Traveloka Tidak Bertanggungjawab Atas Kelalaian Refund

Terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya keluhan kami. Singkat saja, saya membeli tiket pesawat pada tanggal 15 Maret 2022 melalui Traveloka, untuk penerbangan tanggal 17 Maret 2022. Dikarenakan ada Perubahan Jadwal (delay) rute connecting BPN-TRK, sehingga kami (saya dan teman) membatalkan tiketnya.

Sebelum membatalkan tiketnya, saya hubungi Call Centre LION dan berbicara dengan Sdri. Safit, terkait nilai refund yang maskapai berikan, yaitu Full Refund. Setelah mendapatkan informasi bahwa tiket ini Full Refund dari maskapai, maka saya kirim email ke Traveloka menyampaikan hal tersebut sebelum mengajukan via aplikasi (terlampir).

Namun rupanya Traveloka melakukan refund normal, sehingga mengembalikan tidak sesuai informasi dari CSO Lion tersebut. Artinya tidak ada gunanya saya melaporkan hal tersebut via email dan alasan refund via aplikasi pun hanya formalitas karena diabaikan oleh pihak Traveloka. Jelas saya komplain dan mereka menyatakan bahwa sistem yang melakukan proses tersebut (omong kosong pertama).

Pihak Traveloka mengatakan akan melakukan pengajuan refund kembali (dispute) dan memakan waktu hingga 90 hari sejak tanggal 17 Maret 2022 (terlampir). Saya coba hubungi Call Centre Lion tanggal 6 April 2022 dan berbicara dengan Sdri. Nesa dengan maksud menanyakan status “dispute” tersebut dan rupanya tidak ada pengajuan refund ulang oleh Traveloka.

Kemudian saya kirim email ke Traveloka terkait statement dari Lion ini, tapi mereka masih ngeyel. Saya pun minta buktinya pengajuan ulang tanggal berapa, karena sesuai pernyataan Sdri. Nesa tanggal 17 Maret 2022 tidak ada pengajuan “dispute” tersebut. Namun pihak Traveloka tidak juga memberikan, seolah mengabaikan. Saya tunggu hasilnya hingga 90 hari sejak tanggal 17 Maret 2022.

Akhirnya tanggal 15 Juli saya kirim email lagi ke Traveloka menanyakan status dispute tersebut, tapi rupanya hanya omong kosong yang mereka sampaikan. Saya menghubungi lagi CSO Lion Air dan berbicara dengan Sdri. Rafika dan jawabannya sama seperti Sdri. Nesa sampaikan, bahwa tidak ada pengajuan refund ulang oleh Traveloka.

Hingga hari ini tanggal 25 Juli 2022 mereka masih terus berbohong dengan berbagai alasan tidak masuk akal seperti akan melakukan investigasi ke pihak maskapai lah, investigasi ke tim refund mereka lah, sampai kebohongan lain akan mereka lakukan untuk lepas tangan hingga mengulur waktu. Pembelian tiket seharga Rp1.716.600, estimasi full refund berdasarkan email setelah pengajuan sebesar Rp1.656.200, tapi yang mereka kembalikan hanya Rp198.200 (terlampir buktinya).

Intinya saya meminta pertanggungjawaban dari pihak Traveloka yang lalai dalam melakukan proses refund tersebut. Jika keberatan, maka terbitkan surat pernyataan bermaterai lengkap menolak tegas mengembalikan selisih dana refund.

Yakob Popang
Bulungan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:28    Rata-Rata: 1.7/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Yakob Popang

Kepada Yth., Bapak/Ibu Yakob Popang, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Yakob tujukan kepada...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Traveloka Tidak Bertanggungjawab Atas Kelalaian Refund

  • 2 Agustus 2022 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Waduh baru tau traveloka model begini. Aku sering booking. Liwat traveloka.
    Baca begini jadi Ragu kedepannya.

  • 2 Agustus 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Wah kemaren gua ada kesalahan,, pembelian Tiket penerbangan…. Yang tujuan awal Padang Jakarta… Tapi gua pesan jakarta padang…. Tapi gua berusaha minta penjelasan dari pihak Traveloka untuk revisi keberangkatan jujur emang tidak bisa tapi… Mereka memberikan opsi yang buat gua harus memilih.. Seperti reschedule atau Refund…. Tapi gua refund aja… Dengan Cara pembelian tiket kedua dengan Tujuan padang jakarta… Trus gua disuguhin aplikasi untuk pengisian berkas refund… Setelah gua isi… Uang tiket Jakarta padang langsung dikirim…. Nga nunggu lama cuma 1 jam… Itu kejadian tanggal 24-07-2022

    1
    1
    • 2 Agustus 2022 - (09:22 WIB)
      Permalink

      Sangat mengecewakan sekali … Saya juga mengalami pengalaman buruk dengan Traveloka untuk penerbangan internasional Jakarta – Manila – Jakarta. Saya menanyakan refund sudah dari bulan April 2020 sampai sekarang belum terbayarkan . Hampir 3 juta uang saya belum di kembalikan dan masih tertahan di traveloka dengan banyak alasan yg sama seperti anda. Sampai sekarang masih saya follow up juga dan saya tanyakan terus.

  • 2 Agustus 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    saya pribadi tidak pernah percaya sepenuhnya dengan kebijakan refund di applikasi apapun,
    Namun demikian saya selalu menggunakan Traveloka untuk booking online hotel n tiket pesawat, dengan tentunya memastikan jadwal saya, so far masih cukup terbantu dengan Traveloka

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Traveloka Tidak Bertanggungjawab Atas Kelalaian Refund

oleh popang1980 dibaca dalam: 2 menit
8