Produk Bermasalah, Proses Pengembalian Barang Saya Didiamkan Berhari-Hari oleh Shopee dan Shopee Mall Samsung Official

Uang saya mandek di Shopee sebesar Rp8.456.400 tanpa pemberitahuan/info apapun dengan jelas. Berawal saya membeli Samsung Smart TV 50 Inch QLED 4K Q63B dengan Quantum HDR dengan no pesanan 220706Q6PKJKRH.

Pada tanggal 6 Juli 2022, 8 Juli 2022 TV saya sampai. Pada hari TV saya sampai langsung saya dan suami saya cek secara mendetail plus tidak lupa untuk membuat video unboxing tv tersebut. Saat suami saya cek, ternyata TV yang saya beli ini ada masalah, masalahnya adalah adanya burn / bercak-bercak putih di TV yang sangat terlihat di warna hitam seperti ini:

Mungkin jika kita tidak paham dan tidak cek secara detail TVnya kita tidak akan sadar jika ada keanehan di warna hitam tersebut karena untuk warna warna lain selain hitam tidak terlihat sama sekali.

Akhirnya pada saat itu juga saya langsung chat Samsungnya untuk menanyakan hal tersebut, mungkin karena saya chat di jam 6 sore mereka tidak merespon. Akhirnya karena saya khawatir dengan keadaan tv saya, saya chat ke WA Samsung resminya yang akhirnya disarankan untuk menguji gambar/diagnosis mandiri pada halaman pengaturan TV nya dan ini hasilnya:

Ternyata TVnya sendiri pun juga mengatakan bahwa ada masalah di TV-nya, yaitu layar buram atau warnanya aneh. Setelah saya mendapatkan hasilnya saya langsung kirim juga bukti tersebut ke Samsung.

Besoknya (9 Juli 2022) mereka merespons dan mengatakan untuk menindaklanjuti kendala tersebut saya harus mengirimkan foto resi dan video unboxing, kedua hal tersebut sudah saya lakukan dan akhirnya mereka menyarankan untuk dikembalikan saja barangnya dan tidak bisa ditukar.

Pada hari itu juga (9 Juli 2022) saya langsung mengembalikan TV tersebut ke warehouse Shopee dengan nomor resi J&T Express yaitu JP3189417013. Tanggal 10 Juli pun TV saya sudah sampai di warehouse-nya dan diterima oleh Agus team retur.

Semua sudah saya lakukan sesuai prosedur, diinfokan juga jika akan ada validasi barang selama 3-5 hari kerja setelah barang diterima. Saya menunggu dan sambil berjalan tidak lupa juga untuk saya follow up ke Samsung dari tanggal 13 Juli 2022 hingga 19 Juli 2022. Dan hingga saat ini tidak ada kejelasan perihal pengembalian barang saya. Berikut saya lampirkan screenshot chat-nya, dari saya baik-baik nanyanya sampai saya emosi.

Kenapa saya bisa marah? Pada tanggal 15 Juli 2022 di siang hari, tepat hari ke-5 validasi barang saya akhirnya menelepon CS Shopee untuk menanyakan tentang pengajuan pengembalian TV saya karena pihak Samsung sama sekali tidak memberikan kejelasan. Dan ternyata saya diinfokan oleh pihak cs Shopee bahwa ajukan pengembalian saya pada tanggal 14 Juli 2022 itu ditolak dan pihak Samsung ingin melakukan mediasi.

Lalu CS Shopee menyuruh saya untuk aktif dalam forum diskusi dan akan ada orang mediasi dari Shopee untuk menjadi penengah. Lalu saya tanya alasannya kenapa ditolak, dia hanya menjawab tidak ada kejelasan/tidak ada alasan kenapa tertolak dan lagi saya disuruh aktif dalam forum diskusi.

Ini yang saya bingungkan, bisa dilihat sendiri chat di atas, pihak Samsung pun, orang mediasi atau siapa pun itu tidak ada sama sekali menghubungi saya untuk menginfokan hal tersebut. Yang ada saya yang mengejar-ngejar pihak Samsungnya. Bahkan forum diskusi pun di saat itu tidak ada, bahkan hingga hari ini tanggal 20 Juli 2022 forum diskusi tersebut tidak ada di rincian pengembalian.

Lalu bagaimana caranya saya berdiskusi dan menanyakan perihal hal tersebut???? Barang tertolak tanpa kejelasan dan tanpa info sedangkan prosedur pengembalian sudah saya lakukan dengan baik. Berikut screenshot rincian pengembalian update 20 Juli 2022 tanpa adanya forum diskusi:

Ending-nya, mbanya pun hanya menyampaikan akan diteruskan ke bagian terkait, akan dipriotaskan, pengecekan lebih lanjut dll dan memberikan saya nomor pelaporan dengan nomor 1547862450935726084 dan menyuruh saya untuk menunggu selama 3 hari lagi yang tandanya itu sampai tanggal 18 Juli 2022.

Dilihat chat di atas tanggal 17 Juli 2022 saya pun marah-marah ke Samsung via chat karena dari tanggal 15 Juli 2022 itu chat saya tidak direspons sama sekali dan pihak Samsung pun tidak ada menghubungi saya. Akhirnya setelah saya marah-marah seperti chat di atas.

Siangnya hari itu juga tanggal 17 Juli 2022 saya ditelepon oleh pihak store Samsung dengan menggunakan telepon 1500702. Lagi dan lagi dia hanya mengatakan akan adanya pengecekan lebih lanjut dan saya akan diprioritaskan, lalu saya menanyakan perihal alasan kenapa pengajuan pengembalian saya ditolak, dan dia pun tidak tahu apa-apa. Bahkan dia baru tahu jika pengembalian saya ditolak ya dari saya sendiri. Otomatis dia juga tidak tahu alasannya kenapa ditolak.

Lalu dia hanya menyampaikan jika penolakan tersebut dilakukan dari pihak Shopee. Bingung bukan? Pihak Samsung saja tidak tahu alasan kenapa ditolak. Lalu saya tanya lagi lalu ini saya harus ngapain lagi? Lagi dan lagi dia hanya menyuruh saya untuk menunggu tanpa waktu kepastian.

Lalu saya bertanya ini kenapa tidak ada forum diskusi, lalu dia menjawab iya memang forum diskusi tidak diaktifkan atau tidak ada. Waktu pun berlalu, tanggal 18 Juli 2022 pun sudah lewat dan tidak ada kabar kelanjutan dari waktu yang saya telepon cs pada tanggal 15 Juli 2022 tersebut.

Lalu tanggal 19 Juli 2022, pada pagi hari saya menge-chat kembali pihak Samsung dengan isi chat yang sama seperti sebelumnya yaitu menanyakan perihal pengajuan pengembalian barang saya. Lagi dan lagi pihak Samsung hanya mengulang kata-kata yang sama. Berikut saya lampirkan screenshot chat tanggal 19 Juli 2022:

Siangnya saya pun menghubungi kembali CS Shopee dan dia hanya menyuruh saya lagi untuk menunggu dan menyuruh saya untuk aktif di forum diskusi yang tidak pernah ada tersebut lalu menjanjikan saya bahwa hari itu juga saya akan ditelepon oleh pihak Shopee.

Sorenya saya ditelepon oleh pihak Shopee dengan Mba Tasa, tim recovery, lagi dan lagi dia hanya menyuruh saya untuk menunggu dan menyuruh saya untuk aktif di forum diskusi yang tidak pernah ada tersebut dan akan diteruskan ke tim terkait. Saya pun berkali kali menanyakan hingga kapan dan beri saya waktu kepastiannya, dia hanya menyuruh saya menunggu dan tidak dapat memberikan kepastian.

Sekalian saya keluhkan ya perihal Mba Tasa ini, mungkin dia lelah/kesal menghadapi pertanyaan saya perihal waktu kepastian tersebut, dia pun TERTAWA KECIL/MENERTAWAKAN saya sambil menjawab bahwa dia tidak bisa memberikan kepastian untuk waktunya seperti menyepelekan saya. Telepon pun tertutup dan akhirnya saya di email oleh mbak Tasa ini.

Malamnya pada tanggal 19 Juli 2022, pihak Samsung chat saya:

Dan itu update terakhir terkait informasi pengembalian tersebut.

Drama pengembalian barang ini pun sudah semakin kacau ditambah saya hanya dihubungi oleh pihak pihak yang memiliki keterbatasan akses. Kesimpulan dari ini semua adalah saya sudah merasa maksimal dalam menghubungi pihak Samsung, dan saya juga sudah berbicara via telepon oleh pihak Samsung 1x dan pihak Shopee sebanyak 4x dengan waktu yang cukup lama yang menguras pulsa saya dan waktu saya.

Yang saya pertanyakan,

  1. Apa alasan ajukan pengembalian saya ditolak? Mereka semua pun sama sekali tidak tau perihal tersebut sedangkan video unboxing dan bukti foto sudah saya kirimkan dengan jelas, lalu setelah katanya ditolak, tidak ada siapa pun yang menghubungi atau menginfokan saya ataupun membahas perihal tersebut, aplikasi pun tidak terupdate jika pengembalian saya tertolak. Mereka hanya bisa menjawab pengecekan lebih lanjut, diteruskan ke tim terkait dan sebagainya, mereka sama sekali tidak membahas alasan kenapa pengajuan saya tersebut ditolak dan alasan kenapa bisa berlarut – larut seperti ini.
  2. Kenapa mereka selalu menyuruh saya untuk aktif dalam forum diskusi sedangkan forum diskusi saja tidak pernah ada, bahkan pihak CS Shopee seperti tidak percaya di saat saya bilang jika forum diskusinya tidak ada. Lalu bagaimana caranya saya bisa berdiskusi dengan mereka terkait penolakan ataupun mediasi jika fitur forum diskusi saja tidak pernah ada?
  3. Selalu menjawab akan diteruskan ke tim terkait, validasi barang dan pengecekan lebih lanjut, emang dari tanggal 10 Juli 2022 mereka ngapain aja? lalu saya laporkan lagi tanggal 15 Juli 2022 dan hingga saat ini mereka juga masih menjawab diteruskan ke tim terkait dan dalam pengecekan lebih lanjut dan sebagainya, nah emang selama itu mereka ngapain aja? Laporan saya seperti tidak diurusi.

TV pengembalian saya sudah mereka terima dari tanggal 10 Juli 2022, tapi duit saya masih mandek di sistem Shopee hingga sekarang tanpa kejelasan. Kenapa bisa seperti ini? Saya merasa seperti ditipu dan dijahati.

Pengajuan pengembalian saya benar-benar didiamkan, tidak diberikan solusi dan di biarkan berlarut larut seperti ini. Jujur, hal ini sangat membuat saya ketakutan, stress, mental down dan uring-uringan. 8 juta itu tidak kecil bagi saya, besar nominalnya, tapi mereka seperti menyepelekan dan tidak mementingkan perihal ini.

Semoga dengan adanya keluhan saya di Media Konsumen ini pihak Shopee bisa segera menyelesaikan permasalahan yang mencurigakan dan aneh ini.

Ulfa Rusyida
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:32    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Produk Bermasalah, Proses Pengembalian Barang Saya Didiamkan Berhari-Hari oleh Shopee dan Shopee Mall Samsung Official

  • 20 Juli 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Untuk perusahaan sekaliber Samsung, dengan dimuatnya SP di MK ini mereka akan cepat merespon seperti yang sudah-sudah. Saya berharap hal yang sama terjadi dengan penulis.

    Jika saya dalam posisi ini, saya lebih memilih keukeuh pengembalian dana ketimbang solusi lain seperti penggantian unit atau tukar tambah (karena transaksi dilakukan online, tidak ada cek produk sebelum dibawa pulang). Mungkin bisa dipertimbangkan untuk beli offline, atau pindah ke lain hati karena mantan terbaik tidak selalu menjadi mantan terindah.

    11
    • 20 Juli 2022 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Setau saya dishopee ini untuk penukaran barang memang tidak bisa jadi otomatis memang harus dikembalikan dana nya. Saya fikir karena membeli dishopee mall akan lancar2 saja tapi malah zonk, jujur kapok banget belanja dishopee mall dan ini pengalaman banget buat saya :’) terima kasih atas saran nya yaa dan Amin semoga lebih cepat ditanggapi hiks

      • 20 Juli 2022 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Turut bersedih …lbh aman di ijo..di ijo sgt fair..klo shopee ya cukup beli brg kecil..tp sy prnh pas flash sale beli hp xiaomi di shopee..untung tdk ada kendala..semoga cepat kelar..tp emg cs shopee itu sgt nyebelin..ntah apa krjnya🤣🤣..tdk bs jd penengah yg baik..srg merugikan seller ataopun pembeli..tp kebanyakan seh seller yg dirugikan

        • 21 Juli 2022 - (13:27 WIB)
          Permalink

          Ribet banget dah pengembalian barang di Shopee. Jadi khawatir kalau mau beli barang dengan harga yang tinggi. Kalau aku dulu pernah pengembalian barang tapi di Lazada, jika barang yang di retur udah sampai ke penjual, itu penjualnya dikasih waktu apakah sudah sesuai apa belum, kalau tidak ada respon hingga waktu yang ditentukan. Otomatis dana akan cair ke pembeli tadi.
          Shopee nyatanya cuma koar-koar iklan doang, keamanan baik pembeli atau penjual sangat minim, seperti masalah kehilangan barang, rusak nya barang ketika diterima. Soalnya udah banyak banget yang komentar tentang diadakannya sistem asuransi, cuma gak di respon ama pihak Shopee nya. Dan CS nya kalau menanggapi seringnya Copas jawaban sistem 🙁
          Saran saya kalau mau beli barang elektronik secara online, di Tokped atau Blibli atau JD.ID, yang penting ada sistem asuransinya biar aman.

          Semoga masalah cepat terselesaikan 🙏

  • 20 Juli 2022 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Beli elektronik mending di blibli kalqu bermasalah 14 hari tinggal retur begitu ditrima blibli langsung balik tp bentuknya vocer senilai harga beli

      • 20 Juli 2022 - (15:05 WIB)
        Permalink

        Wih uang senilai Rp 8,456,400 hilang? Obrak abrik kantor shopeenya. Sama saja kasus penipuan. Videokan aksi obrak abrik mu kantor shopee. Gas gan!

        6
        6
  • 20 Juli 2022 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Samsung official di Shopee emang banyak masalahnya mba….
    Kemarin ada yg menang flash sale HP samsung seharga 1000 rupiah tapi pihak samsung ga ngirim2 HP nya…
    Ada 2 orang klo ga salah yg ngirim masalah kasus flash sale samsung itu di mk…
    Dan ujungnya pihak samsung ngga merespon mereka malah dari pihak Shopee yang minta maaf dan mengganti HP dengan voucher senilai harga barangnya…

    • 20 Juli 2022 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Waa iya saya baca juga mba artikelnya.. pelajaran juga yang saya ambil adalah sebelum membeli barang kita kudu wajib baca review dan melihat rating penjualnya. Setelah kejadian ini saya baru baca review dan rating shopee mall samsung official ternyata banyak juga yang mengalami kejadian seperti saya, makanya saya merasa takut huhu

  • 20 Juli 2022 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Kalau beli barang elektronik dengan harga mahal mending beli offline aja di toko resmi, bisa langsung cek barangnya, jika barangnya bagus dan cocok langsung bayar dan bawa pulang. Transaksi selesai!

    Kalau udah begini, memang bikin kesel dan kecewa berat, barang sudah di return tapi masalah selesai. Seharusnya pihak shopee segera memproses pengembalian dana, gak nyuruh aktif di forum diskusi, emangnya mau diskusi apa? Yang dibutuhkan buyer adalah pengembalian dan, titik.

    Dari pengalaman diatas, kedepannya jangan beli produk Samsung lagi, banyak produk elektronik lain yang lebih bagus, dan mungkin layanannya lebih baik. Terkadang, nama besar bukan jaminan kualitas produk dan layanan baik!

    • 20 Juli 2022 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Saya belanja elektronik yang bernilai besar via online sudah beberapa kali ka di toko toko sebelah dan Alhamdulillah selalu aman, hal seperti ini baru pertama kali saya rasakan di shopee mall karena emang kebetulan shopee mall samsung sedang diskon waktu itu dan kenapa saya berani untuk beli disana karena saya fikir shopee mall pasti aman dan terpercaya..
      mereka menyuruh saya untuk aktif di forum diskusi karena katanya pengajuan saya ditolak dan akan ada diskusi plus mediasi disitu perihal tersebut tapi nyatanya dianggurin begini masalah saya tanpa kejelasan. Huaaah sangat mengecewakan 🙁

      3
      1
      • 21 Juli 2022 - (03:26 WIB)
        Permalink

        maaf ka ,forum diskusi yang dimaksud biasanya ada di rincian pembatalan .nanti disitu ada tombol buat diskusi sama seller kalo gasalah
        kemaren juga soalnya suami beli barang di shopee dan pengajuan pengembalian
        aku suka cek rincian pembatalan dan disitu kalo gasalah ada klik buat diskusi sama seller deh

  • 20 Juli 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Saya ga berani loh beli barang mahal misal elektronik ataupun smartphone dari ol shop. Resiko besar, barang tidak bisa kita test langsung. Baru bisa dicoba pas sudah sampai lokasi. Banyak risikonya. Resiko rusak pada saat pengiriman, Resiko hilang (smartphone) dan rusak ketika sudah sampai rumah ketika dicoba. Mending beli di offline store, bisa langsung dicoba ditempat.

    2
    2
    • 20 Juli 2022 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Seharusnya sekelas shopee harus bisa menangani masalah dengan cepat, jika ada kasus yang tak cepat diselesaikan apalagi kasus yang gagal selesai bisa berakibat sangat fatal terutama hilangnya kepercayaan konsumen kepada shopee. Masalah ini akan semakin ribet karena barang dikelola dan diproses oleh shopee bukan oleh Samsung Langsung.

      Semoga kasus cepat segera terselesaikan dengan baik. Karena itu produk baru yang tentu bergaransi resmi harusnya jika ada kerusakan maka garansi itu harusnya berlaku. Tergantung aturan dan kesepakatan apakah tukar barang, pengembalian uang atau perbaikan barang.

      • 20 Juli 2022 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Apa kelas sophee…. Mas… Kelas jancoook yg ada. Saya beli barang di sophee jadi sampah. Komplian gak di tanggapi.

        2
        1
  • 20 Juli 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat selesai permasalahan, saya belum pernah dapat kejadian yang aneh di shopee, semoga emang tidak lah.

    Yang penting perhatikan hal” yang ingin beli, misalkan rating pembeli, terus packing pakai apa, terus ukurannya masuk akal nggk kalau di antar ke rumah, bobot juga, dan terakhir ada harga ada kualitas, jangan karena murah langsung beli.

    Jadi lah smart buyer.

  • 20 Juli 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Update hari ini, tanggal 20 juli 2022, setelah saya menulis artikel di Media Konsumen, akhirnya Mba Leni selaku tim mediasi Shopee menghubungi saya pada sore hari, dia memberikan alasan kenapa pengajuan saya didiamkan/tertolak atau kenapa tidak adanya forum diskusi.
    Dari yang saya tangkap dari penjelasan mba tersebut adalah bahwa tim gudang shopee sedang melakukan pengecekan/investigasi kepada samsung resminya untuk mencari tau asal dari kerusakan TV tersebut berasal dari pihak mana makanya uang saya masih ditahan di sistem Shopee. Shopee ingin memastikan apakah TV tersebut bisa di ganti oleh pihak samsung resminya (?), lalu kaitannya dengan uang saya apa ya? Menurut saya alasan tersebut sangat tidak masuk akal karena seharusnya itu bukan urusan saya, yang saya tau seharusnya kewajiban shopee adalah mengembalikan uang saya karena pengembalian TV saya sudah dilakukan sesuai prosedur dan sudah melewati masa validasi barang Shopee. Alasan tersebut dibuat seperti………….. shopee ingin cari aman? tidak mau rugi? atau apa?

    10
    • 20 Juli 2022 - (23:43 WIB)
      Permalink

      mmg beLi di Shopee MaL tdk menjamin barang yg datang muLus .. kmrn sy beLi kuLkas LG Official penyok bag.beLakang .. bs Jadi kuLkas terbentur di perjalanan dLL mau retur maLas krn ongkir ditanggung pembeLi & ribet Jg ..

  • 20 Juli 2022 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Q mah TV pecinta polytron alhmdlh 5 tahun sdh bersamaku klo elektronik kya kulkas ttp sharp

  • 20 Juli 2022 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Tag Instagram Samsung dan Shopee nya via IG kak. Makin ramai yg liat makin cepat selesai. Jgn pakai DM. Tapi lgsg chat di kolom komentar …

    Jaman now harus garamg dikit di medsos. Mereka gak mau reputasi brand rusak..

    • 21 Juli 2022 - (02:11 WIB)
      Permalink

      mesti kasih tau anak cucu berserta krabat nih jangan sampai beli brand samsung kalau gak mau di buat repot
      tadi saya liat ada yg komentar kalau beli eletronik mahal mendingan offline sebenarnya sama aja kalau pihak samsungnya gak mau ganti tuh barang tokonya aja yg kena sial seperti shopee sebagai perantara kena sial
      padahal kalau sudah seperti ini di liat orang banyak apa gak jatuh tuh citra samsung saya pribadi aja setelah tau ini gak mau beli brend samsung walau orang bilang bagus kenyataanya tuh begini merepotkan

  • 20 Juli 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Emang parah Samsung tuh.. saya beli hp Samsung di official store nya di lazada, setelah hp SMP, memang hp masih terbungkus plastik dusnya.. tapi saat saya cek ternyata hp sudah pernah di aktifkan 2 bulan sebelumnya.. dan masa garansi mengikuti tanggal pertama x hp di aktifkan.

  • 21 Juli 2022 - (02:52 WIB)
    Permalink

    @Ulfa
    Bu, ini sih sudah keterlaluan yah
    Nah kebetulan ibu sebagai ‘korban’, saya saranin sih ya laporkan juga ke Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag. Nanti mereka menganalisa masalah ibu, minimal sangsi marketplace tersebut NIB nya dicabut.

  • 21 Juli 2022 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Kan udah ada bukti banyak, viralkan aja lewat twitter, tiktok, ig. Samsung di shopee emang bermasalah. padahal kemarin dah ada masalh yg flashsale, sekarang ini. Viralin aja, sekarang ga viral ga bakal ada tanggapan yg serius

  • 21 Juli 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Ini adalah keluhan ke 6 hari ini yang saya baca soal SHOPEE haha… Mgkn orang ga banyak baca media konsumen ya. Ketika bermasalah baru deh cari solusi.. Jadi ya begini.. Beli barang/jual barang di shopee di atas 1jt? Nasibnya ya kayak penulis ini.. Gw cape ngasih saran ke tulisan soal shopee yg berulang2 kayak begini.. Laptop,hp,PS5,TV sekarang TV lago wkwkwk.. Good luck gan.. shopee gitu loh

  • 21 Juli 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Itu tv nya ke teksn lcd nya mngkin ekt pengiriman
    Resiko beli elektronik secara online & promo

  • 21 Juli 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Update hari ini 21 juli 2022 jam 11 siang, tiba tiba saya di telfon oleh kurir TIKI bahwa ada kiriman paket dari shopee yaitu TV SAMSUNG saya yang dikembalikan oleh shopee dan TV tersebut sudah berada di depan rumah saya. Saya pun terheran – heran ya dengan kelakuan shopee ini, ini masalah masih ngegantung bahkan update terakhir di sore hari kemarin pada tanggal 20 juli pukul 5 sore yang bahkan belum 24 jam ini dengan mba Leni tim mediasi via tlp, dia mengatakan untuk saya menunggu kabar dari dia karena masih ada pengecekan/investigasi lebih lanjut dan saya juga sudah menekankan ke dia bahwa saya ingin UANG saya kembali. Lalu ini tanpa ada nya konfirmasi lebih lanjut atau obrolan di forum diskusi atau apapun itu eh tibatiba tv saya dibalikin (?) bahkan saya gatau apakah itu tv bekas saya yang tertolak atau tv diganti baru (?) ini mereka lagi ngelucu apa gimana ya.. aneh bin ajaib :’) ohya, yang pasti tv nya saya tolak ya jadi uda dibawa pulang lagi sama abang tiki nya.

    • 21 Juli 2022 - (11:36 WIB)
      Permalink

      @Ulfa.
      Maksud hati ingin kasih suprise mungkin bu.

      Kalau pendapat saya pribadi nih yah, bila konsumen sdh nongol “urat lehernya” itu biasanya gak bisa ditawar2 lagi.

      Mending shopee/official samsung balikin dana nya deh langsung transfer ke rekening konsumen. Kasusnya berulang2 seharusnya ada rasa malu.

      Kalau sy sebagai regulator sdh pasti sy cabut izin operasinya.

      • 21 Juli 2022 - (15:16 WIB)
        Permalink

        Setelah saya marah2, Alhamdulillah uang saya sudah kembali pak. Perlu marah2 dan repot begini dulu baru dibalikkin. Huff kapok bgt deh sama shopee mall

  • 21 Juli 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    biar satu indonesia baca!!!!
    shopee ama samsung sangat sulit klo ada kendala, mereka mau nya cuan cuan cuan aja!!!!
    jadi sebaik nya !
    jangan beli di shopee !!!!! uninstal aja !
    jangan beli samsung !!! servis nya mengecewakan!!

    @kita tunggu kabar penyelesaian nya di “media konsumen !!
    punya niat dan malu tidak ke 2 perusahaan ini di mata masyarakat indonesia !

    • 21 Juli 2022 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah uang saya sudah kembali pak, kapok deh sama shopee mall, kacau sekali

  • 21 Juli 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada Media Konsumen dan para pembaca yang sudah memberikan tanggapan dan dukungan kepada saya.
    Setelah kejadian tv tiba tiba nongol dirumah saya tersebut, tidak lama saya langsung menelfon cs Shopee dan komplen dan menanyakan perihal tersebut. Lucu nya, cs shopee tersebut seperti tidak tau kalau adanya pengiriman tv pengembalian kerumah saya dan tidak lama dari tlp saya tersebut, Alhamdulillah ya Allah, AKHIRNYA UANG SAYA KEMBALI. Drama pun selesai.
    Ini benar benar pengalaman pertama saya perihal belanja online yang sangat sangat melelahkan dan memuakkan.
    Untuk shopee, semoga kalian bisa menjadi lebih baik lagi dalam menangani hal ini & cepat tanggap dalam menangani sebuah masalah dan untuk para pembeli seperti saya jika ingin belanja online dimanapun, jangan lupa untuk memeriksa rating & review pada toko tersebut. Jangan lupa juga untuk membuat video unboxing yang jelas dan terperinci pada barang yang kita terima sebelum membuka nya berapapun nilai barangnya untuk kita simpan sebagai bukti jika amit amit barang yang kita terima tidak sesuai/rusak.

    Terima kasih,
    Russy.

    • 22 Juli 2022 - (22:16 WIB)
      Permalink

      @Ulfa
      Alhamdulillah bu kalau sudah kembali.
      Ini mah sekedar saran, bu. Kalau TV 50in keatas, mendingan ke showroom elektronik aja sambil lihat-lihat, testing2 fitur dan disitu ada banderol harganya juga. Pasti bisa tawar-menawar dengan sales nya. Yah sambil bantuin omset salesnya gitu lho.

      Setelah lihat postingan ibu, rada parno kalau kaliber tv 50in beli online. Kl ada rejeki lebih mah beli offline showroom aja deh.

    • 24 Juli 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      itulah guna nya media konsumen !
      sekali keluhan tersebar dan di baca 1 indonesia …. mereka langsung gerak cepat selesaikan case !
      “ga mau nila setitik , rusak susu sebelangga😂👍
      #sukses selalu media konsumen

  • 22 Juli 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Musti kasih tau sodata tetangga hati2 belanja online di sopee ama samsunx store. Pengaduan artikel ini sangat ngeri dan terlalu banyak membuang waktu.

  • 24 Juli 2022 - (18:15 WIB)
    Permalink

    sopi itu cuma untuk beli barang2 murah dibawah 100ribuan aja sama beli akun2 langganan streaming, kalau beli barang mahal diatas 500rb engga berani hehehe, soalnya lama sekali prosesnya, beli sameday pernah diproses 2 hari kemudian KZL 😂

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Produk Bermasalah, Proses Pengembalian Barang Saya Didiamkan Berhari-H…

oleh Ulfa Rusyida dibaca dalam: 5 menit
40