Urutan Prioritas Konsumsi Kuota Telkomsel yang Membingungkan

Halo, saya Taufik, pelanggan Telkomsel dengan nomor 08121332****. Saya ingin menanyakan terkait prioritas konsumsi kuota Paket InternetMAX Telkomsel.

Detail paket InternetMAX yang aktif.

Sebelumnya saya juga sudah menghubungi CS untuk menanyakan terkait paket ini, dan dijawab oleh CS bahwa kuota Aplikasi menjadi prioritas konsumsi utama.

Namun ketika sudah berjalan beberapa hari, ketika saya cek kuota di MyTelkomsel, ternyata paket yang lebih dulu dipakai yaitu kuota lokal, bukan kuota aplikasi. Padahal saya sering pake buat Youtube, TikTok, dan lain-lain.

Kemudian saya chat CS via Twitter dan setiap jawabannya berbeda-beda.

Jika kata CS bahwa dibutuhkan kuota reguler untuk masuk ke dalam aplikasi terlebih dahulu, kenapa setelah saya nonton YouTube dengan waktu relatif lama masih tidak terpakai juga dan malah nyedot kuota lokal saja?

Jika urutan prioritas konsumsi paketnya sesuai dengan CS pada gambar terlampir, lalu kenapa ketika saya tanya sebelumnya bahwa kuota aplikasi menjadi prioritas konsumsi utama? Lalu jika berdasarkan jawaban yang terakhir bahwa mengikuti paket terpendek, mengapa kedua paket ini tidak terpotong terlebih dulu?

Padahal kedua paket itu adalah paket dengan masa aktif yang paling pendek. Jujur ini membingungkan, saya tidak berharap kuota ini kembali, tapi saya minta penjelasan terkait ini dengan jelas.

Terima kasih.

Taufik Hidayat
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:24    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Taufik Hidayat

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 24 Oktober 2022 oleh Bapak Taufik Hidayat mengenai urutan prioritas konsumsi kuota...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Urutan Prioritas Konsumsi Kuota Telkomsel yang Membingungkan

  • 24 Oktober 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Setau saya sih ya kuota lokal itu adalah kuota dimana kita mengaktifin paketnya,, nah nanti jika kuota lokal sudah habis, baru deh memakai kuota yg lainnya.
    Coba deh habisin kuota lokal dulu,, kalo kuota udah habis terus masih bisa maen tiktokan, berarti kuota aplikasi yg digunakan.

    • 24 Oktober 2022 - (23:59 WIB)
      Permalink

      Iya kak, baru dapat konfirmasi katanya urutan prioritas konsumsinya Kuota Lokal – Kuota Nasional – Kuota Aplikasi, yang paling bingung sebelumnya saya konfirmasi ke CS dijawab kalo paket ini akan mengkonsumsi kuota aplikasi dulu. Tapi ya sudahlah, mungkin awalnya si cs lagi gak fokus.

  • 25 Oktober 2022 - (04:27 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang aneh, atau memang sengaja dibuat sepergi itu agar paket quotanya hanya menjadi gimmick saja tanpa bisa digunakan dengan maksimal.

    Yang namanya quota aplikasi seharusnya digunakan terlebih dahulu. Kalau quota aplikasi digunakan belakangan, quota utamanya harus habis duku baru bisa pakai quota aplikasi. Artinya cuma bisa internetan untuk aplikasi itu saja tanpa bisa browsing atau konek ke internet untuk aplikasi yang lain.

    • 25 Oktober 2022 - (11:46 WIB)
      Permalink

      Iya kak, masalahnya memang tidak ada Snk secara jelas tentang paket ini di My Telkomsel juga.

  • 25 Oktober 2022 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Ini trik jenius divisi pemasaran TSEL. Kuota spesifik justru dipasang di prioritas paling rendah. Artinya ketika kuota utama (prioritas paling tinggi) dan kuota prioritas lebih rendah berikutnya habis, tersisa kuota spesifik dimana internet hanya bisa dipakai untuk akses tertentu (entah itu TT, IG, YT, FB, blah blah). Di luar itu, akses internet dibebankan ke pulsa, maka bersoraklah divisi pulsa yang sudah mulai minim bonus tahunan.

    Trik paling jenius selalu memiliki resiko paling tinggi. Resiko itu akan berhadapan dengan pengguna yang paling cerdas, lebih cerdas dari smartphone-nya sendiri. Pengguna cerdas tidak akan sudi memakai kuota yang dibagi-bagi seperti itu. Pakailah kuota dengan benefit paling tinggi, yaitu yang tujuannya cuma satu, akses internet apapun jenisnya. Lebih mahal? Selalu masih ada tetangga sebelah dengan penawaran lebih murah.

    Yayang kamu aja nggak mau dibagi-bagi, masa kamu mau?

  • 25 Oktober 2022 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Mantan pengguna Simerah saya, dan jujur bagi saya simerah ini paling aneh entah gimana algoritma mereka bekerja.. dari mulai ketidakseragaman harga paket bukan hanya bedasarkan wilayah tapi juga antar pengguna dan tidak jelas perhitungannya saya dulu selalu dapat harga paket lebih murah dibanding kerabat meskipun pengeluaranya perbulan untuk beli paket lebih tinggi dibanding saya, dulu mungkin pengguna si merah sempet ngalamin yang harus masukin kode” umb khusus biar dapet paket lebih murah untuk pengguna tertentu, tapi biasanya kalo harga mulai naik berhenti sebulan, bulan berikutnya turun lagi.. 😁 sejak pake si kuning harga lebih jelas, paket lebih jelas, ya memang coverage g seluas simerah

  • 27 Oktober 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Itu paket sengaja dibuat urutan prioritas demikian agar begitu kuota reguler habis, hp dgn data aktif akan menyedot pulsa pengguna, terutama batas habisnya tengah malam, bangun-bangun pagi hari serasa kecolongan pulsa sudah ludes.
    Kamu pasti pernah juga kan, 🤣

    • 27 Oktober 2022 - (14:39 WIB)
      Permalink

      bener nih. Sy pernah ngalamin.
      Sebenarnya telkomsel udah aware sama hal ginian. terbukti ada bbrp user (Tidak semua) ada fitur Jaga Pulsa di aplikasi mytelkomsel. Tentu yg jd pertanyaannya, mengapa tidak semua nomor ada fasilitas itu? Alasan paling logis adalah telkomsel masih belum rela menghilangkan penghasilan haramnya. angka fantastis jumlahnya

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Urutan Prioritas Konsumsi Kuota Telkomsel yang Membingungkan

oleh Taufikhid dibaca dalam: 1 menit
8