Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Liana Friska

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan surat Ibu Liana Friska Catalina dengan judul “Transaksi Dibatalkan dengan Alasan “Failed Delivery”, Penjual yang Menanggung Kerugian” pada tanggal 8 September 2022 kami menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi.

Menanggapi keluhan Ibu Liana Friska Catalina terkait paket dengan nomor resi 004063170366 atas status pengembalian dana yang tidak sesuai; pada tanggal 6 September 2022 kami sudah menghubungi Ibu Liana untuk meminta maaf serta menjelaskan prosedur pengembalian dana.

Berdasarkan keterangan di sistem data kami, service yang digunakan untuk pengiriman paket Ibu menggunakan service GOKIL dimana untuk claim penggantian atas paket yang hilang adalah sebesar IDR 200,000,- per kg maksimal pertanggungan 5 kg dengan nominal sejumlah IDR 1,000,000,-. Untuk paket Ibu mempunyai berat aktual 1,9 kg, oleh karena itu nilai pergantian untuk paket Ibu ini adalah sejumlah IDR 400,000,-. Dalam hal ini pengembalian dana yang kami proses sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan informasi yang kami terima dari pihak marketplace pengembalian dana sudah kami proses kepada Ibu Liana selaku pihak pengirim pada tanggal 1 September 2022.

Kejadian ini akan menjadi evaluasi perbaikan bagi kami untuk senantiasa memberikan pelayanan yang semakin baik ke depannya. Operational Management kami juga telah menyiapkan preventive action dan investigasi mendalam agar kejadian ini tidak terjadi kembali di kemudian hari. Tak lupa kami juga berterima kasih atas kesetiaan Ibu menjadi pelanggan setia SiCepat Ekspres.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Jika masih ada kendala yang dialami terkait paket tersebut, kami dengan tulus akan sedia membantu dan menindaklanjutinya.

Selanjutnya, untuk menanyakan informasi atau menyampaikan kendala pada kiriman Sahabat SiCepat, silakan menghubungi kami ke Hotline 021-50200050 atau WhatsApp 0812-9966-6088 untuk kami tindak lanjuti.

Salam,

Ria Pramesti
Assistant Manager CS Analyst
www.sicepat.com

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Transaksi Dibatalkan dengan Alasan “Failed Delivery”, Penjual yang Menanggung Kerugian

Pada tanggal 28 Juli 2022, saya mendapatkan order di Shopee dari pembeli yang sama, dengan 2 nomor pesanan dan resi...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Liana Friska

  • 12 September 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Dear Sicepat Ekspres, pertama-tama Saya sampaikan terimakasih atas tanggapannya, tidak seperti market place terkait yang belum menanggapi dan merespon apa yang telah Saya sampaikan sebelumnya. Pada balasan ini Saya ingin merespon apa yang telah Sicepat sampaikan :

    1) Adalah benar jika ada pihak Sicepat yang menghubungi via telp dan yang menerima adalah salah 1 Admin, menyampaikan permohonan maaf atas gagal pengiriman barang dan diganti Rp 400.000,000 dengan alasan tidak diasuransikan dan menggunakan Sicepat Gokil => Jika Saya cek di website Sicepat, nomor resi 004063170366 ongkirnya adalah Rp 50.000,00 menurut Shopee sebelumnya akan diganti 10 x ongkir jika tidak diasuransikan sesuai kebijakan dari Sicepat, sedangkan Sicepat sendiri tidak tersedia fasilitas penambahan asuransi secara offline saat pengiriman.

    2) Dari balasan Sicepat “Berdasarkan keterangan di sistem data kami, service yang digunakan untuk pengiriman paket Ibu menggunakan service GOKIL dimana untuk claim penggantian atas paket yang hilang adalah sebesar IDR 200,000,- per kg maksimal pertanggungan 5 kg dengan nominal sejumlah IDR 1,000,000,-. Untuk paket Ibu mempunyai berat aktual 1,9 kg, oleh karena itu nilai pergantian untuk paket Ibu ini adalah sejumlah IDR 400,000,-. Dalam hal ini pengembalian dana yang kami proses sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ” =>> adalah tidak benar seperti yang telah disampaikan berat aktual 1,9 kg di mana data dan sistem Kami untuk nomor resi tersebut mempunyai berat terhitung secara volume dengan berat kurang lebih 4 kg. Kami sangat-sangat bersedia mengundang pihak Sicepat untuk datang ke tempat Kami untuk melakukan simulasi perhitungan berat secara aktual dengan barang yang sama persis seperti yang dikirim. Dari simulasi Kami terhitung ongkir reguler sesama Jakarta terhitung 4 kg. Jika dari perhitungan tersebut Saya berhak mendapatkan penggantian 4 x Rp 200.000,00 = Rp 800.000,00 dengan berat aktual kurleb 4 kg. Secara umum perhitungan di semua ekpedisi akan diambil berat terbesar antara berat barat atau berat volume.

    3) Pada balasan komentar-komentar dari sesama pembaca “Media Konsumen” Saya pernah sampaikan jika barang tersebut menurut CCTV Sicepat sudah dibawah kurir dan yang sampai sekarang dinyatakan hilang => apakah ada investigasi terhadap kurir tersebut?

    4) Jika memang semua beralasan tidak diasuransikan, coba beri jalan keluar kepada Saya bagaimana cara menambahkan asuransi di Sicepat?

    5) Dari jawaban-jawaban Shopee dan Sicepat yang telah Saya terima terjadi ketidak konsistenan di dalam menghitung penggantian dana, bisa di baca di poin 1 dan 2.

    6) “Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Jika masih ada kendala yang dialami terkait paket tersebut, kami dengan tulus akan sedia membantu dan menindaklanjutinya.” ===> bantu Saya untuk menyelesaikan masalah ini dengan adil, berikan hasil investigasi terhadap kurir yang telah membawa barang tersebut, berikan bukti jika berat aktual 1,9 kg (sedangkan di sistem Shopee terhitung kurang lebih 4 kg), hitung penggantian barang yang hilang secara adil (karena jelas-jelas barang sudah dibawa oleh kurir menurut CCTV Sicepat, boleh klarifikasi ke pihak Pembeli/ Penerima), berikan jalan keluar untuk menambahkan asuransi.

  • 12 September 2022 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Saya harap pihak sicepat memperbaiki sistim ganti ruginya, pdhl setau saya dr kurir sicepat langsung nih ya, kalo barang ilang, dia harus ganti sesuai harga barang, nah kenapa dr pihak sicepat hanya ganti sesuai berat saja???
    Nah jd sisa ganti rugi yg d bayarkan kurir yg ngilangin kemana hayo??
    Kalo sistim sicepat kyk gitu, saya takut jadinya kalo pake jasa sicepat.misal saya beli iphone terbaru harga belasan juta, pas ilang krna ukurannya cuma se-KG cuma d ganti ga nyampe seratus rebu doang kn ga fair ya, ,
    Mlh kalo sicepat pake sistim gitu,kn bs kepikir gini, udhlah iphone kiriman customer w ambil aja(oknum sicepat), toh gantinya sesuai berat w ganti cepe aja kelar nih.coba kalo karyawannya mikir gitu gmn???yah intinya tolonglah bertanggung jawab atas jasa antar kirimnya, kebijakan kalian sangatlah tidak bertanggung jawab.

    • 16 September 2022 - (17:23 WIB)
      Permalink

      Saya juga baru tahu keluar aturan penggantian barang sesuai berat, sebelumnya diinfokan max 10x ongkir, sebelumnya lagi menurut CS Sicepat sesuai harga barang. Dan buktinya di mana jika barang tersebut berat aktualnya 1,9 kg, Saya ada bukti berat dan volume barang yang sama dan sudah mengundang pihak Sicepat datang, juga tidak ditanggapi.

      Saya sebagai Seller juga beberapa kali kejadian barang sudah dipick up kurir Sicepat dan tidak ada update statusnya, kemudian customer dan Saya komplain ke Sicepat, beberapa kali mereka memberikan solusi tanya harga barang berapa mau diganti saja dengan uang mereka, statusnya dianggap batal. Beberapa kali juga saya ribut dengan kurir pick up Sicepat.

      Jika kejadian ini jelas-jelas barang tersebut hilang, sudah dibawa kurir (ada di cctv gudang Sicepat) menurut Pembeli Saya.

    • 16 September 2022 - (17:28 WIB)
      Permalink

      4 Kg, Saya masih ada barang yang sama yang bisa dihitung kembali berat atau volumenya. Untuk resi Saya sudah coba cetak tetapi karena barang dinyatakan gagal kirim, sudah tidak dicetak kembali.

      Barang yang Saya kirim dosnya ukuran = 40 x 20 x 28 cm, jika dihitung berat nya menjadi = 3,73 kg. Tidak mungkin ukuran tersebut bisa dihitung 1,9 kg.

      Saya sudah mengundang pihak Sicepat untuk membuktikan jika berat yang dilaporkan di tanggapan ini tidak benar, tetapi tidak ada tanggapan.

    • 16 September 2022 - (17:32 WIB)
      Permalink

      1) Di Shopee Seller sudah tidak muncul lagi ongkirnya berapa, resi sudah tidak bisa juga dicetak.

      2) Di Website Sicepat, juga tidak ada berat karena menggunakan layanan cargo Sicepat Gokil, di mana berat minimal dihitung 5 kg bukan reguler.

      Nomor Resi : 004063170366

      Saya juga baru pertamakali menulis di Surat Pembaca, jadi tidak tahu bagaimana cara upload gambar di balasan.

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan SiCepat Ekspres?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Liana Friska

oleh SiCepat Ekspres dibaca dalam: 1 menit
6