Melaporkan Kendala ke CS Shopee, Bukannya Menyelesaikan Masalah Malah Dibiarkan Menggantung dan Ditutup Sepihak

Tanggal 26 Oktober 2022, saya hendak melakukan pembelian voucher di Shopee. Ketika hendak melakukan pembayaran, mendadak muncul notifikasi bahwa percobaan pembayaranmu telah ditolak karena aktivitas tidak wajar di akunmu. Saya mencoba beberapa kali, tapi selalu mendapatkan notif yang sama. Karena merasa aneh, saya kemudian melaporkan kepada tim Shopee Care. Saya lalu diminta menunggu selama 3 hari kerja dan mendapatkan nomor pelaporan: 1585119613308223488.

Setelah 3 hari, saya diberitahu oleh pihak Shopee bahwa mereka belum berhasil mengetahui penyebab kendala yang saya alami dan meminta waktu tambahan untuk pengecekan. Saya pun menjawab tidak apa-apa dan meminta mereka mengabari jika telah ada info dari tim terkait. Setelahnya pihak Shopee kemudian menjawab bahwa sistem mendeteksi akun lain yang terhubung dengan akun kamu telah melakukan pembelian voucher tersebut.

Terus terang saya heran, dari yang sebelumnya meminta waktu tambahan dan lama belum ada kabarnya, mendadak langsung memberi jawaban yang seperti itu. Saya lalu menanyakan detailnya seperti apa dan bagaimana bisa ada akun lain yang terhubung dengan akun saya yang membeli voucher yang sama. Namun pihak Shopee hanya menjawab semua sudah ditentukan oleh sistem dan kemudian menutup kendala saya secara sepihak dan langsung memberikan survey kepuasan pelanggan.

Saya jelas kecewa dengan penanganan CS Shopee yang seperti ini. Bukannya memberikan solusi dan berusaha menangani keluhan konsumennya, malah seolah dibiarkan menggantung dan tanpa penyelesaian. Saya hanya memiliki 1 akun Shopee, dan belum berapa lama ini saya bertransaksi di Shopee dan tidak bermasalah.

Saya mencoba membeli voucher jenis lain yang disediakan oleh Shopee pun tetap tidak bisa dan muncul keterangan yang sama. Sebagai informasi, saya membeli voucher tanpa kode promo ataupun memakai voucher lainnya. Jika seperti ini, sama saja saya tidak dapat bertransaksi di Shopee.

Saya sangat berharap kendala ini bisa diselesaikan oleh Shopee dan agar Shopee bisa melakukan perbaikan terhadap sikap customer service-nya. Jika terus seperti ini, bukan tidak mungkin Shopee akan ditinggalkan oleh banyak konsumennya.

Hary Gimulya
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:41    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Melaporkan Kendala ke CS Shopee, Bukannya Menyelesaikan Masalah Malah Dibiarkan Menggantung dan Ditutup Sepihak

    • 3 November 2022 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Ada. Voucher shopeepay cashback dari shopee buat belanja pakai shopeepay. Dulu gratis tinggal ambil sekarang bayar. Kadang 1, 11, 100, dll tergantung promo.

    • 3 November 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Itu di curigai situ pemburu vocher, karena keseringan belanja pake vocher, mmg si orange saklek bin geblek, mereka sendiri yg nawarin promo voucher, ketika orang sering gunain di blokir, kluarga saya jg gitu, makanya sy delet si orange, aplikasi arogan
      Sekarang sdh kehabisan bakar duit mereka ,makanya di blokir blokirin

      11
      1
      • 3 November 2022 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Pembelian dibatasi, satu rumah satu alamat tdk bisa beli bersamaan. Bahkan dengan berbagi wifi saja bisa terdeteksi. Ya syukurlah sudah dihapus mengurangi beban shopee 😀

        • 4 November 2022 - (19:20 WIB)
          Permalink

          Brarti marketingnya si orange bodoh, mereka sendiri menyuruh dan menawarkan untuk mengajak, keluarga,teman atau tetanga mengunakan shopee, dengan hadiah refeall, apalagi jika alamat yg di pakai kobtrakan, bisa puluhan penguna shopee dlm 1 alamat ..cb suruh mikir itu Team marketing orange.
          Klo mmg ke deteksi akun cloning saya setuju di blokir, tapi jika hp beda, nomer hp beda brarti jelas beda orang itu…

          3
          2
      • 4 November 2022 - (07:10 WIB)
        Permalink

        Terima kasih komentarnya mas. Saya heran dengan kebijakan Shopee. Mereka menawarkan voucher untuk dibeli konsumennya. Namun ketika membeli malah dicurigai. Toh saat membeli voucher juga sudah ada S&K yang tertera, misal dalam satu periode boleh membeli berapa banyak. Lalu konsumen harus bagaimana agar tidak dicurigai?

        4
        2
        • 5 November 2022 - (11:31 WIB)
          Permalink

          Punya akun lain mas? Atau pake 1 pembayaran? Misalkan 1 voucher maksimal 1x untuk 1 pengguna.. mungkin mas nya pake akun lain tp kedetek ama shopee sebagai orang yg sama makanya diblokir? Mgkn istri? Adik? Dll

          • 7 November 2022 - (07:16 WIB)
            Permalink

            Di rumah hanya saya yang memakai Shopee mas. Lagipula jika memang sudah melebihi limit harusnya tertulis maaf anda sudah mencapai batas pembelian voucher. Tapi yang tertera malah seperti di screenshot saya diatas. Jelas sekali berbeda dengan jawaban yang diberikan oleh CS @shopeecare

      • 4 November 2022 - (08:38 WIB)
        Permalink

        Saya pernah mengalami seperti itu,mngkn karna saya sering pake gratis ongkir.muncul seperti itu.trus solusinya saya uninstal aja shopee nya.hehe.

        • 4 November 2022 - (17:44 WIB)
          Permalink

          mantep mas, memang sepertinya sudah saatnya meninggalkan aplikasi yg satu ini.

    • 4 November 2022 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Di rumah hanya saya yang memakai shopee padahal mas. Saya tanyakan pada Shopee pun mereka tidak bisa menjawab dengan jelas.

      2
      1
    • 5 November 2022 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Shopee melakukan kecuranga. Riba.penipuan.tidak adil .semua lengkap . Mereka cari untung untuk menutup kerugian shopee. Asal kalian tau CS shopee itu menanggapi keluhan suka ngawur diajak ngomong bahasanya kaya ngomong sama anak kecil .

    • 4 November 2022 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk penawaran DM-nya Shopee Care. Saya email secara resmi saja tidak menuntaskan masalah dan langsung ditutup dengan survey kepuasan pelanggan, apalagi ini DM lewat twitter.

      4
      2
  • 3 November 2022 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Baca2 keluhan ts sepertinya tidak jauh2 dari yg namanya cashback dan promo 😀

    • 4 November 2022 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Padahal ini kasusnya bukan komplain soal cashback dan promo lho mas. Saya hendak membeli voucher yang ditawarkan resmi oleh pihak Shopee, tapi malah diblokir dengan alasan adanya kejanggalan. Lalu buat apa pihak Shopee menjual voucher kalau pelanggannya diblokir tidak dapat membelinya?

      2
      1
  • 4 November 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Masalah promo aj dibesarin gini, apalagi nanti kalo pesanannya bermasalah komplain lagi, nyalahin lagi, Di viralin lagi.

    Hadehhh… 🥱🥱

    3
    14
    • 4 November 2022 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Coba dibaca lagi surat saya mas. Saya bukan mempermasalahkan promo tapi terkait pembelian voucher. Terkait harga yang promo itu Shopee yang menentukan.

      5
      2
  • 4 November 2022 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Sebagai update, pihak Shopee sudah menghubungi saya dan tetap mengatakan alasan yang sama seperti pada email. Mengatasnamakan sistem dan tidak bisa menjelaskan lebih rinci penyebab pasti kendala yang saya alami.
    Pada akhirnya masalah saya tetap tidak bisa diselesaikan oleh Shopee. Memang semakin buruk layanan konsumen Shopee. Sepertinya sudah saatnya saya meninggalkan aplikasi yang satu ini. Wajar banyak orang meninggalkan Shopee karena layanan konsumennya yang seperti ini.

    2
    1
      • 5 November 2022 - (07:25 WIB)
        Permalink

        Sepertinya begitu mas. Jika terus begini, bukan tidak mungkin mereka bakal banyak kehilangan konsumen.

      • 6 November 2022 - (20:37 WIB)
        Permalink

        kalau saya udah beralih ke lazada, males pake Shopee banyak tipu tipunya mengelabui kita dengan mengutak atik program.

        • 7 November 2022 - (07:13 WIB)
          Permalink

          Sekarang memang beralih ke toko lain opsi yang tepat selama Shopee tidak berbenah dan memperbaiki diri.

    • 7 November 2022 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Lets we see. Makin banyak mengecewakan konsumen, bakal makin banyak pula yang beralih dari Shopee.

  • 12 November 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Uninstall aja apps nya, Shopee problem terus gak beres, mungkin karna sudah mencapai target member

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Melaporkan Kendala ke CS Shopee, Bukannya Menyelesaikan Masalah Malah …

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 menit
31