Akun Shopee dan SPayLater Diblokir Karena Tunggakan Kakak Ipar

Pada tanggal 02 Agustus 2022, saya mendapatkan email bahwa akun Shopee dan SPayLater saya telah diblokir secara sepihak oleh pihak Shopee, dikarenakan tunggakan tagihan SPayLater kakak ipar saya (yang memang bukan merupakan kewajiban dari saya).

Apakah pihak Shopee tidak mengetahui tentang adanya aturan dari OJK dan Surat edaran Bank Indonesia mengenai etika penagihan? Yang tidak bisa dilakukan kepada pihak lain (yang memang bukan atas nama). Apakah memang seperti inikah cara penagihan yang berlaku di Shopee pada saat ini?

Sampai sudah saya kirimkan juga bukti foto e-KTP dan kartu keluarga (karena diminta oleh pihak Shopee). Di sini saya berharap agar pihak Shopee dapat segera menangani kendala saya ini dan jangan pernah melakukan cara serupa kepada pengguna Shopee yang lainnya. Karena jelas tindakan yang telah dilakukan oleh pihak Shopee telah menyalahi aturan yang ada.

Hendri Tjahjadi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Akun Shopee dan SPayLater Diblokir Karena Tunggakan Kakak Ipar

  • 5 Agustus 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Jadi kalau teman dan kerabat ku nunggak bakal sama nih jadi tukang nagih shopee ? lucu juga prosedurnya, untung jarang bgt belanja di shopee

    10
    1
  • 5 Agustus 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Nah kan , another case. sebelumnya sudah pernah ada yg memuat SP juga disini sama persis kejadiannya. shopee shopee. nyewa debt collector aja ga mau keluar modal ya, masa suruh teman/sodara yg nagih. platform paling kocak. sy jadi paham kenapa Tukul Arwana jadi bintang iklannya shopee wkwkwkwk

    8
    3
    • 6 Agustus 2022 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Iya nih shopee parah,, akun saya juga dinonaktifkan padahal udh telp cs bilang data sesuai semua,, email jg balasannya persis kaya diatas,, tapi tetep dinonaktifkan,, tau gitu gw males bayar tepat waktu hahahaaa

  • 5 Agustus 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Shopeee shopeee…. parah sekali ya…

    Pasti nanti TS disuruh bikin klarifikasi atau ucapan terima kasih setelah naik ke MK ini.

    5
    1
  • 5 Agustus 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Shopee marketplace mana sih itu? Mending pindah ke marketplace lain, shopee mah tinggal menunggu ajal aja kalo kaya gini terus. Bakal nyusul hengkang dri indonesia kaya di negara lain karena peraturan mereka sendiri yg mengakibatkan ditinggalnya penggunanya

    7
    1
  • 5 Agustus 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    OJK gimana nih, web marketplace busuk gini harus ditindak tegas, ini namanya kang kredit berkedok marketplace, ya meski berizin tapi cara2nya busuk banget, tau darimana coba kalo seandainya kita ada hubungan kerabat, entah data apa aja yg udah disadap sama shopee ini

    5
    4
    • 6 Agustus 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah berharap pada OJK karena itu lembaga mandul. Isinya hanya orang² pembuat teori, tapi di lapangan tidak ada wibawa, tidak ada wewenang. Selalu jawabannya silahkan lapor polisi sendiri.

      12
  • 5 Agustus 2022 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Mana nih management shopee…!!! Benar2 tdk tau aturan dan etika. Masa kita di suruh menagih tunggakan hutang yang memang bkn merupakan tanggung jawab kita sndri?. Modal woiiii….. Jangan bisanya cuma nyewa artis papan atas buat iklan & promo jor-joran tapi kalau utk membayar karyawan bagian penagihan aja gak sanggup. Sdh jelas2 ada aturannya di Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran. Mana nih bagian legal nya. Atau jangan2 spaylater ini Adalah fintech bodong (yg tdk berada di bawah pengawasan OJK).

    13
    2
      • 6 Agustus 2022 - (13:17 WIB)
        Permalink

        Betul sekali.
        Kalo belum tau apa itu sistem kredit alias cicil kok di sama ratakan dengan bunga itu haram.
        Kan sudah menjadi kesepakatan bersama.
        Kalo gak mau terkena denda ya bayar tepat waktu. Jangan menyalahkan sistemnya. Intinya sama saja kaya beli KPR. Itu riba bla bla bla. Padahal dengan sistem KPR itu meringankan bagi pasangan muda yang baru menikah yang tidak punya rumah tapi ingin mandiri.
        Toh kalo lunas juga menjadi milik sendiri. Bisa di bayangkan bayar kos-kosan sekarang rata2 500rb. Entah nanti 5 tahun kedepan bagaimana.
        Dengan KPR bayar cicilan 750rb-1juta selama 15 tahun.
        Lebih menguntungkan yang mana. Yang terpenting dalam pembayaran jangan sampai telat agar tidak kena denda karena itu yang bikin riba.
        Karena dalam hal jual beli itu harus ada akad dan akadnya harus jelas tidak boleh berubah di tengah jalan.
        Misal tahun ini cicilan sekian. Tiba2 5 tahun kemudian cicilan naik. Nah itu baru yang di namakan riba.
        Karena ustadz saya sendiri membeli becak motor buat usaha dia jualan daging kepasar agar tidak repot dengan sistem kredit.
        Dan penjelasan nya itu riba atau tidaknya terletak pada akad nya. Dan kalo di sepakati kedua belah pihak. Itu bukan riba. Kecuali harga berubah di tengah jalan menjadi lebih mahal.

        4
        2
    • 6 Agustus 2022 - (21:48 WIB)
      Permalink

      S**Pe cod s**PEe cod…. Bayarin utang temen. S**PEe s**pEe kocak banget emang. Malu2 in dunia persoppingers banget ya. Masa orang yg ngutang akun kita dibatasi gara2 utang orang lain. Buat sy mah gak masuk akal banget si. Yg buat aturan bloon bin ******

  • 6 Agustus 2022 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Fine fine aja sih, itu hak pihak pertama (sopi) untuk memberikan hutang atau tidak terhadap siapapun, ada kok di s&k nya..

    3
    7
    • 6 Agustus 2022 - (07:17 WIB)
      Permalink

      intinya jangan top up saldo shopee bahaya akun dibekukan untuk kesalahan yang dilakukan orang lain yang ada di kontak hp kita yang terhubung karena nunggak

      1
      1
  • 6 Agustus 2022 - (11:30 WIB)
    Permalink

    fix anda d rekrut jd DC gratisan ????
    saran saya sih hapus data aplikasi Shopee… hapus aplikasi.. trus daftar ulang pake no Baru … klo masih percaya sama shopee ??? yg harus bayar Rp 1.000 setiap check out

  • 6 Agustus 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    “Apakah pihak Shopee tidak mengetahui tentang adanya aturan dari OJK dan Surat edaran Bank Indonesia mengenai etika penagihan? Yang tidak bisa dilakukan kepada pihak lain (yang memang bukan atas nama). Apakah memang seperti inikah cara penagihan yang berlaku di Shopee pada saat ini?”

    ya pastinya tahu sih, pertanyaan nya kan, kenapa dibiarin sama pihak2 tersebut? kalau sudah dianggap melanggar kan anda tinggal lapor, lihat aja ada yang berubah tidak setelah anda lapor wkwkwkwkwkkw

  • 6 Agustus 2022 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Jika memiliki akun shopee maka mereka menyuruh kita..
    1.Jangan mau berteman sama yg punya utang
    2.jangan mau punya ipar yg ber utang
    3.jangan mau punya mertua yg bee utang
    4.jangan mau punya paman/tante yg ber utang
    5.jangan mau punya kakak/adik yg ber utang
    6.jangan mau punya ortu yg berutang
    7…………..dst……

  • 6 Agustus 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Itu yg ngeblokir bukan Shopeenye, tapi pihak Sipemberi Jasa Pinjaman uang,. Dengan kata lain PT. COMMERCE FINANCE (Spalylater) sama PT. LENTERA DANA NUSANTARA (Spinjam)..

  • 6 Agustus 2022 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Lah kmrn ada di MK jg kasus ny mirip, di blokir gegara ada rekan kerja yg masih 1 kantor ny ngutang spaylater?

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee dan SPayLater Diblokir Karena Tunggakan Kakak Ipar

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 1 menit
25