Barang Sengaja Tidak Dikirim, Dibatalkan Tidak Bisa, Dilaporkan ke Pihak Akulaku pun Tidak Ada Kepastian!

Pada tanggal 16 Oktober 2022, saya memesan IPHONE 11 PRO 64GB EX IBOX melalui aplikasi Akulaku, dari toko Merchant House ID. Saya membayar sebesar Rp5.516.000 melalui transfer BCA. Pesanan saya akhirnya diproses dengan nomor pesanan: 202210160110085173316.

Beberapa jam kemudian, pesanan saya diatur pengirimannya dengan J&T Reguler, dengan nomor resi: JO0151552974. Namun status pengiriman kok belum di-pick up? Saya berpikir, mungkin karena baru dikirim.

ini bukti transfer atas pesanan AKULAKU saya

Keesokan harinya seller menghubungi saya via WhatsApp, agar saya mengkonfirmasi pesanan diterima. Padahal saya belum menerima pesanan. Seller beralasan agar invoice dapat dicetak. Namun saya tidak akan menekan tombol itu.

Akhirnya saya menyarankan seller untuk cancel pesanan saya saja dan seller menyetujuinya. Namun dari sistem saya tidak dapat di-cancel karena seller sudah mengatur pengiriman. Saat saya menghubungi seller, mereka bilang bahwa mereka juga tidak bisa cancel pesanannya.

Pada tanggal 19 Oktober 2022, saya memutuskan untuk melaporkan masalah ini ke pihak Akulaku melalui Customer Service. Laporan saya diterima dan diproses dengan nomor laporan: #1450600. Saya disuruh menunggu sampai pihak Akulaku menghubungi saya via telepon atau email.

Namun sampai sekarang saya belum mendapat kepastian apa pun dari pihak Akulaku. Mereka bilang bahwa mereka sudah mengirimkan email ke pihak seller, tapi tidak ada jawaban. Saya juga sudah berusaha menghubungi seller, tapi tidak ada respons. Saya sudah berkali kali menghubungi Customer Service Akulaku, tapi saya terus menerus disuruh menunggu.

Saya hanya ingin uang saya kembali. Uang 5,5 juta rupiah bukan hal yang sedikit bagi saya. Mohon dibantu kebijakannya.

Dwi Febrianti
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:98    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Dwi Febrianti

Jakarta, 27 Oktober 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Dwi...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Barang Sengaja Tidak Dikirim, Dibatalkan Tidak Bisa, Dilaporkan ke Pihak Akulaku pun Tidak Ada Kepastian!

  • 27 Oktober 2022 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Wah ngeri yaa sistematis nya klo gitu
    Jadi berat sebelah ke seller, bisa disalahgunakan atau manipulasi jatuhnya
    Semoga aja ada kepastian dan uang segera balik lagi

    10
    1
  • 27 Oktober 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Satu lagi korban trik licik seller di Akulaku. Silahkan gunakan kata kunci pencarian “Akulaku” di Media Konsumen ini untuk bergabung dengan korban-korban lainnya.

    TS sudah sangat benar untuk tidak ikuti bujukan seller agar konfirmasi barang diterima. Jika TS sabar, gantung saja transaksinya di titik ini. Hubungi Akulaku untuk pengembalian dana (refund) saat jangka waktu pengiriman sudah melewati limit.

    Masalahnya, permintaan refund akan menimbulkan banyak masalah jika pada transaksi ini TS menggunakan metode pembayaran utang (cicilan). Jangan nyicil saat belanja di seller Akulaku. Tapi saya percaya TS tidak nyicil untuk beli iPhone, kan? 🙂

    14
    2
      • 1 November 2022 - (22:11 WIB)
        Permalink

        Model kayak anda sih bakal gampang ditipu. Penjual di akulaku mah banyak penipu. Ud banyak yg jd korban

    • 28 Oktober 2022 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Jgn pernah belanja di merchant akulaku, banyak penipunya, udh jelas ini mah penipuan, masa iya disuruh klik pesanan diterima baru invoice muncul, ga mungkin banget, ayolah kita konsumen hrs pinter biar ga ditipu mulu

  • 27 Oktober 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Lain kali jangan belanja di akulaku, lebih baik yang marketplace umum saja seperti tokopedia, shopee, bli-bli, dll

    13
    2
    • 27 Oktober 2022 - (17:18 WIB)
      Permalink

      Sma dlu juga saya begitu. Pesan gunting ranting harga 90rb dan SD card harga 120rb barang tidak di kirim tp cicilan tetepa berjalan di aku laku akhirnya mau tidak mau saya tetep membayar cicilan itu selama 3 bln. Walaupun barang nya sampai sekarang tidak sampai.

    • 27 Oktober 2022 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Nie roman” na pdagang nakal ky sopi ap jgn” pd pindah aplikasi biar dpt untung bnyk buat bhongin pelanģgan….

    • 1 November 2022 - (06:56 WIB)
      Permalink

      Si Akurobot pake nanya lagi. Itu tulisannya udah jelas ada kendala. Anda bantu selesaikan , bukan malah nanya lagi. Akurobot di program buat nanya doang ya?

  • 27 Oktober 2022 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Seller penipu itu. Harganya juga murah banget. Jangan tergiur harga murah. Untung belum klik pesanan diterima.

    11
    1
    • 27 Oktober 2022 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Buyer sudah melakukan hal benar ,sebaiknya jangan klik terima bila pesanan belum di terima dan di cek dengan teliti pesananya.. sebaiknya cek di med konsumen search akulaku

  • 27 Oktober 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Manusia manusia yg tergiur harga murah berpotensi kena tipu, udah bmyk di medsos yg share kena tipu jutaan hingga lebih, tapi yg heran masih ajah bnyk korban setiap saat dan mereka masih bnyk yg tidak perduli pada hal hal yg bisa membuat mereka rugi, jadi para penipu akan bertmbah karena bertambah nya manusia yg tergiur harga murah

    8
    1
  • 27 Oktober 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Kalau saya membeli alat elektronik yang bernilai jutaan semisal Smartphone, saya akan membeli di toko online resminya atau membeli secara langsung ke tokonya saja.

    7
    1
  • 27 Oktober 2022 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya buat laporan di polres metro. Bagian cybercrime.
    Di akulaku memang demikian parah!!
    Sama parahnya dg di shope.
    Waspada!!

    12
    1
  • 27 Oktober 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    “Keesokan harinya seller menghubungi saya via WhatsApp, agar saya mengkonfirmasi pesanan diterima. Padahal saya belum menerima pesanan. Seller beralasan agar invoice dapat dicetak. Namun saya tidak akan menekan tombol itu.”

    Ini sdh bagus, gantung aja statusnya sampai pihak akulaku men-cancel & refund pesanan anda..
    Ini pelajaran jgn tergiur harga murah.
    Kalau pengen brg ibox, datengin aja ke ibox pusatnya ketemu dengan manajer salesnya . Minta barang obsolete/brg ex display, pasti dikasi hrg murah kok kl memang stok digudangnya ada.

    7
    1
  • 27 Oktober 2022 - (18:14 WIB)
    Permalink

    ahahhaha banyak yang bilang shope, alulaku, atau lain lain bilang parah, suka tipu tapi tidak ada diberita televisi atau news di youtube, tentang kasus, kalo jadi kasus kan enak seru tuh, headline “shope melakukan bla bla bla”

    1
    1
  • 27 Oktober 2022 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Shopee dan akulaku ataupun marketplace lainnya adalah aplikasi penipuan. Jangan belanja online atau tergiur murah .jangan jualan di situ juga banyak tipu tipunya

    2
    4
  • 27 Oktober 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya beli HP Samsung di Akulaku, payment dengan paylater. Resi yang tertera di aplikasi saya cek tracking nya INVALID. Akan tetapi anehnya di aplikasi, BARANG SUDAH DITERIMA. Padahal saat itu saya merasa belum menerima. Saya hubungi seller ” selalu on process” responnya. Kemudian saya menghubungi CS Akulaku, dan beberapa hari kemudian, saldo saya kembali dan bisa saya tarik tunai.

  • 28 Oktober 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Udah prnh d tipu ma seller d akulaku kan, ud hub’i cs akulaku jg
    Haduuwwhhh jgn brharap uang kembali sdh, zooonnnkkk besar, pdhl ud hub’i smua pihak yg terlibat ttp g ad hasil n kita yg rugi. Saya ud kapok beli d situ

  • 29 Oktober 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Selesaikan masalah pelan pelan, terus hubungi pusat bantuan aku laku sampai uang kembali. setelah uang kembali jangan pernah lagi pake aku laku untuk belanja online biarpun harganya menggiurkan, menurut saya yang bagus lazada

  • 2 November 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Lagi. Akulaku…sudah ta delet itu aplikasi penipu..abis pulsa buat komplain..di pending trus sampe ahirnya otomatis selesai..pertama dan terahir pakai akulaku..

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Barang Sengaja Tidak Dikirim, Dibatalkan Tidak Bisa, Dilaporkan ke Pih…

oleh Dwi dibaca dalam: 1 menit
29