Akun Shopee Diblokir Setelah Mengajukan Pengembalian Dana, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

Pada hari Jumat 9 Juni 2022, saya membuka aplikasi Shopee untuk mengecek pembelian dan penjualan saya. Akun saya tiba- tiba ter-logout. Saya mencoba login kembali, tapi terdapat pop-up notifikasi gagal login (F02).

Transaksi ShopeePay saya yang terakhir adalah saat saya belanja di festival Shopee 6.6. Seperti biasa saya belanja banyak, karena ada promo gratis ongkir. Namun ada transaksi pengembalian barang, yang telah saya kirimkan kembali ke seller, setelah ada kesepakatan bersama untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dan menunggu validasi dari Shopee untuk pengembalian dana.

Saya chat Shopee dengan akun saya yang lain dan menanyakan apa yang terjadi dengan akun saya. CS Shopee hanya menginformasikan sudah diteruskan ke tim terkait dan meminta saya menunggu pemberitahuan lewat email dengan nomor pelaporan: 1534860132907356210.

Keesokan harinya saya membuka lagi email saya dan mendapat jawaban dari CS Shopee, bahwa akun saya terindikasi melakukan penyalahgunaan proses pengajuan dan pengembalian barang dan dana. Sehingga akun saya dinonaktifkan dan tidak dapat dipulihkan.

Penyalahgunaan bagaimana? Bukankah pada proses pengembalian barang dan dana, ada pihak penjual dan Shopee sebagai pengambil keputusan terakhir? Di sana ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Apabila tidak terjadi kesepakatan, ada pihak Shopee sebagai penentu keputusan akhir yang mutlak. Bahkan keputusan yang diberikan Shopee monoton, sering terjadi ketidakadilan.

Kemudian saya menanyakan tentang saldo ShopeePay saya yang tertinggal, serta dana penjualan yang belum saya tarik. Pihak Shopee menjawab bahwa akun saya masih dalam proses pemantauan dan saya dapat menghubungi Shopee lagi 30 hari ke depan, sejak tanggal 9 Juni 2022.

Berikut saya lampirkan screenshot email dari pihak Shopee. Saya mohon keadilan dan meminta pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun saya serta mengembalikan dana ShopeePay dan saldo penjualan yang menjadi hak saya.

Terima kasih Media Konsumen dan Shopee.

Lia Sartika Dewi
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:40    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir Setelah Mengajukan Pengembalian Dana, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

    • 18 Juni 2022 - (05:51 WIB)
      Permalink

      kk pernah alami? trus gimn keadilannya semisal barang tidak sesuai…bahaya donk kalau belanja online

  • 18 Juni 2022 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Ini saya juga heran. Kalau pihak shopee sebagai mediator sudah setuju. harusnya tidak ada masalah lagi dalam pengembalian. Pelanggaran apa yang dilakukan oleh buyer kalau begitu yah?

    Kecuali seller dan buyer menggunakan 1 jaringan wifi yang sama? mungkin disini terdeteksi pelanggarannya.

    Semoga beres masalahnya kak.

    2
    1
    • 18 Juni 2022 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Hmmm ane biasa pengembalian barang dn dana lancar” aja .. baru denger nih yg bgini

      1
      1
    • 23 Juni 2022 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Aku sarankan untuk kalian semua ,akun jualan jangan pernah di pake untuk belanja, kalau mau belanja pake akun lain saja bikin akun lain, klw akun jualan ya jualan aja jangan dipake belanja juga, karena rentan dibekukan, lebih aman mending jangan dipake untuk belanja.

  • 19 Juni 2022 - (03:27 WIB)
    Permalink

    udah kaya lazada aja skrg sopi suka tahan saldo penjual kalo lazada mah hamir tiap hari ada yg kena ditahan saldo nya

  • 19 Juni 2022 - (07:03 WIB)
    Permalink

    W berkali kali ajukan reture dalam 1 tahun terakhir berhasil bahkan terima barang namun salah ajuka pengembalian dana aja dan penjual no respon alhasil menang di gw. akun aman aman aja tuh

    Lu TS pemain kali WK WK WK

    2
    2
    • 23 Juni 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Berarti akun anda dalam pemantauan sebenarnya sepele sih, dan anda kenapa chat dengan akun yang lain ? seharusnya anda jangan chat dengan akun lain itu sudah membuat shoppe curiga kalo ada kejadian seperti itu langsung aja telp call center verifikasi data pasti akan di tindak lanjuti , call center dan cs by chat itu beda divisi dan sopnya berbeda kadang alot . kalo saya lihat akun anda sedang dalam penangguhan.

  • 19 Juni 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Terim kasih banyak shopee sudah menghubungi saya dan akun saya sudah dipulihkan…terima kasih banyak tim shopee..terima kasih bnayak media konsumen..

  • 23 Juni 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Wah kalo dipulihkan berarti memang tim shopee nya yg suka2 tahan akun org yah?
    GAWAT ya shopee
    Kalo ada yg post di media konsumen bru di balikin, kalk engga di post uda habis lah itu dana di makan shopee
    Enak ya shopee carik makan

  • 23 Juni 2022 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Sopii emg culas
    Sebaik nya agan coba dtgin kantor cabang nya yg terdekat biar bs agan ambil duit agan di sopiii

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir Setelah Mengajukan Pengembalian Dana, Saldo Shope…

oleh Lia dibaca dalam: 1 menit
13