Barang Hilang Saat Pengiriman oleh Jasa Kirim, Malah Toko Dinonaktifkan dan Pembayaran Ditunda

Dear Lazada,

Saya seller di platform kalian dengan nama toko ECOTOMOSTORE dan ID toko: ID67Z9922A. Saya baru saja mengalami kejadian yang buat saya sangat bingung dan kapok berjualan di aplikasi Lazada. Paket-paket saya hilang saat pengiriman, tetapi toko dinonaktifkan dan dana klaim barang yang hilang ditahan secara sepihak oleh Lazada.

Jadi barang saya yang hilang terdiri dari beberapa kloter pengiriman ada yang masuk pada tanggal 9 Agustus dan 25 Agustus 2022. Nomor pesanan yang hilang pada tanggal 9 Agustus 2022 adalah:

  • 929961515522092
  • 922061276022092

Dan pada pengiriman tanggal 25 Agustus 2022, ada juga yang dinyatakan hilang oleh jasa kirim yaitu:

  • 926283607203140

Saya bingung kenapa pihak Lazada menyalahkan saya sebagai yang punya paket karena paket saya hilang? Dan kenapa dana klaim dari pihak jasa kirim juga tetap di ambil padahal kalian tidak meneruskannya ke saya?

Saya sudah konfirmasi ke pihak Ninja Xpress, bahwa semua klaim barang hilang yang sudah disetujui, sudah diberikan ganti ruginya ke Lazada untuk diteruskan ke pihak penjual. Di sini yang saya alami adalah klaim otomatis dari Lazada dan email yang saya terima juga otomatis bahwa barang saya hilang.

Saya mendapatkan email penahan saldo yang bersifat sementara, bukan selamanya. Namun sampai saat ini saya tidak bisa mencairkan saldo saya sendiri, yang terdiri dari hasil penjualan dan juga ganti rugi atas paket saya yang hilang.

Saya baru mengalami hal seperti ini, selama saya berjualan online selama 5 tahun di platform lain, seperti Tokopedia dan Shopee. Saya juga pernah merasakan barang hilang di sana dan mekanismenya tidak seribet seperti ini. Saya mengajukan klaim, jika ditolak akan ditolak, jika disetujui akan disetujui dan dibayar.

Tidak seperti di Lazada, klaim saya sudah diklaim otomatis oleh pihak Lazada sendiri dan juga sudah dibayar ganti rugi oleh pihak jasa kirim. Namun Lazada malah tidak membayar ke seller uang tersebut malah akun dinonaktifkan, dengan alasan saya melakukan pelanggaran klaim abuse. Padahal saya tidak mau barang saya hilang, mana ada penjual yang mau barangnya hilang? Dan penjelasannya juga tidak merinci dan tidak disertai kronologi lengkap, kenapa saya dianggap melakukan klaim abuse? Aneh.

Saya meminta kepada Lazada untuk bisa membayar apa yang mestinya jadi hak saya. Mohon transparansi kepada pihak penjual, jika ada kesalahan dijelaskan baik-baik lebih dahulu, tidak asal menonaktifkan toko, bahkan menahan uang penjual yang tersimpan di platform Lazada.

Saya harap pihak Lazada sadar bahwa penjual itu penting tanpa penjual Lazada tidak akan seperti sekarang. Mohon bantuannya untuk menyelesaikan pembayaran atas toko saya secepatnya.

Terima kasih.

Yunita Nurfitasari
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:29    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Ibu Yunita

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 7 September 2022, mengenai “Barang Hilang Saat Pengiriman oleh Jasa...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Barang Hilang Saat Pengiriman oleh Jasa Kirim, Malah Toko Dinonaktifkan dan Pembayaran Ditunda

  • 7 September 2022 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Dari 3 bulan ke belakang kok banyak banget kasus gini ya? Barang hilang klaim di setujui atau otomatis ke klaim tapi ujungnya ditahan dan di baned? Kok kaya permainan rutin dari lazada ya? Ambil klaim punya penjual ke ekspedisi tapi uang nya di makan sendiri?

    17
  • 7 September 2022 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Nambah lagi korban drama barang hilang di lazada. Wkwkwkwkw

    Sabar bang/mpokk saya juga kena di mainin sama lazada uang 10jt di makan sama lazada dari febuari kasus sama barang saya hilang tapi dituduh pelanggaran dan saldo semua di ambil wkwkkwkw udah kaya rampok

  • 7 September 2022 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Gak bijak sih kalo kasus barang hilang terus uang penjual di tahan , kecuali memang ada pihak yang dirugikan kaya pembeli di tipu oleh penjual baru enak kalo dana ditahan ,ini barang yg hilang punya penjual lazada yg klaim udah dapat uang dari ekspedisi kok uang nya di pakai sendiri?!!!

  • 8 September 2022 - (03:48 WIB)
    Permalink

    Kalo nyari untung jualan jgn di lazabadut bro pasti rugi entah salah ini lah itu lah ujungnya seenaknye lazabadut aja tahan duit org wkwkkwwk ini mah udh skema lama si lazadut brooo kalo emg mau jualan cari cuan di TMP lain aja kalo di lazabadut mah sedekah bro

  • 8 September 2022 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Sama dgn akun saya, ada yg ngajuin pengembalian dana saya tolak krn alasan yg tidak jelas dan bukti yg tidak jelas juga, akhirnya di setujuin ama lazada. Eh tiba2 akun di deaktivated. Dan saldo di tahan, pdl ada isinya sekitar 2 jutaan. Harusnya di setujuin aja pengembalian dr cust klo emg nganggap sini salah, sini cm rugi ratusan ribu. Entah apa maunya lazada ini. Baru buka bbrp bulan, jadi kapok!

  • 8 September 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Lazadut engga bisa putar lagi
    Semenjak pemerintah kenakin pajak import yg gilak2an pada tahun 2020 kemarin karena yang bisa buat lazadut bersaing adalah produk import
    Mau gak mau sekarang penjual lah yang diperah

  • 8 September 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Lagi lazada ngapain si pake pihak jasa pengiriman dari jasa kurir lain. Semenjak ada ninja barang sering ilang.

  • 11 September 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Lazada banyak seller nakal, apalagi keterangan seller baru, sy baru berapa bulan ini pakai lazada, ada Seller Bintang samudra_acc. Jual sabun di paket harganya murah bgt, sy sdh curiga , tp sy pikir seller baru, pasti lg promo, saya tetap CO tp pembayaran COD…dan pengiriman di cancel system. Dan ga lama muncul lg seller Cahaya terang_acc. Jualan sama, sabun dan perhiasan, sengaja sy CO dan pilih COD, yg datang malah bungkusan kecil kaya spoon gitu, sy tolak dan kurir ngerti, sy pesan sabun masak yg datang g sesuai…lapor lazada..slow respon

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang Saat Pengiriman oleh Jasa Kirim, Malah Toko Dinonaktifka…

oleh Nurfita dibaca dalam: 2 menit
9