Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada tapi Belum Dibayarkan Sampai Saat Ini

Salam semua terima kasih kepada media konsumen sudah memberikan saya wadah untuk mengeluhkan pelayanan Lazada Indonesia. Saya adalah seller Lazada yang sudah berjualan di Lazada sudah 1 tahun 4 bulan dan saya belum pernah mengalami kejadian seperti ini sebelumnya:

Nama Toko: Mukamaushop
ID Seller: ID67XIXIP1

Kronologi:

Pada tanggal 8 Juni dan 10 Juni 2022 saya menerima paket retur dari pihak NinjaXpress dengan nomor pesanan:

  • 872472246692631
  • 877174362887041
  • 877670372193982

Ternyata paket-paket saya itu bentuknya sudah berbeda dan juga sudah ada bekas sayatan atau kemasannya rusak dan saya disarankan oleh kurir kalau seperti ini lebih baik ditolak dan bikin surat penolakan paket (BAP). Dan saya di situ langsung mencoba membaca aturan dan kondisi klaim di Lazada dan memang ada jika kemasan rusak atau berbeda saya berhak menolak dengan menyerahkan BAP ke kurir dan ditandatangani oleh saya dan kurir lalu bisa mengajukan klaim atas kerusakan itu.

Saya akhirnya menolak dan membuat BAP penolakan paket dan langsung mengajukan klaim dengan bukti-bukti yang saya kirimkan kepada pihak Lazada kondisi saat saya menerima paket.

Dan tidak lama kemudian sekitar 6-7 jam saya mendapatkan email bahwa Lazada sudah menyelesaikan penyelidikan atas paket saya dan klaim saya disetujui untuk 2 nomor order tersebut.


Namun untuk 1 paket lainya saya menerima email persetujuan klaim dengan isi email seperti sebelumnya tanggal 11 Juni 2022.

Dan sesudah itu ada email konfirmasi kembali dari partner support Lazada mengenai klaim saya yang akan dibayarkan pada periode selanjutnya dan saya disuruh menunggu.

Setelah kejadian barang saya ada yang rusak semua berjalan normal dan saya tetap mendapatkan orderan seperti biasanya, namun saat hari pembayaran tiba saya tidak mendapatkan pembayaran sama sekali dari pihak Lazada sampai surat terbuka ini dibuat saya belum mendapatkan hak saya yaitu uang saya yang ada di saldo Lazada sebesar Rp.6.940.727.

Saya meminta kepada pihak Lazada agar membayarkan uang saya yang ada di Lazada dan juga ganti rugi (klaim) saya karena saya sudah memberikan bukti bahwa paket saya rusak dan sudah menyerahkan BAP ke Lazada, juga sudah dilakukan penyelidikan dan klaim saya disetujui.

Mohon agar Lazada bijak dalam mengurus hal-hal seperti ini karena ini sangat membuat penjual seperti saya kecewa atas pelayanan Lazada dan juga kredibilitas Lazada patut dipertanyakan karena sebelum pembayaran tidak kunjung masuk ke rekening pembayaran saya kalian sudah lebih dulu menyelidiki klaim saya apakah benar dan akan disetujui atau tidak, hasil penyelidikan kalian adalah klaim disetujui dengan bukti yang saya miliki.

Terima kasih.

Wirya Wiriawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:27    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Wirya Wiriawan

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 16 Juni 2022, mengenai “Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada...
Baca Selengkapnya

85 komentar untuk “Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada tapi Belum Dibayarkan Sampai Saat Ini

  • 16 Juni 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    semoga cepat selesai , buat lazada saya lihat disini banyak sekali kasus kaya begini lazada, apa tidak malu ya sampai seller tulis surat di media konsumen berarti memang gak ada solusi sih kalo sampai tulis disini.

    buat penulis yang sabar jangan mau kalah sama lazada kalo saya lihat lazada sudah mendapat uang gabti rugi dari Ninjaxpress deh baru anda di perlakukan begini

  • 16 Juni 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    kya nya disini tentang lazada semua rata2 banyak hilang barang gak di bayar sama uang ditahan deh di media konsumen?

    berarti agak agak serem juga ya penjual di lazqda kasihan

    • 16 Juni 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      gk ush heran mbk dari dlu banyk yg ngeluh di sini ada yg di tanggpin ada yg gak pura2 gatau aja mreka doa aja mbk semua di kasih perlakuan adil sm lazada

    • 16 Juni 2022 - (22:23 WIB)
      Permalink

      bener banget gue cek di kolom pencarian lazada semuanya ngeluh hal yg sama .

      “dana ditahan atau klaim barang hilang/rusak gak dibayar”

      padahal rata2 penulis ada email yg kaya penulis lampirkan diatas.

      agak agak berbau playing victim lazada nih.

  • 16 Juni 2022 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Dilihat di atas ada email ke penulis dari lazada dengan isi
    “Lazada telah menyelesaikan penyelidikan atas laporan anda dan kompensasi akan segera di kirim ke akun anda mohon diingat penyesuaian pembayaran ini akan masuk pada periode selanjutnya”

    nah harusnya si lazada udah selidikin klaim si penulis dan hasilnya di setujui yg dimana pasti disetujui oleh tim lazada sendiri, kok pas hari pembayaran menurut ts gak ada pembayaran sama sekali?

    ini sih jelas jelas bisa dibilang penipuan , apa yang tertera di email sama kenyataan nya beda.
    lazada kalo mau saingan sama shopee atau tokped yg kaya gini harus di urus serius nih biar gak jadi isu gede gue yakin kalo ini kesebar ke luar sana kaya twitter atau ig mah bisa merosot lazada .

    6
    1
  • 16 Juni 2022 - (23:55 WIB)
    Permalink

    namanya rusak apalagi pergantianya udah masuk ke laporan ya harus dibayar kecuali dari awal si TS klaim udh ditolak baru bisa gak dibayar lah ini udah di approve sama tim klaim nya sendiri kok.

    namanya perusahaan marketplace kaya begini pasti kalo klaim juga ada tim yg proses nya bahkan ada anti fraud nya kalo emg TS ga bener blg rusak ya pasti ditolak dari awal itu ada email yang bilang selesai penyelidikan ya berarti udah beres harusnya malah ga di bayar agak lucu sih ini lazada

    • 17 Juni 2022 - (02:20 WIB)
      Permalink

      itu dia kak seharusnya saat saya mengajukam klaim pasti nya ada team khusus yang cek dan hasilnya klaim saya disetujui kok kak dan saya cel sekarang invoice di periode itu sudah ada kak biyaya komisi lazada dan pajak ppn

    • 17 Juni 2022 - (13:16 WIB)
      Permalink

      nah ini dia mas harusnya ya udah selesai dan gak ada embel2 lagi , apalagi pas pembayaran gak dibayar kan agak aneh mereka yang udah menyetujui klaim si penulis tapi mereka yg ingkar sendiri haha, lagi kok masih ada ya ecommerce yang bayar nya mingguan? haha

  • 17 Juni 2022 - (13:15 WIB)
    Permalink

    gw kerja di salah 1 e-commerce indonesia cukup gede nama nya sih dan pas banget gue kerja di bagian anti fraud/klaim. Setau gue kalo ada barang punya penjual/pembeli rusak atau hilang dan mereka ajuin klaim khusus penjual pasti di minta BAP kalo barang rusak dan juga bukti2 yang lain lain nah nanti bukti itu bakalan gw kasih ke ekspedisi terkait bener gak barang nya rusak/hilang, nah abis udah di cek kalo bener gue bakal report ke tim finance gw buat bikin tagihan klaim ke ekspedisi abis udah di bikin tagihan bakalan gw up ke seller lewat email atauw telp biasanya kalo barang nya benar hilang/rusak dan bakal diganti oleh kami. Abis itu seller tinggal nunggu saldo masuk ke dompet penjual nya dengan keterangan barang hilang/rusak.

    kesimpulanya sebelum platform ecommerce udah bilang atau nyatain rusak/hilang pasti bakal lewat pengecekan dulu, apalagi kalo seller yang klaim bakalan ada tahap2 nya kalo udah ada persetujuan dari platform apalagi udah ada email dan uang klaim itu masuk ke laporan dll gw bilang itu valid dan harus dibayar sih.

    kasus ini gw liat nya tim lazada di bagian klaim udah setuju nih tapi mungkin mereka gk mau rugi atau gimana deh gw kurang tau.

    disini harusnya si penulis dapat uang nya tanpa ada kendala sih soalnya udah ada email yg berbunyi “Lazada telah menyelesaikan penyelidikan anda” harusnya ya udah di selidiki dan udah disetujui kurang apa lagi? haha

    • 17 Juni 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      bilang ke pimpinan kakak jangan sampek kaya lazada nih biar nama perusahaan nya tetep bagus.
      kayanya pegawai copi nih? hahaha

    • 17 Juni 2022 - (23:27 WIB)
      Permalink

      saya sebagai orang awam aja paham kak namanya klaim udah disetujui pasti ya di cek dulu apalagi mereka kirim email isi nya udah dilakukan penyelidikan ya udah bener rusak dong berarti.

  • 17 Juni 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    kejadia sama kaya saya malahan kalo saya uang nya udah ditahan dari febuari kemaren juga kalo saya tanya ekspedisi ganti rugi nya udah dikirim ke lazada duit nya tapi sampe skrg saya tdk terima apa apa dri lazada

      • 18 Juni 2022 - (15:50 WIB)
        Permalink

        belum sama sekali dibayar kak saya dibilanh terus menerus melakukan pelanggaran kak tapi saat saya meminta bukti lengkap nya tidak pernah dibalas kak dan laporan selalu di tutup kak saya selalu saja di abaikan sama cs lazada bernama Afina, jawaban nya dari bulan febuari sama terus tidak pernah beda kaya robot afina itu.

  • 17 Juni 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    gue liat di tulisan ada email (klaim telah disetujui)
    isi nya (lazada telah menyelesaikan penyelidikan atas laporan anda, kami memberi tahu bahwa kompensasi ini akan masuk pada pembayaran berikutnya)

    nah disini gue mau tanya sama @lazada nih itu email tulisanya jelas banget kalo lazada udah selesai tu nyelidikin ni kasus barang rusak si penulis kok kaya jadi bohongin email sendiri yak?kalo ditolak ya tolak dari awal penulis klaim kalo kayak gini bisa aja nih lazada setujuin trs klaim ke jasa kirim abis itu duit si penulis ga diterusin trs masuk ke cuan perusahaan, wajar dong curiga begitu? abis nya jelas bgt di email kalo udah di setujui tuh kacau sih ini masalah kayanya sblm ini ditulis ada 4 org yg masalah sama begini juga

    • 17 Juni 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      gak 4 org aja bro yg uang ditahan sama lazada di MK banyak banget dibaca aja di previous page MK banyak banget dan banyak yg gak di tanggepin sama lazada haha ngadi-ngadi emg kalo klaim mereka sendiri ngaku di email udah di selidikin masa tiba2 pas hari waktunya seller dibayar duit gak dibayar kocak

    • 17 Juni 2022 - (23:24 WIB)
      Permalink

      itu dia kak kalo saya melanggar kebijakan klaim kenapa ada email yg saya kasih di tulisan saya? mereka udah menyelidiki masalah barang rusak saya dan mereka sendiri yang menyetujui klaim saya tapi kenapa saat pembayaran malah gak dibayar

      • 18 Juni 2022 - (15:27 WIB)
        Permalink

        iya kak ga masuk akal sih sebelumnya bilang udah dilakukan penyelidikan tapi kok pas tgl 14 kaya kata kakak uang gak dibayar karna ada pelanggaran di klaim itu sabar kak walaupun uang kakak gak dibayar seenggaknya kakak buat masyarakat indonesia jadi tau wajah lazada sebenarnya🙏🏻

      • 18 Juni 2022 - (23:22 WIB)
        Permalink

        Langsung up aja ke twitter ,biar sekalian di publish ..
        Biar malu sekalian diaa ..
        Pasti banyak yg bantu dah soalnya korban nya gk 1 2 doangan

  • 17 Juni 2022 - (14:42 WIB)
    Permalink

    lazada memang beda dong dari cs yang kalo bales komplain pake template terus jadi ga nyambung dari pembayaran seminggu sekali dan yang paling beda dari si tokped dan shopiiii adalah pembayaran seller suka ditahan sesuka hati, kalo ini kasus gak selsai uang penulis ga dibayar sih emang luar biasa ini e-commerce 1 ini.

    • 17 Juni 2022 - (14:50 WIB)
      Permalink

      rata rata sih banyak yg gak di tanggapin sama lazada beda sama yg lain kalo ada komplain disini pasti bakalan ada solusi dan selesai masalah nya and pastinya cepet kalo perusahaan lain karena mereka kaya nya kurang menghargai penjual di platform mereka sendiri deh gue mikirnya yg uang pada engga dibayar itu gimana ya nasibnya yg pasti yg ditahan kan uang modal berjualan mereka masa harus gulung tikar sih? namanya sih ini ancurin usaha kecil rakyat ini lazada

      • 18 Juni 2022 - (05:07 WIB)
        Permalink

        makin lama makin kalah saing bro lazada sama bli bli bahkan ya salah 1 nya karena banyak masalah kaya begini bikin banyak penjual mikir 10x mau jualan di lazada apalagi penjual barang2 diatas 1 juta pasti ngeri liat yg begnian

        • 18 Juni 2022 - (15:29 WIB)
          Permalink

          betul ini saya baca artikel 2016 lazada jadi ecommerce nomor 1 di asia tenggara skrg udah kalah saing sama shopee tokped dan bli bli mungkin karena pelayanan nya buruk dan di sisi penjual jadi agak malas berjualan di lazada karena ya masalah soal seperti ini uang ditahan sesuka hati lazada kapanpun.

    • 17 Juni 2022 - (23:37 WIB)
      Permalink

      Di Shopee memang jarang banget keluar berita atau keluhan seller soal uang ditahan soalnya mereka jarang menahan dana seller paling parah toko di tutup disana kalo dana ditahan ga bakalan lama paling hitungan hari

  • 17 Juni 2022 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Update 17 juni saya mendapat email dari lazada dengan isi email “Mohon maaf terkait pembayaran yg belim di proses kami mendapat informasi dari tim terkait pembayara tidak dapat di proses karena kami menemukan ada pelanggaran dengan toko anda dalam berjualan di lazada”

    tapi disini pelanggaran tidak di kasih tau dan juga sebelumnya tidak ada sama sekali pemberitahuan pelanggaran dan penahanan saldo di email saya sebelum 16 juni pada pukul 17:50 , dan masalah klaim barang saya yg rusak sudah di setujui melalui proses penyelidikan oleh lazada sendiri. jadi saya harap lazada tetap membayarkan uang saya karena disini saya tidak melakukan pelanggaran apalagi lazada sendiri tidak memberikan bukti secara lengkap hanya dengan lisan saja saya melanggar ,melanggar apapun saya tidak tau.

    • 17 Juni 2022 - (23:34 WIB)
      Permalink

      Tanyakan kak kalo gak dibayarkan uang kakak itu kemana kak? Minta penjelasan jelas aliran dana nya kemana aja itu.

    • 18 Juni 2022 - (15:36 WIB)
      Permalink

      bro gw juga ada barang gw yg ilang jdi takut gw gk dibayar juga nih rugi gw kalo ga dibayarin

  • 17 Juni 2022 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Buat laporan polisi kak biar dipanggil lazada nya dan bakalan mediasi nanti disana saran saya pas mediasi jangan mau kalo dibayarin uang kakak lanjut terus aja sampe pengadilan jelas kok kak disini saya lihat lazada yang ingkar janji atas perkataan mereka sendiri gausah takut kak kalo diliat banyak korban juga yg maslah kaya kakak ini

    • 18 Juni 2022 - (15:52 WIB)
      Permalink

      saya mau lapor ke polisi kak sama seller lainya kak kami sedang meminta bantuan LBH jakarta kak buat dampingi kami karena gak cuma 1/2 saja yang terkena masalah ini, sekarang total yg mau ikut gerakan ini ada 23 seller kak uang yg ditahan bervariasi ada yg ratusan ribu sampai ratusan juta kak, dari semua seller yang ditahan dana nya tidak ada 1 pun diajak mediasi sblmnya dan gak pernah dikasih bukti lengkap apa apa soal pelanggaranya rencanaya tgl 1 juli kami mau bergerak.

  • 18 Juni 2022 - (05:03 WIB)
    Permalink

    lah terus email yg mereka kirim buat apaan itu seblumnya? lupa kali kalo udah kirim email yahh jadi malu sendiri deh lazada hehehehe

  • 18 Juni 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    baru aja gw ada yg ilang di lazada baru aja ada masuk email nya tapinisi email gw beda sama si penulis kalo email gue isi nya dan gw nanggapnya kalo punya gw masih berpotensi hilang jadi belom pasti kalo si penulis dari isi emailnya itu udah pasti rusak, jadi was was gw kalo liat beginian

    Kami informasikan bahwa paket Anda berpotensi berstatus Hilang Lost Item. Lazada akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk hal tersebut.
    Apabila tidak ditemukan proses yang tidak sesuai dengan ketentuan Lazada, maka proses pembayaran akan di lanjutkan dan mengikuti tenggang waktu proses pembayaran yang saat ini berlaku.

    • 18 Juni 2022 - (15:53 WIB)
      Permalink

      sama kaya saya kak ada dapat email kaya begitu tapi ujungnya gak dibayar kak malah saya dituduh melakukan pelanggaran.

  • 18 Juni 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    harus viral sih ni kasus gk fair bgt lazada ye kalo udah bilang klaim disetujui sebelumnya ya bayar kecuali lazada blg klaim ditolak karna tdk sesuai di sblmnya baru lazada bener jgn kebanyakn boong lazada pntes aja 2 bln ni jualan di lazada sepi minta ampun

    • 19 Juni 2022 - (03:17 WIB)
      Permalink

      kalo uang yg gak dibayar itu lari nya bakal jadi untung perusahaan gak sih? kok enak ya 😂

    • 19 Juni 2022 - (03:20 WIB)
      Permalink

      berapa bang kalo boleh tau?kalo banyak berarti lazada ada pemasukan dari uang penjual yang uang nya di tahan dong?wah wah wah harusnya laporan ke bagian pemerintah yang urus ecommerce di indonesia nih di audit kemana aliran dana uang para seller yg ditahan.

      serius sih ini kalo di diemin aja makin bakal sering bermunculan yang kaya begini, apalagi belum yg kasus nya gak ke up ke publik begini ya kayanya banyak yg mengalami kejadian begini

  • 18 Juni 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Update 18 juni 2022 , pihak lazada masih belum menghubungi saya kembali dan saya sudah sempat DM ke twitter mereka dan janji nya akan di telpon hari ini pukul 11:00 tapi tidak ada telpon dari lazada 1 pun kepada saya , mohon ditepati jika berjanji ke seseorang lazada dan cepat di selesaikan masalah saya dan lazada agar tidak lebih banyak lagi opini negatif publik ke lazada indonesia , saya akan klarifikasi dan apreisasi lazada jika masalah selesai dengan win win solution . Terimakasih.

    • 18 Juni 2022 - (20:34 WIB)
      Permalink

      itu namanya gak trust ini platform bahaya kalo di diamkan dan tetap beroprasi di jakarta , gw pernah belanja di sana sekali bahkan di toko Lazmall nya tapi barang yg sampe udah rusak dan bau waktu itu gw beli susu kemasan gitu tapi udah komplain itu toko masih aktif aja sampe sekarang giliaran yg seller kecil begini fast banget lazada buat asal hold payment mereka ya? aneh.

      • 19 Juni 2022 - (01:52 WIB)
        Permalink

        haha emg berarti ini platform udah mau bangkrut kayanya udah tilep sana tiep sini dah yak haha

  • 18 Juni 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    yang sabar mas/mba saya bantu sebarkan surat terbuka ini ke media sosial saya supaya banyak masyarakat tahu kalo lazada itu ecommerce tidak sehat di indonesia semangat ya

  • 18 Juni 2022 - (20:31 WIB)
    Permalink

    aneh bener dah udah ada email klaim approve tapi pas wktu harus dibayar alesan ada pelanggaran lah emg pas approve itu klaim gak di cek Lazada? kok aneh aneh aja

  • 19 Juni 2022 - (01:39 WIB)
    Permalink

    gak ada jawBan juga udah bbrp hari dri lazada nih kayanknya emg udh biasa begini deh kaya biasa aja gt pihak sana nya

    • 19 Juni 2022 - (03:21 WIB)
      Permalink

      kemungkinan itu strategi sih biar lama lama lupa kita orang atau seller nya lupa kalo uanh nya belum dibayar, cerdik juga lazada yahhh😂😂

      • 19 Juni 2022 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Ini realita dulu saya pernah ditahan dana nya 2 bulan saya di cuekin cuma dibalas pake email robot aja kata2 nya sama akhirnya saya capek sendiri ikhlasin aja 2 Minggu kemudian dibayar setengah doang uang saya skrg saya udah enek denger kata kata lazada bukan bantu penjual kecil tapi malah buat susah

  • 19 Juni 2022 - (01:51 WIB)
    Permalink

    terlalu bodoh lazada bilang penulis pelanggaran penyalahgunaan klaim orang dia ajuin klaim aja di approve kok kecuali si penulis ajuin klaim ditolak baru ada alesan ada penyalagunaan lah ini di approve plis deh lazada kalo udah kekurangan dana oprasional jangan pake uang seller lah

  • 19 Juni 2022 - (03:31 WIB)
    Permalink

    pengalam ane jualan online di tokopedia belum pernah saldo penjual ditahan sampai berminggu2 bahkan berbulan2 emang ada penahanan saldo di semua ecommerce tapi ga ada yg namanya saldo penjual bisa jadi punya si yg punya platform (lazada,tokped,shopee dll) kalo ane dlu di tokped malah pelanggaranya berat karena ane ketauan beli produk sendiri pake voucher cashback tapi saldo yg sebelumnya ditahan trs akun di banned tapi 2 hari kemudian di kabarin duit ane di trf sama tokopedia ke rekening ane besoknya.

    lah kasus ente TS ente klaim dah di setujuin sama lazada kok tiba2 ente ga dibayar? jgn di diemin bos tanya dan minta trus duit ente bos

  • 19 Juni 2022 - (14:54 WIB)
    Permalink

    Cukup sekali aja saya pernah merasakan yg kaya gini di tahun 2021 lalu uang saya 6,7 JT ditahan 2 bulan pas dibayar cuma dibayar 1,7 juta aja alasanya saya melakukan pelanggaran tapi ga dikasih tau jelas apaan saya melanggar apa abis itu Uda enek denger nama lazada aja enek

 Apa Komentar Anda?

Ada 85 komentar sampai saat ini..

Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada tapi Belum Dibayarkan Sampai …

oleh Mukamau Shop dibaca dalam: 2 menit
85