SOP Pelayanan Gerai Indosat Makassar dan CS 185 Sangat Amburadul

Saya adalah pelanggan IM3 Indosat Ooredoo dengan nomor 0856 9666 64**. Saya sudah sangat lama menggunakan nomor ini dan beberapa saat belakangan ini saya cukup suka dengan kekuatan sinyalnya dan kecepatan internetnya. Bahkan saya sempat punya sahamnya karena kenaikan sahamnya lumayan signifikan, walau sudah saya jual. Saya pikir pelayanan dan kualitas Indosat mulai membaik.

Singkat cerita pada hari Sabtu 9 April 2022, saya mengunjungi Gerai Indosat di jalan Ahmad Yani ini untuk mengganti kartu Indosat saya yang tipe lama (macro SIM) ke nano SIM. Saya dilayani oleh CS yang bernama Tiwi. Pelayanan cukup baik waktu itu, saya difoto dengan KTP untuk kebutuhan ganti kartu dan diberikan nomor CS, jika suatu saat saya butuh bantuan. Karena gerainya lumayan jauh dari tempat saya kerja ataupun rumah saya.

Saat pergantian saya diberitahu bahwa, nomor saya akan diblokir telepon dan SMS-nya selama sehari. Jadi saya mengabaikan saja nomor ini sampai hari Senin, karena tidak bisa juga dipakai. Hal aneh terjadi saat saya aktifkan nomor saya di hari Senin, kartu Indosat saya tidak ada sinyal. Segera saya menghubungi CS 185, tapi mereka sama sekali tidak bisa selesaikan masalah saya, katanya tidak ada permintaan ganti kartu.

Gimana bisa tidak ada? Lah saya sudah dikasih kartu baru sama CS-nya! Saya baru ingat saya ada nomor CS yang melayani saya kemarin, setelah saya hubungi nomor saya. Akhirnya dapat sinyal kalau tidak salah Senin sore atau Selasa sore, tapi belum bisa melakukan SMS dan telepon. Pada hari berikutnya telepon di nomor saya sudah aktif, namun SMS-nya belum masih diblokir. Saya coba telepon ke 185 katanya masih diblokir. Saya tanya kenapa mereka tidak bisa menjawab dan membuatkan laporan untuk membuka blokirnya di 1×24 jam.

Tiga hari berikutnya saya menelepon kembali ke 185, untuk menanyakan terkait laporan saya dan katanya silakan restart HP-nya. Sebuah saran yang sangat fenomenal, padahal masalahnya ada di mereka, SMS saya diblokir. Saya kembali menjelaskan ke CS dan sekali lagi dibuatkan nomor pengaduan.

Seperti biasa, saya kemudian menelepon lagi dan katanya pihak gerai Makassar tidak merespons permintaan dari CS 185. Saya sungguh bingung, SOP mereka seperti apa? Kok bisa harus ada respons/konfirmasi dari Gerai Indosat Makassar? Kalaupun harus, kan ini sudah diajukan dari Makassar? Lalu kenapa harus minta konfirmasi lagi dari Makassar?

Saya selalu menghubungi CS dua hari sekali dan nomor laporan saya sudah ditutup dengan keterangan minta konfirmasi dari Makassar. Namun mereka belum bisa mendapatkan konfirmasi dari Makassar. Sedangkan Mbak CS yang di Makassar sangat tidak bisa diajak kooperatif dalam menyelesaikan masalah saya. WA saya dibalas seadanya dan saat saya hubungi beberapa hari terakhir WA saya sudah tidak dijawab.

Gerai Indosat Makassar tempat saya ganti nomor pun seakan lepas tangan, tidak menanggapi konfirmasi dari CS pusat. Karena laporan demi laporan dibuat, tapi tidak bisa menyelesaikan masalah. Pelayanan macam apa ini kota besar seperti Makassar pelayanan gerainya amburadul, serta CS-nya gak bisa jawab pertanyaan saya.

Kenapa nomor saya masih terblokir? Padahal saya sudah melakukan semua syarat dari gerai dan Indosat 185. Semua pekerjaan saya terkait OTP dan lainnya yang melalui SMS, tidak bisa saya gunakan. Semoga ini jadi pertimbangan bagi para petinggi atau pejabat di Indosat, jika memang masih ingin berkompetisi di pasar operator seluler Indonesia atau hanya ingin jadi pecundang saja di pasar operator Indonesia. Saya pun juga mempertimbangkan untuk menutup nomor ini jika memang Indosat tidak mengizinkan saya menggunakan nomor dari mereka.

Pelayanan jaman CEO Alexander Rusli saja lebih bagus dari sekarang. CEO-nya gampang di-mention di Twitter dan bisa mengetahui keluhan pelanggan yang sudah kusut seperti ini. Semoga pelayanan Indosat bisa balik seperti dulu. Khusus untuk Gerai Makassar, tempatnya aja yang nyaman, pelayanannya NOL BESAR.

Dedy Aswan
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo Hutchison:
[Total:9    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “SOP Pelayanan Gerai Indosat Makassar dan CS 185 Sangat Amburadul

  • 25 April 2022 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo ke gerai Indosat, Anda akan ditipu untuk beli paket pasca bayar, entah itu ngurus kartu hilang atau ganti SIM card. Tapi kok ini enggak ya? Tapi saya yakin permasalahan ini akan terselesaikan setelah dipublikasikan di mediakonsumen.

  • 27 April 2022 - (01:25 WIB)
    Permalink

    Ini indosat ada apa yah???

    Kmren sya pake data indosat selama setahun dan tiba waktunya masa aktifnya udah selesai dan sya ke kantornya untuk melakukan pemblokiran/tidak di perpanjang lagi dan tiba” sya dpt telepon katanya sya ada tunggakan sebesar 320an rb dan anehnya mnurut sya ini kartu sya bayar lngsung selama setahun dan pemblokiran sya lakukan pada bln September 2021 dan baru dpt kbar klo sya ada denda di tgl 25 April 2022

    Ini sdh 7 blanan loh bru sya di hub

    Klo mank sya ada denda knp bkn sebulan dua bulan setelah ada denda sya di hub…

    Tolong tanggapan dri pihak indosat…

    Terimakasih

  • 24 Mei 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Perwakilan indosat sudah menghubungi saya.. di tanggal 26 April baik dari makassar maupun jakarta… dan sudah di selesaikan saat itu…

    Perwakilan jakarta di tanggal 26 april, pada sore hari intens melakukan komunikasi dengan saya perwakilan bernama Yoel Eliezer bahkan memberikan saya pulsa gratis senilai 100 ribu rupiah sebagai bentuk apresiasi/permintaan maaf mengenai kajadian diatas.

    selajutnya perwakilan indosat makassar bu Herlina juga intens berkomunikasi dengan saya sejak tanggal 26 april bahkan di tanggal 27 april beliau datang ke kantor saya untuk memberikan percel lebaran/Hadiah walau saya tidak ada di kantor. selanjutnya kami beberapa kali janjian untuk bertemu namun karena kesibukan masing masing, sehingga pertemuan baru bisa terjadi pada tanggal 22 Mei untuk menjelaskan kejadian kemarin dan juga silaturahmi.

    pak Yoel dan Bu herlina merupakan contoh pelayanan yang baik bukan karena pemberian mereka … tapi dedikasi mereka menjalankan pekerjaan dan membangun komunikasi dengan customer yang menurut saya sangat baik. bahkan bu herlina sampai menyempatkan dihari liburnya untuk bertemu saya di salah satu Mall di Makassar karena saya sedang berada disana. disana bu herlina dengan meminta maaf dan mengklarifikasi kejadian kemarin serta dengan semangat memberitahu kemajuan Indosat khususnya di kota makassar yang jaringanya bisa dikatakan nomor 1 untuk ke stabilan dan kecepatan dimana menurut saya bukan isapan jempol belaka karena hal tersebutlah yang membuat saya bertahan mengunakan nomor indosat saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

SOP Pelayanan Gerai Indosat Makassar dan CS 185 Sangat Amburadul

oleh Dedy Aswan dibaca dalam: 2 menit
5