Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

Pada hari Jumat, 3 Juni 2022, seperti biasa saya membuka aplikasi Shopee untuk mengecek toko saya dengan username @gadgetloungestore. Akun saya tiba-tiba sudah ter-logout dan saya mencoba login kembali. Namun terdapat pop-up notifikasi : Gagal Login (F02).

Saya membuka email dan ada pesan dari info@shopee.co.id pada pukul 10.33, bahwa akun Shopee saya dibatasi sementara waktu karena adanya aktivitas mencurigakan. Hal yang sama juga terjadi pada akun Shopee suami saya, tidak bisa login dengan status Gagal Login (F02).

Transaksi ShopeePay yang terakhir adalah saya dan suami berbelanja seperti biasa di Superindo Taman Kopo Indah, Kab. Bandung pada hari Kamis, 2 Juni 2022 sekitar pk.20.30. Saya dan suami membayar dengan ShopeePay menggunakan promo cashback Superindo Rp6.000, yang sudah diklaim sebelumnya pada masing-masing akun Shopee kami.

Tanggal 3 Juni 2022, saya mengisi lengkap form Pengajuan Pengaktifan Akun (Naik Banding). Terdapat balasan email oleh tim Shopee bernama Hania pada 4 Juni bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi ShopeePay saya.

Saya sudah cek Syarat Layanan Shopee, namun apakah ada ketentuan yang menyatakan bahwa suami istri dengan alamat KTP yang sama hanya boleh memiliki 1 akun Shopee saja? Apakah 2 akun yang berbeda tidak boleh menggunakan jaringan internet yang sama padahal tinggal serumah?

Status akun ShopeePay saya sudah terverifikasi. Toko saya sudah beroperasi selama +/- 3 tahun di Shopee dan tidak pernah melakukan Fake Order. Pihak Shopee sendiri juga berinisiatif mengikutsertakan toko saya dalam Program Ekspor Shopee dan menjadi Penjual Terpilih dengan cakupan ekspor hingga Amerika Selatan.

Masalahnya terdapat Saldo ShopeePay dan Saldo Penjualan yang belum saya tarik ke rekening pribadi. Saya juga masih memiliki Saldo Penjualan yang belum cair dari transaksi yang masih berlangsung, sebagian besar dari order luar negeri. Tanggal 4 Juni, saya meminta akses untuk menarik seluruh dana di ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya sebagai konsumen. Namun sama sekali tidak ditanggapi sampai sekarang.

Berikut saya lampirkan screenshot email dan foto setruk pembelanjaan saya di Superindo. Saya meminta pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun dan mengembalikan semua dana ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya.

Terima kasih Media Konsumen dan Shopee.

Tatat Haryati
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:146    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

48 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

  • 10 Juni 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    kayanya shopee akhir2 ini sering bermasalah ya. Mudah2an ditanggapi dengan serius dan bijak. Semoga cepat kelar masalahnya Bu.

    11
      • 10 Juni 2022 - (19:03 WIB)
        Permalink

        Saran aja, komplain lewat email trus cc ke ojk, kominfo, bank Indonesia. Sy dulu urusan sama DANA transfer uang 7,5 juta di tahan, udah d tanyain cuma d suruh nunggu pas udah 2 hari masih gak masuk rek akhir nya sy email ke cs DANA dengan cc ke OJK, kominfo, BI, sama BNI (bank tujuan trf) gk sampe 15 menit tuh duit di balikin ke saldo DANA. Di coba aja email lagi ke cs shopee dengan cc nya ke bagian yg sy sebut tadi pasti cepet d tindak lanjuti apa lagi kl kita punya bukti kuat. Sy juga dagang online tapi gk pernah simpen saldo, slalu langsung d tarik k rek, smoga cepet selesai yah masalah nya

        15
        • 10 Juni 2022 - (21:08 WIB)
          Permalink

          maksudnya bagimaan kak..saya juga kasus sama seperti ini…saya mohon bantuannya ada nomer wa ataua tolong wa saya 087700531653

          • 11 Juni 2022 - (11:34 WIB)
            Permalink

            Aduh gak jadi agak jualan online kalau seperti ini ngeriii

      • 10 Juni 2022 - (19:56 WIB)
        Permalink

        pernah juga akun saya diblokir, semenjak itu saya tidak lagi menyisahkan saldo gede, lebih aman saldo dipindahkan ke akun seabank..saran saya alamgkah baiknya jangan menyisahkan saldo gede di akun marketplace atau dompet digital apapun, karena akun rentan diblokir sistem tanpa sepengetahuan user..

        • 17 Juni 2022 - (20:53 WIB)
          Permalink

          NGERI BANGET SHOPEE. Saya sebagai seller udah 3 tahun jualan suka ngerasa degdegkan juga, karena mereka suka tiba-tiba aja walaupun kita gak salah. Shopee kurang bisa menghargai akun akun lama.

        • 12 Juni 2022 - (07:17 WIB)
          Permalink

          Saya juga dana tertahan d lazada 5.5juta padahal produck sy d kirim kan semua sudah banding pun di tolak terus

      • 10 Juni 2022 - (22:51 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama hampir 30jt produk digital
        Sudah di cs tlpn tidak bisa di buka… Ngeri emang

  • 10 Juni 2022 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya punya pengalaman hampir sama dengan Ibu Haryati.
    Biasanya kalau udah masuk MK, Managernya akan langsung telpon Ibu.

    Semoga masalahnya segera beres dengan win-win solution.
    karena ini lebih ke kesalahan sistem, Manajemen Shopee harus menelusuri kembali lebih dalam.

      • 10 Juni 2022 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Bantu viralkan gaesss up up up.
        Semoga cepat selesai masalah nya kak.
        Saran aja jangan pernah menyisakan saldo terlalu banyak di spay…

  • 10 Juni 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Nasib mu sama mba sama saya,kan saya sudah bilang kalo di shopee yg punya saldo mendingan di tarik aja,shopee lagi kekurangan dana makanya akun banyak di blokir dan di tuduh menyalahgunakan,untung saldo saya cuma 50rb jadi saya anggep amal buat ke shopee,akun saya dengan nomer 088212791889

    • 11 Juni 2022 - (00:53 WIB)
      Permalink

      Sejak bulan kmrn memang Akun shopee banyak complain…. Padahal Akun saya sdh platinum,,Herannya chat CS tdk memberikan jawaban yg semestinya.

  • 10 Juni 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Ngeri yah.. gmn jadinya klo suami istri anak 5 dalam 1KK dg alamat yg sama, dan masing2 punya akun shopee dan pengguna shopee aktif.. bisa2 di blokir semua dg alasan seperti itu.. padahal sudah beda org, beda hp, beda no jg..

    • 10 Juni 2022 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Iya Mas, begitulah yang saya alami. Padahal akun saya & suami sama2 Verified Account. Kami juga kan belanjanya barengan.

    • 10 Juni 2022 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Saya sekeluarga 4 orang. Masing masing punya account shopee sendiri sendiri hingga Saat ini aman tidak ada masalah

    • 10 Juni 2022 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Intinya 1 akun 1 hp 1 jaringan
      Kl BS bedain alamatnya contoh bedain no rumah dan jgn belanja di toko yg sama

      Yg udah hati2 aja Masi kedetect
      Wkwkwkwkwk

    • 12 Juni 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Kalo Shopee mau alamat dan pake bank sama mah tetep aman, 3 adek gw sama kakak gw udah 4 tahun gak pernah di blokir meski alamat dan bank nya 1 rekening beda dngn Tokopedia dikit2 di banned, cuma kalo Shopee kalo banned akun sadis, kalo Toped masih bisa di pake jualan bahkan belum pernah dana gw di tahan meski ke banned beda dngn Shopee yg kalo banned akun orang ngawur banget

  • 10 Juni 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    TS:
    “Masalahnya terdapat Saldo ShopeePay dan Saldo Penjualan yang belum saya tarik ke rekening pribadi. Saya juga masih memiliki Saldo Penjualan yang belum cair dari transaksi yang masih berlangsung, sebagian besar dari order luar negeri”

    @ShopeeCare
    Ini sudah melakukan pelanggaran berat hak konsumen. Bisa dipidana ini. Masalahnya ada dana konsumen disitu yang anda tahan.
    Untung konsumennya hanya melakukan posting di MK. Kalau ke YLKI/OJK/Ombudsman , sy berdoa anda pensiun menjalankan usaha di indonesia.

    9
    2
  • 10 Juni 2022 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Seharusnya 1 akun 1 hp 1 jaringan internet
    Kl bagi2 jaringan internet sama aja bunuh diri

    1
    2
    • 12 Juni 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Ahh kata siapa, jngn samakan Shopee dngn Tokopedia, itu mah Tokopedia yg gak boleh 1 rekening atau 1 jaringan, adek gw 3 dan kakak gw 1 tapi alamat sama dan 1 Wi-Fi, pembayaran jg 1 rekening bahkan 2 temen gw jga pake akun bank gw jadi 5 orang pake bank gw tapi selama 4 tahun gak pernah di blokir cuma pernah sekali di blokir gara2 gw bikin 2 akun tapi tak buat beli di toko sendiri alhasil 700k ludes dan gak bisa di apa2in, emang Shopee sadis kalo banned akun orang

      • 12 Juni 2022 - (14:22 WIB)
        Permalink

        Sy ga ngomong 1 rekening KK
        Loh

        Malah bangga2 in disini
        Ntar kebegal shopee
        Ikut mewek kesini

        Antisipasi lebih baik drpd ntar udah kejadian baru menyesal

        Wkwkw

  • 10 Juni 2022 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Turut sedih membaca artikel ini, saya doakan semoga masalah mbak hayati segera selesai tanpa ada pihak yang dirugikan.

    Lebih baik terus aja mengirimkan email, jangan menyerah sampai mendapatkan hak kita.

    Sy juga seller di shopee sejak 2017 dan masalah ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi terutama di tahun 2021 kemarin.

    Ada akun yang bisa dipulihkan walau cukup memakan energi dan ada juga yang tidak dapat di pulihkan.

    Ini sebenarnya ada eror di sistem program mereka termasuk di Program AI yang dirancang otomatis utk mendeteksi kejanggalan transaksi.

  • 10 Juni 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Shopee udah mau bangkrut.. Jangan mau jualan di shopee.. Mending toped, sy jualan di toped no drama.. Shopee baru 1x penjualan lgs drama.. Untung bs selesai masalahnya dan barang kembali. Sejak itu sy hanya jd buyer saja di shopee.. Ngk sekali kali lg jualan di shopee.. Ngerii

    7
    2
  • 10 Juni 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Shope-shppee lagi. Apa ini ada kaitannya shopee mulai kejatuhan pamor. Dimana shopee sdh mentup layanan operasional di negara india karena ada kebijakan du negara tersebut. Lalu salah satu usahanya game Garena jg mulai menurun pamornya. Imbasnya keuangan shopee memburuk. .Pendapatan, Profit dan nilai investasi/saham menurun. Para pendiri dan investor menderita kerugian besar. Segera tinggalkan kalau tak ingin hancur bersama2

  • 10 Juni 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Shopee itu akun seller dan buyer jadi satu, kompleks sekali. Sedikit cerita dulu pernah ngakalin cashback Tokopedia, checkout 2hp di waktu yg sama (jaringan sendiri²). Kedetect sama sistem, cashbacknya aja hangus. Untuk akunnya aman.
    Mbaknya semoga kasusnya cepat selesai dan terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman, sgt manfaat sekali buat teman² yg lain

  • 10 Juni 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Pelajaran baru. Akun jualan No spay. Ip sendiri. Jangan gunakan wifi. No fake order. Jangan nabung di akun shopee. Ngeri shopee makin lucu lama2.

  • 10 Juni 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Apakah akun shopee nya Bapak atau Ibu pernah login di satu hp yang sama? Apabila iya, wajar kalau terindikasi. Dan biasanya satu akun, wajib satu hp. Saya dan istri selama ini aman2 saja. Pembayaran juga menggunakan hp dan rekening masing2. Walaupun alamat saya sama.

  • 10 Juni 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Lama lama kalau sering curang dan sering ambil uang user, kita ramein boikot @shopee #shopee

    • 10 Juni 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Nggak mungkin, secara paylater yg paling enak di pakai dari shopee, bnyak kasus di shopee artinya memang transaksi di shopee sangat banyak.. Di indonesia nggak mngkin bisa boikot shopee ataupun toped, 2 MP tersebut sudah jadi bagian hidup bnyak orang..

  • 10 Juni 2022 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Kepada ibu Hartati,masalah yg ibu alami itu hampir sama dengan yang saya alami di shopee,saya jualan di shopee saat pagi ada pembeli di toko saya dan transaksi semua lancar,barang juga sudah di kirim dan resi pengiriman juga ada.tiba tiba malam hari sekitar jam 8 malam,akun shopee saya terblokir dgn alasan penjualan saya terdeteksi melakukan indikasi yang di larang shopee,kalut lah saya malam itu.besok pagi nya saya langsung naik banding.hasil banding menyatakan bahwa kesalahan saya itu kesalahan besar,dan akun tidak dapat diaktifkan lagi,semenjak dapat balasan akun saya TDK dapat di aktifkan,saya 1 hari bisa sampai 10x komplain ke cs dan email ke shopee,saya sampai agak sedikit ancaman ke shopee,bila dana transaksi saya tidak dapat di cairkan ke rek saya,maka saya akan naik kan ini kasus ke pengadilan.setelah ancaman saya itu,tiba tiba siang hari saya mendapat email bahwa dana saya bisa segera di tarik ke rek saya,dan saya coba buka shopee tapi pakai web shopee,dan benar dana saya bisa saya tarik.setelah proses penarikan saya berhasil,tiba tiba saya dapat email bahwa akun saya aktif kembali,saya berpikir di awal akun saya di nyatakan terdapat kesalahan besar sehingga akun saya TDK akan bisa di aktifkan lagi,tapi ini kenapa ada email yg menyatakan akun saya sudah aktif kembali sesudah dana saya bisa saya tarik ke rekening saya.sejak saat itu toko di shopee saya tutup,dan saya juga ada toko di shopee food yang dalam waktu dekat ini juga akan saya tutup,karn sistem pembayaran nya beda dgn online sebelah.saran saya ke ibu,coba lakukan seperti yg saya lakukan ke shopee dgn cara agak menekan ke cs dan email ke shopee nya.

  • 11 Juni 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas perhatian & saran dari rekan2 semua.

    Pada hari Jumat, 10 Juni pk.20.49, pihak Shopee ID telah menginformasikan bahwa akun saya & suami telah diaktifkan kembali.
    Semoga kendala ini bisa menjadi pembelajaran untuk saya & rekan2 sesama User & Seller Shopee.
    Kepada pihak Shopee, semoga masalah yang saya alami bisa menjadi bahan evaluasi demi meningkatkan kualitas solusi & kecepatan dalam penyelesaian kasus serupa.

    Terima kasih Shopee karena telah mempercayakan saya untuk bertransaksi & bermitra kembali sebagai Shopee Seller & Seller Ekspor.
    Saya bersyukur bisa mencari nafkah kembali.

  • 12 Juni 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Shopee pusatnya kan LG rugi banyak jdi ati2 aja konsumen Indonesia yg bnyak make shopeepay. Gw ga mau negatif thinking tp bsa aja itu cara menutup kerugian operasional. Lumayan kan kalo kasus ibu ni di Indo ada 20 org aja per hari itunglah 100.000 kalo 1 bulan kasus begini shopee bisa nahan duit 60 juta 😂

  • 12 Juni 2022 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Memang sope sistem kurang fair kalo blokir akun smua dana diblokir yang gak ada sangkut pautnya mungkin suatu saat ada yg mau gugat biar sistem sesuai UUD RI bkn pasal yg dibuat sendiri

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan…

oleh Tatat Haryati dibaca dalam: 1 menit
48