Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

Saya melakukan pembelian produk Prenagen susu UHT 200 ml di official store Tokopedia, ketika ada promo potongan harga dengan waktu terbatas. Saat saya melakukan pembelian 9 pcs susu UHT choco, harganya Rp20 ribu.

Selesai melakukan pembayaran, pesanan saya langsung diproses oleh seller dan hanya hitungan menit pesanan saya sudah dikirim (req pick up) tanpa kendala sama sekali. Namun ketika paket sampai, isi paket yang didapat hanya berisi 3 pcs susu UHT strawberry (jumlah produk berbeda dan varian produk juga beda).

Ketika dikomplain, alasan dari seller official store Tokopedia mengatakan ada kesalahan harga. Jika betul ada kesalahan harga, apakah saat proses packing tidak melihat invoice pesanan? Jika ada kesalahan harga, kenapa paket dikirim tanpa ada informasi apa pun dan proses pengiriman sangat lah cepat?

Namun apa pun alasannya, saya sebagai pembeli tentunya ingin mendapatkan produk sesuai dengan invoice pesanan saya. Solusi dari seller hanya ada 2, yaitu saya harus menerima paket yang berisi 3 pcs atau retur refund.

Solusi dari admin Tokopedia Care bagaimana? Belum ada solusi final. Namun sepertinya admin Tokopedia Care mengikuti solusi seller official store tersebut, dikarenakan penjual diminta mengirimkan produk sesuai dengan pembelian saya dan jika penjual tidak mengirimkan produk, maka saldo penjualan tetap akan diberikan kepada penjual.

Saya sebagai pembeli apakah rugi? Secara langsung tidak rugi, karena jika produk saya kembalikan maka saldo saya akan kembali. Namun secara tidak langsung, saya sebagai pembeli merasa sangat dirugikan, karena apa yang ada di iklan Tokopedia tidak sesuai dengan apa yang saya dapatkan.

Saya juga harus menyia-nyiakan waktu saya mulai dari sebelum melakukan pembelian (saya juga meminta 2 saudara saya untuk membantu membeli produk tersebut menggunakan akun Tokopedia mereka), kemudian melakukan komplain ketika produk sampai, hingga membalas solusi Tokopedia Care yang tidak tegas.

Dari kasus di atas Apakah Tokopedia melalui Tokopedia Care hanya membiarkan seller apalagi seller official store di Tokopedia melakukan hal seperti ini? Karena kesan saya adalah, ini hanya permainan seller untuk menarik pelanggan dengan cara melakukan promo dalam waktu tertentu seperti flash sale, kejar diskon, WIB, dsb yang ada di Tokopedia.

Jika seller benar melakukan kesalahan harga seperti alasan dari seller tersebut, kenapa saat invoice masuk langsung dikirim produk yang berbeda (hanya hitungan menit paket langsung dikirim) tanpa ada konfirmasi apa pun? Padahal jelas-jelas di invoice terdapat informasi produk yang dibeli.

Jonatan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

oleh Dominicojonatan dibaca dalam: 2 menit
46