas baca dan maaf sy bukn cri musuh??

      3
      3
    • 22 Februari 2022 - (19:57 WIB)
      Permalink

      STEVAN ini orang kalo komen di mk selalu gak pakek otak..ngacor kayak knalpot telo.
      bacot lo ?

  • 20 Februari 2022 - (03:40 WIB)
    Permalink

    Mau itu tokopedia, shopi, bulalapak, dll, kan intinya itu lu sama sama harus searching, cari yg bagus menuru elu, dan kalau bisa pakai vocer. Lalu beda nya apa platform diatas? Bedanya cuma nama aja. Sistem lu beli itu sama.

    Udah tau serakah, eh malah hajatan lu jadi kan alasan. Tidak masuk akal antara sameday dan hajatan. Dimana sameday itu bersifat santai, hajatan itu bersifat urgent.

    Lah lu urgent tapi maunya santai, kalau bisa free ongkir 90 kilo. Wakakakakak…

    Semoga aja duit lu kembali ya. Ya semoga aja. Lain kali jangan kayak gini ya nak, kalau urgent gunakan akal sehat dan hilangkan sifat serakah.

    Wakakakakakak…

    Btw gw suka melihat penderitaan orang serakah.

    1
    8
    • 20 Februari 2022 - (07:26 WIB)
      Permalink

      Mantab gan,akhirny perwakilan penjual keluar suarany,klo anda sudah salah n darurat membaca jgn d teruskan sy tidak bilang buru buru hanya saja paket keterangan terkirim dri siang tapi sampai sore belum sy terima sampai sini paham ?
      Klo belum wajar anda membenarkan dan membela penjual penipu dan kurir yg sudh menyatakan paket terkirim tp belum sampai,sy sudahi saja debat ini ya kasian klo d perpanjang makin keliatan membela membabi buta anda walau jelas keliatan salah ?

      3
      2
  • 25 Februari 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    update terbaru setelah sy d mintai rekaman layar video aplikasi gojek,krn katany antara menurut pihak shopee atau penjual sy memesan kurir pribadi,setelah sy kirim riwayat dan tidak ada pesanan apapun untuk gosend maupun goshop,
    pihak shopee secara sepihak tetap memenangkan penjual,apakah seperti ini keputusan tim mediasi yg d miliki perusahaan sebesar shopee,mengecewakan!!!

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 73 komentar sampai saat ini..

Beli Beras di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Paket…

oleh Sandra Dewi dibaca dalam: 1 menit
73