Penyelesaian Klaim di Pusat Resolusi Shopee yang Berbelit-belit Tidak Kunjung Selesai

Kronologinya, seorang pembeli saya di Shopee (dengan ID: misswhitening) order pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 09.00 WIB. Lalu pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 15.06 WIB, customer chat mau batalin orderannya dan mau bikin orderan baru. Pukul 15.17 WIB pada hari yang sama, kami memberitahu bahwa tidak bisa cancel orderan, karena paketnya sudah dibawa oleh kurir, tapi tetap customer ini ngotot minta cancel.

Kami pun tidak bisa berbuat apa-apa, karena paket tersebut sudah dibawa kurir yang melakukan pick up ke tempat kami. Namun tiba-tiba pada pukul 15.43 WIB, customer ini chat ke kami memberikan screenshot penilaian produk yang dia beli sebelum-sebelumnya. Customer ini memberikan bintang 1 dengan memberikan ulasan mengenai orderan-nya yang tidak bisa kami cancel.

Saat itu juga kami memutuskan untuk memblok customer seperti ini, agar tidak bisa membeli produk kami lagi.

Lalu pada tanggal 25 Mei 2022 pukul 14.15 WIB, kami mendapatkan notifikasi bahwa pembeli melakukan komplain karena barang diterima dalam kondisi rusak dan mengklaim bahwa pembeli punya video unboxing. Kami pun memberikan bukti video dan foto produk sebelum dikirim dalam keadaan baik (seperti yang diminta Shopee). Akan tetapi sampai saat ini pembeli belum juga meng-upload video unboxing tanpa jeda setelah produk diterima, dan hanya memberikan foto produk saja.

Setelah 5 kali order tidak ada masalah, ketika permintaan cancel orderan tidak dipenuhi, lalu secara tiba-tiba bilang bahwa barangnya diterima dalam keadaan rusak. Kemudian mengklaim punya video unboxing ketika produk diterima, tapi tidak juga di-upload.

Selain itu, setelah kami perhatikan foto yang diberikan oleh pembeli, terlihat sepertinya segel plastik yang melapisi kemasan atas itu sudah dibuka Di kolom diskusi pun si pembeli mengkonfirmasi bahwa dia memang membuka plastik shrink pelindung barang tersebut. Harusnya kalau memang gak mau terima, ya gak usah dibuka itu plastiknya.

Kami pun sudah mendapatkan informasi WhatsApp dari pihak ekspedisi (SiCepat), mereka bilang bahwa paket tersebut ketika diterima pertama kali dalam kondisi baik.

Sampai berita ini dituliskan, dana penjualan kami masih ditahan oleh pihak Shopee. Anehnya di status update terakhir dari tim Shopee , masih meminta hasil investigasi dari pihak ekspedisi. Padahal pihak ekspedisi sudah memberi kabar bahwa barang tersebut diterima pertama kali dalam keadaan baik.

Sungguh aneh tapi nyata KUALITAS TIM KLAIM SHOPEE ini.

Ade Rohdiati
Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:44    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Penyelesaian Klaim di Pusat Resolusi Shopee yang Berbelit-belit Tidak Kunjung Selesai

  • 4 Juni 2022 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Mending buyer begini di blacklist semua marketplace, bosen hidup tapi nyusahin orang lain

    16
    2
    • 4 Juni 2022 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Waduh, di cek @ buyer rupanya ngejual produk obat-obatan yang engga dilabel resmi, kok belum diurus sama shopee?

      • 5 Juni 2022 - (14:36 WIB)
        Permalink

        Bnr bgt kita minta return barang dan pengembalian dana ajj ga bs, padahal barang yg dtg tidak sesuai ukurannya dengan diskripsinya. Pihak shopee terlalu berbelit” pokoknya utk pembelian pakaian dan celana jgn dishopee krn kita tdk bs return.
        Lbh baik dilazada barang tdk sesuai dgn diskrpsi dan barang beda dgn digambar bisa di tukar tanpa berbelit” utk pengembalian dananya pun cepat bgt.

    • 5 Juni 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Aduh shopee lagi shopee lagi,udah lah e commer bukan shopee doang kali,masih ada lazada,jd id,blibli,tokopedia,bukalapak ngapa masih pake aja sih yg ratingnya paling kecil di indonesia,gw itu pengguna yg kecewa berat sama shopee,kebanyakan komplain akhirnya akun gw di blokir dan ga bisa login lagi,ada tagihan spaylatter pula,tapi gw mah slow bukan salah gw ini yg blokir kan shopee bukan gw niat buat bayar jadi susah bukan kesalahan dari pengguna gini

      4
      1
  • 4 Juni 2022 - (21:27 WIB)
    Permalink

    1. Kirim tgl 13, tgl 25 komplain ?? Peraturan SOP merketplacenya bagaimana? dalam berapa hari harus sudah di cek.
    2. Lha kok Shopee bisa bisanya tulis” mohon kesediaan penjual menunggu , karena saat ini menunggu bukti dari pembeli” . Tim Expedisi pun sudah menulis saat penerimaan paket tsb dalam keadaaan baik. Lha shopee piye. Apa shopee itu menunggu pembeli untuk mengkoyak koyak paket lalu diupload ke tim resolusi?

    2
    1
  • 5 Juni 2022 - (00:21 WIB)
    Permalink

    klo dah clear di pusat resolusi,Cepat2 di Blacklist saja ka,buyer begitu..tandai alamat rmhnya.
    biar suatu saat dia pakai akun lain CO
    Msh ingat….ga udh di krm lg
    Buyer begitu tuh,,,sudah sengaja hambat rezeki orang lain…

    4
    1
  • 5 Juni 2022 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Saya ga bosan bosan bilang tiap kali ada berita begini JANGAN JUALAN DI SHOPEE, JADI PEMBELI AJA KALO DI SHOPEE, ini adalah pengalaman pribadi saya. Sampai hari ini saya bertahan jualan hanya di hijau saja 1 toko dan hasilnya lumayan tanpa banyak masalah dan drama. (Note sy pernah jualan di shopee dan banyak drama 😂) Sekian terima kasih

  • 5 Juni 2022 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Ya namanya juga pembeli, pembeli itu adalah raja. Buat para penjual, janganlah menjual dengan mencari keuntungan semata, tapi berani untuk rugi agar dapat barokah Allah SWT.

    2
    5
    • 5 Juni 2022 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Hahahaha raja tp kelakuan ga kek raja. Kek jongos yang biasa di bawah ada kesempatan ya injak orang aja. Biasa di dunia nyata orang model begitu ekonomi dan status ekonomi lemah. Barang udah di pick up suruh batalin ckckc seenak udel. Percayalah orang seenak udel rejeki itu jauh. Ckkckc

    • 6 Juni 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Raja sih Raja… Om, tau ga? di setiap marketplace/toko itu ada aturan/tata krama nya… konsumen yg seperti ini anda bilang layak disebut Raja? Kesalahan ada di konsumen + attitude konsumen ‘minus’ banget… yang paling fatal ingin membatalkan order dengan alasan “malas turun 2x untuk ambil paket”. MASIH PANTAS KONSUMEN tsb. DIPERLAKUKAN SEPERTI RAJA?

  • 5 Juni 2022 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Habis baca artikel ini auto buka Shopee n blokir akun misswhitening..
    Saya berempati sebagai sesama penjual. Sedih rasanya kalau kami selaku penjual sudah melayani sepenuh hati dan mengirimkan sesuai invoice dan service cepat tapi penilaian pembeli semena-mena..
    Semoga tidak terulang lagi kejadian serupa ya, kak..

  • 5 Juni 2022 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Ada penurunan kualitas admin shopee nya. komplain dgn alasan paling absurd dan tanpa bukti aja bisa lolos skr. Kadang yang penting mereka bisa cepet case closed. Ini lama gara2 nunggu investigasi dari sicepat loh dan untung nya sicepat bilang paket diterima dgn baik, coba kalau kebetulan pake shopee express (masi sama2 aja punya nya shopee, admin sama2 dungu dan ga mau kerja semua) .jackpot udah, penjual langsung kalah, langsung di bilang iya barang kemungkinan rusak krn packing ga aman.

    Dulu seller banting2an harga nya di shopee, skr udah balik arah perang harga nya di tokped. Udah ga jaman di shopee.

  • 6 Juni 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Shopee aja estimasinya beda sama expedisi.
    Expedisi estimasinya 10 hari dintulis 7 hari
    Yang 14 hari juga di tulis 7 hari.
    Mau pakek expedisi apa aja pas kita complaint perbedaan ke Expedisi mereka bilang 10 hari atau ada yang 14 hari

    Pas di cek kebenarannya emang bener untuk 2 layanan expedisi yang aku gunain segitu estimasinya. Dari shopee malah tetep ngasih 7 hari.. rugi bos. Mending tokped

  • 6 Juni 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Mending blacklist aja org kayak gitu.
    Shopee jg udah jelas itu buyer ga bisa tunjukkan bukti video unboxing paket. Dari ekpedisi jg udah ada bukti bahwa paket diserahkan dlm keadaan baik.
    Mestinya komplain udah bisa ditutup dan dana diteruskan ke seller. Ribet emang shopee. Kalo di ijo mah masalah kayak gini udah beres

  • 7 Juni 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai dan dana kami sudah diteruskan oleh pihak shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Penyelesaian Klaim di Pusat Resolusi Shopee yang Berbelit-belit Tidak …

oleh ade rohdiati dibaca dalam: 1 menit
20