Saldo di ShopeePay Tiba-tiba Hilang

Saya melakukan pengisian saldo ShopeePay untuk keperluan transaksi di marketplace tersebut. Namun pada malam harinya, tiba-tiba saldo tersebut hilang entah ke mana. Setelah saya cek di riwayat transaksi Shopee, ada transaksi pembayaran ke Google Play yang dilakukan oleh pihak Shopee. Pembayaran tersebut tanpa persetujuan saya dan sama sekali tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Saya hubungi CS marketplace yang bersangkutan, responsnya hanya informatif dan diinfo akan dihubungi melalui email. Setelah saya cek di email, jawabannya justru disuruh menghubungi ke Google Play untuk kendala tersebut dan tidak ada solusi dari marketplace yang melakukan transaksi.

Sampai sekarang saya follow up pihak marketplace yang bersangkutan juga, responsnya hanya informatif saja dan tidak membantu sama sekali. Saya ingin tidak ada lagi korban selanjutnya dan saya harap pihak marketplace bisa menindaklanjuti kejadian ini dengan serius.

Terima kasih.

Murni Widyawati
Purworejo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

46 komentar untuk “Saldo di ShopeePay Tiba-tiba Hilang

    • 3 November 2022 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Gue rasa ini bukan salah si lapak oren, tp salah pengguna atau siapapun yg megang hpnya buat subscribe di google play, itu di fotonya keliatan pembayaran google play. Dan si pengguna ini yg pasti udah setuju pakai shopeepay untuk bayar google play sebelumnya.

      16
      1
    • 3 November 2022 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Saya pernah merasakan ini, anak berlangganan microsoft tanpa sepengetahuan saya, coba cek setting payment google play. Ada metode bayar shopeepay aktif, jadi saat shopeepay terisi motong sendiri. Karena ada produk gplay berlangganan. Kalau sebelum seminggu bisa refund kalau gak salah.

    • 4 November 2022 - (07:46 WIB)
      Permalink

      ini sama seperti yg saya alami 2 minggu lalu, sy kaget tiba2 saldo shopeepayku berkurang, ternyata anakku membeli permainan minecraft di googleplay, akhirnya sy cek ke google play benar saja anakku bertransaksi dengan menghubungkan pembayaran ke shoppepayku, langsung sy klik pembatalan, fi akun googleplayku jg sy hapus metode pembayaran yg terhubung ke shoopepay, krn memang pas transaksi di googleplay tidak ada notif dari shoope spt minta masukkan pin. jdi dicoba aja membatalkan transaksinya semoga nanti kembali lagi saldonya dan atur semua pembayaran di akun googleplay nya. semoga membantu.

    • 4 November 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Gue pernah kasus kaya gini. Autodebet. Lupa pas gue cek di google play. Shopeepay gua ternyata pernah gue sangkutin ke google play buat beli diamond MLBB. Saran gue putusin aja semua payment di google play. Saldo gue kepotong gara2 gue ikut percobaan get contact premium sebulan. Taunya otomatis berlanggan pas bulan berikutnya dan itu jatuhnya autodebet. Coba deh Bu di cek2 google play nya. Berlangganan apa aja.

  • 2 November 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    coba cek di google play anda, apakah ada tidak sengaja subscribe atau gimana. Cek email juga, setiap pembelian playstore pasti ada detailnya di email

    22
    • 2 November 2022 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Bener nih. cek di settingan google play anda khususnya di menu payment, nongol semua tuh yg pernah disubscribe. Biasanya pernah subscribe dgn gratis di 30 hari pertama, bulan berikutnya langsung autodebet kalo saldo mencukupi.

      10
      • 2 November 2022 - (20:35 WIB)
        Permalink

        herwin, kalau pembelian di google play diblokir sama shopee, gak akan bisa motong saldo meskipun saldo shopeepay mencukupi, tp masalahnya shopee bisa atau kagak blokir pembelian di googleplay? itu yg gak gw tahu. kalau di xl dan axis, bisa blokir pembelian di google play.

          • 2 November 2022 - (21:33 WIB)
            Permalink

            baca yg benar, itu td membandingkan shopee dgn xl dan axis. siapa tahu aja shopee jg bisa blokir pembelian di google play.

            5
            3
          • 2 November 2022 - (21:39 WIB)
            Permalink

            hery, baca yg benar, gw td membandingkan shopee dgn xl dan axis. siapa tahu aia shopee bisa blokir pembelian di google play.

            2
            3
        • 2 November 2022 - (22:36 WIB)
          Permalink

          Ya tdk bisa dibandingkan, bak bumi dan langit. Shopeepay dibandingkan dgn dana, gopay, ovo, nah itu baru waras namanya 😀 Xl, axis, dibandingkan dgn telkomsel, indosat, itu juga kategori orang sehat 😀

          6
          5
        • 3 November 2022 - (06:40 WIB)
          Permalink

          Bisa kok dari aplikasi shopee buat batalin layanan google play. ini caranya :
          1. masuk ke shopeepay (klik saldo)
          2. pilih prngaturan shopeepay (gambar seting di pojok kanan atas)
          3. pilih aplikasi/layanan resmi (disini semua aplikasi yang tertaut sama shopeepay keliatan)
          4. pilih googleplay terus tinggal berhenti layanan.

        • 3 November 2022 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Kalau emang si pengguna udah konfirmasi shopee sbg pembayaran untuk subscribe di google play, ya mana bisa mereka ngeblokir. Kan atas persetujuan sendiri sebelum ngebuat shopeepay untuk ngebayar google play. Jadi kalau saldo dah cukup, dan itu waktu pembayaran subscribe nya, ya langsung dipotong. Krna gue ngalami juga. Satu2nya cara klo misal saldo shopeepay emg kepotong buat subscribe google play, minta refund dari google play, 2 hari waktu kerja lgsg dikembalikan.

  • 2 November 2022 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Googleplay tidak akan pernah membatalkan sampai kapanpun pembelian dan subscribe layanan, ada uang langsung sikat

    coba cek nyangkut google play siapa ?

    6
    5
    • 2 November 2022 - (19:40 WIB)
      Permalink

      tergantung, kalau pembelian di googleplay di blokir sama shopee, otomatis batal. xl bisa loh blokir pembelian di google play.

      5
      3
    • 2 November 2022 - (20:43 WIB)
      Permalink

      lu yakin? kayaknya lu gak pernah punya pengalaman beli sesuatu di google play deh. hei busan kalau pembayaran google play tertolak berkali kali, akan berhenti dgn sendirinya.

      4
      2
      • 2 November 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        udah, waktu itu amazon prime developernya coba narik terus pulsa saya tiap hari tanpa henti ampe ganggu notifnya gak pernah dibatalkan sama google dan developernya dan harus di unsubscribe

        • 2 November 2022 - (21:27 WIB)
          Permalink

          coba kosongkan saldo lu cuk, gw dulu kok otomatis, batal, yah? gw kan dulu di nomor xl gw gak bisa terpotong pulsanya oleh google play tidak peduli pulsa gw cukup atau kagak. google play mencoba berkali kali memotong pulsa gw, tp selalu gagal, hingga akhirnya di batalkan otomatis oleh google play. hahahaha

          6
          1
          • 2 November 2022 - (21:31 WIB)
            Permalink

            kayaknya si busan gak punya pengalaman pembayaran di google play tertolak berkali kali deh. kelihatan banget dari komentarnya. hahah

            4
            1
        • 2 November 2022 - (21:48 WIB)
          Permalink

          apa pembayaran di google play lu tertolak berkali kali busan? kalau tertolak berkali kali, itu akan di stop dgn sendirinya bodoh. kayaknya lu punya pengalaman pembayaran di google play tertolak berkali kali.

          4
          1
          • 3 November 2022 - (00:55 WIB)
            Permalink

            koreksi kak, mungkin maksud kakak si busan gak punya pengalaman pembayaran google play tertolak berkali kali.

          • 3 November 2022 - (00:58 WIB)
            Permalink

            terima kasih kak winda, saya mau ralat “kayaknya lu punya pengalaman pembayaran di google play tertolak berkali kali.” di ralat jadi “kayaknya lu gak punya pengalaman pembayaran di google play tertolak berkali kali.”

        • 3 November 2022 - (01:01 WIB)
          Permalink

          busan, masa sih? pulsa lu berhasil terpotong kagak? jangan2 berhasil lg. kayaknya lu itu gak pernah punya pengalaman pembayaran di google play tertolak berkali kali deh. komentar lu aja ngaco, kok gw rasa lu itu bodoh, yah?

        • 4 November 2022 - (20:00 WIB)
          Permalink

          langganan di google play akan otomatis berhenti kalau pembayaran di google play tertolak berkali kali.

    • 3 November 2022 - (01:19 WIB)
      Permalink

      “Googleplay tidak akan pernah membatalkan sampai kapanpun pembelian dan subscribe layanan, ada uang langsung sikat”
      malu gw baca komentar lu, di pikirnya semua netizen itu bodoh. hahaha, dengar, yah **** kalau google play gagal berkali kali mendebit pembayaran, akan di stop secara otomatis.

      sebelum komen, tolong otak anda di kondisikan dulu, anda sudah mempermalukan diri anda sendiri.

    • 3 November 2022 - (02:05 WIB)
      Permalink

      sebenarnya kalau pembayaran di googleplay gagal berkali kali, googleplay akan membatalkan langganan secara otomatis. pengalaman pribadi

  • 2 November 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Jangan salahin shopee dulu.. cek langganan di google play dulu.. Apa takut ngecek ? biar punya kambing hitam

    • 2 November 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      gw duga akun shopee penulis kena hack atau penulis coba beli layanan yg gratis di google play pakai metode pembayaran shopeepay, lalu lupa di stop. di perpanjangankan gak gratis. kalau di xl, bisa blokir pembelian di google play, gw kagak tahu di shopee.

      • 3 November 2022 - (19:32 WIB)
        Permalink

        bukan’nya kLu mau bayar pake ShopeePay hrs pake pin duLu .. ga bisa main potong aJa kan .. ?

  • 2 November 2022 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Ini di google play.
    Biasanya kalau sering coba2 gratisan aplikasi berbayar untuk mengakses fitur premium ya gitu. Seperti YouTube, itu biasanya dapat 30 hari gratis YouTube premium, nanti kalau udah 30 hari, otomatis pembayaran langsung dan sesuai dengan tagihan di aplikasi tersebut dan menggunakan pembayaran yang sudah di tentukan. Hubungi pihak Google. Saya juga pernah mengalami soalnya. Biasanya 2 hari itu duit udah balik lagi dan saya menyarankan putuskan aja ewallet apapun dari google play kalau mau coba2 gratisan2. Karena kalau gratisan nya udah abis itu sudah otomatis terpotong saldonya

    • 3 November 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Bukan salah shopeenya, kemungkinan ibu atau keluarga ibu ada pencet aplikasi berlangganan, jadi ketika isi shopeepay otomatis kepotong.
      Cek dulu di playstore bagian berlangganan, nanti ketauan aplikasi apa yg baru dibayar.

      Omong² ini bisa dicancel loh, caranya agak panjang, bisa liat tutorial di google. Nanti dalam waktu 2 hari saldo bisa kembali lagi.
      Tapi syaratnya ya maksimal 24 jam setelah saldo kepotong langsung ajukan refund.

    • 3 November 2022 - (00:52 WIB)
      Permalink

      sebenarnya kalau metode pembayaran yg di pilih memblokir pembelian di google play, google play gak akan bisa motong saldo. saya pengguna xl, xl bisa memblokir pembelian di google play, itu kalau menggunakan metode pembayaran xl/axis, di perpanjangan akan gagal di perpanjang tidak peduli pulsa mencukupi atau kagak. kok tahu? kan saya pernah mengalaminya, tp sekarang udah gak bisa lg beli sesuatu yg gratis di google play menggunakan metode pembayaran xl/axis kalau pembelian di google play di blokir sama xl/axis. anda bisa lihat surat klarifikasi saya yg ini, lihat kolom komentarnya https://mediakonsumen.com/2022/09/14/surat-pembaca/terima-kasih-xl-yang-telah-memblokir-kembali-layanan-berbayar-google-dan-mengganti-pulsa-saya

  • 3 November 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    buat kedepannya segala ketentuan dibaca dulu jangan asal instal aplikasi tapi ya berlaku buat semua (biasain baca deh), berabe emang kalau tertaut sama pembayaran kita. ini cara buat berhenti layanan google play:
    lewat aplikasi shopee
    1. masuk ke halaman shopeepay (klik saldo di halaman utama)
    2. pilih pengaturan akun shopeepay (gambar setting di pojok kanan atas)
    3. pilih aplikasi/layanan resmi (disini semua aplikasi yang terhubung sama pembayaran shopee keliatan)
    4. pilih google play terus pilih berhenti layanana

    lewat aplikasi google play
    1. klik profil di pojok kanan atas
    2. pilih pembayaran dan langganan
    3. lanjut pilih metode pembayaran
    4. di paling bawah pilih setelan pembayaran lainnya
    5. abis itu di arahin ke halaman pembayaran yang terhubung sama google play
    6. pilih shopeepay terus pilih berhenti

    kalau mau coba refund lewat sini
    https://support.google.com/googleplay/workflow/9813244?hl=en
    coba aja dulu siapa tau google playnya lagi baik

    semoga beruntung

  • 3 November 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Saya lihat itu saldonya dipotong karena pembayaran ke google play. Sebelumnya saya juga mengalami hal yg sama krna lupa stop subscribe aplikasi di Google play. Pertama, cek anda berlangganan apa di Google play, caranya:
    1. buka google play
    2. Klik foto profil anda
    3. klik Pembayaran & Langganan
    4. Klik Langganan.
    5. Terakhir klik link ini https://support.google.com/googleplay/workflow/9813244?hl=en untuk mengajukan refund dana yang terpotong, isi saja semuanya sesuai yg ada di kuesionernya. Sekitar 2 hari dana akan dikembalikan.

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeePay?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Saldo di ShopeePay Tiba-tiba Hilang

oleh widya honyan dibaca dalam: 1 menit
46