Paket Jualan Senilai 3,75 Juta Rupiah di Lazada Dinyatakan Rusak oleh Kurir Ninja Xpress, tapi Barang Tidak Dikembalikan atau Dibayarkan oleh Lazada

Dear pembaca mediakonsumen.com maupun pihak-pihak yang membantu memberikan wadah untuk menuangkan kejadian yang saya alami. Saya memiliki toko online yang sudah ada di hampir semua e-commerce di Indonesia, dengan nama Nav Stores dan NavShop. Saya memiliki toko dengan nama toko Nav Stores di Lazada, yang sudah aktif lebih dari 3 tahun, serta memiliki ulasan 98% positif dari pembeli selama ini.

 

Pada tanggal 10 Februari 2022, terdapat pesanan dengan nomor pesanan: 798413159100207 dari pembeli, dengan produk Samsung A51 Ram 8/128 GB Garansi Resmi SEIN 8GB 128GB Galaxy Memory Internal, menggunakan metode pembayaran COD, dengan nominal harga barang Rp3.750.000.

Saya mengirimkan barang tersebut sesuai dengan apa yang dipesan pembeli, menggunakan paking aman yaitu bubble wrap, lalu dimasukkan ke dalam boks kardus seperti pesanan lainnya. Saya memiliki banyak pesanan dengan produk handphone di e-commerce lain dan tidak pernah ada kasus kerusakan paket seperti yang terjadi di Lazada.

Pada tanggal 02 Maret 2022, nomor resi kurir Ninja Xpress: NLIDAP1370713802, terdapat informasi mengenai paket saya dengan keterangan “Maaf, paket Anda dinyatakan rusak, produk akan dibayar dan masuk dalam laporan keuangan Anda. Anda tidak perlu mengajukan klaim.”.

 

Namun pada laporan pembayaran saya, yang seharusnya dibayarkan Rp3.784.000, malah dikenakan pemotongan. Sehingga total yang diterima minus sejumlah Rp-67.650, karena dianggap penyalahgunaan klaim, yang mana tanpa diberikan bukti apa pun mengenai tuduhan tersebut. Saya dikenakan biaya klaim, tapi pesanan tidak dibayarkan, serta barang tidak dikembalikan.

Atas hal tersebut saya sudah berkali kali kontak dengan Support Lazada. Namun jawaban yang diberikan selalu sama dan tidak membantu dikarenakan laporan pembayaran yang saya terima tetap minus.

Akhirnya saya menghubungi kurir yang memproses paket saya melalui Instagram resmi Ninja Xpress, agar barang saya dikembalikan dan mendapatkan informasi sebagai berikut.

Namun hingga saat ini dana tidak dibayarkan ke saya sebagai penjual, serta barang toko saya yang dikirimkan belum juga dikembalikan oleh Lazada maupun Ninja Xpress. Besar harapan saya agar hal ini dapat diselesaikan, agar saya dapat berjualan di e-commerce Lazada, tanpa memiliki kekhawatiran kehilangan barang bernilai tinggi kembali. Akibat kejadian ini membuat saya menonaktifkan produk-produk bernilai tinggi di Lazada.

Terima kasih.

Muhammad Ammaruddin Yusuf
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:195    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Ammaruddin

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 10 Juni 2022, mengenai “Paket Jualan Senilai 3,75 Juta Rupiah...
Baca Selengkapnya

35 komentar untuk “Paket Jualan Senilai 3,75 Juta Rupiah di Lazada Dinyatakan Rusak oleh Kurir Ninja Xpress, tapi Barang Tidak Dikembalikan atau Dibayarkan oleh Lazada

    • 11 Juni 2022 - (04:45 WIB)
      Permalink

      wkwkwk kocak jualan barang elektronik barang
      mahal kok di lazadut, udah ga ada asuransi mana COD pula

      7
      1
    • 11 Juni 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Ya begitu lach perasaan yg kmi rasakan sebagai pembeli jika menerima barang rusak/tdk sesuai dgn yg dipesan. Namun saat hendak mau return barang kalian (Penjual) abaikan bahkan gk kalian respon. Skrg gimana merasakan diperlakukan sprti itu, sangat menyakitkan & nyesakkk bgtt khan.

      4
      21
        • 12 Juni 2022 - (01:35 WIB)
          Permalink

          Iya kak untuk label pengiriman kurir ada di sisi satunya, ini foto paket untuk dokumentasi toko.

        • 12 Juni 2022 - (01:36 WIB)
          Permalink

          Untuk saat ini saya mengutamakan penyelesaian secara baik baik aja kak

          • 14 Juni 2022 - (08:41 WIB)
            Permalink

            di push terus PSC dan ninja nya, jgn sampe lepas atau lewat balas email nya, walaupun mungkin nnti dapet jawaban template terus yg bikin kesel, soalnya sy pglaman juga kayak gt bisa sampe sebulan klaim sy sebagai seller atas paket retur yg gak sy terima akhirnya dibayarkan

      • 11 Juni 2022 - (14:08 WIB)
        Permalink

        tapi toko kami sebagai penjual tidak pernah mengabaikan klaim jika memang ada kesalahan dari toko, maka dari itu toko kami memiliki 98% reputasi positif di Lazada, di e-commerce lain nilai bintang toko kami 4.7 – 4.9 dari nilai sempurna 5.0

    • 12 Juni 2022 - (08:17 WIB)
      Permalink

      Maksudnya apa kak. Saya jualan di lazada 4thn,alhamdulillah lancar. Barang kalau hilang/rusak diganti uang sebesar harga barang. Tentu sajabarangnya tdk dikembalikan, krn sdh diganti uangnya.

  • 10 Juni 2022 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Ini buktinya..Ingin jualan rugi dan masalah barang tanpa kejelasan? Hubungi Lazada skrng jg

  • 11 Juni 2022 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Biasanya itu permainan kurirnya hrs nya klo jualan hp jgn sistem cod lewat kurir tp si pembeli hrs tf dulu

    2
    6
    • 11 Juni 2022 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Sudah saatnya kita bahu membahu mematikan investor Tiongkok. Bukan hanya culas, mereka juga curang..

      6
      15
      • 12 Juni 2022 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Gak jelas lu idiot. Hampir semua sektor ada investor China bahkan Tokopedia pun ada investor dari China lu mau matikan juga. Dasar idiot.

        7
        2
      • 12 Juni 2022 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Yang ga jujur kurir & karyawan org indonesia pribumi yg kena salah investornya.. mrk mana makan uang segitu, biaya promosinya aja lbh gede berkali2 lipat.. ini palingan mainan org dalem yg ga bertanggung jawab.. lo kalo ga mau pny investor dr cina coba cariin aja negara yg mau investasi sprt cina.. investasi asing itu penting untuk membangun ekonomi negara tanpa investasi asing juga indonesia bs miskin & susah

        3
        1
  • 11 Juni 2022 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Kalau ada indikasi penggelapan barang, laporkan saja Mbak ke pihak berwajib.. Bawa bukti2..

    • 11 Juni 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Fix barangnya dipinjem c kurir utk di cek keasliannya sm normal atau tdk hp tersebut…setelah puas akan dikembalikan…cm entah kapan😁

  • 11 Juni 2022 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Update 11 Juni 2022

    Saya dihubungi pihak Lazada untuk menunggu followup dari tim terkait selama 2×24 jam

  • 11 Juni 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Cuma mau ngasi tau kalo label yang ditempelin di paket itu “Shipping Label” bukan “Invoice Label” kayak gitu

    • 12 Juni 2022 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Iya kak untuk label pengiriman kurir ada di sisi satunya, ini foto paket untuk dokumentasi toko.

    • 12 Juni 2022 - (01:39 WIB)
      Permalink

      Nah iya kak, malah kalau di klik alasan pembatalan pengirimannya memiliki keterangan “Alamat diluar jangkauan” , belum tau siapa yang main main sama paket toko kita.

  • 12 Juni 2022 - (00:35 WIB)
    Permalink

    1.Dari label pengiriman udh salah
    2.posisi Kurir lebih punya peluang buat bkin hilang karna tau isi paket barang mahal
    3.Setau saya untuk klaim produk yg hilang atau rusak di kasi waktu mengajukan 28 hari,makin lama kasus ny tidak selesai bisa jadi alasan lazada buat klaim sudah melewati batas
    4.Semakin anda menekan lazada,semakin besar peluang toko anda di tutup otomatis sepihak dengan alasan pinalty poin bla bla ( Pengalaman)
    5.Banyak berdoa berharap bagian tim analis lazada PUNYA HATI DAN JUJUR✌

    • 12 Juni 2022 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Untuk label pengiriman kurir ada di sisi satunya, ini foto paket untuk dokumentasi toko. Klaim diajukan otomatis setelah barang dinyatakan rusak, dan disetujui. namun beberapa minggu kemudian dikenakan potongan dan saya tidak menekan Lazada jika semua sesuai seperti e-commerce lainnya yang selalu helpful terhadap kendala. Coba saja kak bandingkan pelayanan support tiap e-commerce terhadap kendala toko.
      Terimakasih atas masukannya kak

    • 14 Juni 2022 - (08:46 WIB)
      Permalink

      bisa di push terus lewat psc nnti dapet nomor komplain terus ada juga koq di dashboard bantuannya kalo misal resolve bisa kita reopen lagi, terus ajukan argumen aja biasanya ada tim psc yg nelpon minta kronologis n keterangan, soalnya sy pernah bbrpa kali paket isi jam tangan dituker isinya waktu retur terus bbrp paket retur sy gak terima akhirnya komplen mungkin bs sampe sebulanan lah bisa cair

  • 12 Juni 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    waduh saya banyak yg statusnya begitu, kayaknya harus cek laporan keuangan ya.
    kemarin ini ada kasus barang rusak, perlu bukti BAP duh repot banget tp akhirnya digantikan sih cuma mgkn harus cek ya nanti.

    • 12 Juni 2022 - (15:56 WIB)
      Permalink

      bener kak selalu cek laporan keuangan, karena ini saya notice saat ada laporan keuangan yang minus sehingga tidak ada transferan minggu itu

      • 13 Juni 2022 - (13:34 WIB)
        Permalink

        iya ka, tadi saya cek untungnya sejauh ini yang rusak/hilang digantikan sih ka. tapi memang sebenarnya harus selalu cek ya laporan baik itu lazada ataupun yg lainnya.
        moga cepat selesai masalahnya ya ka dan digantikan soalnya jumlah besar itu. saya jualannya bisa dibilang nominalnya kecil kecil hehe.

  • 14 Juni 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    lazada udah gak heran masalah beginian, sy seller lazada juga udah sering problem, sy seller jam tangan udh bbrapa kali isi returan dituker jam rusak, paket retur tp gak dterima, pernah dibongkar isi paketnya juga kemasan luar rusak isi dalam udah acak2an, memang klo seller yg jualan barang receh pasti dikit komplenan atau mereka biasa ngiklasin karena orderan udah ribuan dengan dalil “anggap aja sedekah” miris emang denger gitu tp itu sy denger lgsung karena sy member lazada club bogor , dan temen2 seller ciomas yg mayoritas jualan sepatu2 murah bilang gitu, jd udah kebentuk sistem logistik yg buruk, apalagi kalo sama ninja express entah sama kurir HUB nya atau dari mitra/agen ninja nya, pernah paket dinyatakan hilang n dana udah dibayarkan tp bbrapa minggu kemudian kurir mitra balikin paketnya jd bisa sy nilai manajemen handling paketnya buruk padahal paket udh dinyatakan hilang n dana udah balik tp kenapa akhirnya paket itu kembali juga??
    pokoknya buat seller2 lazada yg orderannya banyak atau dikit tolonglah di manage paket2 returannya dipantau di seller center, kalo diketerangannya udah diterima tp ternyata enggak ya lapor ke psc siapin bukti klo paket gak dtrima jd bs d investigasi klo trnyata ulah oknum kurir bs jera dia n gak ngulangin lagi, klo seller yg kerjasama dgn mitra ninja tolong jg tiap di pick up paketnya buat hand over bukti nyerahin berapa paket dan nerima berapa returan karena sy pernah pglaman paket retur gak balik trnyata diambil oknum kurir mitra ninja
    maaf kalo komentar sy agak diluar topik cuma pengen sekalian sharing pengalaman n kasih himbauan aja 😁🙏

  • 15 Juni 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Update pada 14 Juni 2022.

    Berikut keterangan dari Lazada:
    Sebelumnya kendala Bapak Amar telah kami cek lebih lanjut atas ketidaksesuaian pelanggaran yang dikenakan dan setelah dibantu cek dari pihak jasa pengiriman pelanggaran tersebut tidak terjadi di toko Bapak Amar. Mengenai poin pelanggaran yang ada di toko Bapak Amar akan di anulir, silahkan untuk cek berkala di seller centernya dalam waktu 7-14 hari kerja.
    Lazada telah menyelesaikan penyelidikan terkait laporan Anda. Kami ingin memberitahukan bahwa kompensasi akan segera dikirimkan ke akun Anda.

    sehingga saat ini Lazada sudah membuat pembayaran untuk kendala pesanan yang terjadi pada toko saya, semoga hal ini tidak terjadi kembali.

    Terima Kasih kepada Lazada khususnya tim PSC Lazada Kak Afina & Bagus yang sudah follow up ke tim terkait.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Paket Jualan Senilai 3,75 Juta Rupiah di Lazada Dinyatakan Rusak oleh …

oleh Muhammad Ammaruddin Yusuf dibaca dalam: 1 menit
35