Status Tracking Paket Tertahan, Dana Penjual Tidak Diganti

Saya penjual di Tokopedia. Pada tanggal 15 Agustus 2022, saya mendapat order sejumlah Rp106.000. Saya melakukan request pickup seperti biasa, nomor resi Anteraja: 10005475208959. Namun pada tanggal 19 Agustus 2022, pesanan tidak kunjung sampai dan informasi dari kurir Anteraja melalui tracking, parcel tertahan di hub Jakarta Timur sampai dengan detik ini surat ditulis (31 Agustus 2022).

Tanggal 19 Agustus 2022, saya melakukan komplain ke Tokopedia. Pihak Tokopedia juga mengarahkan saya untuk meminta pembeli untuk mengajukan komplain. Mulai dari tanggal ini pusat resolusi Tokopedia sudah masuk tahap investigasi dan menginformasikan 8 hari kalender atau maksimal hingga tanggal 26 Agustus 2022. Saya pun sabar menunggu.

Tanggal 25 Agustus 2022 saya coba tanya lagi ke Tokopedia Care. Namun kali ini mendapatkan informasi dari pesanan yang dikomplain dari pusat resolusi sebagai berikut: Admin pusat resolusi meminta saya untuk menyetujui. Ketika saya menyetujui, dana langsung di-refund kembali ke pembeli, tapi TIDAK dengan saldo penjual (saya). Hal ini membuat saya jengkel dan saya bertanya kembali dengan “TANYA” di pusat bantuan seller. Namun informasinya dana akan di-refund 2×24 jam dan atau sampai dengan 30 Agustus 2022.

31 Agustus 2022 dana saya belum kembali. Barang yang saya serahkan ke kurir Anteraja yang bekerja sama dengan Tokopedia dihilangkan, dan tidak diganti. Saya bersyukur dana pembeli sudah dikembalikan oleh platform satu ini, tapi uang Rp106.000 juga sangat berarti untuk pelaku usaha kecil seperti saya. Berikut bukti invoice Tokopedianya:

Muhamad Akmal
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Status Tracking Paket Tertahan, Dana Penjual Tidak Diganti

  • 2 September 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    biasanya jika claim kehilangan di otkopedia paket maka dana akan diteruskan ke penjual, pembeli yang harus menunggu claimnya. ini admin tokopedia meminta penjual untuk menyetujui apa?

      • 3 September 2022 - (09:55 WIB)
        Permalink

        saya barusan hilang paket 20000 , tanpa asuransi dan bukan penjual official store, saya pembeli yang harus menunggu claim. yang claim memang penjual tapi yang menunggu dana claim pembeli

  • 3 September 2022 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Saran saya untuk kamu sebaiknya semua barang produk kamu di set wajib asuransi saja. Supaya kalau ada kejadian paket rusak / hilang bisa langsung diklaim ke pihak asuransi.

    Ini masih tergolong kecil nilai transaksinya 100 ribuan, kalau kamu dapat order jutaan lalu cuma diganti 10x ongkir nanti rugi. Manfaatkan opsi asuransi pengiriman saja di Tokopedia supaya gak ada rugi.

  • 3 September 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Tokopedia Lebih Memihak Customer, Saya aja Kena Retur. Pembeli Kirim Balik Pakai Jnt DFOD bayar di tempat. Saya bayar Cash / Tunai Senilai Rp.29.000 Tapi Disistem tokopedia Ngotot Potong Rp.40.000 Jelas Penjual Sangat dirugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Status Tracking Paket Tertahan, Dana Penjual Tidak Diganti

oleh AKmal Muhamad dibaca dalam: 1 menit
5