Program Pasca Bayar Indosat Menyesatkan

Saya pengguna kartu Indosat. Bulan lalu saya kehilangan hp beserta nomornya. Alhasil, setelah lapor polisi, saya harus mengurus nomor hp, yang saat ini rasanya sudah lebih penting daripada nomor KTP. Saya menggunakannya untuk berbagai akun aplikasi, mulai dari bank, pesan makan, transportasi, dan lainnya. Saat proses pergantian di Gerai Indosat, saya ditawarkan migrasi ke program pasca bayar Indosat.

Sepengetahuan saya, program pasca bayar berarti bayar setelah pemakaian. Namun ternyata pada praktiknya, saya tetap harus bayar pulsa setiap mau tambah kuota, alias PRA BAYAR! Selain itu, paket-paket promosi yang biasa saya beli dengan kartu pra bayar tidak berlaku pada kartu pasca bayar saya. Misalnya ketika pesan extra kuota dengan *123# yang jelas-jelas tulisannya 30 ribu untuk 15 GB, pulsa saya hanya dipotong sebagian (tak sampai Rp30 ribu), tapi hanya ditambah 1 GB.

Pertama kali saya pesan, saya tak menyadari hal ini. Namun setelah beberapa kali pesan, akhirnya saya telepon protes ke customer service Indosat (185) baru saya dijelaskan bahwa paket extra kuota yang saya pijit di +*123# tidak berlaku, yang ada hanya Rp40 ribu untuk 5 GB.

Ini yang tidak diberitahu oleh sales di Gerai Indosat. Padahal pada kartu pra bayar, saya bisa menikmati hingga 50 GB untuk Rp100 ribu. 400% bedanya! Tentu saya protes dan minta dikembalikan ke program pra bayar.

Hingga saat ini saya belum menikmati pasca bayar, karena saya masih harus isi pulsa seperti biasa untuk bayar paket yang tidak terdaftar sama sekali di aplikasi Indosat Ooredoo. Dikatakan pula oleh CS Indosat, bahwa saya terikat kontrak 3 bulan sebelum saya bisa migrasi balik.

Saya rasa program pasca bayar Indosat ini tidak jelas, rancu, bersifat menjebak dan bahkan menipu. Saya berharap dengan surat ini orang-orang yang memakai kartu Indosat berhati-hati jika ingin migrasi ke pasca bayar, selain lebih mahal, biaya-biaya juga tidak jelas. Tidak ada pemberitahuan ketika membeli extra kuota atau apa pun.

Saya rasa perlu ada aturan lebih ketat pada operator seluler untuk hal seperti ini. Pasalnya, nomor handphone sudah sangat terikat pada tiap-tiap individu, bahkan kadang lebih penting dibanding nomor KTP.

Aditya Mahario
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:93    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Program Pasca Bayar Indosat Menyesatkan

    • 2 April 2022 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Tks min. Tulung kembaliin aja ke pra bayar. Rugi2 dikit gpp tapi lebih praktis dan jelas

      1
      1
      • 2 April 2022 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna Indosat pasca bayar lebih dari 20 tahun, kalau menurut saya sekarang ini memang tidak ada benefitnya pakai pasca bayar dibanding prabayar.

        Malah pengguna pasca bayar cenderung dianaktirikan, misalnya di prabayar ada berbagai pilihan paket internet baru dengan harga lebih murah dan kuota lebih besar yang hanya berlaku buat pengguna prabayar, sementara pasca bayar harus stuck dengan pilihan paket harga lama.

        Masalah beli paket harus isi pulsa dulu (seperti pra bayar), sepertinya ini karena billing tidak auto debet.
        Sepertinya ini berubah sejak beberapa tahun lalu, nomor istri saya sama2 pasca bayar tidak bisa beli2 di google play store kalau tidak isi pulsa dulu karena billingnya tidak auto debet.
        Sedangkan nomor saya tetap bisa beli2 di play store karena billing saya auto debet.

        5
        2
  • 2 April 2022 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Tks pada Mimin Indosat yang cepat tanggap membantu masalah saya. Tks Mbak Vita yang susah2 nelponin saya padahal weekend.
    Kartu saya sudah dikembalikan ke pra bayar plus semua biaya yang telah saya bayar juga tidak hangus dan bisa digunakan seperti biasa.
    Saya kira program pra bayar Indosat sudah sangat baik, tak perlu migrasi ke pasca bayar segala. Toh channel pembayaran pulsa maupun data sudah sangat banyak. Baik mbanking maupun pihak ketiga seperti gopay, dana dll. Tks Media konsumen telah membantu menyelesaikan kesulitan saya.

    1
    1
    • 2 April 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Serius dari pasca bayar bisa balik ke pra bayar? Waaahhh, harus dicoba ini

      Bener seperti komen di atas pake pasca bayar kayak anak tiri, bahkan ini sudah terjadi sejak dulu kala
      Saat pelanggan pra bayar dibombardir promo² murah, pelanggan pasca bayar hanya bisa gigit jari

  • 2 April 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    sebenarnya kartu mu itu bukan pascabayar, tp Propaid….

    saya juga kgk ngerti dgn Customer service di Gerai Indosat, …

    saya jg pernah ingin mengganti SIM card lama saya ke SIM card baru ( Karena yg lama itu chip nya besar) jd gk bisa dipotong menjadi nano sim Card…

    CS di gerai indosat meminta saya utk membeli paket data utk pergantian simcard.. saya setuju ajah … eh ternyata bukan pembelian paket data .. ternyata no saya di rubah dr Prepaid (prabayar) menjadi Propaid.. yg harga kuota nya lebih mahal dan kagak bisa beli kuota promo

  • 4 April 2022 - (06:29 WIB)
    Permalink

    Berbagi pengalaman juga yg hampir sama tp kebalikanny, waktu itu ibu saya kebetulan lupa perpanjang masa aktif kartu pra bayarny sampai akhirnya kartu itu mati atau kadaluarsa. Dan karna no hpnya itu penting banget serta sudah banyak org yg tau jadiny ibu saya inisiatif dtg ke gerai indosat. Sampai gerai indosat untuk aktifin kembali kartu PRA BAYAR nya ibu saya di kasih kartu Pasca Bayar terlebih dahulu dan kontrak 3 bulan dgn biaya yg lumayan. Nah setelah 3 bln sesuai kontrak berakhir ibu saya dtg ke gerai lg dgn maksud mau mengganti kartunya dr PASCA BAYAR ke PRA BAYAR seperti awalnya tp ternyata untuk penggantian kartu dr PASCA BAYAR ke PRA BAYAR masih di kenakan biaya lg klo tdk salah 200-300rb dan harus isi pulsa minimal 25rb. Apa memang dr indosat ada peraturanny sprt ini, klo ada tlg di kasih tau aturanny yg mna? Mksh

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Program Pasca Bayar Indosat Menyesatkan

oleh aditya dibaca dalam: 1 menit
11