Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee, Padahal Sudah Dikirim dan Diterima oleh Pembeli

Saya mendapat pesanan di Shopee dengan nomor: 220505D2614BA0, pada tanggal 5 Mei 2022. Pesanan dikirim tanggal 6 Mei 2022, dengan ekspedisi Shopee Express Standard, nomor resi: SPXID022835660945, pengiriman dari Bandung ke Cirebon. Kejadiannya pembeli tidak ada di tempat saat kurir mengantar barang tanggal 8 Mei 2022, dan akan dikirim hari berikutnya.

Singkat kata, pelacakan resi tersebut menjadi tidak jelas status paket di mana. Sehingga saya inisiatif pada tanggal 18 Mei 2022 pagi kontak pembeli, agar standby menerima paket. Pembeli langsung menjawab siap. Saya pun kontak CS Shopee untuk memaksimalkan pengantaran.

Tanggal 18 Mei 2022 siang, saya dapat update di aplikasi Shopee bahwa pesanan tersebut dibatalkan sistem, karena pengiriman gagal dan pelacakan update menjadi: Paket sudah dikembalikan ke pengirim.

Namun pada tanggal 18 Mei 2022 malam, pembeli kembali chat saya dan memberi info bahwa paket sudah diterima tanggal 9/10 Mei 2022. Yang menerima ibunya, karena ybs sedang tidak di rumah dan ibunya lupa memberitahu ybs. Chat dengan pembeli dan bukti paket sudah diterima pun ada.

Saya langsung lapor ke CS Shopee dan minta komplain saya tadi pagi di-update untuk pencairan dana hasil penjualan.

Yang aneh di sini, tracking resi di aplikasi Shopee beda dengan web Shopee Express. Di web Shopee Express, tracking hanya ada sampai tanggal 9 Mei 2022 dan statusnya masih dalam pengantaran. Mengapa bisa muncul update “Paket sudah dikembalikan ke pengirim” di aplikasi Shopee?

Saya merasa Shopee seakan ingin menipu saya. Karena tanggal 19 Mei 2022 pagi, saya dapat update atas laporan saya, menyatakan paket telah dikembalikan. Padahal baru tadi malam saya kirim bukti bahwa paket sudah diterima pembeli. Langsung saya lapor kembali ke CS dan seperti biasa CS Shopee hanya bisa jawab ditunggu.

Apakah ini trik Shopee untuk mencurangi dana hasil penjualan? Betapa aneh, padahal ekspedisi dari Shopee juga, tapi tidak ada koordinasi, sehingga datanya bisa beda. Atau memang sengaja dimanipulasi untuk mencurangi penjual? Per tanggal 22 Mei 2022, status laporan saya ditutup Shopee tanpa penjelasan/solusi. Jadi saya tidak ada pilihan, selain mengunggah kasus ini di media sosial.

Saya tunggu pertanggungjawaban Shopee untuk mencairkan dana hasil penjualan nomor 220505D2614BA0. Terima kasih.

David Philander
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:96    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee, Padahal Sudah Dikirim dan Diterima oleh Pembeli

    • 24 Mei 2022 - (17:29 WIB)
      Permalink

      Cod gan, dan pembeli bilang sudah bayar ke kurir. Transaksi yg suka digagalkan shopee semua cod gan, kalau bukan cod hampir ga pernah gagal sih.

      • 24 Mei 2022 - (19:31 WIB)
        Permalink

        Oh, pantes… Apa uang pembayaran COD-nya gak disetorin sama kurirnya yah? Seperti surat yg sebelum ini, kasusnya mirip cuman beda ekspedisi aja.

  • 24 Mei 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Ga usah kaget soal itu gan,shopee mah sudah biasa mainkan sistem,orang2 dalemnya pada kurang ajar semua,akun gw aja di bekukan sama shopee,atas nama muplihun1987 dengan nomer ponsel 0858904079** padahal ada saldo di situ,kita doakan saja supaya shopee segera balik ke singapur

    16
    4
  • 24 Mei 2022 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Ga usa kaget, Shopee mah akan menangin seller besar kl yg komplain buyer individu. Dan menangin buyer kl yg komplain seller kecil kek situ. Dia mainin duit tipuan emang. Hasil komplainan. Dan ekspedisi ga akan pernah salah baik ekspedisi nya dia sndr maupun vendor yg kerjasama ma mereka. Coba aja cek d MK keluhan ttg Shopee. Satu lagi yah, requirement utk jd CS Shopee itu harus pembohong. Mereka akan bohong kl seller/buyer ga bs dkontak, d luar jaringan, sudah paham, dsb nya. Pdhl nlp juga engga.
    Mending ga usa pake Shopee lagi drpd dikerjain terus sm mereka. Isinya tukang tipu semua

    22
    7
    • 24 Mei 2022 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Bener dia itu gk mau tlpn, cm akal²an cs aja akan dtelpon biar cepat sls. Nyatanya paling miscall doank, trus abs itu diemail blg sambungan terputus gagal / tdk bs dhuhungi. Cs shopi mmg terkenal penipu. Itu cm alibi dia yg tkt telpon kita, lalu kirim email noreply jawaban normatif tok. Ditelpon sekalipun yg telpon tu kyk anak² yg bicara, ngmg aja gk tegas, terbata² dan cm mengulang² jawaban di chat, buat apa coba ? Seolah tertekan nelpon kita. Ni apk hati² lho, shopi tu menjerat.

    • 24 Mei 2022 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Shopee sekarang sudah bobrok emang, CEO nya aja udah colaps 250 triliun
      Sistem ngebut yang jadi korban transaksi penggunaannya.

  • 24 Mei 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Mmg hancur shope
    Yg di India sma Francis uda tutup
    Yg indo tgu waktu ja

    Saran sbg seller gak usah pke COD2 jg, carik kerjaan yg ada

    7
    2
    • 24 Mei 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Yg bakal segera tutup itu bukalapak kemungkinan. Coba tanya para seller, penjualan tertinggi dimana, shopee dan toped, bukalapak ancur.

      4
      1
    • 24 Mei 2022 - (17:30 WIB)
      Permalink

      Saya sempat off cod, tapi transaksi menurun drastis. Bnyk yg chat minta cod.

      • 24 Mei 2022 - (21:12 WIB)
        Permalink

        Sekedar saran buat Ts. Ga ush takut order nurun krn tdk aktif cod. Buka peluang dtempat lain yg jg melindungi penjual dan pembeli secara berimbang. Sopi,lajada, jelas rame krn cod nya, padahal disitu bnyk kelemahan hingga dimanfaatkan oknum. Maaf² sy aktif belanja di eccomerce, beli brg terbanyak sy >10jt dtokonya aktif cod, tp gk sy pake. Dan tentunya ga dshopi. Ecommerce sebelah. Sopi udh lama gk sy pake, krn dulu pernah beli brg mmg dsopi nih aneh contoh ya misal kita mau beli brg liat iklannya taunya ya brg Baru. Tp mmg ga ada keterangan brg baru/bekas/rekondisi/repack dsb. Akhirnya dpt brg repack, dan itu dibenarkan cs nya yg super bego katanya tdk ada bedanya brg BARU/BNIB dan REPACK jd tdk bs dkomplain krn dideskprisi pun tdk djelaskan . Bknkah itu namanya menjebak pembeli ? Kapok sy lngsg sy tutup akun sopi.

  • 24 Mei 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Aplikasi shopee memang buruk banyak masalah di aplikasinya, duitnya sudah habis untuk bayar artis KPop sementara aplikasinya tidak dibenerin.

    8
    1
  • 24 Mei 2022 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Shopee tidak salah menurutku, pesanan smapai tanggal yg ditentukan tidak diterima, ya dibatalkan. Dan yg membatalkan sistem bukan karyawan shopee. Kalau mau menyalahkan adalah jasa kirimnya, lebih tepatnya lagi kurirnya yg tidak segera update status pengiriman.

    4
    10
    • 24 Mei 2022 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Iya betul sih jasa kirimnya yg awalnya ga update status paket hingga berujung seperti ini, tp jasa kirimnya shopee express jd komplennya via cs shopee jg yg manusianya payah2

      6
      1
        • 25 Mei 2022 - (21:27 WIB)
          Permalink

          Tapi kan masih terafiliasi dgn shopee, komplainnya aja sama ke cs shopee, tidak dipisah, jd sama ngadepin csnya yg super tolol, saya ngomong apa, nangkepnya apa, ga lulus sd kayanya.

          2
          1
    • 24 Mei 2022 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Nanti keenakan shopeenya untung terus dari kejadian2 seperti ini gan 😄😄

      11
      1
  • 24 Mei 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Yg salah itu bukan Shopee nya, tapi kurirnya yg salah input resi update status pengiriman, sistim Shopee kan otomatis mengidentifikasi dari status pengiriman, jika status pengiriman “paket akan dikembalikan ke pengirim” Otomatis pesanan akan dibatalkan, karena itu terlacak return, jadi yg salah disini si kurirnya, gak bener memberikan info input resi pengirimannya.

  • 25 Mei 2022 - (02:07 WIB)
    Permalink

    pernah punya kasus yg sama, tapi pake j&t, ceritanya buyer belikan sodaranya yang di pondok, status paket sudah diterima, cuman pin lokasinya yg tidak sesuai alamat, buyer complain dan sy ajukan banding karena status udh diterima, klo memang beneran tidak sampai, yg wajib ganti adalah j&t, bukan sy, menurutku fungsinya marketplace di sini, harusnya menghubungkan kami dengan ekspedisi juga, eh final nya CS bilang klo belum ada konfirmasi ekspedisi, dana dikembalikan k pembeli (berdasarkan batas waktu penyelesaian, sekitar 2 hari), trus sy disuruh konfirmasi ke j&t ttg masalah tsb, lha trus apa fungsi mereka? kenapa mereka kerjasama dgn j&t kalo hal macam ini aja ga jelas, selang bbrp hari (setelah pengembalian dana disetujui) buyer konfirmasi klo barangnya ternyata emg sudah diterima (lha kenapa ga dari awal aja ditanyain ke sodaranya udh nerima barang apa belom), akhirnya dia transfer manual ke rek sy, jujur semakin ke sini semakin ga jelas fungsi CSnya ngapain

    • 25 Mei 2022 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Iya cs shopee dan “tim terkait” nya itu pemalasan memang, ga tau di kantor ngapain aja. Tidur kali. Bisanya cuma jawab, akan disampaikan ke tim terkait.

  • 25 Mei 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Si shopie mmg org dlm nya nakal2 krna mereka jg pekerja out sourching jd mereka tau kelemahan sistem soppie
    #uninstall aja soppie

  • 25 Mei 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Akun Shopee saya malah enga bisa ditutup padahal semua sudah saya kosongin saldo diakun tsb. Alasannya enga jelas enga bisa tutup akun malah disutuh logout aja enga usah login gimana. Kan nomor telp data dll nyangkut diakun itu donk udh males pakai shopee

  • 25 Mei 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Datangi kantor shopee nya,
    Jk yg di Jkt utk cs ada di Pakuwon,
    Utk operation ada pacific place scbd.

    Pengajuan pengembalian dana sy dibatalkan shopee via email tanpa konfirmasi dan saya bisa argumen.

    Lalu saya chat dan email jk dana tdk dikembalikan dan tdk ada yg hubungi saya sampai tgl. 18 mei jam 9 pagi saya akan hubungi christin xxxxxx, yody xxxxxx, dina xxxx, handika xxxx dan top manajemen shopee lainnya,
    Saya akan datangi kantor shopee dan bongkar semua kebusukan oknum karyawannya.

    Akhirnya masalah saya dibuka dan diproses kembali oleh shopee.

    Selama kita benar kita harus hadapi,
    Memang efeknya akan ada waktu dan biaya yg terbuang tp itu tdk sebanding dengan kepuasan hati yg saya dapatkan.

    1
    2
  • 26 Mei 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Masalah yang berseliweran banyak di media konsumen akhir2 ini banyak didominasi yang berhubungan dengan shopee. Patutny segera berbenah dari semua lini sebelum di tinggalkan konsumen.

    Kalo misalkan tidak mau berbenah gampang akuisisi aja media konsumennya biar tidak banyak laporan yang muncul kepermukaan dan diketahui masyarakat. Xixiixix

  • 28 Mei 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Kasus ini sudah selesai, pihak shopee telah mencairkan dana hasil penjualan. Terima kasih atas semua yg sudah komentar di sini, dan semangat perjuangkan hak kalian jika kalian benar, jangan menyerah.😊

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee, Padahal Sudah Dikirim dan Diter…

oleh Lucy dibaca dalam: 1 menit
30