Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

Saya melakukan pembelian produk Prenagen susu UHT 200 ml di official store Tokopedia, ketika ada promo potongan harga dengan waktu terbatas. Saat saya melakukan pembelian 9 pcs susu UHT choco, harganya Rp20 ribu.

Selesai melakukan pembayaran, pesanan saya langsung diproses oleh seller dan hanya hitungan menit pesanan saya sudah dikirim (req pick up) tanpa kendala sama sekali. Namun ketika paket sampai, isi paket yang didapat hanya berisi 3 pcs susu UHT strawberry (jumlah produk berbeda dan varian produk juga beda).

Ketika dikomplain, alasan dari seller official store Tokopedia mengatakan ada kesalahan harga. Jika betul ada kesalahan harga, apakah saat proses packing tidak melihat invoice pesanan? Jika ada kesalahan harga, kenapa paket dikirim tanpa ada informasi apa pun dan proses pengiriman sangat lah cepat?

Namun apa pun alasannya, saya sebagai pembeli tentunya ingin mendapatkan produk sesuai dengan invoice pesanan saya.ย Solusi dari seller hanya ada 2, yaitu saya harus menerima paket yang berisi 3 pcs atau retur refund.

Solusi dari admin Tokopedia Care bagaimana? Belum ada solusi final. Namun sepertinya admin Tokopedia Care mengikuti solusi seller official store tersebut, dikarenakan penjual diminta mengirimkan produk sesuai dengan pembelian saya dan jika penjual tidak mengirimkan produk, maka saldo penjualan tetap akan diberikan kepada penjual.

Saya sebagai pembeli apakah rugi? Secara langsung tidak rugi, karena jika produk saya kembalikan maka saldo saya akan kembali. Namun secara tidak langsung, saya sebagai pembeli merasa sangat dirugikan, karena apa yang ada di iklan Tokopedia tidak sesuai dengan apa yang saya dapatkan.

Saya juga harus menyia-nyiakan waktu saya mulai dari sebelum melakukan pembelian (saya juga meminta 2 saudara saya untuk membantu membeli produk tersebut menggunakan akun Tokopedia mereka), kemudian melakukan komplain ketika produk sampai, hingga membalas solusi Tokopedia Care yang tidak tegas.

Dari kasus di atas Apakah Tokopedia melalui Tokopedia Care hanya membiarkan seller apalagi seller official store di Tokopedia melakukan hal seperti ini? Karena kesan saya adalah, ini hanya permainan seller untuk menarik pelanggan dengan cara melakukan promo dalam waktu tertentu seperti flash sale, kejar diskon, WIB, dsb yang ada di Tokopedia.

Jika seller benar melakukan kesalahan harga seperti alasan dari seller tersebut, kenapa saat invoice masuk langsung dikirim produk yang berbeda (hanya hitungan menit paket langsung dikirim) tanpa ada konfirmasi apa pun? Padahal jelas-jelas di invoice terdapat informasi produk yang dibeli.

Jonatan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Tokopedia:
[Total:88    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

45 komentar untuk “Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

  • 29 Juli 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Ya mungkin terjadi miskomunikasi antara seller dan tokopedia. Sama seperti flashsale yg barangnya tidak dikirim.

    4
    5
    • 29 Juli 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Jadi terkesan seperti permainan seller pak, jika pembeli menerima ya bagus dan tinggal retur refund jika pembeli tidak terima toh seller tidak rugi karena barang kembali dan ongkir ditanggung oleh tokopedia

      9
      2
    • 29 Juli 2022 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Kejadian yang sama juga saya alami di tokopedia saat transaksi tgl 28 Juli 2022.Pihak seller kirim barang yg tdk sesuai pesanan.Kesalahan saya adalah kurang cek dan ricek sehingga begitu barang sy terima lsng saya klik selesai tanpa unboxing dulu.Saya komplen ke sellernya via chat dan saya setuju order ulang barangnya lagi.Masalahnya saat mau membeli barang tsb ternyata harganya udah dinaikkan secara fantasis dari Rp.32.000 ke Rp.349.000.Akhirnya saya batalkan pembelian barang tsb dan langsung chat ke tokopedia care untuk menegur ulah sellernya itu.Tapi tampaknya Pihak admin Tokopedia Care lbh memihak ke sellernya drpd ke buyernya.Ya udah selanjutnya sy black list aja itu sellernya.

        • 30 Juli 2022 - (07:26 WIB)
          Permalink

          Udah saya blacklist.Tawaran refund barang atau order ulang dengan harga yg sdh “dinormalkan” kembali tidak saya gubris.Buka buka lapak lainnya ternyata ada yg jual barang yg sama tapi harga yg jauh lbh murah.

    • 1 Agustus 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Kalo flash sale emang sering bohong temen2, jangan mau diburu2 beli sale yg pakai waktu, 90% barang yg disale bsk2 juga sama harganya.
      Trus cek di toko online lainnya biasanya harganya memang lagi turun harga.
      Trus untuk grab dan gojek aplikasi pesan antar makanan yg lainnya ( shopefood )
      Mereka biza seenaknya membatalkan
      Pesanan walaupun kadang kita sudah menunggu sebentar / lama.
      Saya pernah beberapa kali sudah 30 menit menunggu eh dibatalkan… udah 1 jam menunggu eh dibatalkan udah 15 menit menunggu eh dibatalkan, jadi kadang kita tinggal hpnya, trus ditunggu2 kok ga dateng2

  • 29 Juli 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Tokopedia Care yang sekarang jauh berbeda,lebih memihak seller iseng ikutan flash sale kejar diskon yang dibatalkan beralasan salah harga baik itu official store maupun toko biasa,dan tidak mau bertanggung jawab …

    • 29 Juli 2022 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Yang saya alami saat ini, saat di komplain seller menyampaikan ada kesalahan harga namun anehnya pesanan saya langsung diproses dan dikirim dalam hitungan menit pak.
      Menurut saya aneh, karena pesanan langsung dikirim dengan jenis yg berbeda dan jumlah yg berbeda dengan invoice tanpa ada konfirmasi apapun ke pembeli..
      Jadi seperti kalo pembeli Nerima ya untung kalo pembeli komplain ya tinggal minta retur refund aja dan si seller tidak ada kerugian sama sekali gitu karena ongkir tentunya ditanggung oleh tokopedia

  • 29 Juli 2022 - (09:55 WIB)
    Permalink

    ini anda yang beli garam tengah malam, minta sampai jam 1, sampai nya jam 2 terus anda komplain di media konsumen kan ya?

    4
    11
      • 29 Juli 2022 - (10:18 WIB)
        Permalink

        Koreksi ya,, bukan minta sampai jam 1 tapi sampai jam 2 ya om.
        Tapi pesanan ‘2 jam sampai’ namun lebih dari 2 jam paket tidak kunjung sampai dikarenakan driver grab instan membatalkan pick up setelah lebih dari 1jam status penjemputan paket

  • 29 Juli 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Sekitar pukul 10 pagi ini saya mendapat telp dari Tokopedia care yang memberikan solusi retur refund dan Tokopedia memberikan kompensasi voucher agar kasus ini tidak berlarut-larut.
    Saya sebagai pembeli tentu menghargai solusi Tokopedia care apalagi saya dijanjikan akan mendapat voucher.
    Namun yang saya harapkan dari awal komplain hingga surat ini saya tulis adalah pertanggungjawaban dari seller yang tidak bertanggung jawab tsb.
    Sepertinya saya akan retur refund agar permasalahan ini selesai.
    Harapan saya Tokopedia lebih tegas terhadap aturan transaksi di Tokopedia sehingga pembeli dan penjual merasa aman bertransaksi tanpa perasaan was-was

    10
    2
  • 29 Juli 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Check outnya banyak akun ya ? tiati aja semuanya pd dibanned lho. aplg terpampang disini. tokped sensian kl kita punya byk akun

    1
    1
    • 29 Juli 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Akun tidak jadi masalah pak,, karena satu akun punya satu identitas KTP.
      Jika Tokopedia mempermasalahkan banyak akun tinggal diverifikasi saja masing-masing akunnya.
      Dan biasanya yg jadi masalah akun banyak dengan alamat yg sama itu jika pakai kode promo (voucher) jadi dicurigai pemilik akun satu orang dan cashback tidak diberikan.

      3
      1
  • 29 Juli 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Refund aja kak, FS besar tu ada subsidi dari toped kecuali fs gimmick ( terlihat dari harga yg di up ga masuk akal), keenakan sellernya kalau kakak terima. Ongkir refund yg nanggung seller klo kasusnya kaya bgini.

  • 29 Juli 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Hadeuhhh…. yaa tinggal retur j, kalo emg g mau rugi ya, g usah minta2 lebih , voucher lah, diganti brg lah,

    Kemungkinan salah lihat pas packing, mungkin karyawan baru yg bgiian gudang nya, kesalahan pasti ada, toko biasa atau dilayani Tokopedia juga mrka manusia biasa, harap dimaklumi,

    Harga 20rb pke acara MK sgla tinggal selesaikan di ruang komplain sgla sat set tinggal pilih opsi yg di tawarkan,
    Jgn mengharapkan lebih namanya jg untung2.an, berfikir positif j mungkin belum rejeki nya, sedikit2 berburuk sangka, jgn gtu ya.
    Terimakasih

    10
    18
    • 29 Juli 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Apakah saya salah meskipun hanya meminta tanggung jawab seller untuk mengirimkan produk sesuai dengan iklan saat saya membeli?
      Saya tidak meminta dan tidak berharap apapun pun, saya hanya ingin seller bertanggung jawab untuk mengirim pesanan sesuai invoice.
      Bukan masalah nominal,, namun masalah tanggung seller.

      5
      2
  • 29 Juli 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Seperti biasa, banyak “Penghuni Surga” di MK
    Tgl refund lah, bukan rezeki lah
    Bahkan si IVAN smpe beli SUSU jadi GARAM

    ITU SEMUA MURNI PERMAINAN dr seller dan MP
    Karena klo harga promo tidak di masukin seller, gak mungkin bisa terjadi
    Lagian sesuai yg di katakan TS, dr invoice kan kelihatan

    TANGGUNG JAWAB TOKOPEDIA

    15
    3
    • 29 Juli 2022 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya saya juga pernah beberapa kali mengalami hal ini di shopee, namun seller konfirmasi terlebih dahulu dan belum pernah mengalami paket langsung dikirim meskipun tidak sesuai dengan invoice.

  • 29 Juli 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Menurut saya penjual & pembeli sama aja
    Penjual masih menggunakan cara tipu” untuk menarik pembeli & pembeli terpancing dengan harga murah. Tiitik pake k bukan t ๐Ÿ˜

    1
    9
  • 29 Juli 2022 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Udah lama ga belanja di toped, manajemen makin bobrok dan diskonnya ga ada, cashbacknya banyak syarat, klo free ongkir mah semua MP udah free ongkir dr dulu, bahkan yg sebelah free ongkir utk pengiriman instan
    Toped udah uninstall

    • 29 Juli 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Masih ada om berupa voucher free ongkir gojek instan maks Rp15.000,- meskipun vouchernya tidak selalu dikasih..
      Tetap bayar ongkir juga sih jatuhnya, karena minimal ongkir gosend instan 20ribuan ๐Ÿ˜‚
      Tapi jika dibandingkan dengan sebelah, sepertinya lebih menguntungkan pembeli toko orange karena sekarang cashbacknya 7-10% dan gratis ongkir bebas pilih jasa kurir

      • 29 Juli 2022 - (23:54 WIB)
        Permalink

        Koreksi saja, tiap minggu Tokped ngasih free ongkir Gosend. Trgantung level, 4-12 voucher seminggu senilai 10ribu doang ( dulu 20rb ). Vouchernya manual, ketik GOSENDHEMAT. Dan untuk daerah saya Gosend pling murah 13ribu ongkosnya. Ini jarak dibawah 2km.

  • 29 Juli 2022 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Harga murah namun masih logis om untuk harga flash sale oleh official storenya langsung.
    Harga eceran 5000 di beberapa seller gratis ongkir (power merchent/pro di Tokopedia).
    Jadi jika flash sale oleh official store sekitar 50% dari harga eceran menurut saya masih masuk akal.
    Namun benar juga sih yg om katakan, saya sebagai pembeli terpancing harga murah hingga melakukan pesanan.

  • 29 Juli 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Wah kalau tokopedia care itu sampah bgt gaes. Mereka selalu jawab pakai bot. Dan kalau ada masalah yg tiba2 datang dan kita ga ketahui misalnya pesanan dibatalin otomatis oleh sistem ataupun cashback yg gagal dengan sendirinya mereka cari2 alasan kalau kita ini melakukan kecurangan lah melakukan pembelian dengan bbrp akun lah, Padahal kita ini belanja pakai 1 akun dengan normal dan selalu mengikuti rules. pokoknya kita ini cuma dianggap kriminal lah sama mereka. #An*ing bgt. Saya heran kenapa mereka bisa dapet best cs 2021. Yaaa paling waktu lomba dan pengecekan mereka baik baik ke jurinya. Tapi in real life(?) Atau malah jurinya disogok duit(?) ๐Ÿคญ Kan duit tokped banyak.

    Siapapun yg pernah kena pembatalan otomatis oleh sistem ataupun cb tidak diterima, atau proses refund yg dipersulit mari yukk KASIH BINTANG 1 KE TOKOPEDIA DI PLAYSTORE MAUPUN APPSTORE ๐Ÿ™‡๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ MOHON BANTUANNYA YA. KITA AJUKAN GERAKAN PERUBAHAN GAES!!! YG PALING PARAH GAES, PROMO2 BARANG YG MURAH BGT DIAMBIL ORANG DALAM, DULU SAMPE PERNAH ADA BERITANYA KOK. DAN SEKARANG PUN MASIH ADA. INI TRUE STORY DR TEMEN GUA YG KERJA DISANA :(((( YUK BINTANG 1 YUK ๐Ÿ™

    6
    4
  • 29 Juli 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Memang promo flash sale itu banyak jebakannya. Yang lagi ramai itu bulan kmarin. Official samsung store. Hp 2.6juta di flashsale jadi rp.1000 doang. Cm ad 10unit katanya.

    Ya barang harga sgitu y pst ludes lah.

    Tapi nyatanya gak ada 1pun barang yg dikirim ama mreka dengan alasan salah harga juga.

    Intiny hati2 aja ama harga yang terlalu ga wajar pas lagi flash sale. Pasti itu sale fiktif

  • 30 Juli 2022 - (03:07 WIB)
    Permalink

    Dulu buka akun di Toped jualan pribadi dan belanja biasa, tapi sekarang tidak lagi, sudah lima tahun, pindah jadi Lazadian. Akun Toped masih aktif hanya untuk melihat harga kompetitor karena kantor punya jualan Online juga.
    Saya sendiri tidak pernah niat belanja lagi, KECUALI, kalau saya dapat voucher – /+ 30K, dan free ongkir (sekitar tiga sampai enam bulan sekali). Itu saja yang saya pakai belanja.
    Saya tetap Lazadian. Walaupun MP satu ini kebanyakan dihujat orang ๐Ÿคฃ
    Untuk kasus kesalahan harga seperti yang dialami penulis, MP satu ini sangat fair (seller nya juga). Saya pernah dapat surat ‘Pernyataan Keberatan Pengembalian Barang’, untuk saya tanda tangani.
    Rupanya terjadi kesalahan harga saat FlashSale. Harga barang seharusnya 78.000, tetapi di promo nya 7.800.
    Saya sangat mengapresiasi upaya negosiasi MP ini dengan pembeli, sebagai wujud tanggung jawabnya, tapi sayang suratnya terlambat, barang sudah saya hibah kan ke orang lain. Jadi saya tinggal tanda tangan. Bukan tidak mungkin MP yang membayar selisihnya.
    Pernah juga saya komplain penipuan. Dikirimi barang yang tidak saya pesan. Barang COD seharga 126K yang karena saya tidak dikantor dibayar dulu oleh teman. Setelah saya komplain, uang ditransfer balik, barang tidak diambil oleh seller dan masih diberikan kompensasi permintaan maaf berupa voucher 50K. Saya tanya kembali kasus ini, jawabannya ‘Case Closed’.
    Oh ya, yang terakhir ini, kalau ada barang retur, isi formulir retur lalu drop saja ke kantor ekspedisi pengirim (di JNE istilahnya JNE cashless). Murni nggak bayar.
    Bravo Lazada!

  • 30 Juli 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Tp sebenarnya ada usaha memanfaatkan flash sale dan itu bisa masuk kategori fraud lo. Itulah kenapa tokped carenya ada dipihak seller. Mungkin kenapa produk lain tidak dikirim ya karena ada lebih dari 1 orderan. Ya kita sbg customer juga mesti liat2 juga sih. Flash sale itu kan tujuannya supaya banyak orang yg bisa coba produknya, itu strategi seller utk luasin market. Jadi ya kita jangan serakah utk maksimalkan flash sale dengan kerahkan semua anggota keluarga utk CO berkali2. Apalagi ini yg jual produsen langsung kan ya. Berarti promonya ya bagian dari strategi marketing. Kasian org yg kerja jd brand strategynya kalau kita manfaatin flash sale, yg niatnya mereka luasin pasar supaya ada repeat order dan target penjualan jd naik. Eh malah ga capai target diakhir tahun nanti. Performa brand strategistnya dianggap ga bagus dan gagal utk escalate brand. Jd merusak karir orang ga kira2? Padahal kalo gagal itu didunia marketing, gaungnya kemana2. Perusahaan lain akan worry kalau ybs masuk diperusahaannya karena ada track record gagal. Ini org2 sblm protes2 tu pada pernah memikirkan sejauh itu ga sih? Atau emang ga tau ya? Semoga setelah tau, bisa lebih wise lg kalau ada flash sale. Efek dari apa yg kita lakukan secara berlebihan itu akan mengambil kepentingan/hak orang lain.

    Ps: saya yakin kayanya ini akan didebat ybs karena dia CO pake account yg beda data. Mengenyampingkan fakta kalau dia memang sengaja order banyak memanfaatkan flash sale. ๐Ÿ˜ŒPadahal tim fraud tokopedia kalo mau panjangin bisa sih ya. Tp mereka pilih untuk tengahin. Dan ybs masih masukin media konsumen. Sabar2 ya tokopedia ๐Ÿ˜Š

    1
    5
    • 30 Juli 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      ini fransiska pasti akunnya cs tokopedia, bela2 terus tuh perusahaan pas di phk baru dah nangis ๐Ÿคฃ

      2
      1
      • 30 Juli 2022 - (15:20 WIB)
        Permalink

        Kebetulan bukan nih pak Hafizh. Pekerjaan saya kebetulan berkutat dengan feasibility study kawasan nih pak, bukan dibidang digital, ecommerse apalagi tokopedia ๐Ÿ˜Š

        Tapi saya harap setelah bapak baca comment saya dan melihat info yg saya berikan pasti nantinya akan terpikirkan juga tentang runutan efek flash sale yg imbasnya kemana2. Saya cuma mau objektif, jangan sampai hanya karena keinginan pribadi dari yg komplain, malah mengaburkan fakta kalau bapak Jonathan terbukti memesan produk flash sale dengan beberapa account berbeda, dan memang dengan sengaja memakai account berbeda utk mendapat produk flash sale tersebut. Jadi jelas ya, terbukti dan sengaja.

        Sebaiknya sikap bapak juga lebih memperhatikan informasi yg saya berikan. Bisa diproses dulu infonya apakah benar atau tidak, bisa dikonfirmasikan juga mungkin ke koneksi atau kerabat bapak yg mungkin bekerja sebagai marketing, brand consultant, brand strategist, atau agency (yah pokoknya yg berkutat dengan dunia marketing). Bukannya malah accuse orang dengan tuduhan relate dengan pihak rival.

        Begini, saya umpamakan ke hal yg lebih simple. jika bapak memiliki anak, dan anak bapak memukul temannya apakah bapak langsung marah ke anak bapak? Padahal bapak tidak tahu apakah memang anak bapak memukul atau malah anak bapak memukul karena dijahatin duluan oleh temannya. Berarti kan bapak harus liat duduk perkaranya dulu kan? Harus dilihat kronologinya kan? Tidak serta merta bapak bereaksi langsung marah ke anak bapak karena mendengar anak bapak memukul orang kan?
        Ps lagi: ini kalo yg ga bisa mencerna masalah pasti akan bilang โ€œkepanjangan, jd kemana2, ga jelasโ€. Tapi sepertinya dengan perumpamaan ini akan membantu memberikan gambaran logika berpikir. ๐Ÿ˜Š

        Semoga makin banyak org objektif di sekitar kita. Kalau kita lebih mengutamakan keberpihakan daripada objektifitas, kapan kita maju?

        3
        2
        • 31 Juli 2022 - (18:11 WIB)
          Permalink

          tulis panjang lebar ngak ada isi nya dan bantahan semua ๐Ÿคฃ, setiap ecommerce pasti punya peraturan sendiri2 soal promo, yang konsumen tidak ketahui bahwa ada peraturan lainnya yang dibuat istilahnya “below the line” yang tau itu pastinya cuma internalnya, peraturan itu dibuat untuk memastikan tugas dari promo itu tercapai seperti mendapat tambahan konsumen baru dan lainnya dan hanya perusahaan yang tau.

          kenapa saya ngomong peraturan ini karena dari balasan sebelumnya mba fransiska ada informasi tujuan promo itu “Flash sale itu kan tujuannya supaya banyak orang yg bisa coba produknya”

          nah ngerti kan, tuh akun punya cs tokped, soalnya dia doang yang tau tujuan promo itu, gw udah ngak heran soalnya sekarang semua ecommerce punya kok tim kayak mba fransiska ini, pakai bantah atau salahkan konsumen dengan semua alibinya tapi ujung2nya kebongkar ๐Ÿคฃ

          ini lah sisi gelap ecommerce, banyak orang2 kayak gini di ecommerce untuk memastikan ecommerce namanya baik.

          • 31 Juli 2022 - (19:18 WIB)
            Permalink

            Saya senyum2 baca balasan bapak Hafizh. Yg saya kemukakan fakta lo, bukan bantahan. Jangan2 bapak belum baca casenya secara detail ya? Coba deh bapak baca pelan2 sampai semua screenshotnya.

            Sebenarnya kalau bisa nangkep arti tulisan saya sih ga akan bilang ga ada isinya ya pak, tp apa boleh buat, dengan perumpamaan yg sudah saya sederhanakan pun sepertinya memang tidak bisa dipahami oleh bapak Hafizh Rachman yg budiman ini ๐Ÿ˜Š. Itu diluar kontrol saya.

            Terlihat sekali bagaimana judgement bapak terhadap suatu masalah dengan mengenyampingkan fakta2 yg ada. Tidak perduli apa yg dikatakan orang benar atau tidak, apabila orang tersebut stand on the opposite maka bapak akan mendiscreditkan pihak tersebut.

            Ilmu tersebut sepertinya rata2 semua org tau ya pak. Atau mungkin cuma bapak yang belum tau ya?

            Sekarang coba kalau mau berlogika, untuk apa perusahaan kasih flash sale? Sumbangan? Sengaja cari kerugian?

            Oh satu hal nih pak, maaf banget ngga bermaksud menyinggung bapak. Kalau boleh saya luruskan pemahaman bapak dulu mengenai
            โ€œPeraturan Flash Saleโ€ itu berbeda sekali dengan โ€œTujuan Flash Saleโ€. Ini sepertinya arti harfiah kan ya pak? Peraturan vs Tujuan.

            Peraturan itu tentang mekanisme pelaksanaan. Sedangkan tujuan itu apa target/hasil yang diharapkan setelah melaksanakan strategi/proses. Jd berbeda sekali ya pak. Ini saya bantu meluruskan lo.. jangan disalahin lg mentang2 saya koreksi ๐Ÿ˜

            Agak gimana juga ya penyerangan bapak ini. Beliau bisa accuse saya orang tokopedia, tp secara bersamaan bisa memposisikan saya dipihak perusahaan produsen produk dikasus diatas. Jd ini bapak mau saya jd pihak tokped atau pihak seller/produsen ya pak?
            Oh atau memang bapak belum tau ya? Baik, saya akan jelaskan lagi yg mungkin akan bapak anggap sebagai tambahan evidence utk accuse saya sebagai org tokped. ๐Ÿ˜
            Bapak bisa lihat, produsen dalam case ini adalah official store. Jd tokopedia itu platform pak bukan yg punya produk. Jd kalau bapak bilang saya org tokped tapi saya yg memasukkan produk utk target perusahaan produk tsb, itu korelasinya gimana ya pak? Kan saya orang tokped, kok bisa saya yg atur produk tersebut utk flash sale? Itu gimana ya pak boleh dijelaskan? Kan tokopedia platform yah? Trus kenapa saya boleh ikut campur ke perusahaan prenagen ya? Aduh, jadi maksudnya saya double job gitu ya pak? Emang boleh ya pak? Kalau saya sih ga mau ya kalau ada perusahaan saya yg diikut campurin sama pihak external (kecuali auditor, itupun ada klausul kerahasiaannya)

            Mungkin kedepannya bapak boleh sedikit lebih curious terhadap apa yg bapak gunakan sehari2. Jd sedikit2 bisa tau mekanisme jd ga akan mendiskreditkan org yg punya pengetahuan luas. Tp saya jadi agak bangga sih pak kalau sampai dijudge sebagai org tokped atau perusahaan produsen. Berarti saya cukup baik menyampaikan mekanisme2 diluar profesi saya dan cukup meyakinkan ya pak? ๐Ÿ˜

            Dan mengenai below the line apa tuh pak? Maksudnya confidential mungkin ya diksi yg lebih tepat.

            Saya taunya โ€œbelow the lineโ€ itu salah satu strategi marketing. Ini masa ilmu simple ngga tau sih pak, ya udah, ini saya infoin biar bapak bisa googling dan lebih tau ๐Ÿ˜Š

            Btw, kalau bapak tidak tau apa feasibility study kawasan yg sbnrnya bisa kasih gambaran apa pekerjaan saya. Ya udah, gamblangin aja biar bapak enak mencernanya ya. Saya arsitek. Cukup jelas pak?
            Bingung kenapa saya bisa tau semuanya? Jawabannya perbanyak koneksi, berpikiran terbuka, & baca.

            Ps: cuma menegaskan takut bapak gagal paham lagi. Diatas banyak banget sarcasm dari saya loh pak ๐Ÿ˜Š

            Warm regards ya pak Hafizh Rachman yg budiman, semoga bisa lebih objektif lagi kedepannya ๐Ÿ˜Š

            2
            1
    • 1 Agustus 2022 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Saya hanya ingin menyampaikan silahkan baca kembali tulisan saya, jika ada yg kurang paham bisa ditanyakan langsung via kolom komentar ini.
      Karena kasihan Bu, sudah capek ngetik panjang lebar namun apa yg disampaikan tidak nyambung dengan isi surat yg saya muat.
      Terima kasih

  • 30 Juli 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    kemarin saya juga liat promo laptop di lazada di toko hp official
    intel corei7 gen 12 cuma 1jt 3ratusan dari harga normalnya yg 13jtan
    pikir saya cuma bayar 10% aja kan
    siapa yg gak tergiur
    saya tanya admin nya ini beneran harganya segitu kak
    kata admin iya bener kak
    harga untuk 1 unit laptop sesuai harga di checkout
    makanya langsung saya bayar karena pikir saya ini lagi flash sale dan barangnya pun terbatas karena setelah saya bayar barangnya habis
    malamnya admin ngabarin barangnya harus dicancel karena harga salah
    ya terpaksa di refund lagi dan 3 hari kemudian baru masuk refundnya
    bukan masalah apa ya
    yg jelas kita rugi di waktu sama harapan kita yg berlebih ke seller gak sesuai
    intinya gini lain kali kalo mau beli barang yg harganya masuk akal aja
    jangan terlalu berharap sama flash sale
    kalo pun flash sale ya yg masuk di nalar aja

    • 30 Juli 2022 - (22:54 WIB)
      Permalink

      Wah… Kayak pengalaman saya neh awal bulan kmrn
      Di toped dan official store cussons…
      Saya beli tisu basah “50’s x4 ” sprt yg iklan kan dgn harga terjangkau krn kejar diskon….
      Tp stlh sampai ternyata yg dtg cuma X2 / 2 tisu basah bukan 4 sprt yg di iklankan

      Stlh saya komplain dan adm Cussons minta bukti dan saya berikan smua bukti
      Dan adm cussons men jlskan ada kesalahan foto dan tulisan yg di iklan kan
      Katanya sbnrnya yg di jual tisu basah 50’s x2 bukan 50’s x4….

      Kok bisaaaa salah padahal official store….
      krn yg di iklan kan 50’s X4 sdh lama tapi knp tak di ubah
      Stlh diskusi adm toped meminta cussons mengirimkan kurang barang nya
      Tapi adm cussons meminta diretur..

      Nah masalahnya kalau saya retur
      Akan menghabiskan waktu krn saya juga bekerja buat ke expedisi dan ongkos bensin…..
      Akhirnya yaaa udah lah saya bilang ke adm toped gk usah di retur dana yg msh blm di teruskan ke cussons di teruskan… anggaplah rizky saya segitu
      Walau hati msh kesel

      • 1 Agustus 2022 - (18:47 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin ya pak rotib, semoga kedepannya hal ini tidak semakin marak terjadi.

    • 1 Agustus 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya harganya masih logis Bu untuk kasus ini.
      Karena harga eceran produk itu 5.000 dan bisa di beli dari seller power merchent di Tokopedia (free ongkir), jadi potongan sekitar 50% dari harga eceran sebenarnya.
      Saya juga sudah beberapa x beli produk ini, seringnya beli di toko JD merah, blibeli atau toko orange itu potongan biasa disc besar di hari-hari tertentu dan tidak ada pernah ada masalah produk salah kirim atau dikirim kurang

  • 1 Agustus 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Info tambahan terbaru.
    Saya telah dihubungi oleh ibu Arini selaku SPV dari prenagen (info yg disampaikan) pada hari Minggu tgl 1 kemarin sekitar pukul 10 pagi.
    Beliau menyampaikan maaf dan bersedia mengirimkan produk yg kurang sesuai dengan pesanan saya.
    Pada hari ini saya telah dapat pesan dari seller di aplikasi toped bahwa produk telah dikirim menggunakan kurir JNE.

    Sebelumnya saya juga telah dihubungi oleh admin Tokopedia care untuk memberikan solusi retur dengan tambahan kompensasi berupa saldo gopay sebesar Rp50ribu jika bersedia melakukan retur refund.
    Saya dihubungi tokopedia care pada hari Jumat, tepatnya bersamaan saat surat ini diterbitkan admin MK

    • 3 Agustus 2022 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Selamat bg…..
      Kayaknya kasus kayak gini mw di share ke media konsumen dulu baru ada tindakan….
      Terlebih kpd tim TokopediaCare tlg beri sanksi kpd toko yg jual produk tapi beda dr yg di iklan kan…..

      • 6 Agustus 2022 - (13:10 WIB)
        Permalink

        Terima kasih pak rotib atas ucapan selamat nya ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
        Akhirnya setelah memuat surat di MK, saya mendapatkan kekurangan produk dari seller sesuai dengan invoice yg dikirim menggunakan kurir JNE dan mp Tokopedia sebelumnya memberikan voucher gopay coin Rp 50.000,-

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

oleh Dominicojonatan dibaca dalam: 2 menit
45