Biznet Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Deposit

Saya pelanggan BIZNET dengan nomor ID: 3100335564 dan ID 3100335562. Pada tanggal 17 Juni 2022, saya mewakili klien saya mengajukan pemasangan jaringan internet untuk 2 booth, yang ada di area event Pekan Raya Jakarta 2022.

Karena saat itu pilihan yang diberikan dari pihak penyelenggara PRJ hanya ada beberapa operator saja yang sudah ditentukan, maka saya tidak banyak pilihan dan memilih BIZNET. Pengajuan saya tersebut dilayani oleh PIC Marketing area PRJ a.n. Jo***. Paket yang saya pilih saat itu adalah Metronet Expo 3, untuk durasi layanan selama 8-14 hari. Setiap paket dikenakan deposit untuk unit modem yang dipinjamkan, yang harus di-refund setelah masa durasi layanan berakhir, dengan ketentuan mengembalikan unit modem yang dipinjamkan dalam keadaan baik.

Kemudian pada tanggal 20 ditindaklanjuti dan dijanjikan jika sudah langsung menyelesaikan pembayaran sebelum pukul 12.00 siang, maka bisa langsung di-install pada hari itu juga. Setelah saya bayar transfer melalui rekening pribadi saya agar tidak melewati pukul 12.00, ternyata instalasi tidak bisa langsung dilakukan, dikarenakan tidak ada tim yang standby.

Lalu proses instalasi dilakukan hari berikutnya pada sore hari. Padahal pada hari sebelumnya dijanjikan pagi hari sudah bisa langsung dilakukan. Hal tersebut dikarenakan alasan teknisinya tidak membawa tangga. Saat itu saya sudah merasa pelayanan yang di berikan dan dijanjikan tidak sesuai/profesional.

Kemudian 14 hari setelahnya, yang mana masa layanan berakhir, yaitu tanggal 18 Juli 2022 (bertepatan dengan berakhirnya Event PRJ 2022), saya mengembalikan unit modem yang dipinjamkan kepada Sdr. Jo*** dalam keadaan baik. Namun saat itu ybs info tidak membawa Surat Serah Terima Barang pengembalian dan baru pada hari berikutnya dikirimkan soft copy surat tersebut melalui WA. Sdr. Jo*** pun menginformasikan perihal proses refund dana deposit tersebut PALING LAMA 30 hari dari tanggal pengembalian modem. Bahkan bisa selesai sebelum tenggat tersebut dan dana refund akan dikembalikan ke nomor rekening awal pembayaran.

Selanjutnya selama 30 hari berjalan, tidak ada update yang diberikan kepada saya jika saya tidak memintanya (terakhir saya meminta update pada tanggal 16 Agustus 2022). Kemudian diinformasikan melalui telepon, bahwa proses refund tinggal menunggu tanda tangan approval dari presdir dan memastikan bahwa prosesnya akan selesai bulan Agustus (paling telat di akhir bulan).

Namun sampai hari ke-30 (tanggal 18 Agustus 2022) tetap saya tidak mendapatkan update sama sekali. Kemudian pada tanggal 19 Agustus 2022, saat itu saya dikirimkan gambar Formulir Permohonan Refund melalui WA dalam bentuk format JPG. Saat itu juga saya semakin yakin kalau pelayanan yang saya terima sangatlah tidak profesional untuk perusahaan sekelas BIZNET. Karena seharusnya formulir tersebut sudah diberikan saat saya mengembalikan modem yang dipinjamkan. Setelah saya isi secara digital formulir tersebut saya kirim balik pada tanggal 19 Agustus 2022.

Saya tidak mendapatkan update kembali sampai pada tanggal 23 Agustus 2022 itu pun masih harus saya yang bertanya perkembangan prosesnya. Berselang seminggu (tanggal 30 Agustus 2022) tetap masih tidak ada update, sampai saya harus bertanya lagi. Info yang saya dapat tiba-tiba diminta SURAT KUASA jika refund ingin dikembalikan ke nomor rekening awal pembayaran.

Permintaan surat kuasa tersebut pun saya penuhi hari berikutnya dan sudah diambil langsung oleh Sdr. Jo*** pada hari Kamis tanggal 1 September. Sampai saat ini tanggal 5 September saya bertanya prosesnya tetapi dijawab bahwa baru akan diurus pada Kamis depan.

Pada hari Kamis tersebut saya dapat info bahwa proses refund sudah masuk tahap antrean. Namun seminggu kemudian, Rabu 14 September 2022, saya dapat info dari bagian finance yang diteruskan oleh Sdr. Jo*** bahwa jika surat kuasa dianggap tidak valid karena ada typo pada tahun dan pengisian alamat kantor dengan alamat rumah dari pemberi kuasa. Kemudian pada hari berikutnya Kamis (15/9) surat kuasa yang telah direvisi telah saya berikan.

Selanjutnya kemudian pada hari Senin (19/9) saya kembali dapat info bahwa bagian finance meminta akta perusahaan. Saya merasa hal ini sangatlah berbelit-belit. Sudah seharusnya Pak Te*** sebagai PIC Sales memberikan penjelasan ke bagian finance terkait person (saya) yang melakukan proses dari awal sampai akhir untuk pemasangan layanan tersebut.

Saya sebagai pelanggan sangat kecewa dengan BIZNET. Seharusnya proses refund tidak bertele-tele dan berbelit-belit, sampai meminta akta perusahaan. Padahal sudah ada surat kuasa yang bermeterai, jelas secara hukum. Adapun jika nantinya ada klaim setelahnya, hal ituk an bisa diproses secara hukum untuk pembuktiannya.

Sampai saat ini sudah 65 hari masih belum terealisasi, sudah seharusnya pihak BIZNET mengembalikan deposit tersebut karena deposit tersebut bukanlah dana yang di-cancel, tetapi dana yang dijaminkan. Karena prinsipnya, jika layanan sudah selesai dan hal yang dijaminkan tidak ada masalah, dana deposit harus segera dikembalikan tanpa bertele-tele. Saya menganggap BIZNET tidak berniat mengembalikan dana deposit/uang jaminan saya dari 2 nomor ID Pelanggan saya.

Muhammad Luthfi Nurghozali
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Biznet:
[Total:23    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Biznet untuk Surat Pembaca Bapak Muhammad Luthfi

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Luthfi Nurghozali pada tanggal 21 September 2022 melalui portal www.mediakonsumen.com yang berjudul...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Biznet Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Deposit

  • 22 September 2022 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Parah banget padahal itu uang deposit dan barangnya sudah dikembalikan, harusnya tidak perlu rumit dan ribet. Bahkan tanpa permohonan refund pun otomatis deposit jaminan harus dikembalikan sesuai kesepakatan setelah barang yang dipinjam kembali tanpa cacat.
    Tanpa surat kuasa perusahaan pun tidak masalah asal uang deposit ditransfer kembali ke rekening pengirim deposit.
    Jujur awalnya mau pasang provider ini, tapi kayaknya mending pakai yang lain, daripada pusing ngurus deposit.
    Boleh murah tapi jangan jadi murahan pelayanannya, karena besarnya perusahaan juga dari customer.

    • 22 September 2022 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Yes benar sekali pak Joe, seharusnya hal refund uang jaminan tersebut otomatis dikembalikan tanpa harus berbelit-belit. Karena prinsip-nya uang jaminan itu bukanlah revenue perusahan yang tidak perlu proses cancel dalam sistemnya.

      Disini jadi terlihat indikasi bahwa pihak Biznet ingin “memakan” uang jaminan saya dengan sistem dan proses yang diterapkannya.

  • 23 September 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Jangan heran sama biznet saya aja nyesek dan kesel sama biznet yang sok kuasa bayangkan sebulan bisa rusak jaringan sampai 5 kali tapi ga ada sama sekali kompensasi pembayaran, memang perusahaan biadap biznet ini. Berhati-hatilah

    • 23 September 2022 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Yes, tapi sejauh saya menggunakan layanannya tidak ada issue yang berarti soal jaringan, hanya sistematis dan proses refund dari pihak finace-nya saja yang terlalu mengada-ada

  • 23 September 2022 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Refund harus ada tanda tangan presdir…. Hhhhhhhhh…. Perusahaan bangke ini… Seperti nya… Bisa kram tangan presdir… Buat tanda tangan tetek bengek… Yg sepele. Harus nya di level kabag keuangan selesai…. Ciri2 mau bangkrut kayak nya.

    • 24 September 2022 - (14:34 WIB)
      Permalink

      hahaha.. cuma bisa ketawa aja saya pak.. kasihan bgt presdir nya masih ngurusin hal yg begituan.. atau mgkn kabag keuangan nya yang ‘ehm’.. makanya masih harus presdir-nya yg turun tangan

 Apa Komentar Anda mengenai Biznet?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Biznet Tidak Kunjung Mengembalikan Dana Deposit

oleh loothfee dibaca dalam: 3 menit
6